#10 Platform Sosial Media Paling Populer di Dunia Saat ini

Apakah kalian termasuk anak gaul yang tahu dan pakai semua aplikasi sosial media yang paling populer saat ini? Atau mungkin kalian termasuk yang sudah gaul dari dulu semenjak jaman Friendster dan MySpace?

Seiring dengan berjalannya waktu berbagai jenis platform sosial media semakin bermunculan, semakin kreatif, inovatif dan semakin canggih.

Hanya platform yang berani beradaptasi dengan perubahan zaman dan dapat memenuhi kebutuhan para penggunalah yang akhirnya dapat bertahan lama diantara banyaknya persaingan. Selain dari ketenarannya, setiap platform memiliki demografis pengguna yang bisa dibilang unik, berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Sampai bulan Februari 2018, lima platform sosial media paling populer di dunia saat ini yaitu :

1. Facebook

Platform yang satu ini sudah tidak perlu penjelasan panjang lebar. Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 2,13 Milyar orang bisa dipastikan bahwa hampir sepertiga penduduk planet bumi mempunyai akun Facebook.

Didirikan oleh Mark Zuckerberg, bersama teman-temannya di Universitas Harvard, Facebook mulai diluncurkan pada bulan Februari 2004. Berkantor pusat di Menlo Park, California, kini Facebook memiliki lebih dari 25.000 karyawan dengan 42 kantor cabang internasional yang tersebar di berbagai belahan dunia. Meskipun sangat populer, ada pula beberapa negara yang memblokir Facebook karena berbagai alasan kontroversi. Beberapa negara tersebut diantaranya yaitu China, Vietnam Iran, Uzbekistan, Pakistan, Suriah dan Bangladesh.

Selain berdiri sendiri sebagai perusahaan besar, Facebook juga mengakuisisi dua platform sosial media yang tak kalah populer yaitu Instagram dan Whatsapp sebagai anak perusahaannya.

2. Youtube

Platform video ini didirikan Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim pada Februari 2005, ketiga orang pendirinya adalah mantan karyawan Paypal. Youtube berkantor pusat di San Bruno, California, dan menurut data terbaru terdapat lebih dari 1,5 Milyar pengguna aktif setiap bulannya. Pada bulan November 2005, Youtube akhirnya dibeli oleh Google dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaannya. Jadi nggak heran ya kalau akun Youtube kalian bisa langsung terintegrasi dengan akun Google mail, Google+ dan bahkan browser Chrome.

Sama hal dengan induk perusahaannya, kini Youtube menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Meskipun jauh berbeda dengan Facebook dalam aspek interaksi pengguna, Youtube secara unik masuk dalam kategori platform sosial media yang memungkinkan informasi tersampaikan dalam bentuk video. Selain itu, pengguna dapat berinteraksi dengan pengunggah video dan pengguna lain dengan menyampaikan pendapatnya tentang suatu video dengan memberikan komentar.

3. Instagram

Terinspirasi oleh kamera polaroid yang dapat menghasilkan foto secara instan, platform ini dikembangkan oleh perusahaan Burbn, Inc yang berdiri pada tahun 2010. Bermula dari aplikasi berbagi foto yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone, kini instagram menjadi raksasa media sosial ketiga dengan pengguna aktif lebih dari 800juta orang setiap bulannya.

Fitur paling populernya adalah berbagi foto dan video secara langsung dimanapun dan kapanpun. Kepopuleran instagram semakin naik daun dengan banyaknya pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini sebagai media untuk bisnis dan memasarkan produk. Pada tahun 2012 Instagram secara resmi dibeli oleh Facebook dan menjadi anak perusahan Facebook yang tak kalah populer.

4. Twitter

Didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, meskipun berada pada urutan ke-empat, Twitter selalu masuk dalam daftar salah satu dari sepuluh platform yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet. Data terakhir menunjukkan setidaknya terdapat 330 Juta pengguna aktif platform ini setiap bulannya.

Twitter terinspirasi dari penggunaan kode pesan singkat yang awalnya hanya dikembangkan sebagai media komunikasi internal pada perusahaan podcast bernama Odeo. Postingan pengguna dinamakan “tweet”, yang secara harviah diartikan sebagai ‘kicauan burung’, dengan maksud sebagai sesuatu yang bersifat singkat, berisik dan tidak penting. Filosofi ini lah yang mendasari nama, logo dan prinsip utama Twitter yang selalu simple. Salah satunya terlihat dari pembatasan jumlah karakter tweet yang tidak boleh melebihi 280 karakter, postingan singkat ini termasuk sebagai media mikrobloging yang singkat dan cepat.

Salah satu fitur penting twitter yang tidak dimiliki oleh platform lain adalah trending topic, dimana pengguna dapat mengetahui topik yang paling terkini, terpanas dan terpopuler yang sedang dibicarakan oleh pengguna dimanapun dan kapanpun.

5. Reddit

Platform yang satu ini jauh berbeda jika dibandingkan keempat platform sebelumnya karena bentuk interaksi yang dilakukan oleh penggunanya. Reddit merupakan media agregasi dan diskusi yang memungkinkan para anggotanya untuk melakukan rating dan mendiskusikan suatu konten yang di posting. Apabila media yang lain merupakan ajang pamer, Reddit adalah media berkumpulnya orang-orang cerdas yang mau berdiskusi panjang lebar.

Didirikan oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian pada tahun 2005, keduanya merupakan mahasiswa Universitas Virginia dan teman sekamar. Nama asal platform ini merupakan permainan kata dari frase “read it”. Pengguna yang memposting konten dinamakan ‘redditors’, konten yang diposting dikelompokkan dalam beberapa kategori yang berbeda dibawah kategori tersebut yang dinamakan ‘subreddits’. Sama seperti platform yang lain, pengguna tidak dikenakan biaya untuk mendaftar menjadi anggota. Selain gratis, pendaftaran juga tidak perlu menggunakan email. Pengguna yang tidak mempunyai akun juga dapat membaca diskusi namun tidak dapat berpartisipasi.

Hingga tahun 2017 tercatat terdapat lebih dari 250 juta pengguna aktif setiap bulan dan situs ini merupakan website yang paling banyak dikunjungi keempat di Amerika Serikat dan ke-8 di dunia.


(update maret 2018)

6. Pinterest

Merupakan platform sosial media yang memungkinkan pengguna untuk berbagi gambar dan video yang kemudian dikatalogkan dalam berbagai kategori. Berbeda dengan sosial media lainnya yang kebanyakan mengharuskan pengguna untuk mengikuti akun pengguna lain, pinterest tidak hanya memperbolehkan pengguna platform ini untuk mengikuti pengguna lain tapi juga dapat mengikuti suatu topik dan konten yang dimiliki pengguna lain yang dikenal dengan nama ‘boards’.

Ide pembuatan Pinterest dimulai pada bulan Desember 2009 dan mulai diluncurkan secara tertutup pada bulan Maret 2010 melalui undangan ke calon pengguna baru. Meskipun begitu, platform yang satu ini dinilai sebagai salah satu sosial media yang unik dan menjadi jaringan sosial ketiga terbesar di Amerika Serikat pada bulan Maret 2012. Masih di tahun yang sama, bulan Agustus, akhirnya Pinterest dibuka untuk umum tanpa harus melalui undangan registrasi dan juga diluncurkan dalam bentuk aplikasi untuk Android dan iPad.

Berkantor pusat di San Francisco, California,Pinterest digagas oleh tiga orang pendiri yaitu Ben Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp. Data terakhir yang dilaporkan pada bulan September 2017, Pinterest memiliki sekitar 200 juta pengguna aktif setiap bulannya.

7. Vine

Didirikan pada bulan Juni 2012, Vine dibeli oleh Twitter pada bulan Oktober 2012 sebelum diluncurkan secara resmi. Platform ini merupakan media dimana pengguna dapat berbagi video pendek dengan durasi 6 detik, yang kemudian dapat pula dibagikan ke berbagai platform lain seperti facebook dan twitter.

Vine merupakan platform sukses yang hanya bertahan dalam jangka waktu yang tidak lama. Diluncurkan resmi pada Januari 2013, dalam kurun waktu dua tahun media unik ini telah digunakan oleh lebih dari 200juta pengguna aktif. Alasan ketenaran Vine sebenarnya cukup menarik, bagi sebagian pengguna membuat video bedurasi enam detik sama halnya dengan seorang blogger yang harus menuangkan idenya dalam satu postingan twitter dengan karakter yang terbatas. Disinilah kekreatifan pengguna diuji. Tak ayal, berbagai video lucu dan meme seru menjadi daya tarik tersendiri di kalangan pengguna sosial media. Sayangnya, Vine tidak lagi beroperasi aktif. Pada tanggal 27 oktober 2016 Twitter memutuskan untuk tidak lagi menerima upload video pada Vine, meskipun pengguna masih dapat melihat dan mendowload video yang sudah ada. Januari 2017, applikasi platform berubah nama menjadi Vine Camera dan hanya bisa posting video ke Twitter, perubahan ini tidak disambut baik oleh para penggemar sejati Vine original.

Berita baiknya, pada tahun 2018 ini salah satu pendiri Vine, Dom Hoffman, berencana untuk merilis versi baru Vine yang dinamakan V2 dengan fitur lama video yang bervariasi dari 2 sampai 6,5 detik dan berulang tanpa henti.

8. Ask.fm

Kalau platform yang satu ini diperuntukkan bagi kamu yang kepo tapi malu-malu kucing untuk bertanya. Lalu apa bedanya dengan social media yang lain? Semua social media memberikan akses pengguna untuk saling berinteraksi, berdiskusi dan melemparkan pertanyaan kan?

Iya, memang benar. Tapi tidak semua social media memberikan fitur ‘anonimous’ alias tanpa nama. Jadi kamu dapat bertanya ke pengguna lain dengan label anonimus sehingga dia tidak tahu siapa yang memberikan pertanyaan.
Unik kan? Iya, pastinya. Tapi dibalik semua kesuksesan platform ini, ada cerita sedih juga. Jadi, karena adanya fitur anonimous, banyak terjadi penyalahgunaan. Media yang harusnya menjadi penyambung komunikasi malah kemudian digunakan sebagai ajang cyberbully. Diketahui ada dua orang remaja yang akhirnya ditemukan bunuh diri karena mendapatkan banyak komentar/pertanyaan yang tidak seharusnya. Selain itu banyak pula penggunaan kata-kata vulgar yang digunakan oleh para pengguna yang lolos moderasi dan tidak dihapus.

Platform ini didirikan pada tanggal 16 Juni 2010 di Latvia oleh dua bersaudara Ilja dan Mark Terebin. Meskipun banyak kontroversi, sampai awal tahun ini diketahui Ask.fm digunakan oleh lebih dari 160 juta pengguna aktif setiap bulannya.

9. Tumblr

Didirikan pada bulan Februari 2007, Tumblr merupakan media sosial mikroblogging dimana pengguna dapat berbagi konten dan multimedia. Meskipun pengertian mikroblogging disini tidak sependek dan sesederhana Twitter post, istilah pada saat itu lebih dikenal dengan tumblelogs atau blog pendek.

Sama halnya platform yang lain, Tumblr juga tak luput dari kontroversi. Dari fiturnya sendiri yang memperbolehkan pengguna untuk memposting konten milik pengguna lain yang dinamakan re-blogging sehingga banyak terjadi penyalahgunaan copyright. Bahkan di negara kita dan juga di China, Kazakhstan dan Iran, Tumblr pernah diblokir dengan alasan terlalu banyak konten penggunanya yang mengandung unsur pornografi, ekstrimisme agama dan LGBT.

Meskipun begitu hingga saat ini, Tumblr masih banyak digemari pengguna setia dan baru. Setiap perubahan menjadikannya lebih berkembang dan bertahan dalam deretan platform social media terpopuler. Data sampai bulan februari 2018 menunjukkan terdapat 115juta pengguna aktif Tumblr setiap bulannya.

10. Flickr

Bersaing ketat dengan Tumblr, Flickr berada pada deretan ke-10 dari platform sosial media paling populer dengan pengguna aktif sebanyak 112 juta orang setiap bulannya.

Diluncurkan pada bulan Februari 2004 oleh perusahaan Ludicorp yang dirikan oleh Steward Butterfield dan Caterina Fake, Flickr pada awalnya dirancang sebagai salah satu fitur online games yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut. Pada akhirnya Flickr ternyata lebih banyak diminati oleh pengguna dibandingkan games yang dikembangkan, sehingga dilanjutkanlah pembuatan proyek ini.

Flickr kemudian berkembang menjadi salah satu website hosting untuk berbagi gambar dan video yang cukup ternama. Tampilannya yang elegan menarik pengguna yang bergerak di bidang fotografi baik profesional maupun dari komunitas online. Kebanyakan pengguna mengunggah gambar dengan kualitas tinggi yang kemudian banyak digunakan oleh blogger untuk ditampilkan pada blog mereka. Platform yang berkantor pusat di California ini kemudian diakuisisi oleh Yahoo pada tanggal 20 Maret 2005.

Pada bulan Maret 2013 diperkirakan setidaknya terdapat 3,5juta gambar yang diunggah ke platform ini setiap harinya. Konten yang sudah diunggah dapat diakses oleh siapapun bahkan yang tidak terdaftar sebagai pengguna.

Apakah kalian sudah mencoba semua platform sosial media diatas? Mana yang menjadi favorit dan paling populer di lingkaran pertemananmu? Dan satu yang perlu diingat, bahwa tujuan dari dikembangkannya berbagai media bersosialisasi virtual diatas adalah untuk mempermudah komunikasi dan berbagi informasi diantara kita. Bukan sebagai media untuk berkompetisi, ajang narsis atau bahkan sebagai alasan untuk jadi anti-sosial.

Selamat bersosialisasi.;)

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *