Cara agar tidak semua foto di Whatsapp otomatis masuk ke galeri

Salah satu fitur whatsapp adalah mengirim media berupa gambar dan video. Dengan adanya fitur berkirim media berupa foto maupun video di WhatsApp, pengguna bisa memanfaatkannya untuk berbagi berbagai informasi dengan lebih mudah dan lengkap.

Kita bebas mengirimkan foto dan video kepada siapapun yang kita inginkan. Nantinya, WhatsApp akan otomatis mendownload file yang dikirim untuk penerima.

Otomatis download dan menyimpan ke memori ini sama halnya dengan ketika status whatsapp teman masuk ke memori kita tanpa perlu disimpan. Agar file yang dikirimkan bisa terdownload tentunya kita harus mempunyai ruang penyimpanan kosong.

Selain itu kita juga harus mempunyai kuota internet yang cukup, apalagi untuk file dengan ukuran yang besar maka kuota yang kita butuhkan juga akan lebih banyak. Untuk itu, kita harus tahu bagaimana caranya agar tidak semua foto atau video yang dikirimkan kepada kita otomatis terdownload.

Cara setting agar Foto dan Video WhatsApp tidak terdownload semua

Foto atau video yang kita terima bisa kita sortir agar tidak semuanya terdownload ke smartphone kita. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengubah beberapa peraturan pada aplikasi WhatsApp kita.

  1. Buka WhatsApp dan klik ikon titik tiga

Buka aplikasi WhatsApp dan klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas halaman utama WhatsApp. Kemudian pilih setelan.

  1. Pilih penggunaan data dan penyimpanan

Klik penggunaan data dan penyimpanan, atau untuk yang aplikasi WhatsAppnya menggunakan bahasa inggris bisa memilih data usage.

  1. Ubah pengaturan pada unduh otomatis media

Di halaman penggunaan data dan penyimpanan kalian akan menemukan beberapa pilihan. Untuk mengubah agar tidak semua foto atau video terdownload, yang harus kalian perhatikan adalah pada bagian unduh otomatis media. Disana ada 3 pilihan pengaturan.

Ada pilihan saat menggunakan data seluler, saat terhubung ke Wi-Fi dan saat roaming. Pada setiap pilihan tersebut, akan ada pilihan lagi jenis media mana yang bisa terdownload secara otomatis atau tidak. Media yang dimaksud yaitu Foto, Audio, Video dan Dokumen. Kalian bisa mengatur sesuai dengan keinginan kalian. Cukup klik pada foto, audio, vieo atau dokumen untuk melanjutkan pengaturan. Pengaturan download media secara manual atau tidak auto download berhasil jika tidak ada tanda centang pada pilihan.

Misalkan pada pengaturan saat kalian menggunakan data seluler tidak ada pilihan yang kalian centang. Hal tersebut berarti saat dalam mode data seluler, tidak ada media apapun yang dapat terdownload secara otomatis.

Sebaliknya apabila kalian ingin media terunduh otomatis pada saat kalian terhubung ke Wi-Fi, maka kalian tinggal mencentang semua pilihan media yang ada di menu “saat terhubung ke wifi”.

Di atas merupakan cara agar foto atau video maupun audio dan dokumen tidak terdownload otomatis ke dalam smartphone kalian. Kalian wajib sekali tahu cara tersebut agar galeri kalian tidak tiba-tiba penuh dengan gambar atau video yang tidak jelas dan menghabiskan memori.

Selain itu, dengan kalian mengatur agar media tidak terdownload secara otomatis maka kalian akan leluasa memilih file mana yang penting untuk kalian download atau tidak. Tidak seperti jika media otomatis terdownload dalam smartphone kalian. Walaupun kalian tetap bisa menghapus media tersebut dari smartphone kalian, namun kalian sudah kehilangan kuota internet.

Beberapa keuntungan menon-aktifkan auto download media WhatsApp

Tentunya dengan mengetahui cara agar media yang dikirimkan dengan WhatsApp tidak terdownload secara otomatis, banyak sekali keuntungan yang kalian dapatkan.

  1. Menghemat kuota internet

Mendownload foto atau video bahkan dokumen tentu saja harus menggunakan kuota atau paket data. Dengan mengubah pengaturan ke tidak auto download, maka kita bisa menghemat kuota internet kita. Kita bisa memilih file yang benar-benar kita butuhkan sehingga kuota internet kita tidak terbuang sia-sia.

  1. Menghemat ruang penyimpanan ponsel

Jika pengaturan WhatsApp kalian auto download media, kalian tidak boleh kaget apabila suatu hari terdapat notifikasi bahwa memori penyimpanan kalian hampir penuh. Padahal kalian jarang sekali mendownload sesuatu dari internet.

Yup, hal tersebut dikarenakan media yang masuk ke WhatsApp kalian otomatis terdownload. Padahal bisa jadi yang masuk bukan hanya foto saja. Bisa saja video yang ukurannya besar sehingga memakan banyak memori. Belum lagi jika kalian menjadi banyak anggota grup yang sering pula mengirim media.

  1. Mengurangi hal yang tidak penting

Sering sekali tiba-tiba saat kita membuka galeri dan kita menemukan foto atau video yang tidak penting. Hal tersebut bisa kita hindari dengan mengatur agar media tidak auto download. Dengan begitu kita bisa langsung menghapus media yang tidak penting dari pesan yang kita terima.

Juga apabila kita mengikuti banyak grup yang anggotanya sama, dan kebetulan orang tersebut mengirimkan gambar ke semua grup yang juga anda ikuti maka kalian akan memiliki lebih dari satu gambar. Tentu saja hal tersebut menjadi hal yang tidak perlu.

Nah, cukup sekian tadi yang bisa penulis sampaikan disini. Semoga bisa membantu agar kalian tidak menghabiskan banyak kuota untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar