Tanda akun Facebook Kamu atau Temanmu di Hack orang (Dan Tindakan Yang Disarankan)

Terbit

Diperbarui

Disini aku akan jelaskan tulisan ini menjadi dua sub-judul, supaya mudah. Ini karena tanda-tanda akun Facebookmu kena hack akan jauh lebih banyak dan lebih mudah dideteksi dibandingkan pada saat akun teman yang dihack.

Harapannya setelah membaca, kamu tidak hanya bisa mengenali tanda-tandanya, sehingga kamu bisa lebih cepat ambil tindakan yang diperlukan.

Ciri-ciri ketika akun Facebookmu kena hack atau kena bajak

1. Tidak Dapat Mengakses Akun.

Kesulitan atau kegagalan saat mencoba mengakses akun, dapat menunjukkan bahwa kata sandi akun telah diubah oleh hacker.

Namun jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa akun telah diretas. Karena ada kemungkinan kamu salah memasukkan sandi saat mencoba login, misalnya karena kamu lupa pernah mengganti sandi sebelumnya.

Silahkan coba reset sandi Facebook terlebih dahulu.

2. Informasi login sudah berubah

Jika nomor HP atau alamat email yang tertera saat kamu mencoba reset sandi adalah bukan milikmu dan tidak kamu kenali, bisa dipastikan bahwa akun kamu sudah diambil alih oleh hacker.

3. Ada Pertanyaan Membingungkan Dari Teman Atau Keluarga

Jika kamu mendapatkan pesan atau pertanyaan dari teman terkait hal yang tidak kamu pahami, atau tidak kamu lakukan, atau sulit dimengerti, maka jangan diabaikan begitu saja.

Teman tersebut mungkin dihubungi secara diam-diam oleh hacker melalui akunmu tanpa kamu sadari.

Hacker bisa mengirim pesan inbox ke teman melalui akun Facebookmu saat kamu tidak online.

Jadi jika ada pertanyaan dari teman yang tidak kamu pahami, tanyakan sedetail mungkin maksud teman tersebut.

4. Ada Aktivitas Tidak Biasa

Munculnya aktivitas yang tidak dikenali, seperti posting, komentar, atau pesan pribadi, yang tidak sesuai dengan kebiasaan kamu.

Atau kamu menemukan hal yang memang kamu rasa tidak pernah posting atau kirimkan sama sekali.

5. Perubahan Informasi Profil Tanpa Izin

Perubahan pada informasi profil, seperti nama, foto profil, atau informasi kontak, yang tidak diotorisasi oleh Anda.

6. Aktivitas Masuk Faceboook yang Mencurigakan

Jika kamu menemukan pemberitahuan di email terkait adanya aktivitas masuk yang mencurigakan, ini juga bisa menunjukkan bahwa akunmu saat ini sudah berhasil disusupi seseorang.

Jika kamu masih dalam keadaan login, bisa langsung cek halaman aktivitas login seperti dibawah ini.

Untuk point ini, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan. Coba ingat apakah kamu mencoba mengakses Facebook dari perangkat lain saat pemberitahuan tersebut dikirimkan.

7. Perubahan Lainnya Terkait dengan Pengaturan Keamanan atau Privasi

Perubahan pada pengaturan keamanan atau privasi yang tidak diinginkan, seperti penurunan tingkat keamanan, seperti matinya autentikasi dua langkah, dapat menandakan adanya orang yang punya akses ke akun kamu.

Ciri-ciri Ketika Akun Facebok Teman Mungkin Kena Hack atau Kena Bajak

Di sini kita hanya dapat mengira-ngira apakah akun teman tersebut dihack atau tidak.

Semakin banyak kamu menemukan ciri-ciri dibawah ini pada akun temanmu, semakin besar kemungkinan akun teman tsbt kena hack atau kena bajak.

Dan disini kamu perlu mengambil tindakan, misalnya dengan mencoba menghubungi teman tersebut secara offline atau melalui jalur lain seperti Whatsapp, untuk memberi tahu apa yang kamu temukan di Facebook tadi.

1. Postingan yang tidak biasa atau bahkan ilegal

Jika kamu menemukan postingan yang tidak biasa, seperti promosi gambar aneh, tidak senonoh, atau tautan yang tidak jelas, itu bisa menjadi tanda bahwa akun temanmu telah diretas dan digunakan oleh hacker.

2. Perubahan informasi profil yang tidak biasa

Jika informasi seperti foto profil, nama atau bio teman berubah menjadi hal yang tidak biasa, ada kemungkinan akun mereka saat ini sudah tidak ditangan mereka lagi.

Berikut ini contoh akun Facebook yang dihack lalu informasi diubah, dalam hal ini foto profil diganti jadi foto monyet

3. Penggunaan Bahasa atau Gaya Komunikasi yang Tidak Biasa

Perubahan dalam penggunaan bahasa atau gaya komunikasi yang tidak sesuai dengan temanmu, mungkin menunjukkan adanya orang lain yang mengakses akun tersebut.

Apa tindakan yang perlu kamu ambil jika menemukan ciri-ciri diatas?

Jika akun kamu sendiri yang terdampak, segera ambil langkah-langkah keamanan untuk melindungi akun kamu jika kamu masih bisa login disana. Jika sudah tidak bisa login, ambil tindakan untuk pemulihan akun.

Jika kamu mencurigai bahwa akun teman kamu mungkin telah dihack, sebaiknya berkomunikasi langsung dengan teman tersebut dan memberitahu mereka tentang aktivitas yang mencurigakan diakunnya tsbt. Kamu bisa temui dia secara offline, atau hubungi dia via jalur komunikasi suara ataupun video call (misalnya via WhatsApp).


Itulah ciri-ciri akun Facebook yang kena dihack atau kena bajak. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *