Cara mengatasi facebook lemot dan lambat

Siapa yang tidak mengenal Facebook, media sosial yang satu ini memiliki banyak sekali pengguna baik itu golongan muda maupun golongan tua. Hampir semua orang, tidak hanya di Indonesia bahkan diseluruh dunia memiliki akun media sosial satu ini.

Pernahkan kalian saat menggunakan facebook, merasa loadingnya kelewat lama? atau malah aplikasinya terasa lemot saat berpindah laman?

Masalah ini cukup sering dialami pengguna facebook. Penyebabnya cukup bermacam-macam, solusinya juga bermacam-macam pula.

Kali ini kita akan bahas masalah ini dan solusinya, secara detail.

Perlu diketahui, disini kita fokus pada pengguna facebook di ponsel atau tablet. Jadi jika kalian pengguna komputer, pembahasan ini mungkin tidak terlalu relevan untuk kalian.

Penyebab Facebook Lemot

Secara garis besar, beberapa hal dibawah ini bisa berefek ke kenyamanan kalian dalam berselancar di facebook.

  1. Internet kalian lambat. Jika kalian pasang Wifi, kalian harus memperhatikan kecepatan download dan upload yang kalian dapat. Jika kalian pakai paket internet dari HP, jaringan yang didapat saat itu juga berpengaruh ke kecepatan facebook.
  2. Terlalu banyak aplikasi yang pakai internet. Hal ini juga dapat berdampak terhadap lamanya akses facebook. Jika kalian membuka banyak aplikasi yang memakai background data, aplikasi-aplikasi tsbt akan ikut memakai jaringan dan kuota internet kalian, sehingga akses facebook pun jadi lebih lambat.
  3. Terlalu banyak aplikasi yang dibuka. Jika dilihat dari penggunaan RAM ponsel atau tablet, terlalu banyak aplikasi yang dibuka, akan menyebabkan seluruh ponsel menjadi lambat, karena RAM dipakai oleh banyak aplikasi.
  4. Memakai browser yang lambat (kurang bagus). Jika kalian pakai browser untuk akses facebooknya, maka browser mempengaruhi kecepatan akses facebook. Browser seperti chrome atau mozilla, akan lebih baik dari pada browser bawaan HP. Selain itu browser versi baru memiliki fitur-fitur yang mendukung akses internet lebih cepat.
  5. Ada banyak lagi penyebab yang mungkin bisa dijelaskan disini, tapi kita akan langsung lanjut kesolusinya saja sebelum kalian bosan membaca dan mencari tutorial lain di internet yang lebih to-do-point.

Solusi untuk mengatasi masalah facebook lemot

a. Untuk yang buka facebook lewat browser

Jika kalian pengguna facebook yang suka akses facebook lewat browser seperti chrome atau mozilla, beberapa hal berikut bisa dilakukan untuk mengatasi akses facebook yang lambat.

  1. Gunakan browser populer seperti ucbrowser, chrome atau mozilla. Tidak semua browser bisa menerima gambar dengan format webp (format terbaik gambar saat ini), ada fungsi hemat kuota, ataupun adblocking.
  2. Update browser ke versi yang paling baru. Browser populerpun kalau tidak diupdate, tidak akan dapat fitur terbaru, seperti bisa menghandle koneksi HTTP2, atau bahkan HTTP3.
  3. Bersihkan cache browser. Jika kalian internet-an dan tidak pernah bersihkan cache, dalam waktu seminggu, cache browser tersebut bisa sampai 1 GB. Ini jelas mengganggu kinerja browser
  4. Jangan banyak buka tab baru. Kalau ini lebih ke pemakaian RAM. Kalau kalian buka banyak tab, RAM yang terpakai juga banyak, maka ponsel/browser akan lelet jalannya. Loading facebookpun bisa terganggu, karena data yang diterima dari facebook dalam bentuk JS, CSS, HTML dan image, harus diproses dulu baru bisa ditampilkan oleh browser.
  5. Pindah ke aplikasi facebook. Dengan memakai aplikasi facebook, banyak hal tidak perlu didownload lagi saat kalian mengakses facebook. JS dan CSS serta layout laman facebook sudah diatur oleh aplikasi, sehingga ketika mengakses facebook, kalian hanya akan mendownload teks dan image/video saja, yang lainnya tidak perlu.

b. Untuk yang buka facebook lewat aplikasi facebook

Jika kalian pakai aplikasi facebook, solusinya ada yang mirip dengan yang diatas, tapi beberapa solusi lainnya memang hanya bisa dilakukan diaplikasi. Langsung aja, ini solusinya untuk facebook lemot kalian.

1. Jangan buka banyak aplikasi. Kalian tutup semua aplikasi yang ada saat ini. Kalau ragu cara tutupnya, restart aja ponsel kalian, nanti semua aplikasi yang tadi berjalan dibackground akan otomatis mati saat proses restart.

2. Restart HP. Solusi simpel dan sering diulang-ulang. Restart bisa mematikan aplikasi yang berjalan di background, merefresh HP kalian yang tidak pernah mati selama berhari-hari (bahkan berbulan-bulan). System yang tidak pernah refresh/restart selama berbulan-bulan bisa aja menimbulkan masalah.

3. Update aplikasi Facebook keversi paling baru. Dengan melakukan update, bug atau error bisa hilang. Error atau bug bisa saja menjadikan facebook kalian lambat, jadi pastikan untuk selalu mengupdate aplikasi yang sering kalian pakai.

Update Aplikasi Facebook

Untuk mengetahui ada atau tidaknya update aplikasi kalian bisa membuka Playstore, lihat didaftar aplikasi terinstall. Kalau perlu update, disana bakal keliatan permintaan updatenya.

4. Bersihkan cache aplikasi facebook. Facebook yang sudah lama dipakai biasanya akan punya banyak cache. Sebenarnya tujuan cache adalah mempercepat akses facebook kedepannya (karena banyak data yang tidak perlu di download ulang), kenyataannya memang demikian, tapi jika sudah terlampau banyak, aplikasi-pun jadi lebih berat. Efeknya aplikasi jadi lebih lambat/lemot ketika dipakai.

Hapus Cache

Untuk membersihkan cache, kalian bisa gunakan aplikasi tambahan seperti ccleaner. Ada banyak aplikasi sejenis untuk hal ini. Kalian juga bisa menghapusnya secara manual, caranya, masuk ke Pengaturan>pengaturan aplikasi>aplikasi facebook, lalu tap “clear cache”. Sayangnya tiap ponsel beda-beda nama pengaturan serta lokasi menunya. Yang jelas alurnya kira-kira seperti diatas.

5. Bersihkan data aplikasi Facebook. Untuk membersihkan data, caranya hampir sama dengan cara membersihkan cache tadi. Jika data dibersihkan, semua data yang ada diaplikasi facebook tsbt akan hilang, termasuk data login kalian. Jadi pastikan masih ingat username dan password untuk login ulang keaplikasi tsbt.

Hapus Data Aplikasi Facebook

6. Pindah ke mode gratis di facebook. Dimode gratis, gambar dan video tidak keliatan (tidak diload), jadi loading bisa lebih cepat dan cpu serta ram bisa lebih cepat memproses data yang didownload, akibatnya akses lebih cepat dan ringan. Untuk detailnya, kalian bisa baca disini: bukugue.com/masuk-facebook-mode-gratis/

7. Pindah ke facebook lite (bagi yang belum). Diblog ini sudah dijelaskan apa beda facebook biasa dengan facebook lite, jika kalian baca disana, kalian akan menemukan bahwa untuk masalah kecepatan akses, facebook lite menang dibandingkan facebook biasa. Karena facebook lite didesain dengan fungsi dasar dan minimum, jadi lebih ringan di CPU dan RAM, juga lebih ringan dari segi internet.

Facebook Lite

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Facebook lemot atau lambat. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan dikolom komentar. Sekian dan terima kasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan