Tips meningkatkan keamanan akun gmail kamu

Banyak orang lebih suka menggunakan Gmail ketimbang Ymail, Hotmail, atau yang lainnya karena Gmail menyuguhkan kapasitas yang besar, mudah digunakan, dan dilengkapi berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh penyedia layanan email yang lain.

Apakah kamu salah satu pengguna aktif Gmail dan menggunakannya hampir setiap hari? Atau bagi kamu yang memiliki Gmail, tetapi jarang membukanya? Jika ya, seberapa penting sih bagi kamu untuk mengamankan akun Gmail yang kamu miliki?

Terlebih lagi bila Gmail kamu berisi data – data penting, atau bahkan salah satu email resmi milik perusahaan tempat kamu bekerja. Sangat penting bagi kamu untuk mengamankan akun Gmail yang kamu miliki, supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Nah, disini aku akan berbagi tips bagaimana cara mengamankan akun Gmail kamu. Tenang saja, tips nya tidaklah sulit. Coba simak tips – tips nya dibawah ini.

Gunakan password yang kuat dan sulit

Kalau kamu memiliki akun Gmail, atau bahkan akun sosial media lain yang kamu miliki, kamu harus sering – sering mengganti password. Misalkan setiap 3 bulan sekali, 1 bulan sekali, atau bahkan 1 minggu sekali jika akun email kamu benar – benar berisi data sangat penting.

Dan yang paling penting, ketika kamu mengubah password, hendaknya gunakan password yang sulit untuk ditebak oleh orang lain, namun kamu mudah mengingatnya. Gunakan kombinasi angka, huruf besar, dan huruf kecil. Jangan gunakan password yang terlalu pendek ataupun terlalu panjang.

Daftarkan nomor telepon aktif

Penambahan nomor dan pendaftaran nomor telepon untuk pemulihan akun Gmail kamu sangat penting dilakukan. Sewaktu – waktu jika akun kamu tiba – tiba tidak bisa dibuka, dan pihak Gmail meminta nomor telepon pemulihan, kamu bisa menggunakan nomor telepon yang telah kamu daftarkan sebelumnya untuk melakukan pemulihan dan verifikasi ulang akun Gmail kamu.

Misalnya kamu lupa password akun gmail kamu, dan otomatis tidak dapat login ke akun Gmail. Maka pihak Gmail akan memberikan beberapa opsi pemulihan saat reset password. Nah, kamu bisa menyetel ulang password melalui nomor yang sebelumnya kamu daftarkan dengan cepat dan mudah.

Aktifkan verifikasi 2 lagkah

Verifikasi dua langkah yang disuguhkan Gmail untuk penggunanya memang benar – benar sangat berarti. Verifikasi  2 langkah memberikan pengamanan dan perlindungan ekstra untuk akun Gmail melalui kata sandi dan nomor telepon.

Kalau kamu mengaktifkan fitur verifikai 2 langkah ini ketika kamu ingin login, maka kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi seperti biasanya dan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan pihak Gmail ke nomor telepon kamu melalui SMS. Jadi, untuk login di Gmail harus melalui 2 tahapan, yaitu password akun kamu, dan kode verifikasi dari nomor telepon kamu.

Kamu  juga bisa me-nonaktifkan verifikasi 2 langkah dikomputer dimana kamu membuka akun Gmail tersebut. Sehingga kamu hanya diminta untuk memasukkan password saja. Tetapi, jika kamu atau bahkan orang lain yang membuka akun Gmail di komputer lain yang berbeda, maka secara otomatis, verifikasi 2 langkah akan dimunculkan oleh Gmail. Jadi akun Gmail kamu akan tetap aman.

Tambahkan email pemulihan lainnya (misalnya email keluarga terdekat)

Gmail menyarankan untuk setiap penggunanya agar dapat menambahkan alamat email alternatif dan nomor ponselnya untuk pemulihan akun. Jika suatu saat kamu tidak dapat login karena lupa password, terkunci, atau bahkan ada orang lain yang mengakses akun Gmail kamu, maka email alternatif dan nomor telepon sangat membantu untuk dapat memulihkan akun Gmail kamu.

Selain itu,  jika kamu menambahkan email alternatif dan nomor telepon, maka biasanya pihak Gmail akan memberitahu melalui email jika ada aktifitas yang mencurigakan di email kamu. Jadi, kamu bisa croscek langsung dengan cepat.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui alamat email alternatif dan nomor teleopon aktif yang didaftarkan ke Gmail. Pastikan alamat email dan nomor telepon aktif masih kamu gunakan dan valid.

Hati – hati saat mengakses Gmail di komputer lain

Nah, bagi kamu yang suka membuka akun email di komputer yang berbeda – beda, harap berhati – hati. Sebagian besar pengguna biasanya lupa untuk logout saat sudah menggunakan Gmail di komputer lain. Ini bisa jadi disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Saat kamu menggunakan komputer lain untuk login email, jangan lupa untuk logout dan jangan meninggalkan jejak apapun disana. Sebisa mungkin untuk menghapus histori atau riwayat browser yang kamu gunakan untuk login email, dan jangan sekali – kali menyimpan sandi dibrowser komputer lain.

Kesimpulan

Sebagian besar pengguna email yang mengalami masalah keamanan pada akunnya sebenarnya adalah hasil dari kelalaian diri sendiri. Entah karena lupa password karena tak dicatat, atau password mudah ditebak, karena tidak mengaktifkan verifikasi 2 langkah, tidak menambahkan email alternatif dan nomor telepon, lupa logout di komputer lain, dan kelalaian – kelalaian lain yang mengancam akun email kamu sendiri.

Pihak Gmail sendiri sebenarnya sudah memberikan fasilitas – fasilitas yang baik untuk mengamankan akun email penggunanya. Namun, kesemua fasilitas dan fitur yang disuguhkan Gmail tidak sepenuhnya dimanfaatkan oleh penggunanya. Aku harapkan setelah membaca artikel ini, kamu menjadi lebih peduli dengan akun Gmail kamu, lalu mengamankannya dengan tips – tips yang telah ku jelaskan diatas.

Tinggalkan Balasan