Perbedaan aplikasi twitter biasa dan twitter lite

Twitter hingga kini masih tak kehilangan popularitasnya meskipun pengguna Instagram dan Facebook terus meningkat. Sebagai media microblogging, Twitter senantiasa meningkatkan pelayanan kepada para penggunanya. Sejak awal didirikan, Twitter sudah mengalami banyak perubahan yang cukup signifikan. Fitur yang disediakan pun kini sudah beragam.

Pengguna Twitter diberikan kemudahan dengan adanya aplikasi resmi dari Twitter itu sendiri. Adapun kelebihan dari penggunaan aplikasinya adalah adanya fitur push notification. Banyak dari pengguna Twitter kemudian mengunduh aplikasinya agar tetap menerima notifikasi. Untuk pengguna android, kamu dapat mengunduh Twitter for Android melalui playstore.

Banyak orang yang banyak menggunakan Twitter for Android (aplikasi twitter biasa) untuk mengakses Twitter. Namun tahukah kamu, sebenarnya masih ada satu lagi aplikasi resmi dari Twitter, yaitu aplikasi Twitter Lite.

Lalu, apa sih bedanya Twitter for Android dengan Twitter Lite?

A. Perbedaan secara umum antara aplikasi twitter biasa dan twitter lite

Twitter for Android merupakan aplikasi yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya yang kompleks. Bisa dikatakan Twitter for Android merupakan aplikasi full version dari Twitter. Fitur pada Twitter for Android lebih lengkap dibandingkan dengan versi ringan-nya, yaitu Twitter Lite.

Twitter Lite pada dasarnya adalah merupakan Twitter versi mobile yang dikemas dalam bentuk aplikasi. Lalu, kalau begitu mengapa perlu dibuat versi aplikasinya? Toh, kamu bisa mengaksesnya melalui browser. Perbedaan utama terletak pada adanya fitur push notification. Selain itu, dengan menggunakan Twitter Lite, kamu akan terhitung seperti sedang menggunakan aplikasi. Hal ini berbeda halnya jika kamu mengakses Twitter melalui browser ponsel yang kemudian akan mengganggu jendela atau tab pada browser.

A.1 Perbedaan dari segi ukuran aplikasi

Sama halnya dengan Line dan Facebook, Twitter memberikan alternatif aplikasi yang lebih ringkas jika dibandingkan pendahulunya.

Twitter Lite memiliki ukuran file yang tidak begitu besar, yaitu hanya sekitar 1 MB saja. Ini sangat berbeda dengan Twitter biasa yang ukuran aplikasinya sebesar 16 MB. Sehingga dalam hal ukuran aplikasi, Twitter Lite lebih unggul karena tidak memakan banyak memori.

A.2 Fungsi Data saver yang lebih dominan di twitter lite

Sebenarnya baik itu Twitter for Android maupun Twitter Lite, dua-duanya memiliki fitur untuk menghemat penggunaan data. Twitter for Android dapat menghemat data dengan cara mengatur kualitas gambar dan video, mematikan autoplay video, dan sinkronisasi data.

Sedangkan untuk Twitter Lite pada pengaturan default-ya sudah melakukan penghematan data. Bahkan dengan Twitter Lite, kamu bisa melakukan penghamatan data hingga 70 persen. Kamu juga bisa mengatur agar gambar, gif, dan video tidak termuat secara otomatis, sehingga penggunaan data dapat lebih diminimalisir lagi.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara mengaktifkan fitur data saver pada kedua aplikasi ini, kamu dapat membaca tulisan sebagai berikut: https://bukugue.com/cara-hemat-kuota-twitter/

A.3 Perbedaan pada Tampilan utama

Berikut ini akan ditampilkan tampilan utama dari masing-masing aplikasi. Jika kamu perhatikan, font yang digunakan pada Twitter Lite relatif lebih kecil dibandingkan dengan Twitter for Android. Meskipun demikian, kamu masih dapat mengatur font size-nya sendiri.

Selain itu, kedua aplikasi memungkinkan untuk berubah menjadi tampilan dark mode. Kamu dapat mengaturnya melalui halaman utama Twitter. Namun bedanya, jika Twitter for Android menyediakan opsi mode malam otomatis saat sunset, Twitter Lite tidak menyediakan ini.

B. Kelemahan dari masing-masing aplikasi

Kalau kamu simak baik-baik perbedaan diatas, akan kelihatan bahwa kedua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang satu full fitur dan lengkap, yang satu minimalis, ringan dan lebih hemat data.

Imbasnya pun, ya keduanya punya kekurangan yang cukup signifikan. Sehingga memang pemakaian twitter atau twitter lite akan bergantung kepada kebutuhan pengguna itu sendiri. Karena disini tidak ada pemenang yang jelas. Yang ada adalah aplikasi tertentu akan cocok di keadaan tertentu.

B.1 Aplikasi Twitter biasa

Fitur yang tersedia pada Twitter for Android bisa dikatakan lebih lengkap jika dibandingkan dengan versi lite-nya. Meskipun demikian, Twitter for Android sendiri memiliki kelemahan terutama dalam hal pemakaian memori. Aplikasi ini cukup memakan banyak memori.

Selain itu dalam penggunaan aplikasi ini pada ponsel dengan spesifikasi rendah seringkali mengalami beberapa masalah. Pada beberapa ponsel, aplikasi ini terkadang tidak merespon (atau loading lambat), termasuk pada ponselku sendiri.

B.2 Aplikasi Twitter Lite

Diluncurkan sebagai versi mini dan ringan dari pendahulunya, tentunya mau tidak mau menjadikan Twitter Lite lebih sedikit fiturnya. Ada beberapa fitur pada Twitter for Android yang tidak tersedia pada aplikasi ini. Ini juga sekaligus yang menjadikan kelemahan dari Twitter Lite itu sendiri. Apa saja itu?

Tidak tersedianya kode QR

Salah satu fitur yang tidak tersedia pada Twitter Lite adalah kode QR. Kode QR merupakan kode yang bisa dibaca mesin yang menyimpan URL. Bila kode QR pada Twitter dipindai, maka akan memungkinkan orang untuk menemukan serta mengikuti satu sama lain.

kode qr pada twitter for android

Kurang lengkapnya fitur photo editing

Ketika kamu mengupload suatu gambar untuk kamu jadikan sebagai tweet, terkadang kamu perlu mengedit gambar agar terlihat lebih bagus.

Twitter for Android memungkinkan kamu untuk melakukan hal ini. Akan tetapi untuk pengguna Twitter Lite, fitur editing yang dapat dilakukan hanyalah crop foto saja.

Tidak tersedianya fitur siaran live

Jika kamu ingin melakukan siaran langsung, kamu harus mengunduh dan menginstall Twitter for Android terlebih dahulu.

siaran live pada aplikasi twitter biasa

Hal ini karena Twitter Lite tidak memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran live. Namun, ini tentunya masih sangat wajar mengingat aplikasi ini merupakan versi mini dari pendahulunya.

C. Kesimpulan

Twitter for Android merupakan aplikasi full version yang memiliki fitur yang lengkap. Oleh karena itu tidak heran aplikasi ini begitu populer, dan diunduh 500 juta kali. Sedangkan untuk Twitter Lite, meskipun memiliki ukuran yang cukup kecil, Twitter Lite bisa dikatakan tidak pelit fitur. Walaupun ada beberapa fitur yang tidak tersedia di dalam versi lite-nya, Twitter Lite masih sangat layak untuk kamu pertimbangkan.

Aplikasi Twitter for Android dapat kamu gunakan jika menginginkan fitur yang lengkap. Sementara itu, Twitter Lite dapat digunakan terutama bagi para pengguna ponsel dengan spesifikasi rendah dan tidak begitu mementingkan fitur-fitur seperti edit gambar, kode QR, serta siaran live. Kamu semuanya tentu memiliki preferensi yang berbeda-beda.

Kamu dapat mengunduh aplikasi Twitter for Android melalui link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.twitter.android

Sedangkan jika kamu ingin mengunduh Twitter Lite, kamu dapat menuju link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.twitter.android.lite

Demikianlah itu tadi informasi mengenai perbedaan antara aplikasi Twitter dengan Twitter Lite. Semoga tulisan kali ini bermanfaat, terutama bagi kamu pengguna Twitter. Update terus informasi menarik lainnya di Bukugue dot com, ya.

Sampai jumpa lagi, bye!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan