Cara membuka konsep yang tersimpan di facebook

Hai, reader bukugue.com walaupun Facebook rilis lebih lama daripada Instagram, sosial media satu ini masih tetap saja banyak user setianya, termasuk aku hehe. Banyak banget lho fitur terbaru dari aplikasi facebook sekarang ini. Jadi makin di manjakan deh.

Jika berhubungan dengan postingan fb nih: ada fitur melihat postingan lama sekaligus bisa menghapus postingannya, bisa menyimpan postingan orang lain misal resep masakan jadi sewaktu-waktu bisa kamu lihat ulang (baca/tonton). Terus bisa juga menyimpan tulisan yang mau di publish dijadikan draft.

Kadang kala udah nulis panjang lebar di timeline “apa yang anda pikirkan?” Belum sempet nge-post, eehh tiba-tiba disuruh emak ke warung beli brambang bawang, auto nge-back facebook kan 😀

Mungkin ada sebagian dari kamu yang sudah tau cara menyimpan postingan menjadi konsep/draft, tapi bingung dimana sebenarnya konsep lama tersimpan, karena menu nya tidak ketemu setelah dicari-cari. Disini kita akan bahas tentang hal tsbt, tapi sebelumnya, akan dibahas dulu cara membuat konsepnya, karena hal ini berkaitan erat.

Cara menyimpan postingan ke draft/konsep (wajib tau dulu)

Baiklah, sebelum aku kasih tau dimana letak draft tersebut, aku jelasin singkat cara menjadikan tulisan yang ingin kamu publish jadi draft, yuk simak caranya:

1. Buka aplikasi facebook official kamu ya. Aku belum coba sih kalau pakai fb lite.
2. Di beranda, tap “apa yang Anda pikirkan?”.

Tap apa yang anda pikirkan?

3. Tulis apa saja terserah kamu. Tulis lah yang baik-baik dan bermanfaat 🙂

Tulis postingan kamu

4. Setelah itu tap navigasi back/kembali, biasanya ada di layar hp atau di bagian bawah hp.

Kemudian tap navigasi back/kembali
Kemudian tap navigasi back/kembali

5. Otomatis muncul pop up seperti gambar, pilih saja simpan sebagai konsep.

Pilih simpan sebagai konsep

Nah, sampai di sini tulisan kamu sudah berubah menjadi draft. Dan ada notifikasi fb seperti ini:

Notifikasi editing
Notifikasi editing

Jika saat itu juga kamu ingin editing konsep tersebut tap saja notifikasinya. Tapi jika tidak, boleh kamu hapus notif nya. Jika sehari kemudian konsep tersebut masih tersimpan, biasanya muncul notifikasi lagi dari facebook, seperti ini tap saja jika kamu ingin langsung edit.

Notifikasi editing sehari kemudian
Notifikasi editing sehari kemudian

Tapi jika tidak mau menunggu notifikasi dari fb. Lantas, dimana konsep lama tulisan tersebut? Oke sekarang kita masuk ke pembahasan.

Cara menampilkan konsep lama yang tersimpan di Facebook

Seperti ini cara menampilkan draft/konsep tersebut:

1. Lakukan langkah menyimpan tulisan seperti yang sudah di bahas di atas tadi. Tulisannya terserah ya, guna agar muncul notif saja.

Notifikasi editing

2. Setelah muncul notifikasi editing seperti gambar tadi, tap saja, setelah terbuka tidak usah di edit, langsung saja tap tombol navigasi back

3. Nah, setelah itu akan muncul list/daftar seperti ini. Taraaaa konsep lama kamu terlihat kan? Tertera beberapa konsep yang telah kamu simpan. Jika ingin di edit atau hapus tap saja titik tiga di samping.

Tap titik tiga untuk edit atau hapus
Tap titik tiga untuk edit atau hapus

Oh ya, hanya 3 hari saja kamu bisa menyimpan draft tersebut. Setelah lewat 3 hari konsep tersebut akan hilang otomatis atau kadarluwasa.

Sekarang sudah ditemukan ada dimana konsep tersebut, jadi memang sebenarnya tidak ada menu tersendiri untuk melihat konsep yang tersimpan. Yaa untuk cara menampilkannya yakni menyiasatinya seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Untuk tulisan di beranda group bisa disimpan menjadi konsep, sama seperti postingan biasa. Tapi jika kamu memiliki fanspage/halaman, tulisan postingan di fanspage tidak bisa disimpan jadi konsep ya guys. Jika kamu tap navigasi back, maka akan muncul pop up “jika anda kembali sekarang, konsep akan di hapus“.

Admin: Ternyata konsep tidak bertahan lama, aku pikir tersimpan selama-nya seperti catatan. Itu artinya fitur ini memang cocok untuk kondisi dimana draft tsbt bisa diakses secepatnya, Jadi draft status lama yang pernah aku save beberapa tahun lalu sudah tidak bisa di cari atau di lihat sama sekali. Aku pikir selama ini, aku aja yang ga nemu menu-nya. Ternyata memang tidak ada menu-nya, dan konsep hanya bertahan 3 hari.

Ok, sepertinya segitu dulu tutorial sederhana kali ini. Semoga bisa membantu. Terimakasih.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan