Ini Perbedaan antara Akun Personal dan Akun Profesional (Bisnis dan Kreator) di Instagram

Terbit

Diperbarui

Jika kamu baca tulisan terkait cara beralih ke akun profesional (akun bisnis dan kreator) di Instagram, kamu akan tahu bahwa akun bisnis dan akun kreator adalah bagian dari akun profesional. Keduanya memiliki fitur profesional yang kurang lebih sama, hanya ada sedikit perbedaan pada fitur penunjang.

Jika kamu baca tulisan tsbt, seharusnya kamu sudah punya sedikit gambaran terkait perbedaan akun profesional dengan akun pribadi atau akun biasa. Namun disini aku akan jelaskan dengan poin-poin, supaya perbedaannya lebih mudah terlihat.

Secara umum, perbedaan antara akun Instagram pribadi dan akun Instagram profesional terletak pada tujuan penggunaan, fitur yang tersedia, dan tingkat aksesibilitas.

Silahkan simak pembahasannya satu persatu.

1. Tujuan Penggunaan

  • Akun Instagram Pribadi: Biasanya digunakan untuk interaksi sosial dengan teman, keluarga, dan orang-orang terdekat.
  • Akun Instagram Profesional: Digunakan untuk tujuan bisnis, promosi produk, dan membangun merek.

2. Profil dan Bio

  • Akun Instagram Pribadi: Memiliki opsi untuk menyembunyikan informasi pribadi dan hanya terlihat oleh pengikut yang sudah diterima.
  • Akun Instagram Profesional: Memiliki fitur untuk menyertakan informasi bisnis seperti alamat, nomor telepon, email, dan tombol tindakan (CTA) seperti “Hubungi” atau “Beli Sekarang”.

3. Statistik dan Analitik

  • Akun Instagram Pribadi: Tidak memiliki akses ke statistik dan analitik terperinci tentang kinerja postingan dan pengikut.
  • Akun Instagram Profesional: Menyediakan data analitik yang mendalam tentang jumlah pengikut, jangkauan postingan, interaksi, dan demografi pengikut.

4. Iklan dan Promosi

  • Akun Instagram Pribadi: Tidak memiliki opsi untuk membuat iklan atau mempromosikan postingan secara berbayar.
  • Akun Instagram Profesional: Memiliki fitur iklan yang memungkinkan pengguna untuk mempromosikan postingan, produk, atau layanan mereka kepada khalayak yang lebih luas.

5. Fitur-fitur Khusus

  • Akun Instagram Pribadi: Tidak memiliki fitur khusus seperti tombol belanja atau fitur pengelolaan pesan otomatis.
  • Akun Instagram Profesional: Memiliki fitur khusus seperti tombol belanja yang memungkinkan pengguna untuk menjual produk langsung dari platform Instagram, dan juga fitur balas pesan otomatis yang dapat digunakan untuk merespons pertanyaan atau permintaan pelanggan.

6. Koneksi dengan Platform Lain

  • Akun Instagram Pribadi: Tidak dapat terhubung langsung dengan platform bisnis seperti Facebook Business Manager.
  • Akun Instagram Profesional: Memungkinkan pengguna untuk menghubungkan Instagram dengan platform bisnis seperti Facebook Business Manager untuk mengelola kampanye iklan lintas platform dengan lebih efisien.

7. Keamanan dan Privasi

  • Akun Instagram Pribadi: Memiliki lebih banyak opsi privasi dan pengaturan keamanan untuk melindungi informasi pribadi.
  • Akun Instagram Profesional: Mungkin lebih rentan terhadap serangan yang ditargetkan karena profil yang lebih terbuka dan keterlibatan dengan orang yang tidak dikenal melalui iklan dan promosi.

Diatas terlihat cukup banyak ya, namun secara garis besar fitur-fitur khusus tsbt tersedia melalui ‘Dasbor profesional’ dan pengaturan ‘Untuk profesional’.

‘Dashboard profesional’ ini tersedia baik untuk akun kreator maupun akun bisnis. Dan inilah yang tidak tersedia untuk akun biasa (akun personal). Di dalam ‘Dashboard profesional’ inilah fitur-fitur yang disebutkan sebelumnya tersedia. Fitur seperti statistik dan analitik, iklan dan promosi, dll. Semua tersedia di halaman ini.

Selain dari ‘Dasbor profesional’, sebagian opsi lainnya tersedia lewat bagian ‘Untuk profesional’ di menu ‘Pengaturan dan privasi’. Disana terdapat pengaturan seperti ‘Fitur dan kontro bisnis’, dimana didalamnya terdapat fitur seperti ‘Pesan sambutan’, ‘Balasan tersimpan’, dll.


Mungkin hanya itu yang bisa aku sampaikan ditulisan kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan terkait hal ini, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar yang tersedia dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *