Ini Perbedaan antara Instagram Personal dan Instagram Bisnis

Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang sangat populer di jagad dunia maya. Aplikasi yang rilis perdana tahun 2010 itu kini sudah mencapai milyaran pengguna di seluruh dunia.

Penggunaan Instagram yang semakin marak membuktikan bahwa hampir semua orang suka menangkap momen tertentu, baik berupa foto atau video dan membagikan foto atau video ke pengguna lain.

Namun kini Instagram tak hanya sekedar menangkap momen dan membagikannya ke pengguna lain saja. Kini Instagram sudah menjadi ladang besar bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya.

Milyaran orang yang menggunakan Instagram tentu tak semuanya suka menangkap momen dan membagikannya ke pengguna lain.

Sebagian pengguna Instagram pasti lebih suka mengunjungi Instagram untuk mendapat inspirasi dan menemukan hal penting yang mereka cari, termasuk juga konten – konten bisnis.

Sadar akan peran pentingnya Instagram dalam pengembangan bisnis serta kemudahan pengguna mereka dalam menemukan hal yang mereka cari (Produk bisnis), akhirnya Instagram for Business (Instagram bisnis ) diluncurkan.

Perbedaan Instagram Personal dengan Instagram Bisnis

Hingga saat ini belum semua orang mengetahui tentang Instagram for Business (Instagram Bisnis) ini. Untuk itu disini aku akan memberikan informasi untuk kamu mengenai hal ini. Silahkan disimak untuk mengetahui apa perbedaan antara Instagram personal dengan Instagram Bisnis.

Perbedaan Instagram Personal dengan Instagram Bisnis | Image by: https://blogs.constantcontact.com/instagram-business-account/
Perbedaan Instagram Personal dengan Instagram Bisnis

Mengenal Instagram bisnis

Para pelaku bisnis selama ini telah menggunakan Instagram personal untuk mempromosikan bisnis mereka. Penggunaan Instagram sebagai tempat beriklan dianggap efektif untuk menggaet pelanggan baru yang lebih banyak.

Melihat perkembangan pengguna Instagram yang begitu pesat dan juga begitu banyaknya para pebisnis yang sukses membawa produknya menjadi terkenal melalui Instagram, akhirnya pada tahun 2016 Instagram resmi merilis produk terbarunya yang bernama Instagram For Business atau Instagram bisnis.

Instagram bisnis diluncurkan supaya dapat membantu para pebisnis untuk berinteraksi sekaligus mengelola promosi bisnis mereka serta membantu bisnis untuk dapat berkembang bersama Instagram.

Sejak diluncurkannya Instagram bisnis ini, banyak para pebisnis memilih untuk berpindah dari akun Instagram personal menjadi Instagram bisnis.

Dilansir dari laman business.instagram.com, sudah lebih dari 1 milyar akun Instagram di seluruh dunia aktif setiap bulan, dan 80% akun telah mengikuti bisnis di Instagram, serta lebih dari 2 juta pengiklan bulanan yang menggunakan Instagram bisnis untuk membagikan cerita dan bisnis mereka di seluruh dunia.

So, kini giliran kamu yang memiliki bisnis untuk beralih ke Instagram versi bisnis ini.

Manfaat Instagram bisnis

Kamu adalah seseorang yang memiliki sebuah bisnis dan mempromosikannya di Instagram? Jika kamu menggunakan Instagram versi bisnis, kamu akan mendapatkan hal yang lebih dibandingkan dengan menggunakan Instagram versi personal.

Lalu apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan bila mengubah akun Instagram personal milikmu menjadi akun bisnis? Ini dia sederet manfaaatnya!

1. Dapat memperoleh wawasan tentang efektivitas postingan dan pemantauan followers

Instagram bisnis memungkinkan kamu untuk dapat mengetahui efektivitas postingan yang kamu unggah ke Instagram.

Dengan mudah kamu dapat mengetahui jumlah kiriman, jumlah tayangan, jangkauan konten, jumlah klik ke suatu link website bisnis kamu, klik ke nomor telepon, email, dan lainnya.

Kamu juga bisa melihat postingan mana yang paling populer dan paling banyak diakses serta pada jam berapa postingan akan banyak mendapat perhatian dari followers.

Instagram bisnis juga memungkinkan kamu untuk terus memantau secara real time mengenai followers. Kamu akan dapat mengetahui informasi detail dari followers kamu.

Kamu dapat mengetahui statistik demografi followers yang meliputi usia, jenis kelamin, domisili, bahkan kamu dapat mengetahui jam berapa followers kamu biasanya online.

Dengan adanya informasi tersebut, kamu tidak akan mendapatkan kesalahan dalam menentukan target market terhadap followers kamu. Inilah salah satu manfaat Instagram bisnis yang akan kamu dapatkan.

2. Memudahkan kustomer untuk menghubungi kamu

Pada Instagram bisnis, orang akan dengan mudah menghubungi kamu. Banyak pilihan infromasi kontak yang bisa kamu tampilkan di profil bisnis. Informasi seperti alamat bisnis, alamat email, nomor telepon, alamat website, dan lainnya.

Orang lain akan dengan mudah mengubungi kamu dengan memilih salah satu tombol kontak yang sudah kamu sediakan di profil bisnis kamu.

3. Memberikan informasi kategori bisnis kepada followers

Kamu dapat memilih dari beragam jenis kategori bisnis yang telah tersedia di Instagram Bisnis.

Biasanya sebelum kamu beralih ke Instagram bisnis, kamu diperintahkan untuk memilih kategori bisnis yang sedang kamu jalankan. Jenis kategori yang tersedia di Instagram bisnis misalnya, fashion, retail, organization, blog pribadi, dan lain sebagainya.

Pilihlah sesuai dengan kategori bisnis yang sedang kamu jalankan.

4. Terintegrasi dengan Facebook Page

Sebelum membuat Instagram Bisnis, kamu juga akan di tawarkan untuk membuat halaman Facebook atau disebut juga Facebook Page.

Nantinya, Instagram bisnis milikmu akan ter-integrasi dengan Facebook Page yang sebelumnya sudah kamu buat.

Hal ini tentu akan jauh lebih mudah dan akan sangat membantu kamu dalam penyebaran konten bisnis mu menjadi lebih luas.

Fitur yang terdapat dalam Instagram bisnis

1.Profil bisnis

Setelah kamu beralih ke Instagram bisnis, kamu dapat melengkapi profil bisnis kamu untuk lebih banyak memberikan informasi tentang bisnismu kepada followers dan pelanggan setia.

Lengkapi profil bisnis kamu dengan menyertakan petunjuk arah (alamat bisnis), alamat email, nomor telepon, dan waktu jam kerja.

Dengan melengkapi profil bisnis kamu di Instagram, akun bisnismu akan terlihat lebih profesional dan siap untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan sejumlah kontak seperti alamat email dan nomor telepon dengan sekali ketukan tombol kontak yang yang dapat dihubungi dan mendapatkan petunjuk arah ke lokasi bisnis.

2.Insight (Wawasan)

Fitur insight pada Instagram bisnis akan membawa promosi bisnis milikmu menjadi lebih efektif dan relevan.

Tiga tab yang berada di fitur ini meliputi, Activity, Content, dan Audience. Dari ketiga tab tersebut memuat berbagai informasi yang sangat kamu butuhkan.

Pada tab Activity, kamu akan mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi di akun bisnismu, berapa kali profil bisnismu dikunjungi, berapa kali followers kamu meng-klik tombol website milikmu yang tercantum di Bio, berapa kali followers meng-klik tombol email serta tombol call di profilmu.

Selain itu kamu juga akan mengetahui berapa jumlah jangkauan konten yang kamu unggah, Berapa jumlah akun Instagram yang berhasil dijangkau oleh konten yang kamu unggah, berapa jumlah tayangan keseluruhan yang kamu dapatkan dari konten yang kamu unggah, dan lainnya.

Lalu selanjutnya pada tab Content. Disini kamu akan mengetahui konten apa saja yang pernah kamu unggah, berapa banyak akun yang berhasil terjangkau oleh masing – masing konten yang kamu unggah, berapa banyak akun yang melihat stories kamu, berapa banyak tayangan yang diperoleh dari stories kamu, berapa banyak akun yang meninggalkan stories milikmu, berapa jumlah balasan yang kamu dapatkan, siapa saja yang melihat stories milikmu, dan data lainnya.

Lanjut ke tab yang terakhir yaitu Audience. Pada tab ini kamu akan memperoleh data – data mengenai followers akun Instagram bisnis milikmu.

Kamu akan mengetahui jenis kelamin, usia, dan domisili para followers kamu yang berhasil terjangkau oleh konten yang kamu unggah. kamu juga dapat mengetahui jam berapa biasanya followers kamu akan online.

Bila kamu penasaran, silahkan migrasi ke akun Instagram bisnis sekarang juga bila kamu saat ini masih menggunakan Instagram personal. Lihatlah fitur yang akan sangat membantu kamu memperluas jangkauan bisnis milikmu.

3.Promosikan

Bila kamu memiliki budget tertentu untuk mempromosikan bisnis milikmu, silahkan gunakan fitur ini. Jika kamu ingin menggunakan fitur ini, silahkan siapkan budget tertentu untuk mendapatkannya, karena fitur ini berbayar.

Sebelum menggunakan fitur ini, ada baiknya kamu harus memastikan bahwa kamu telah memiliki Facebook Page. Karena ini adalah salah satu hal yang wajib untuk mendapatkan fitur promosi di Instagram bisnis.

Kamu dapat menentukan tujuan iklan, memilih berbagai jenis iklan yang akan kamu gunakan, serta target yang kamu inginkan.

Setelah itu kamu bisa menentukan anggaran yang kamu setujui dan berapa lama iklan akan dijalankan.

Setelah disetujui, pihak Instagram bisnis akan menerbitkan iklan yang kamu inginkan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur ini, silahkan kunjungi laman ini :business.instagram.com

Perbedaan akun Instagram personal dengan Instagram bisnis

Instagram personal maupun Instagram bisnis memiliki tampilan yang sama. Hanya saja pada Instagram bisnis memiliki fitur tambahan yang di khususkan untuk para pemilik bisnis.

Fitur tambahan yang ditambahkan pada Instagram bisnis ada tiga, yaitu “Profil bisnis”, “Insight”, dan “Promosikan”. Penjelasan dari ketiga fitur tersebut sudah aku jelaskan diatas.

Jadi tidak ada perbedaan tampilan yang signifikan diantara kedua versi Instagram tersebut. Hanya saja ada penambahan tiga fitur utama pada Instagram bisnis untuk mendukung pemilik bisnis.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah jauh lebih mengerti tentang Instagram versi bisnis bukan? Jika kamu adalah salah satu pemilik bisnis atau ukm yang sedang membutuhkan promosi besar – besaran dan jangkauan iklan yang lebih luas, gunakanlah Instagram bisnis.

Silahkan mengubah profil personal menjadi profil bisnis di Instagram milikmu untuk dapat menikmati fitur – fitur yang terdapat di Instagram bisnis yang tentu sangat mendukung perkembangan bisnis kamu.

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan