Laman ini sudah aku edit entah yang keberapa-kalinya.

Aku bingung juga sebenernya saat mau ngisi laman ini, disatu waktu, aku pernah curhat dilaman ini karena trafik blog ini drop. Aku juga pernah ceritain asal muasal kenapa blog ini pakai domain bukugue.com

Aku rasa ga satupun dari hal diatas yang bener-bener ber-manfaat buat pengunjung yang ga sengaja ngeklik link ke laman ini. So, disini aku hanya akan bahas mengenai bukugue saja, tanpa curhat dan keluhan.

Jadi, bukugue.com adalah situs yang membahas seputar sosial media dan aplikasi chatting. Harapannya situs ini bisa terus memberikan tutorial serta informasi terkait hal ini kedepannya. Ada kemungkinan bukugue.com akan membahas topik lain, tapi saat ini kami (aku dan penulis) berusaha untuk tetap stay fokus di topik yang ada sekarang.

Semakin lama kami bertahan ditopik ini, harapannya kedepan, semakin mahir dan semakin baik pemahaman kami dalam hal ini sehingga bisa menghasilkan konten dengan kualitas yang lebih baik dari saat ini.


Sejarah perkembangan bukugue.com

Awalnya situs ini aku kasih nama yud********.com . Tapi aku rasa namanya agak lebai dan juga kepanjangan, akhirnya aku ubahlah ke bukugue.com

Dan saat ini situs yud******** .com sudah hilang entah kemana, lupa memperpanjang, akhirnya domain di ambil orang, dan pas mau beli lagi, harga bid nya udah diatas seribu dollar amerika. Jadi aku biarin domain lama tersebut di pakai orang lain.

Aku sendiri belum cukup puas dengan nama bukugue.com, karena saat ini blog ini tidak hanya aku sendiri yang tulis, diawal-awal memang aku nulis sendiri, jadi nama blog masih keliatannya sesuai, tapi belakangan ini semenjak ada banyak penulis, nama blog tidak lagi relevan rasanya.

Selain itu berdasarkan webarchive, bukugue.com ini pernah dipakai orang (pemilik yang lama) untuk jual buku. Dan aku rasa memang cocoknya untuk situs promosi tentang buku.

Aku udah berapa kali niat mengganti nama situs, tapi takut konsekuensinya. Penggantian nama situs itu merupakan hal teknis yang dampaknya bisa besar banget, bahkan bisa buat situs ini hilang dari peredaran untuk sementara waktu, dan itu adalah resiko yang aku ga berani ambil sampai saat ini.

Waktu awal situs ini ganti nama, situs ini masih kecil banget, aku juga waktu itu tidak tau resikonya, jadi ganti nama waktu itu tidak pake pikir panjang. Sekarang, aku mikir nya kepanjangan sampai-sampai tidak berani ambil langkah kesana.


Target kedepannya

Aku berharap situs ini bisa terus berkembang dan jadi lebih besar lagi. Ini bukan satu-satunya blogku. Tapi blog ini yang paling aku urus dan paling aku perhatikan.

Target jangka pendekku adalah bisa publish 2 artikel berkualitas tiap hari secara rutin. Target setelahnya, bisa publish 5 artikel setiap harinya dan punya satu orang editor/VA. Target setelahnya, kelewat tinggi sih, mungkin kalau aku udah bisa publish 5 artikel sehari, baru aku tambahin target baru disini.

Untuk saat ini, saat aku menulis laman ini, situs ini masih belum bisa rutin update 2 artikel sehari. Kadang bisa sampai 4 artikel sehari, kadang seminguan tidak ada sama sekali. Jadi memang target paling rendahku masih belum tercapai sepertinya 🙂


Bukugue.com bisa sampai di titik ini tidak lepas dari perjuanganku (ehm..bolehlah narsis sedikit), perjuangan teman-teman penulis dalam menghasilkan konten, dan kalian semua, para pengunjung blog ini yang berkontribusi baik secara langsung (share dan komentar) maupun tidak langsung, yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Aku dan penulis semuanya, akan berusaha menghasilkan konten yang selalu up-to-date dan bermanfaat buat teman-teman semuanya. Aku tidak berharap bisa menjangkau seluruh orang di dunia, tapi setidaknya, aku berharap situs ini bisa bermanfaat bagi sebagian orang yang tidak sengaja mampir disini.


Terakhir di update tanggal 20 agustus 2019