Cara membuat Cover Sorotan di Instagram

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Mei 2, 2020
  • Post category:Topik : Instagram
  • Post comments:0 Comments

Pernah nggak kamu merasa penasaran dengan cover highlight di Instagram yang lucu dan menggunakan icon-icon yang unik.

Nah kan penasaran? gimana coba cara bikinnya?

Kali ini mimin akan jelasin bagaimana cara membuat cover atau sampul untuk sorotan story kamu, dengan tampilan ikon yang unik dan keren. Pembahasannya akan dijelaskan untuk perangkat ponsel maupun PC, jadi tinggal pilih yang paling nyaman untuk kamu gunakan.

Tapi mimin memang lebih menyarankan dengan PC, karena lebih full fitur dan lebih leluasa dalam penggunannya.

Yuk simak artikelnya sampai habis ya.

Tapi sebelum kita masuk kepembahasan, biar tidak ada yang ragu, mimin ingin singgung sedikit mengenai apa itu cover atau sampul sorotan di Instagram.

Apa itu cover sorotan story Instagram?

Cover sorotan story Instagram merupakan sampul yang berupa gambar dengan ikon keren disertai background dengan ukuran 1080 px * 1920 px. Gambar sampul ini dapat digunakan agar mempercantik tampilan sorotan dan halaman profil instagram kamu.

Cover sorotan (highlight) ini akan dimuat dibagian bawah bio Instagram kamu seperti dibawah ini.

Menggunakan cover highlight Instagram menurut Mimin sih sangat penting ya, karena dengan menggunakan cover ini akun Instagram kamu akan terlihat lebih profesional dan lebih lengkap. Kalau kamu niat jadi selebgram, sebaiknya memang menggunakan seluruh atribute yang ada di halaman profil ini dengan maksimal.

Gimana guys tertarik membuatnya?

Cara membuat cover highlight Instagram dengan Canva via HP

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat cover highlight instagram. Banyak aplikasi yang dapat digunakan. Salah satu aplikasi yang ringan dan mudah untuk membuat cover highlight adalah aplikasi Canva.

Aplikasi ini user friendly dan sudah banyak didownload oleh para penggunanya karena sangat cocok untuk mendesain cover highlight di Instagram.

Selain itu, Canva juga bisa digunakan untuk mendesain logo, konten di Instagram, blog perusahaan, bisnis dan banyak lagi. Canva merupakan aplikasi yang dapat meningkatkan kreatifitas kamu untuk membuat desain yang bagus membuat cover highlight di Instagram stories kamu.

Yuk simak cara membuat cover highlight di aplikasi Canva di bawah ini!

1. Download aplikasi canva di play store kemudian install di smartphone kamu.
2. Setelah terinstall , buka aplikasi Canva tsbt.
3. Setelah aplikasi Canva terbuka, pada kolom pencarian ketik “Instagram story cover highlight” maka secara otomatis akan ditampilkan template cover highlight.

4. Pilih template sesuai dengan keinginanmu, atau bisa juga kamu memilih blank template untuk memulai membuat cover.
5. Jika kamu sudah memilih template, maka kamu akan diarahkan kejendela baru seperti dibawah ini.
6. Dihalaman ini, ada pilihan menu “edit”, tap menu tsbt.

7. Setelah itu kamu akan berada dihalaman peng-edit-an seperti dibawah ini. Disini kamu bisa buang elemen-elemen pada template yang kamu rasa tidak perlu, edit sesuai dengan keinginanmu.

8. Kamu juga bisa menambahkan ikon baru dengan tap ikon plus, lalu pilih menu “illustration”.

9. Nanti akan muncul banyak ilustrasi dan ikon yang bisa kamu pilih disini. Pada kolom pencarian, kamu tinggal ketik ikon apa yang kamu butuhkan. Misalnya “travelling” maka akan otomatis ikon-ikon yang bersangkutan dengan kata kunci ini akan ditampilkan. Pilih ikon sesuai seleramu.

10. Setelah ikon dipilih, kamu bisa mengubah ukuran dan orientasinya. Jika ada yang ingin ditambahkan, bisa ulangi langkah diatas.

11. Jika dirasa sudah selesai, kamu bisa klik menu “download” untuk mengunduh cover tersebut ke galery ponsel kamu.

12. Selesai.

Cara membuat cover highlight Instagram dengan canva via PC

Untuk membuat cover highlight Instagram dengan canva, selain bisa kamu lakukan di smartphone, kamu juga bisa membuatnya via PC.

Kamu harus mengakses website canva di laptop atau PC kamu. Nah menurut mimin pribadi, Mimin lebih saranin sih membuat cover highlight di PC, karena lebih leluasa.

Nah bagaimana membuatnya? Simak bahasan berikut.

1. Akses web url canva.com, kemudian setelah lamannya muncul, buat akun secara gratis di web canva tersebut. Jika kamu mempunyai akun gmail atau Facebook kamu juga bisa daftar langsung melalui akun tersebut.

2. Setelah selesai mendaftar dan bisa masuk, kamu ketik “Instagram Story” di kolom Search (pencarian).

3. Lalu setelah muncul template Instagram Story nya kamu tinggal memilih salah satu yang kamu inginkan kemudian bisa kamu edit.

4. Jika kamu sudah memilih templatenya, maka kamu akan dialihkan ke jendela halaman baru untuk mulai mengedit template tersebut. Pada halaman pengeditan template, kamu bisa menghapus elemen-elemen yang menurut kamu tidak penting dan tidak kamu butuhkan.

5. Masuk ke menu Latar kemudian pilih warna atau tekstur/gambar latar yang kamu inginkan.

6. Lalu masuk ke menu “Elemen” untuk menambahkan ikon. Dicontoh ini kita ingin menambahkan ikon bulat. Ketik “circle” di kolom search kemudian pilih gambar lingkaran yang tersedia dan pilih warna yang kamu inginkan

7. Masih di tab elemen, disini mimin menambahkankan ikon sendok.

8. Jika sudah selesai mengedit cover highlight instagram kamu , kamu tinggal unduh agar bisa segera kamu gunakan.

9. Setelah klik tombol “unduh” seharusnya akan muncul jendela penyimpanan untuk memilih lokasi menyimpan file gambar tsbt. Pastikan kamu tau dimana lokasi folder penyimpanannya.

10. Selesai.

Cara memasang cover highlight Instagram

Sebelum kamu memasang cover untuk sorotan di Instagram, pastikan kamu sudah memiliki story yang di sorot terlebih dahulu.

Hal ini sudah dibahas di halaman bukugue.com/cara-pakai-fitur-sorotan-instagram-story

Jika sudah punya sorotan story, barulah ikuti proses dibawah ini.

1. Masuk ke profil instagram kamu.
2. Dibagian sorotan, tekan dan tahan lama. Setelah itu pilih menu “Edit Highlight” setelah itu tap ikon “image” untuk menambahkan cover ke highlight kamu.

3. Kamu akan dibawa ke halaman pemilihan gambar seperti dibawah. Pilih cover yang sudah tersimpan di galeri kemudian aturlah ukuran gambar sesuai keinginanmu.

4. Jika Sudah klik “Done” di pojok kanan atas.

5. Selesai.


Bagaimana gaes? cukup mudah bukan membuat cover sorotan unik dan keren untuk Instagram kamu.

Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu, terutama yang memang sedang butuh tutorial membuat cover sorotan ini.


Sampai disini dulu bahasan kali ini. Jangan lupa kritik dan sarannya bisa kamu tulis di kolom komentar dibawah. Terimakasih

Tinggalkan Balasan