Cara membuat snapgram (instastory) lewat PC/laptop

Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang banyak digandrungi oleh para netizen selain Facebook. Instagram dinilai mampu meluapkan perasaan dan kreatifitas melalui berbagi foto dan video.

Mungkin bagi Instagram mania, satu jam saja tak membuka Instagram rasanya sudah tak karuan. Ketika membuka layar HP, hal yang dilakukan oleh sebagian besar penggunanya adalah membuka Instagram. Entah apa yang membuatnya kecanduan.

Terkadang, keinginan untuk mengakses Instagram tak hanya pada saat kamu memegang HP saja. Saat kamu mungkin sedang melakukan aktivitas didepan komputer atau laptop, ingin rasanya sekedar membuka Instagram untuk melihat – lihat timeline atau hanya untuk mengupload stories.

Namun biasanya keinginan itu akan urung dilakukan, karena tentu banyak dari kamu yang tidak tahu bagaimana cara mengakses Instagram melalui komputer atau laptop kamu.

Atau mungkin kamu sudah tahu bagaimana cara mengakses Instagram melalui komputer, yakni melalui Instagram web. Tetapi, tentu kamu tak dapat dengan leluasa scroll down untuk sekedar kepoin unggahan teman – teman kamu yang lain. Selain itu, kamu tak akan bisa mengunggah stories di Instagram bila kamu menggunakan komputer. Karena Instagram web memiliki tampilan yang begitu kaku dan banyak fitur yang tidak dapat kamu akses.

Namun kamu tak perlu kawatir. Karena disini aku akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Instagram di PC supaya kamu tetap bisa scroll down dengan nyaman layaknya menggunakan HP dan bisa mengunggah stories, meskipun kamu membuka Instagram hanya melalui PC. Tertarik? Coba ikuti langkah – langkah berikut.

Cara membuat Instagram stories lewat PC

1.Pertama, kamu harus login terlebih dahulu ke akun Instagram kamu. Silahkan menuju ke halaman Instagram web disini . Jika kamu sudah login, tampilannya akan seperti pada gambar.

Pada bagian tengah adalah timeline dimana kamu bisa melihat unggahan dari teman – temanmu, sedangkan dibagian kanan kamu bisa melihat stories milik teman mu dan dibawahnya, kamu akan disuguhkan nama – nama akun Instagram yang direkomendasikan untuk kamu follow.

Halaman awal Instagram Web
Halaman awal Instagram Web

2. Langkah selanjutnya, kamu harus mengaktifkan fitur developer tools yang biasanya dimiliki oleh setiap web browser. Caranya, tekanlah kombinasi antara ctrl + shift + I pada keyboard. Atau kalau tidak berhasil, kamu bisa membuka fitur developer tools secara manual di masing – masing menu browser yang kamu gunakan.

(Yudha note: Aku sendiri biasa pake chrome, untuk masuk ketampilan dibawah itu cukup klik kanan disembarang lokasi di laman IG, terus pilih “inspect’. Ini setauku fungsi di chrome aja, klo di browser lain, ga yakin ada. Ga pernah coba soalnya. )

Biasanya menu browser terletak disebelah kanan atas dengan ikon titik tiga atau bergaris tiga. Kamu klik menu tersebut, lalu temukan menu “tool” dan pilih “developer tools”. Maka nanti akan terbuka halaman untuk developer tools. Tampilannya seperti pada gambar yang aku beri kotak sebelah kanan.

Tampilan halaman Developer tools
Tampilan halaman Developer tools

Bagi kamu yang benar – benar buta tentang kode – kode html yang ada di halaman developer tersebut, sebaiknya jangan terlalu lama dipandang, hehehe.. Sebab nanti kamu jadi malah pusing sendiri melihatnya.

(Yudha note: Kode2 tersebut ga penting klo kamu bukan web developer, cukup perhatikan bagian atas gambar, disana kamu bisa pilih berbagai jenis layar hp untuk akses instagramnya.)

Kamu juga bisa menyesuaikan tampilan berdasarkan beberapa jenis ukuran layar smartphone. Cobalah klik ikon segitiga terbalik pada bagian atas halaman. Disana kamu bisa memilih jenis layar yang kamu inginkan ataupun mengatur sendiri ukuran layar yang kamu inginkan dengan cara memilih “Edit”.

Perlu diingat, setiap kamu mengubah pengaturan apapun sebaiknya lakukan refresh halaman untuk melihat hasilnya.

3. Berikutnya, lalu kamu tekanlah kombinasi antara ctrl + shift + M pada keyboard untuk mengubah tampilan halaman Instagram dari versi web ke versi mobile. Jangan lupa untuk merefresh halaman terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Jika sudah direfresh, maka tampilannya akan seperti pada gambar dibawah.

Tampilan Instagram mobile yang berhasil dibuka melalui PC
Tampilan Instagram mobile yang berhasil dibuka melalui PC

Nah, kini kamu sudah berada seperti sedang menggunakan Instagram dalam smartphone. Kamu bisa scroll down dengan mudah, melakukan like and comment, dan tentunya membuat stories.

Kamu bisa melihat stories bar dibagian atas, layaknya pada smartphone kamu. Kamu tinggal klik “Your stories” untuk membuat stories.

4. Setelah kamu klik “Your stories”, maka kamu akan langsung diarahkan menuju direktori/folder untuk memilih foto atau video yang ingin kamu unggah ke stories.

Memilih foto atau video yang akan dijadikan stories
Memilih foto atau video yang akan dijadikan stories

5. Setelah kamu memilih foto atau video, sebelum mengunggahnya menjadi stories, kamu bisa mengedit terlebih dahulu foto atau video kamu supaya menjadi lebih menarik. Kamu bisa melihat pada gambar, tampilan halaman pratayang tidak jauh berbeda dengan halaman yang ada di smartphone kamu bukan?

Kamu akan menjumpai fitur – fitur seperti menambahkan teks, menambahkan emotikon, dan mendownload stories kamu sebelum diunggah. Silahkan dikreasikan sesuai keinginan kamu. Jika dirasa sudah cukup, silahkan klik “add to your story” yang terletak pada bagian bawah untuk mengunggahnya.

Halaman pratayang yang bisa digunakan untuk mengedit stories sebelum diunggah
Halaman pratayang yang bisa digunakan untuk mengedit stories sebelum diunggah

6. Proses uploading sedang berlangsung. Tunggu saja beberapa saat, maka kamu akan berhasil mengunggah stories ke Instagram melalui PC dengan mudah. Untuk halaman developer tools yang masih ada, biarkan saja selama kamu masih menggunakan Instagram. Lagipula, ketika kamu sudah menutup browser tersebut, otomatis halaman developer tools akan tertutup.

Proses uploading stories ke Instagram melalui PC
Proses uploading stories ke Instagram melalui PC

Kesimpulan

Bagaimana? Mudah bukan caranya? Sekarang kamu bisa membuka Instagram, dan mengunggah stories ke Instagram melalui PC ataupun laptop. Jadi tak perlu lagi menggunakan smartphone kamu jika kamu memang ingin membuka dan berselancar di Instagram.

Silahkan share kepada rekan – rekanmu yang lain, supaya mereka juga tau bagaimana cara mengunggah stories melalui PC. Jadi ketika sedang beraktivitas dengan PC atau laptop dan memiliki waktu senggang, kamu bisa iseng – iseng membuka Instagram meskipun hanya sekedar scroll down your timeline, like and comment, dan mengunggah stories.

This Post Has 5 Comments

  1. Avatar

    di pc aku gabisa :((( bisa tampilannya kaya androind tp gabisa upload sg sendiriii

    1. Avatar

      well, aku belum pernah coba sih, tapi penulis bisa itu kayaknya 🙂 mungkin nanti aku cobain sendiri dulu deh.. tapi logikanya bisa sih kalau tampilannya udah sperti tampilan mobile..

  2. Avatar

    Video ga bisa, hanya foto saja yg bisa diupload… ane dah nyoba dan saat pilih videos, proses upload tidak terjadi

    1. Avatar

      bisa jadi sih mas.. aku sendiri ga aktif ig soalnya… kalau ada lagi yang lapor yang sama, mungkin akan ditulis ulang deh tulisan ini.. thanks masukannya mas…

  3. Avatar

    upload video nya gabisa :(((

Tinggalkan Balasan