Cara Menyimpan dan Membuat Koleksi Foto Instagram dengan Sekali Klik

Apakah kamu pernah bingung untuk menyimpan foto di aplikasi Instagram yang kamu sukai? Apa yang kamu lakukan untuk menyimpannya? Ambil screenshot atau mendownload dengan aplikasi tambahan?

Kabar baiknya beberapa bulan yang lalu, diakhir tahun 2016 Instagram melakukan update berupa penambahan fitur simpan. Sehingga kamu bisa menyimpan foto yang kamu sukai langsung di aplikasi Instagram.

Kabar baik selanjutnya adalah Instagram telah melakukan update terbaru pada bulan lalu yaitu bulan April. Pada update terbarunya ini Instagram menambahkan fitur Koleksi.

Fitur ini tentu saja sangat berguna untuk memanajemen atau mengatur foto foto yang kamu simpan. Kamu bisa mengelompokkan foto foto yang kamu simpan berdasarkan pada tema foto.

Fitur koleksi di aplikasi Instagram akan sangat membantu kamu yang suka mengumpulkan foto foto dari Instagram. Karena patut di akui bahwa foto foto di Instagram sering membawa inspirasi dalam banyak hal. Sehingga dengan fitur ini kamu bisa melihat kembali foto yang kamu sukai tanpa harus mencari lagi siapa yang mengunggah foto tersebut.

Baca juga : Cara buat akun instagram baru untuk pemula

Berikut ini adalah cara menyimpan dan membuat koleksi foto di Instagram. Untuk menyimpan foto di Instagram cukup dengan sekali klik. Sedangkan untuk membuat koleksi foto, kamu bisa melakukannya dengan dua cara mudah.

Cara mudah menyimpan Foto Di Instagram

  1. Temukan foto atau video yang ingin kamu simpan

Kamu bisa menemukan foto atau video yang ingin kamu simpan di timeline (beranda) maupun dari halaman pencarian.

Pada halaman pencarian kamu bisa mencari foto dengan tema kesukaanmu yang sering dibutuhkan. Sehingga koleksi gambarmu akan menjadi menarik dan bermanfaat.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Misalnya kamu ingin membuat koleksi foto atau video tutorial fashion, maka kamu bisa mencari gambar menggunakan hastag #tutorialhijab atau #tutorialmakeup.

  1. Buka gambar yang ingin kamu simpancara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Kamu bisa melihat terlebih dahulu foto atau video dan membaca caption dari gambar sebelum menyimpannya. Hal ini dilakukan tentu saja agar gambar yang disimpan adalah gambar yang benar benar cocok untuk disimpan.

  1. Temukan logo simpan dibawah gambarcara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Setelah yakin bahwa gambar tersebut akan kamu simpan, kemudian perhatikan pada bagian bawah gambar sebelah kanan. Lebih tepatnya berada sejajar dengan gambar love (suka), komentar dan gambar kirim.

Kamu akan menemukan sebuah logo simpan dengan bentuk segi lima seperti pita (mirip dengan logo bookmark).

  1. Klik satu kali pada logo simpan inicara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Dengan satu kali klik ini foto kamu sudah akan tersimpan pada profil akun kamu.

  1. Pastikan logo simpan telah berubah warnacara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Warna logo simpan awalnya adalah berwarna putih dengan border berwarna hitam. Setelah di klik dan foto tersimpan maka logo simpan akan berubah menjadi warna hitam.

Lalu bagaimana cara melihat foto atau gambar yang telah disimpan di akun Instagram?

  1. Buka profil akun Instagram kamu

Kamu tentu saja sudah familiar dengan bagian ini bukan? Pada bagian ini kamu akan menemukan logo yang sama dengan logo ketika kamu menyimpan gambar, yaitu logo simpan.

  1. Klik logo simpancara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Setelah logo simpan di klik maka akan muncul seluruh foto atau video yang telah kamu simpan.

cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Sayangnya semua foto tergabung menjadi satu, sehingga cukup repot mencari foto tertentu apabila foto yang kamu simpan sangat banyak. Oleh karena itu, mari kita buat koleksi foto. Sehingga foto dan video yang sejenis akan mengelompok dalam satu folder.

Baca juga : cara upload banyak foto sekaligus di instagram

Cara Membuat Koleksi foto di akun Instagram

Untuk membuat koleksi Instagram terdapat dua cara. Cara pertama adalah langsung dari foto dan cara kedua adalah membuatnya dari daftar koleksi.

Cara ini sama sama mudah dilakukan, sehingga bisa kamu coba dan tinggal menyesuaikan saja kamu lebih menyukai yang mana.

A. Cara membuat koleksi foto Instagram langsung dari foto yang ingin di simpan.

1. Temukan foto atau video yang akan dimasukkan dalam koleksi.

Kamu bisa menemukan gambar yang ingin kamu masukkan dalam koleksi dari timeline maupun dari daftar pencarian. Karena koleksi mirip dengan folder yang berisi file, maka akan bagus kalau satu koleksi diisi dengan gambar yang bertema sama. Sehingga mudah untuk menemukan foto yang diinginkan.

2. Temukan logo simpan di pojok kanan gambar sebelah kanan.

Logo ini adalah logo yang sama dengan logo saat ingin menyimpan foto.

3. Tekan logo simpan beberapa saat.cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Tekan logo ini hingga muncul sebuah tampilan baru untuk membuat koleksi. Kalau untuk menyimpan gambar cukup dengan satu kali klik, maka untuk membuat koleksi foto, kamu perlu mengklik logo ini sedikit lebih lama. Kemudian akan ada tampilan baru untuk membuat judul koleksi foto

4. Buat nama atau judul koleksi foto.cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Kamu bisa membuat judul atau nama koleksi ini sesuka hati kamu. Untuk mempermudah dalam mencari koleksi, tentu saja kamu bisa memberikan nama sesuai dengan tema gambar yang dimasukkan dalam koleksi.

5. Tekan “Selesai” di bawah judul koleksi

Selesai, kamu telah berhasil membuat koleksi foto instagram baru. Namun isinya baru ada satu foto atau video saja.

6. Menambahkan foto lain ke koleksicara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Untuk menambahkan foto lain dalam koleksi yang sudah di buat cukup lakukan langkah ketiga diatas. Klik logo simpan beberapa saat, maka kamu akan diberikan pilihan untuk memasukkan foto kedalam koleksi yang sudah ada atau membuat koleksi baru. Untuk memasukkan foto ke koleksi yang sudah ada cukup pilih dan klik koleksi yang sudah ada. Kalau ingin membuat koleksi baru, klik lambang + (plus) di sebelah kanan.

B. Cara membuat koleksi foto dari daftar koleksi

1. Buka profil akun Instagram kamu

Hampir sama dengan cara melihat foto yang disimpan. Proses diawali dengan membuka profil terlebih dahulu.

2. Klik pada logo simpancara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Langkah ini sama dengan langkah ketika ingin melihat daftar foto yang disimpan.

3. Sampukan jari kekiri atau klik pada tulisan “KOLEKSI”cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Sapukan jari kekiri untuk menggeser tampilan, atau klik pada tulisan “KOLEKSI” di bagian atas. Jika kamu pernah membuat koleksi foto kamu akan melihat daftar koleksi kamu. Jika belum, ini saatnya untuk membuat.

4. Klik tulisan “Buat Koleksi”cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Di bagian bawah kamu akan menemukan tulisan berwarna biru untuk membuat koleksi baru.

5. Buat nama atau judul koleksicara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Berikan nama yang menarik dan sesuai dengan tema koleksi yang  kamu buat. Ini akan memudahkan kamu untuk menemukan isi dari koleksi yang kamu buat di kemudian hari.

6. Klik “selanjutnya”

Jika kamu sudah memberikan judul koleksimu, klik Selanjutnya pada bagian kanan atas. Jangan khawatir, kamu bisa mengubah judul koleksimu kapan saja.

7. Pilih foto yang akan dimasukkan dalam koleksi

Pilih foto mana saja yang akan kamu masukkan dalam koleksi yang telah kamu buat. Foto foto yang bisa kamu masukkan ke koleksi adalah foto foto yang pernah di simpan. Jadi dengan langkah kedua ini kamu tidak bisa memasukkan foto langsung dari timeline maupun laman pencarian.

8. Klik logo centangcara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Selesai, kamu telah membuat koleksi baru.cara menyimpan dan membuat koleksi foto instagram

Selamat, kamu sudah memiliki folder folder berisi foto yang tertata rapi. Kamu bisa membuka galeri foto Instagram koleksimu kapan saja.

Tidak perlu lagi repot untuk mencari nama pengguna yang pernah mengunggah foto foto yang kamu sukai. Juga kamu tidak perlu lagi scroll terlalu jauh untuk mencari unggahan foto di hastag dengan daftar foto yang sangat banyak. Fitur ini sangat membantu kamu bukan?

Untuk mengeluarkan foto atau video dari daftar koleksi maupun foto yang tersimpan, cukup klik logo simpan hingga warnanya berubah kembali menjadi putih.

Sekian tadi langkah langkah mudah untuk menyimpan dan membuat koleksi foto instagram. Kamu bisa menyimpan dan membuat koleksi foto instagram sebanyak mungkin. Karena pihak Instagram tidak memberikan batasan dalam menyimpan dan membuat koleksi foto Instagram.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

You may also like...

1 Response

  1. Harriett says:

    Its so frustrating to see the amount of professionals and
    supposed SEO pros who spread misinformation
    Had to add you to my weekly website list, keep up the interesting work!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *