Konten di tab Explore Instagram berdasarkan apa?

Instagram memungkinkan penggunanya untuk dapat menonton foto maupun video yang dibagikan oleh pengguna lainnya dari seluruh dunia, baik itu orang yang kita kenal maupun tidak.

Kita dapat melihat postingan orang yang kita follow melalui menu yang dinamakan “home” atau beranda.

Instagram juga memiliki fitur “explore” yang memungkinkan kita untuk menemukan postingan dari orang yang tidak kita follow, dimana postingan yang muncul berdasarkan kriteria tertentu.

Instagram akan mengumpulkan data dari postingan yang kita sukai, komentari, serta riwayat pencarian bahkan ketika kamu telah menghapus history. Dari data yang dikumpulkan ini, Instagram akan “mengetahui” apa saja yang menjadi “minat” kita. Dari sinilah instagram akan menyesuaikan isi postingan di tab explore-nya sesuai dengan “minat” kita tadi.

Selain itu, untuk mempermudah menemukan konten yang kita sukai, Instagram juga membagi explore menjadi beberapa bagian. Pada halaman utama explore, biasanya akan berisi foto dan video yang banyak berkaitan dengan kesukaan kita. Selain itu, explore Instagram juga memuat video IGTV, toko, serta tombol pintasan ke topik-topik populer seperti arsitektur, dekorasi, seni, makanan, gaya, humor, film, dan lain-lain.

tampilan explore Instagram
tampilan explore Instagram

Lalu tepatnya apa saja yang dapat mempengaruhi isi atau konten dari explore Instagram?

7 kriteria konten yang akan muncul di tab Explore kamu

Secara umum, faktor penting yang mempengaruhi konten pada explore Instagram adalah interaksi dan popularitas postingan. Namun Instagram juga sudah memberikan transparansi mengapa suatu postingan bisa sampai pada halaman explore. Cukup dengan melihat tulisan di ujung bawah postingan, maka akan diketahui mengapa kita melihat postingan tersebut di explore Instagram.

1. Berdasarkan postingan yang disukai

Misalnya kamu memiliki ketertarikan dalam dunia kuliner dan menyukai (like) banyak postingan mengenai makanan, maka dapat dipastikan isi dari explore Instagrammu juga banyak berisi postingan tentang makanan. Postingan yang seperti ini akan ditandai dengan tanda “berdasarkan postingan yang anda sukai

konten explore Instagram berdasarkan postingan yang disukai
konten explore Instagram berdasarkan postingan yang disukai

2. Berdasarkan postingan yang disimpan

Saat menemukan postingan yang menarik di explore, terkadang kita menggunakan fitur simpan atau bookmark untuk menyimpan foto atau video tersebut. Fitur simpan ini akan memudahkan kita dalam menemukan postingan tersebut sewaktu-waktu. Konten yang serupa dengan yang disimpan tadi akan dimunculkan di halaman explore. Postingan ini biasanya ditandai oleh tulisan “berdasarkan postingan yang anda simpan” pada bagian bawah postingan.

konten explore Instagram serupa dengan postingan yang kita simpan
konten explore Instagram serupa dengan postingan yang kita simpan

3. Berdasarkan video yang sudah ditonton

Instagram secara otomatis mencatat data video yang sering kita tonton. Data ini berguna dalam perhitungan algoritma, sehingga Instagram dapat menyajikan postingan di explore yang sesuai dengan preferensi kita. Oleh karenanya, Instagram dapat menampilkan postingan yang sesuai dengan video yang telah kita tonton. Kamu dapat mengetahui postingan seperti ini dengan tulisan “berdasarkan video yang sudah anda tonton”.

konten explore Instagram serupa dengan video yang kita tonton
konten explore Instagram serupa dengan video yang kita tonton

4. Serupa dengan postingan yang berinteraksi dengan anda

Seberapa sering kita berinteraksi dengan postingan juga akan turut mempengaruhi konten explore Instagram. Instagram akan menyarankan postingan serupa dengan foto atau video yang sering kita komentari atau sukai.

konten explore instagram serupa dengan postingan yang berinteraksi dengan kita
konten explore instagram serupa dengan postingan yang berinteraksi dengan kita

5. Saran Instagram

Instagram juga memberikan saran postingan, Instagram akan menyarankan postingan yang serupa dengan foto dan video yang banyak kita lihat, sukai, dan kita simpan. Seperti gambar di bawah ini, Instagram memberikan saran yang sesuai dengan topik kesukaan penulis yaitu makanan.

foto dan video yang disarankan Instagram
foto dan video yang disarankan Instagram

6. Popularitas sebuah postingan

Selain memperhitungkan preferensi akun, Instagram juga memperhitungkan seberapa populer suatu akun atau postingan. Setiap harinya jutaan postingan dibagikan oleh pengguna Instagram dari seluruh dunia. Meskipun memiliki niche yang kita sukai, belum tentu suatu postingan akan muncul pada explore Instagram. Explore juga mempertimbangkan faktor engangement dan popularitas. Oleh karenanya, topik yang sedang trending juga akan muncul pada explore.  

7. Berdasarkan akun yang diikuti

Selain interaksi postingan, explore Instagram juga memperhitungkan akun apa saja yang kamu follow. Akun populer dengan niche atau topik yang sama dengan akun yang kamu follow akan memiliki kesempatan tinggi muncul pada halaman explore kita. Hal ini masih berkaitan dengan preferensi akun, Instagram berusaha menampilkan postingan yang mungkin akan kita sukai.

Cara mengatur explore Instagram

Meskipun sudah mengikuti preferensi akun kita, akan tetapi terkadang muncul postingan yang tidak kita harapkan seperti postingan yang negatif.

Kita dapat menyaring postingan di explore Instagram melalui berbagai macam cara. Cara paling mudah, kita bisa melihat lebih sedikit postingan yang tidak kamu sukai tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini: https://bukugue.com/cara-mengubah-isi-explore-instagram/


Dari tulisan ini, sekarang dapat kita ketahui explore Instagram berdasarkan apa. Selain preferensi atau kesukaan, Instagram juga memperhatikan seberapa populer suatu postingan dan akun. Sudah cukup clear kan readers?

Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran, silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Tinggalkan Balasan