Cara mudah mengirim File ke Grup Facebook

Aku yakin sebagian besar pengguna facebook tidak perlu upload file seperti pdf atau dokumen ke facebook. Ini karena memang fungsi awal facebook itu ya sebagai media sosial, tempat para pemuda pemudi bersosialisasi. Ehm.. dan mencari jati diri.

Tapi, untuk siswa, mahasiswa, dan pekerja, kadang kita perlu upload dokument ataupun file rar dan zip ke facebook. Ini misalnya kalau kita upload ebook untuk pelajaran atau mata kuliah tertentu. Ataupun misalnya upload tugas dalam bentuk dokumen.

Nah disini aku akan bantu jelaskan bagaimana cara meng-upload file ke facebook, terutama ke grup facebook, grup sekolahan misalnya.

Ok langsung aja, Pertama seperti biasa, login ke beranda dulu.

masuk ke beranda dan cari grup
masuk ke beranda dan cari grup

Setelah itu kamu hanya perlu mengklik Grup yang persis di samping kiri beranda facebook. Lalu pada bagian pembuatan status baru, cari menu lainnya seperti ditunjukkan panah dibawah ini.

pilih lainnya
pilih menu “lainnya”

Kamu hanya perlu mengklik Lainnya tersebut, nanti akan muncul dropdown atau pilihan baru dibawahnya.

pilih file
pilih menu “file”

Kemudian pilihlah File.

cari dan pilih file
cari dan pilih file

Jangan lupa untuk menulis keterangan untuk file yang akan kamu kirim. Setelah itu, klik Pilih File, lalu akan ada jendela pop up pemilihan file, tinggal pilih dan cari filenya. Setelah dipilih, barulah klik Kirim.

file berhasil di upload
file berhasil di upload

Kita sudah berhasil mengirimkan file ke grup. Jadi disini kamu bisa kirimkan pdf ataupun word dan excel dokumen. Hal ini memudahkan kamu untuk berbagi file tertentu.

Dari pada harus kirim file lewat email satu persatu ke teman2 kamu, cara diatas lebih menghemat waktu dan tenaga. Aku rasa semua orang harusnya udah tau mengenai hal ini.

Ohya, jangan lupa untuk memastikan bahwa file yang kamu upload itu tidak lebih dari 100mb. dan extensi atau tipe file yang kamu gunakan itu tipe yang mudah di buka. Misalnya, dokumen dalam bentuk pdf lebih sering di pakai dan disebar luaskan jika dibandingkan mungkin dengan format lainnya.

Nah bagaimana kalau ingin kirim file diatas 100MB? Jadi kalau mau kirim file video atau file game misalnya yang berukuran jauh diatas itu, aku sarankan untuk upload dulu filenya ke situs filesharing atau cloud storage seperti google drive, dll. Baru nanti link file di google drive tersebut yang di share ke fb.

Google drive juga memudahkan kamu dalam pengaturan file. Di google drive misalnya kamu bisa bikin folder untuk memisahkan dan memudahkan dalam pengelolaan file. Sebagai contoh, kalau kamu siswa, kamu bisa pisahkan file per mata pelajaran, lalu upload file sesuai dengan folder yang ditentukan, nah nanti kamu cukup share 1 link google drive ini di grup facebook, yang isinya bisa ratusan file dan puluhan folder.

Segitu aja deh. Jika ada yang ingin ditambahkan, tulis aja di kolom komentar dibawah ini.


Major update and revamped by yudha (admin) at 27 januari 2019

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    Terima kasih infonya…

    1. Avatar

      sip deh mas… 😀

Tinggalkan Balasan