Cara membuat polling di instagram kamu

Bila kita membicarakan mengenai Instagram, tak afdol rasanya bila tidak membicarakan mengenai fitur stories nya. Terlebih lagi, beberapa bulan yang lalu Instagram telah merilis fitur jajak pendapat atau polling di instagram stories.

Dengan fitur ini, kamu bisa menggunakan stiker untuk melayangkan pertanyaan kepada folowers kamu dengan dua pilihan jawaban dan mereka akan menjawabnya. Fitur ini berhasil dirilis berkat kerjasama antara pihak Instagram dengan aplikasi pihak ketiga.

Sejak dirilisnya fitur ini, masih banyak pengguna Instagram yang belum mengetahuinya. Padahal, fitur polling ini sangat berguna sekali buat kamu yang sedang dilanda kegalauan karena bingung saat harus memilih dua pilihan sulit.

Kamu bisa meminta pendapat kepada followers terhadap kebingungan yang kamu alami. Misalnya saja kamu ingin makan di suatu restoran, kamu bingung antara restoran A atau B, kamu bisa membuat polling di stories kamu dan melihat hasil polling nya untuk mempertimbangkan jawaban mereka.

Misalnya lagi, kamu sedang bingung memilih baju, memilih tempat hangout, memilih penginapan, dan  lainnya. Jadi kalau kamu bingung, serahkan saja kepada followers kamu di Instagram dengan membuat polling. Lihat jawaban terbanyak, dan kamu tinggal memutuskan apakah memilih jawaban mereka atau menurut pendapat kamu sendiri.

Kalau kamu bertanya cara untuk membuat polling di stories bagaimana, caranya akan aku jelaskan berikut ini. Simak baik – baik.

Cara membuat polling di Instagram Stories

1. Pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Instagram kamu sudah terupdate ke versi paling baru. Lalu buka aplikasi Instagramnya dan bukalah stories kamu.

Tampilan halaman beranda Instagram
Tampilan halaman beranda Instagram

2. Ambillah foto atau video  sesuai dengan keinginan kamu. Jika sudah, lalu pilihlah ikon stiker untuk mendapatkan stiker polling.

Memilih ikon stiker pada stoies di Instagram
Memilih ikon stiker pada stoies di Instagram

3. Maka akan muncul berbagai stiker yang bisa kamu gunakan. Kamu pilih stiker “Jajah Pendapat” untuk memunculkan stiker yang bisa kamu gunakan untuk membuat pertanyaan dan jawaban polling.

Tampilan stiker "poll" untuk melakukan polling
Tampilan stiker “poll” untuk melakukan polling

4. Jika stiker jajah pendapat sudah kamu pilih, sekarang kamu isikan pertanyaan sesuai dengan keinginan kamu. Tidak harus berupa hal yang serius kok, kamu bisa membuat polling tentang hal – hal yang terjadi di aktivitas sehari – hari kamu.

Jika kamu ingin mengubah jawaban, bisa saja. Kamu tinggal klik pada “Yes” atau “No”, lalu kamu ubah sesuai kebutuhan.

Jika kamu sudah membuat pertanyaan, lalu klik “Kirim ke” untuk memilih siapa saja yang akan kamu bagikan

Tampilan stiker polling
Tampilan stiker polling

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti pada gambar. Pada kotak nomor 1, kamu bisa membagikan polling yang kamu buat ke stories atau ke cerita kamu.

Tampilan saat ingin mengatur siapa saja yang ingin dibagikan
Tampilan saat ingin mengatur siapa saja yang ingin dibagikan

Pada kotak nomor 2, kamu bisa membagikan polling yang kamu buat kedalam grup. Jadi, kamu bisa mengirimkan polling kedalam grup yang kamu miliki, atau jika belum ada, kamu harus kamu membuat terlebih dahulu dengan cara klik “Grup Baru”.

Pada kotak nomor 3, kamu bisa membagikan polling yang kamu buat ke DM teman – teman kamu. Jadi kamu tinggal pilih saja beberapa teman yang ingin kamu kirimi polling tersebut.

Nah, dari ketiga cara yang bisa kamu lakukan untuk membagikan polling kamu, kamu tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Selesai.

Perlu kamu ketahui, kamu hanya bisa membuat 1 polling saja dalam satu kali pembuatan stories, jadi kalau kamu ingin membuat poling lebih dari satu, kamu bisa membuat lagi dengan stories yang baru.

Selain itu, karena fitur polling ini masih bagian dari stories, maka dalam waktu 24 jam, akan menghilang dengan sendirinya.

Nah, jika kamu ingin melihat hasil polling, bisa dengan cara yang sama saat kamu ingin melihat siapa saja yang sudah melihat stories kamu.

Kesimpulan

Adanya fitur polling di Instagram semakin memudahkan pengguna untuk mengatasi kebingungannya saat harus memilih antara dua jawaban sulit. Tak hanya untuk menanyakan hal – hal yang sederhana, fitur polling ini juga bisa digunakan untuk menanyakan hal – hal yang serius.

Seperti misalnya, kamu membuat pertanyaan “seberapa banyak kamu mengkonsumsi air putih dalam 1 hari?” dan kamu bisa memberikan dua pilihan jawaban seperti, “kurang dari 4 gelas / lebih dari 4 gelas”. Nah, kamu bisa mendapatkan jawaban mereka. Sebenarnya mereka rata – rata mengkonsumsi air putih seberapa banyak. Ini bisa menjadi sebuah riset kecil – kecilan untuk kamu.

Kalau kamu belum pernah mencobanya, silahkan untuk mencobanya sekarang. Jangan lupa bagikan info ini kepada rekan – rekanmu.

Tinggalkan Balasan