Cara membaca pesan Whatsapp tanpa ketahuan (tanpa buka Whatsapp)

Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting yang sangat dibutuhkan pada zaman ini. Bagaimana tidak? Dengan fitur mengirim pesan gratis, tidak ribet, dan hanya memakan memori kecil, kita bisa menikmati kemudahan berkomunikasi.

Berbagai fitur Whatsapp sangat membantu dalam lancarnya berkomunikasi dengan temanmu. Salah fitur yang sangat “sensitif” adalah fitur centang. Centang sebagai indikator pesan sudah terkirim bahkan indokator pesan sudah dibaca oleh penerimanya atau belum. Dengan membaca pesan temanmu, otomatis centang pada chat temanmu akan langsung berubah jadi warna biru. Mau tidak mau, kamu harus membalas pesan temanmu.

Ngomong-ngomong masalah baca-membaca pesan tanpa ketahuan, apakah kamu pernah memikirkan hal tersebut? Atau pernahkah kamu kepikiran untuk membaca pesan Whatsapp dari temanmu tanpa membuka aplikasi Whatsapp? Langsung simak saja di bawah ini

Baca pesan Whatsapp lewat Widget

Pihak Whatsapp sudah menyediakan fitur widget, hal ini memungkinkan kamu membaca pesan temanmu tanpa harus buka aplikasi Whatsapp.

1. Pada menu HP kamu, tahan sekitar 2-4 detik di layar utama untuk memunculkan opsi tambahan di hape kamu.
2. Cari Widget Whatsapp.
3. Pilih/tap pada widget Whatsapp.

Pilih widget WA

4. Maka akan muncul widget Whatsapp di layar utama kamu

Contoh Widget Whatsapp

(Mungkin cara menambahkan widget pada layar utama satu HP dengan HP yang lainnya tidaklah sama, tetapi menyesuaikan merk HP dan OS yang digunakan.)

Kelebihannya, ada beberapa kelebihan setauku, misalnya kamu bisa membaca pesan yang diterima temanmu tanpa mengubah indikator centang biru di hp temanmu. Sehingga sejalan dengan maksud tujuan kita diawal. Selain itu tidak ribet dan harus install aplikasi tambahan. Pesan masuk juga akan tersinkroniasi secara otomatis dengan widget.

Kekurangannya¬†mungkin lebih ke kurang leluasa. Artinya ukuran widget tidak terlalu besar, jadi mungkin pesan super panjang tidak bisa ditampilkan semua. Selain itu terlalu “terbuka” dan mengumbar privasi karena orang lain yang bisa akses ponsel kamu, bisa langsung membaca pesan-pesan whatsappmu langsung dari homescreen.

Kalau kamu sudah tidak perlu lagi widgetnya, cara menghapusnya pun sangat mudah. Layaknya menguninstall aplikasi.

  1. Tahan 2-4 detik pada widget Whatsapp.
  2. Setelah itu, akan muncul logo silang di pojok kiri atas widgetnya.
  3. Tap pada logo silang yang muncul.

Hasilnya, widget Whatsapp pun menghilang dari layar utama kamu.

(Note: Sekali lagi, cara un-install aplikasi beda2 di tiap hp, bisa melalui tanda silang seperti diatas, atau ada yang sistem drag ke tong sampah)

Baca Pesan Whatsappmu lewat Notifikasi

Cara ini lebih mudah, karena ini bawaan otomatis artinya ketika kamu mendapatkan pesan, otomatis akan muncul pada jendela notifikasi. Jika pada HPmu belum bisa memunculkan notifikasi Whatsapp, kamu bisa mengkonfigurasi terlebih dahulu.

1. Buka Setting – Aplikasi
2. Pilih Whatsapp
3. Izinkan Notifikasi

Jika pesan yang kamu terima lebih dari satu, kamu bisa buka jendela notifikasi kamu, lalu pada bagian notifikasi Whatsapp, kamu tarik sedikit ke bawah agar muncul pesan dari teman-temanmu.

Kelebihannya, kamu tidak perlu ribet-ribet setting lagi sebenarnya, karena hal ini sudah ter-setting otomatis diawal kamu install whatsapp, asalkan pengaturan defaultnya belum kamu ubah. Kalau default settingnya udah kamu ubah, diatas dijelaskan cara mengaturnya kembali.

Kekurangannya, tulisannya sangat kecil, jadi terkadang kurang nyaman membacanya. Selain itu jika mendapat banyak pesan, kamu tidak bisa membacanya secara otomatis atau Whatsapp tidak bisa memunculkan isi pesan satu per satu. Artinya untuk membaca chat temanmu tanpa harus membuka Whatsapp, kamu harus membuka notifikasi, lalu scroll ke bawah sedikit pada bagian notifikasi Whatsapp.

(Admin note: Notifikasi seperti ini setauku ga bertahan lama, sekali swipe, hilanglah sudah, ga bisa dilihat lagi. cmiiw)

Dengan aplikasi tambahan

Yup, cara ini bisa jadi alternatif kamu, karena pengaturannya lebih lengkap dan baca chatnya lebih nyaman. Satu-satunya kekurangannya ya kamu perlu kuota untuk download aplikasi ini dari google play.

Disini aku sarankan menggunakan aplikasi recent notification. Jadi disini kita sama2 liat notifikasi seperti di cara kedua, tapi pakai aplikasi tambahan.

Kalau kamu belum tau apa fungsinya aplikasi ini, di blog ini sudah dibahas mengenai aplikasi tersebut sebelumnya di laman: bukugue.com/apa-itu-recent-notification.

Untuk singkatnya, aplikasi ini berfungsi merekam notifikasi yang masuk, sehingga semua notifikasi pesan, baik itu dari DM instagram ataupun yang lainnya, bisa dibaca lewat aplikasi ini, tanpa buka akun sosmednya, sehingga kamu bisa baca pesannya tanpa ketauan.

Kelebihannya, ya kamu bisa kelola semua notifikasi di hp, dari banyak aplikasi, bukan hanya wa saja, selain itu notifikasinya disimpan lebih lama.

Bagaimana menurut kamu?

Apa ada metode lain yang jauh lebih simple dan efektif untuk hal ini? Jika ada, jangan lupa tambahkan dikolom komentar.

Selamat mencoba.

Andreas Aditya Yoga Prasasta

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

Tinggalkan Balasan