Waktu terbaik agar jangkauan postingan instagram kamu lebih max

Udah rajin posting, feed juga uda dibenerin kok ya like nya tetep dikit ya? udah pake editing yang keceh badai , tagar yang menarik perhatian banyak orang tapi tetep aja yang like sedikit. kenapa ya?

Nah lo siapa yang punya pikiran begini. Tahu gak gaes kalau waktu posting di instagram ada waktu yang tepat agar postingan kamu banyak like ataupun komen.

Waktu terbaik untuk memposting di instagram adalah ketika banyak pengikut atau followers kamu sedang online. Kenapa? karena pada saat itulah postingan kamu akan dilihat oleh banyak orang sekaligus. Sedangkan waktu terbaik berikutnya, akan dijelaskan dibawah ini, seperti jam-jam dan hari yang paling baik untuk posting di instagram berdasarkan data hasil reseach yang dipublish di internet.

Secara garis besar waktu kerja masyarakat pada umumnya adalah di mulai dari pukul 07.00 sampai dengan jam 17.00. Pada jam jam tersebut orang cenderung fokus pada kerjaannya dan hanya membuka instagram sekedarnya saja. Mereka tidak terlalu intens untuk melakukan aktivitas di dunia maya. Yah… walaupun ada sebagian dari mereka yang tidak bisa lepas dan terus update dengan media sosialnya. Para pelajar pun sama, mereka mempuyai jam sibuk yang mereka gunakan untuk belajar di sekolah.

Tentu ada pengecualian dalam hal ini, misalnya mereka yang memang bekerja di bidang periklanan dan digital marketing yang mengharuskan bergelut dengan media sosial sepanjang harinya.

Coba deh kamu perhatikan dan bandingkan saat memposting foto pada pukul 17.00 keatas. Pasti postingan pada instagram akan lebih ramai. Karena pada pukul tersebut banyak orang yang dengan gila gilaan memposting foto di instagram atau tulisan.

Waktu terbaik untuk posting di Instagram

Menurut penelitian sebuah perusahaan yang bernama Latergramme yang bergerak untuk melayani pengaturan jadwal postingan di instagram mencoba menganalisis jadwal terbaik untuk posting di instagram.

Mereka melakukan percobaan ini melalui lebih dari 61 ribu postingan agar bisa mengetahui kapan waktu terbaik untuk melakukan posting foto di instagram. Pada analisis tersebut mendapatkan hasil bahwa pada pukul 02.00 dini hari dan 17.00 sore hari adalah waktu terbaik untuk posting di instagram.

Sedangkan menurut Mat Smith (Pendiri Lategramme) mengatakan bahwa waktu terburuk untuk melakukan posting di instagram adalah pada pukul 09.00 pagi dan 18.00 malam hari. Karena pada waktu itu orang cenderung hanya membuka instagram tanpa upload foto.

Pada sore hari bisa dikatakan waktu yang tepat untuk posting karena banyak orang sudah pulang dari rutinitas dan akan membuka instagram pada saat perjalanan pulang.

Tetapi pada pukul 02.00 dini hari merupakan waktu yang tepat untuk kamu memposting foto di instagram jika followers mu tidak terlalu banyak. Mengapa demikian ? Banyak orang yang sebelum tidur membuka instagramnya terlebih dahulu.

Selain itu pada jam 02.00 dini hari tidak terlalu banyak postingan foto yang akan menenggelamkan postingan kamu. Oleh karena itu, orang akan cenderung melihat konten kamu.

Selain alasan diatas, posting pada jam 02.00 dini hari juga memungkinkan dilihat oleh orang yang bangun lebih awal.

Jam dan hari yang direkomendasikan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan Latergramme mengungkapkan bahwa hari Rabu adalah hari yang paling tepat untuk mengupload foto di Instagram.

Karena pada hari rabu terdapat banyak like dan komentar yang bertebaran.

Bukan berarti di hari lain tidak disarankan ya gaes untuk postin foto kamu. Namun pada hari Rabu adalah hari dimana ketertarikan penguna instagram lebih banyak dibanding dengan hari biasanya.

Untuk memaksimalkan postingan kamu mimin kasih jadwal harian nih dari berbagai sumber agar like , komen atau mungkin folowers kamu bertambah banyak.

Jadwal harian dibawah ini semoga dapat mengoptimalkan postingan kamu ya gaes :

  • Senin : 19.00 dan 22.00
  • Selasa : 03.00 dan 22.00
  • Rabu : 17.00
  • Kamis : 07.00 dan 23.00
  • Jumat : 01.00 dan 20.00
  • Sabtu : 12.00 dan 02.00
  • Minggu : 17.00

Admin: Kebetulan blog ini ada lumayan pengunjungnya, dan dari analitik, aku sendiri liat, pembaca banyak ngumpulnya di jam 8 sampe jam 10 malam setiap harinya. Sedangkan waktu dinihari, misalnya jam 2 sampe jam 5, itu pengunjungnya memang paling sedikit, tapi mereka cenderung membaca lebih banyak artikel dari rata-rata, selain itu aku liat klik iklan juga lebih banyak di pagi hari untuk jumlah pengunjung yang sama. So, simpulkan sendiri. 😀

Akhir Kata

Nah itu dia gaes waktu yang tepat untuk kamu posting foto di instagram.

Tentunya banyak like ataupun komen tergantung pada kedekatan kamu dengan folowers kamu dan banyaknya followers kamu. Selain itu keaktifan folowers kamu juga berperan penting agar postingan kamu banyak yag like dan populer.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat membantu kamu ya gaes. Jangan lupa kritik dan sarannya bisa kalian tulis dikolom komentar ya ! selamat mencoba. demikian artikel kali ini selamat beraktivitas.

Terima kasih.

isah

Travelers, Coffe Lovers, Writer :)

Tinggalkan Balasan