Cara menyimpan dan membuat Koleksi Foto di Instagram

Apakah kamu pernah bingung untuk menyimpan foto di aplikasi Instagram yang kamu sukai? Apa yang kamu lakukan untuk menyimpannya? Ambil screenshot atau mendownload foto tsbt?

Kabar baiknya beberapa bulan yang lalu, diakhir tahun 2016 Instagram melakukan update berupa penambahan fitur simpan. Sehingga kamu bisa menyimpan foto yang kamu sukai langsung di aplikasi Instagram.

Kabar baik selanjutnya adalah Instagram telah melakukan update terbaru pada bulan lalu yaitu bulan April 2017. Pada update terbarunya ini Instagram menambahkan fitur Koleksi.

Fitur ini tentu saja sangat berguna untuk memanajemen atau mengatur foto foto yang kamu simpan. Kamu bisa mengelompokkan foto foto yang kamu simpan berdasarkan pada tema foto.

Fitur koleksi di aplikasi Instagram akan sangat membantu kamu yang suka mengumpulkan foto foto dari Instagram. Karena patut di akui bahwa foto-foto di Instagram sering membawa inspirasi dalam banyak hal. Sehingga dengan fitur ini kamu bisa melihat kembali foto yang kamu sukai tanpa harus mencari lagi siapa yang mengunggah foto tersebut.

Berikut ini adalah cara menyimpan dan membuat koleksi foto di Instagram. Untuk menyimpan foto di Instagram cukup dengan sekali klik. Sedangkan untuk membuat koleksi foto, kamu bisa melakukannya dengan dua cara mudah.

Cara menyimpan foto yang disukai di Instagram

1. Temukan foto atau video yang ingin kamu simpan

Kamu bisa menemukan foto atau video yang ingin kamu simpan di timeline (beranda) maupun dari halaman pencarian. Pada halaman pencarian kamu bisa mencari foto dengan tema kesukaanmu yang sering dibutuhkan. Sehingga koleksi gambarmu akan menjadi menarik dan bermanfaat.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

2. Buka gambar yang ingin kamu simpan

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

3. Temukan logo “simpan ke koleksi” dibawah gambar.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

4. Klik satu kali pada logo simpan ini

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

5. Selesai, pastikan logo simpan telah berubah warna

Warna logo simpan awalnya adalah berwarna putih dengan border berwarna hitam. Setelah di klik dan foto tersimpan maka logo simpan akan berubah menjadi warna hitam.

Cara melihat foto yang telah disimpan di Instagram

1. Buka profil akun Instagram kamu
2. Klik logo simpan

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

3. Setelah logo simpan di klik, maka akan muncul seluruh foto atau video yang telah kamu simpan.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Sayangnya semua foto tergabung menjadi satu, sehingga cukup repot mencari foto tertentu apabila foto yang kamu simpan sangat banyak.

Oleh karena itu, mari kita buat koleksi foto, seperti folder atau album, sehingga foto dan video yang sejenis akan mengelompok dalam satu kategori.

Cara membuat koleksi foto di Instagram

1. Temukan foto atau video yang akan dimasukkan dalam koleksi.

2. Temukan logo simpan di pojok kanan gambar sebelah kanan. Logo ini adalah logo yang sama dengan logo saat ingin menyimpan foto.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

3. Tekan dan tahan “ikon koleksi tsbt” beberapa saat. Kemudian akan ada tampilan baru untuk membuat judul koleksi foto.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

4. Buat nama atau judul koleksi foto dan tekan “Selesai”.
5. Setelah jadi koleksi-nya, pilih koleksi tsbt untuk menyimpan gambar ke koleksi.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

6. Selesai.

Untuk menambahkan foto lain dalam koleksi yang sudah di buat cukup lakukan langkah ketiga diatas. Klik logo simpan beberapa saat, maka kamu akan diberikan pilihan untuk memasukkan foto kedalam koleksi yang sudah ada atau membuat koleksi baru. Untuk memasukkan foto ke koleksi yang sudah ada cukup pilih dan klik koleksi yang sudah ada. Kalau ingin membuat koleksi baru, klik lambang + (plus) di sebelah kanan.


Selamat, kamu sudah memiliki folder folder berisi foto yang tertata rapi. Kamu bisa membuka galeri foto Instagram koleksimu kapan saja.

Tidak perlu lagi repot untuk mencari nama pengguna yang pernah mengunggah foto-foto yang kamu sukai. Juga kamu tidak perlu lagi scroll terlalu jauh untuk mencari unggahan foto di hastag dengan daftar foto yang sangat banyak. Fitur ini sangat membantu kamu bukan?

Untuk mengeluarkan foto atau video dari daftar koleksi maupun foto yang tersimpan, cukup klik logo simpan hingga warnanya berubah kembali menjadi putih kembali.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram
ubah logo-nya jadi putih untuk menghapus dari daftar koleksi

Sekian tadi langkah langkah mudah untuk menyimpan dan membuat koleksi foto instagram. Kamu bisa menyimpan dan membuat koleksi foto instagram sebanyak mungkin, karena pihak Instagram tidak memberikan batasan dalam menyimpan dan membuat koleksi foto Instagram.


Jika ada kritik dan saran, kamu bisa kirimkan dikolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan