Cara mengatasi highlight Instagram yang tidak muncul

Kita selama ini tahu bahwa story Instagram hanya dapat ditampilkan selama 24 jam saja. Setelah jangka waktu tersebut, Instagram story sudah tidak dapat dilihat kembali.

Meskipun demikian, secara default story yang pernah dibuat ini akan masuk ke dalam arsip. Sehingga sewaktu-waktu kamu dapat melihat dan membagikan kembali story tadi.

Meskipun demikian, pengikut kita tidak dapat melihat story kita jika sudah lebih dari 24 jam di-upload. Karena inilah kemudian Instagram mengeluarkan fitur yang dinamakan ‘highlight.

Highlight atau sorotan merupakan salah satu fitur Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk menyematkan story yang pernah dibuat agar dapat dilihat oleh orang-orang bahkan setelah 24 jam story dibuat. Kamu dapat menyusun hightlight sesuai album yang kamu buat. Kamu juga dapat menyesuaikan sendiri cover dari highlight yang kamu buat.

Kamu dan pengikut akun Instagrammu kemudian dapat melihat sorotan ini pada halaman profilmu. Highlight akan terlihat diantara bio dan post. Namun karena suatu hal, bisa jadi sorotan Instagram tidak muncul.

Selain masalah ini, terkadang juga kamu tidak dapat meng-highlight insta storymu sendiri. Beberapa pengguna instagram mengaku ikon highlight pada insta-story nya tidak muncul.

Pernahkah kamu mengalami permasalahan seperti highlight atau sorotan insta story yang tidak muncul? Bagaimana cara mengatasi fitur sorotan Instagram yang tidak muncul? Adakah cara memunculkan sorotan di Instagram?

Dibawah akan dibahas semuanya.

Kenapa highlight Instagram tidak muncul?

Jika kamu mengunjungi profil seseorang di Instagram dan tidak menjumpai adanya sorotan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya, bisa jadi orang yang kamu kunjungi profilnya tersebut tidak memiliki dan membuat sorotan insta story. Sehingga cukup jelas mengapa sorotan Instagram tidak muncul.

Namun bagaimana jika kamu tidak menemui fitur ini pada akunmu sendiri?

Pada April tahun 2018 lalu, sebenarnya masalah hilangnya highlight Instagram ini menimbulkan banyak pertanyaan dari para pengguna Instagram hampir di seluruh dunia. Banyak dari pengguna Instagram meluapkan keluh kesahnya akan hilangnya fitur ini. Sebagian orang bahkan sempat mengira bahwa Instagram telah menghapus fitur ini.

Namun menanggapi kepanikan tersebut, pada akhirnya Instagram mengonfirmasi bahwa hilangnya fitur ini dikarenakan adanya gangguan atau bug. Sehingga Instagram untuk sementara waktu menghapus fitur highlight untuk kemudian diperbaiki. Dan seperti yang kita lihat saat ini, Instagram telah memasukkan kembali fitur ini pada aplikasinya lagi.

Selain masalah hilangnya sorotan, banyak juga pertanyaan mengenai kenapa Instagram tidak bisa meng-highlight story kita. Untuk menjelaskan permasalahan ini lebih lanjut, perhatikan kedua gambar berikut ini dan temukan perbedaannya. Apa perbedaan yang menonjol?

Pada gambar pertama, kamu dapat menjumpai fitur sorot. Sehingga kamu dapat langsung menyematkan story pada gambar pertama ini sebagai sorotan. Sedangkan untuk gambar kedua, tidak ditemukan ikon sorot. Kemudian dimana ikon sorotan Instagram?

Nah, seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa secara default Instagram akan mengarsipkan story yang pernah kita upload. Lalu apa hubungannya arsip cerita dengan fitur sorotan ini?

Pada dasarnya ikon highlight atau sorotan hanya dapat muncul pada story yang masuk ke dalam arsip Instagram. Sedangkan untuk story yang tidak disimpan sebagai arsip tidak akan muncul ikon highlight tadi, sehingga tidak dapat kita sematkan.

Maka dari itu, untuk dapat memunculkan ikon highlight ini kembali, caranya adalah dengan mengarsipkan cerita.

Lalu bagaimana caranya? Teruskan baca artikel ini ya.

Solusi pertama untuk memunculkan sorotan di Instagram

Untuk memunculkan kembali ikon sorotan di Instagram, kamu perlu menghidupkan kembali arsip otomatis pada storymu. Bagaimana langkahnya?

1. Pertama, buka halaman profilmu pada aplikasi Instagram. Buka ikon garis tiga atau menu pada ujung kanan atas tampilan layar.

buka halaman profil setelah itu tap ikon garis tiga

2. Setelah itu, buka menu pengaturan. Pada menu pengaturan, pilih “privasi”. Melalui pengaturan privasi tersebut, kamu dapat mengatur segala hal terkait komentar, tagar, cerita atau story, dan status aktivitas.

3. Pilih ‘cerita’ untuk mengubah pengaturan insta story.

buka "cerita"

4. Scroll layar hingga kamu menemukan ‘simpan ke arsip’. Pada bagian tersebut, geser slider ke arah kanan menjadi aktif. Dengan diaktifkannya arsip cerita ini, semua insta story yang telah kamu bagikan akan disimpan dalam arsip cerita.

5. Selesai.

Setelah mengaktifkan arsip cerita, coba cek kembali dengan membuat insta story baru. Maka ikon sorotan atau highlight akan muncul sehingga kamu dapat membuat highlight story lagi.

Solusi kedua untuk memunculkan sorotan di Instagram

Hi, disini admin ingin menambahkan sedikit. Barusan admin testing sendiri, karena kebetulan memang ikon highlight di bio instagram bukuguedotcom tidak muncul.

Saat mencoba ikuti langkah di solusi pertama, ternyata pengaturan arsip story sudah aktif.

Namun ikon highlight di bio tetap tidak ada.

Setelah itu, admin mencoba publish story baru. Dan alhasil highlight muncul. Dari sini admin ambil hipotesis, bahwa untuk akun baru, kebetulan akun IG bukuguedotcom adalah akun baru, dan sebelumnya belum pernah pakai fitur highlight ini, maka fiturnya akan disembunyikan.

Jadi jika akun baru, pastikan bahwa pengaturan “simpan ke arsip” sudah aktif, lalu coba aja buat story beberapa biji, dan cek kembali ke halaman bio instagram kamu. Seharusnya sudah muncul fitur highlight tsbt.


Bagaimana Bukugue readers, setelah membaca artikel ini kamu jadi tahu kan bagaimana mengatasi highlight Instagram tidak muncul?

Selamat mencoba langkahnya. Jika ada tambahan atau saran, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah. Sampai jumpa ditulisan berikutnya. 🙂

Tanggapan atas “Cara mengatasi highlight Instagram yang tidak muncul”

  1. Avatar Ayyu
    Ayyu

    Sudah coba cara yang mimin saranin kok ikon sorotannya masih nggk mau muncul yaa☹

    1. Avatar yudha
      yudha

      udah coba cara yang kedua mba?

      mba pakai aplikasi instagram kan ya? bukan buka ig dibrowser?

  2. Avatar Ayrin
    Ayrin

    Tetep ga muncul aneh.. beberapa akun ada yg bisa melihat highlight saya dan ada byk juga akun yg ga bisa melihat highlight saya

    1. Avatar yudha
      yudha

      Mba tau dari mana ada banyak akun yang tidak bisa lihat highlight mba? minta dia screenshot coba, jika memang tidak ada disebagian akun, kemungkinan bug. Bisa coba lapor instagram.

  3. Avatar Amanda
    Amanda

    Tpi punya saya ttp tidak muncul dibgian arsip sorotannya itu.
    Sudh saya coba buat story lalu langsung saya tmbahkan ke sorotannya ada tp ktika saya hpus story saya di sorotan instagramnya itu hilang juga fotonya. Dn saya cek di arsip sorotannya pun foto itu tdak ada

    1. Avatar yudha
      yudha

      Masalah mba storynya tidak muncul di arsip? iya kah?
      Story yang dihapus tidak masuk ke arsip setauku.. story yang masuk ke arsip adalah story yang sudah lewat 24 jam (dan pengaturan “Simpan ke arsip” aktif)..

  4. Avatar Maulana
    Maulana

    Ini saya buat sorotan Ig trus di akun Laen nga bisa di lihat

    1. Avatar yudha
      yudha

      Udah berhasil di sorot storynya mas? di akun mas keliatan? akun mas di private ga? jika iya, pastikan akun yang melihat sudah follow.. selain itu pastikan juga akun yang liat tidak diblokir.. cmiiw..

  5. Avatar teah
    teah

    salam saya dari Malaysia
    saya punya Instagram problem
    ceritanya begini saya udah membuat highlight di bio saya, fotonya 6 keping eh malah ada 3 keping
    fotonya udah disorotan kok tiba tiba hilang sendiri
    mohon bantuu kak 🙂

    1. Avatar yudha
      yudha

      kurang tau aku ya mas.. coba aja ulangi mas, buat 6 story dan coba highligh ke 6 story tsbt… lihat apakah ada masalah disana.. setauku jarang ada error di Instagram (bukan tidak mungkin, tapi jarang banget kejadiannya).

  6. Avatar Ndari
    Ndari

    ditempat ku mlh gda plihan simpan ke arsip cuma simpan ke galeri. gmn tu kak??

    1. Avatar yudha
      yudha

      barusan aku coba cek di akun ig ku masih ada kok pilihannya mas.. mas pakai aplikasi instagram biasa kan ya?

  7. Avatar syifa
    syifa

    hallo kak, aku ig sama kaya kaka di cara ke 2 itu. tpi aku udah bikin story berkali kali tetap ga muncul fitur highlight di profil gimana cara ngatasinnya ya kak. tolong bantu soalnya buat jualan mau bikin sorotan🙏

    1. Avatar yudha
      yudha

      kemungkinan bug itu sih mba.. bisa coba bersihkan cache aplikasi, atau coba install ulang aplikasinya mba.. ..

    2. Avatar Nadia
      Nadia

      sama kak saya juga dr awal bikin IG gk ada menu sorotan. sudah dicoba atur berkali2, sudah update, hapus chace tp ttep gk muncul

      1. Avatar yudha
        yudha

        menu sorotannya ga muncul di story maksud mba..?

        Mba bisa coba masuk ke halaman arsip di Instagram mba? cek apakah ada story yang masuk ke arsip? pastikan untuk tunggu 24 jam hingga ada story yang masuk ke arsip. Jika sudah, dihalaman arsip tsbt, tap ikon titik tiga dipojok kanan atas, lalu pilih menu ‘Buat sorotan’. Setelah itu pilih story yang tersedia di arsip tsbt..

  8. Avatar Erica
    Erica

    Highlight di profil saya separuh nya tiba2 ga ada kak .. tp saya coba cek pakai akun IG suami, highlight di IG saya lengkap. Udah saya coba refresh ulang, uninstall juga .. masih tetep ga ada sebagian. Kenapa bisa gitu ya ka? Ada cara lain mungkin

    1. Avatar yudha
      yudha

      separuh ga ada itu maksudnya gmana ya mba? apakah separuh story dalam satu highlight yang hilang, atau mba misalnya punya 2 highlight, 1 nya yang hilang.

      Sudah coba misalnya testing login ke akun mba di ponsel suami? apakah highlightnya tetap hilagn disana?

      Ohya, selain itu juga bisa coba akses akun mba via browser chrome misalnya di HP, cek di laman profilnya apakah normal dari sana? Aku test via browser seharusnya bisa dilihat highlight disana, dan mengingat datanya diunduh langsung saat itu dari server, seharusnya highligh yang hilang akan terlihat disana.

      Tampilan laman profil Instagram saat dibuka dari browser

      Jika highlight yang hilang terlihat dibrowser, artinya kesalahan ada di aplikasi Instagram mba saat ini. Bisa coba hapus data, uninstall, restart ponsel, baru coba login ulang di app tsbt. Kalau bermasalah jg bisa coba buat laporan ke Instagram, kemungkinan bug itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *