Inilah kenapa postingan Facebook kita tidak muncul di beranda teman (ataupun sebaliknya)

Siapa yang tidak merasa sedih jika postingan kita di Facebook tidak mendapat banyak tanggapan dari orang lain. Sedikit yang menyukai dan berkomentar. Bahkan ada beberapa teman yang mengatakan bahwa postingan kamu tidak muncul di berandanya.

Begitu pula sebaliknya. Postingan dari teman – teman kamu tidak pernah muncul di beranda Facebook kamu. Yang banyak muncul justru halaman-halaman atau grup-grup yang kamu ikuti.

Apa yang salah ya? Mengapa postingan Facebook kita tidak muncul di beranda teman? Kemudian apa yang mempengaruhi urutan beranda Facebook? Mari kita bahas!

Alasan postingan teman tidak muncul di beranda Facebook kita

Ada banyak penyebabnya, berikut setidaknya yang aku ketahui.

1. Kamu meng-snooze akun teman tsbt

Dengan melakukan “snooze” terhadap akun seseorang dalam jangka waktu tertentu, membuat postingan orang tsbt tidak muncul diberanda kamu.

Inilah kenapa postingan Facebook kita tidak muncul di beranda teman (ataupun sebaliknya) 1

2. Kamu berhenti mengikuti teman tsbt.

Di Facebook ada fitur pengikut, tapi bukan itu yang dimaksud disini. Saat kamu berteman dengan seseorang, kamu akan secara otomatis juga menjadi “pengikut” orang tsbt.

Nah, kamu bisa berhenti mengikuti orang tsbt namun tetap berteman.

Inilah kenapa postingan Facebook kita tidak muncul di beranda teman (ataupun sebaliknya) 3

3. Kamu memprioritaskan banyak akun lain

Kamu bisa memprioritaskan atau memfavoritkan akun tertentu. Nah jika kamu lakukan hal ini pada banyak akun, akun-akun lainnya yang tidak diprioritaskan, akan semakin sedikit tampil diberanda kamu.

Ini karena beranda kamu tadi sudah penuh dengan postingan-postingan dari akun yang diprioritaskan tadi.

4. Teman kamu posting di waktu yang tidak tepat.

Facebook biasanya akan menampilkan postingan seseorang yang baru saja terposting. Pukul berapa dia mengunggah sebuah postingan itu sangat mempengaruhi keterlihatan postingannya.

Jika misalnya temanmu memposting pada siang hari, sementara itu kamu jarang online di siang hari, maka jelas postingannya akan jarang sekali kamu lihat.

Ini karena ketika kamu online, postingan dia tsbt bisa saja dianggap “sudah cukup kadaluarsa” oleh algoritma Facebook. Sehingga kemungkinan postingannya terlihat diberanda kamu jauh lebih kecil, mengingat algoritma Facebook punya banyak pilihan postingan-postingan yang lebih baru.

5. Kamu tidak banyak berinteraksi dengan teman tsbt di Facebook

Kamu akan melihat postingan orang-orang yang sering berinteraksi dengan kamu di beranda kamu. Interaksinya bisa dalam bentuk komentar, pesan, suka, atau lainnya.

Semakin sering kamu berinteraksi dengan seseorang, misalnya menyukai postingan orang lain, atau mengomentari postingan orang lain, maka nanti postingan dari mereka akan lebih sering muncul di beranda Facebookmu.

Jadi kalau kamu aktif berinteraksi dengan seseorang, maka postingan kamu akan lebih sering muncul di beranda teman tsbt, postingan orang tsbt juga akan lebih sering muncul di beranda kamu.

6. Postingan teman tenggelam karena faktor lain dari algoritma Facebook

Algoritma Facebook tadi memperhitungkan 5 faktor diatas, tapi ada faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Misalnya saja, seberapa populer sebuah postingan akan mempengaruhi seberapa lama postingan tsbt terlihat di beranda dan posisi atau urutannya ketika muncul diberanda.

Dan jika ada postingan yang naik karena postingan tsbt populer, tentu ada postingan yang tenggelam. Postingan teman kamu bisa jadi tenggelam diantara banyaknya postingan populer, postingan teman prioritas, dan postingan grup yang kamu ikuti.

Kenapa postingan kamu tidak muncul di beranda teman?

Seharusnya sampai disini kamu sudah tau apa alasan kenapa postingan kamu tidak muncul diberanda teman.

Alasannya sama seperti kenapa postingan teman tidak muncul diberanda kamu, yaitu teman tsbt bisa saja meng-snooze kamu, berhenti mengikuti kamu, memprioritaskan banyak akun lain, waktu online teman yang tidak sama dengan kamu, dan kurangnya interaksi antara kamu dengan teman tsbt.

Aku harap hal ini bisa dipahami.

Solusi jika ingin postingan kamu lebih sering terlihat diberanda teman

1. Perbanyak interaksi dengan teman di Facebook.
2. Prioritaskan akun teman-teman tsbt, dan minta mereka memasukkan kamu kedalam list prioritas mereka.
3. Buat postingan di waktu dimana banyak teman sedang online.
4. Buat postingan yang memang menarik. Jangan malas untuk belajar, ini karena postingan yang kita buat masih bisa ditingkatkan kualitasnya, baik dari segi copywriting, visualnya, dll.


Pada intinya, algoritma Facebook-lah yang menentukan apa yang ada didalam beranda Facebook kamu. Nah algoritma tadi punya “aturan” tersendiri, selain itu pengaturan yang kamu dan teman kamu terapkan juga mempengaruhi algoritma tadi.

Sebenarnya, jika ingin ditelusuri atau dipelajari lebih lanjut, ada banyak yang perlu dibahas atau diketahui mengenai cara kerja algoritma Facebook, karena algoritma Facebook tidak se-sederhana itu.

Namun, pembahasan diatas rasanya sudah cukup menjawab mengapa postingan Facebook kita tidak muncul di beranda teman (ataupun sebaliknya).

Semoga kamu paham ya, apa yang aku bahas kali ini. Kalau ada yang perlu ditanyakan, silahkan berkomentar dibawah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *