Berapa ukuran foto Twitter yang ideal ?

Sosial media yang satu ini kerap menciptakan trending dan menjadi salah satu gudangnya informasi di ranah per-sosmed-an. Yap. Apa lagi kalau bukan Twitter. Twitter dikenal sebagai sosmed yang simpel tapi sangat bermanfaat. Pengguna bisa saling interaksi satu sama lain tanpa harus kenal terlebih dahulu. Informasi yang tersebar pun sangat beragam dan tentunya terupdate.

Obrolan – obrolan netizen Twitter pun sangat beragam. Mereka pun sering membahas suatu topik tertentu hingga menjadikannya trending di Twitter.

Jika kamu salah seorang pengguna Twitter yang selalu ikut update setiap harinya di Twitter, sudahkah kamu tau mengenai aturan ukuran foto yang ideal untuk digunakan di Twitter?

Sudahkah kamu memasang foto profil atau foto sampul sesuai dengan ukuran yang di rekomendasikan Twitter? Atau ketika kamu mengunggah foto ke timeline kamu, Apakah kamu sudah tau berapa ukuran foto yang sebaiknya kamu unggah?

Ukuran foto yang ideal untuk Twitter

Pasti banyak diantara kalian belum mengetahuinya kan? Untuk itu disini aku akan menjelaskan tentang ukuran foto untuk Twitter supaya kamu tau ukuran foto yang pas dan sesuai dengan aturan di Twiter. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini

A. Ukuran foto profil di twitter

Aku rasa semua sosmed memerlukan foto profil sebagai tanda pengenal di dunia maya, termasuk juga di Twitter. Twitter juga memiliki rekomendasi ukuran foto tersendiri jika kamu ingin memiliki foto profil sempurna.

Dilansir dari situs resmi Twitter help.twitter.com Ukuran foto 400 x 400 px sangat di rekomendasikan buat kamu jika ingin memasang foto profil di Twitter.

Jika kamu tidak memiliki foto yang berukuran sekitar 400 px x 400 px, kamu bisa me-resize foto tersebut dengan aplikasi pihak ketiga seperti “Photo comprize & Resize” yang bisa kamu download di Play Store.

Sebagai contoh, gambar dibawah adalah foto yang sudah aku resize menjadi 400 x 400 px dan siap digunakan untuk foto profil Twitter.

ukuran foto 400 x 400 px untuk foto profil Twitter
ukuran foto 400 x 400 px untuk foto profil Twitter (ukuran full)

Kamu bisa menggunakan format foto berupa .Jpeg, .Png, ataupun .Gif, tergantung dengan selera kamu asalkan berat foto tidak lebih dari 2 MB.

B. Ukuran foto sampul (header image) di twitter

Menambahkan foto sampul pada akun Twitter kamu juga menjadi hal yang cukup penting. Penambahan foto sampul pada Twitter kamu akan memberikan kesan menarik bagi orang lain yang sedang kepoin akun Twitter kamu.

Jika tidak ada foto sampul, akun kamu akan terlihat tidak ter-urus dan sama sekali tidak menarik orang untuk memfollow Twitter kamu. Nah, dari hal ini bisa di ambil kesimpulan kalau kamu tidak kunjung mendapatkan banyak follower di Twitter, mungkin saja kamu tidak / belum menambahkan foto sampul.

Lalu untuk menambahkan foto sampul sendiri tidak lah sembarangan. Asal ambil foto dan asal menerapkan akan membuat tampilan sampul Twitter kamu menjadi tidak good-looking dimata orang lain.

Untuk itu penting rasanya bila kamu harus tau terlebih dahulu ukuran foto yang direkomendasikan untuk foto sampul di Twitter. Dari pihak Twitter sendiri menyarankan untuk menggunakan ukuran foto 1500 x 500 px untuk foto sampul akun kamu.

Kira – kira contoh besar fotonya seperti pada gambar dibawah ini.

ukuran foto 1500 x 500 px untuk foto sampul Twitter
ukuran foto 1500 x 500 px untuk foto sampul Twitter (klik untuk zoom ukuran full)

Selain ukuran 1500 x 500 px, kamu juga bisa menggunakan ukuran foto 1024 x 280 px. Perlu kamu ketahui, format file untuk foto sampul hanya mendukung .jpg atau .png dengan ukuran berat foto maksimal sebesar 5 MB.

C. Ukuran unggahan foto di postingan twitter

Jika kamu termasuk orang yang aktif di Twitter, unggah – mengunggah status berupa foto mungkin akan lebih sering dilakukan.

Mungkin selama ini kamu mengunggah foto ke Twitter sama sekali tidak memperhatikan ukuran foto yang kamu unggah. Nah, mulai sekarang sebaiknya kamu lebih perduli dengan ukuran foto yang akan kamu unggah ke timeline.

Ukuran foto yang pas dan sesuai dengan apa yang sudah di rekomendasikan oleh pihak Twitter tentu akan terlihat lebih menarik untuk dilihat orang lain. Dengan memperhatikan ukuran foto yang akan kamu unggah, maka kamu tidak lagi mengunggah foto yang terlalu memanjang ke atas (Vertikal) atau kesamping (horizontal), sehingga akan terlihat lebih proporsional.

Untuk timeline, ukuran minimum foto sebesar 440 x 220 px dan maksimumnya 1024 x 512 px. Jadi kamu bisa mengunggah foto dintara ukuran minimum dan maksimum tersebut.

Disini aku memberikan contoh foto berukuran 700 x 463 px yang aku rasa pas untuk di unggah ke timeline Twitter.

ukuran foto 700 x 463 px untuk foto timeline Twitter cukup ideal
ukuran foto 700 x 463 px untuk foto timeline Twitter yang cukup ideal

Nah, itulah ukuran – ukuran foto yang direkomendasikan buat kamu yang aktif di Twitter. Perhatikan ukuran foto yang kamu miliki saat ingin kamu unggah. Jangan sampai foto yang akan kamu jadikan profil Twitter memiliki ukuran yang besar, tentu akan terpotong dan tidak eye-catching.

Begitu juga pada foto sampul dan foto timeline. Jika kamu ingin mengunggah foto untuk sampul ataupun untuk update status ke timeline, sebaiknya cari tahu dulu ukuran foto yang pas supaya kualitas foto kamu tetap oke.


Free license Image by pexels.com

Share woy :D

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan