Cara upload video ke Instagram durasi lebih dari 1 menit

Ketika sedang menikmati pemandangan di suatu tempat, kita seringkali mengambil hp dan mulai merekam video.

Setelah itu, dengan semangat 45 berkobar di dada, kita siap meng-upload video ke Instagram, maksudnya sih mau berbagi kebahagiaan juga ke para followers kita. Tapi kok, video yang kita upload gagal terkirim. Ternyata setelah ditelusuri, durasi video yang kita ambil lebih dari 1 menit.

Instagram memang hanya memberlakukan durasi maksimal video yang bisa diposting hanya 1 menit saja. Sebelumnya, bahkan lebih minim lagi yaitu sekitar setengah menit saja.

Namun, jangan khawatir, kamu masih bisa terus meng-upload video ke Instagram meski durasi videomu agak panjang. Dan pastikan kamu membaca sampai akhir. Karena ada kabar gembira untuk kita semua…(eh, jadi nyanyi kan tuh).

Baca juga : Cara melihat stalker (orang yang suka stalking) kamu di Instagram

Cara upload video di instagram durasi panjang lebih dari 1 menit

Instagram sebetulnya sudah sangat baik memberikan satu fitur baru untuk membantu kamu memasukkan video durasi di atas 1 menit. Fitur tersebut adalah Multiple Post. (Saya rasa sebagian sudah mulah paham kemana arah pembicaraan kita disini)

Fitur ini bisa kamu manfaatkan bersama satu aplikasi bernama InShot. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Playstore. Aplikasi ini cukup populer. Dilihat dari banyak testimoni atau review bernada positif di sana.

review video editor inshot inc

Ketika kamu mencari di Playstore, cari dengan keyword Inshot For Instagram.

A. Pecah video terlebih dahulu

Setelah aplikasi terinstal di hp Android kamu, kamu bisa mulai memasukkan video berdurasi di atas 1 menit dengan cara berikut ini.

1. Buka aplikasi InShot. Pilih CREATE NEW. Lalu, pilih opsi VIDEO.
2. Pilih video yang akan di edit, Klik centang (√).
3. Pilih TRIM untuk memotong video. Durasi jadi 60 detik (1 menit) per bagian video. Jika sudah selesai kembali klik centang.

fitur TRIM untuk memotong video
fitur TRIM untuk memotong video

4. Kamu juga bisa menambahkan teks dan emoji/stiker di video kamu.

5. Selain itu, buat kamu yang suka musik, kamu juga bisa menambahkan musik favorit.

6. Kamu juga bisa memberikan filter effect untuk video tersebut.

7. Setelah semua proses menghias atau filter selesai, jangan lupa klik SAVE di pojok kanan atas. Selanjutnya, pilih kualitas video dan tinggal menuggu proses akhir atau converting.

Ulangi lagi proses di atas sampai satu video full terpecah-pecah semua jadi potongan-potongan 60 detik per videonya.

Nanti kamu akan punya banyak video dengan durasi satu menit. Misalnya video awal berdurasi 4 menit, sekarang setelah di TRIM, kamu harusnya sudah punya 4 video berdurasi 1 menit yang saling berkelanjutan.

Baca juga: Penasaran berapa kebutuhan kuota instagram kamu setiap jam nya ?

B. Upload video lewat multiple post

Setelah jadi videonya seperti instruksi sebelumnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Instagram kamu.
2. Klik ikon plus (+) untuk menambahkan video. Selanjutnya, akan terlihat video yang sudah tersimpan di galeri hp kamu.

3. Pilih MULTIPLE POSTING. Kemudian, kamu bisa mulai memasukkan satu persatu video yang telah dipotong dengan durasi-durasi pendek tadi. pastikan kamu memasukkan videonya berurutan.

4. Selanjutnya, pilih NEXT dan langsung posting seperti biasa kamu posting Instagram.
5. Selesai. Lihat hasilnya.

Baca juga : Beberapa tips simple untuk memperbanyak view post atau instagram story kamu

Tips mengatasi upload video yang selalu gagal dikirim

Terkadang, video kita tidak bisa diposting oleh Instagram. Mau video yang durasi kurang 1 menit atau lebih dari 1 menit. Keterangan tulisan VIDEO CAN’T BE POSTED dan WE’RE SORRY , BUT THERE WAS A PROBLEM POSTING YOUR VIDEO. PLEASE TRY AGAIN seketika membuat kita bete, ya?

Tapi, tenang…ada tips nih buat kamu mengatasi video yang gagal dikirim itu. Dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bisa kamu download di Playstore.

Aplikasi VIDEO CONVERTER ANDROID bisa digunakan setelah terinstal di hp kamu dengan cara:

  1. BROWSE video melalui aplikasi tersebut.
  2. Ceklist video tersebut kemudian pilih CONVERT.
  3. Sesuaikan dengan kebutuhan Instagram. Seperti PROFILE (pilih reduce size), Container (3gp), dan Resolusi (640×360)
  4. Selanjutnya, pilih START.
  5. Tunggu sampai semua proses selesai. Beberapa saat kemudian video kamu sudah bisa di-upload dengan lancar.
  6. Kamu juga perlu memeriksa jaringan internet, me-refresh hp, sinyal provider, dan banyaknya aplikasi di hp. Semuanya bisa mempengaruhi bisa atau tidaknya (gagal) upload video ke Instagram.

Kabar Gembira Dari Instagram (unconfirmed)

Di pertengahan 2018 ini, tersebar rumor yang menyebutkan kalau Instagram akan segera memberikan kabar gembira bagi para penggunanya yaitu bisa upload video dengan durasi lebih dari 1 menit di timeline. Rumor ini bisa jadi muncul setelah rilisnya IGTV, Instagram Stories TV, dimana Insta Story yang semula hanya bisa memuat video maksimal 1 menit, kini bisa memuat video berdurasi hingga 10 menit.

Keunggulan lain dari IGTV ini adalah khusus bagi pemilik akun dengan jumlah pengikut banyak dan terverifikasi, maka durasi video yang bisa mereka upload mencapai 1 jam. Di IGTV kamu juga bisa like, comment, dan share melalui DM ke teman-teman kamu.

Kita berdoa saja ya semoga akhirnya Instagram memudahkan para penggunanya, tanpa terkecuali, meng-upload video lebih dari 1 menit dengan nyaman di timeline tanpa harus memasang aplikasi video converter tertentu.

Nah, segini dulu ya artikel tentang upload video Instagram durasi lebih dari 1 menit. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, yuk bagikan ke teman-teman kamu via media sosial^^

Have a nice day…

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwk hidup freelance writer!

Tinggalkan Balasan