Cara download lagu dengan Bot Telegram

Musik menjadi salah satu teman setia bagi banyak orang di indonesia. Di era yang serba digital seperti ini untuk mendapatkan musik tidak sesulit jaman dulu, yang mana bagi seseorang yang ingin mendapatkan musik harus mendownloadnya melalui link download yang ribet dan belum tentu terdownload.

Namun saat ini untuk mendapatkan musik yang kita sukai, kita tidak perlu repot mencari website penyedia musik yang isinya iklan semua. Kita bisa menggunakan aplikasi messenger seperti telegram, untuk mendownload musik kesukaan kita.

Telegram bisa di bilang aplikasi chatting yang memiliki fitur-fitur apik, yang tidak di miliki oleh aplikasi chat lainnya. Salah satu adalah adanya bot ditelegram, ada banyak sekali bot dengan berbagai ragam fungsi yang bisa membantu keseharian kita. Misalnya bot game di telegram yang menyediakan permainan simpel untuk kita, ada juga bot untuk download stiker, dll.

Kali ini kita akan bahas bot yang membantu mendownload lagu dari youtube. Jadi video di youtube akan diambil audionya saja, dan disimpan dalam file audio (berukuran ringan) dan bisa diputar dipemutar musik kalian.

Langsung saja masuk ke pembahasannya dibawah ini.

Untuk hasil file download nya, biasanya memiliki format M4A. format ini bisa di bilang lebih bagus dari segi audio di bandingkan dengan format MP3 yang sering kita jumpai. Bagi kalian para pengguna iphone pasti sudah tidak asing lagi dengan format M4A yang tersedia di musik iphone.

1. Buka aplikasi telegram yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di beranda telegram, kalian klik icon search yang ada di pojok kanan atas.

klik cari pojok kanan atas

3. Setelah itu kalian kalian ketikan “ytaudiobot” dikolom pencarian. Jika sudah, akan muncul pilihan bot dibawahnya. Pilih @YTaudiobot seperti yang saya pilih digambar dibawah.

4. Jika sudah maka tampilan awal channel/bot tsbt adalah seperti dibawah ini. Lalu kalian tap “mulai/mulai ulang”.

klik mulai atau start

5. Setelah itu akan muncul banyak pesan dari botnya. Ini artinya bot siap digunakan. Tapi untuk sekarang, minimize dulu aplikasi telegram kalian, kalian perlu mencari video youtube yang akan kalian download jadi lagu.

6. Buka aplikasi youtube yang ada di smartphone kalian. Cari lagu yang akan di download. Lalu kalian klik icon “Bagikan”, selanjutnya kalian tekan ikon “salin link” untuk mencopy link video tsbt.

7. Setelah itu kalian buka kembali telegram kalian, lalu tempelkan (paste) link yang tadi kalian salin dari youtube. Setelah itu tekan ikon pesawat untuk mengirimkan pesan berisi link tsbt ke bot telegram tsbt.

8. Jika sudah, maka akan muncul gambar lagu dari link tersebut. Dan akan muncul tombol unduh dibagian bawah. Tap tombol “unduh”tsbt

klik unduh

9. Setelah kalian klik icon unduh tadi, bot akan mengirimkan file audio lagu tsbt. Kalian tinggal tap ikon audio yang ada, lalu tunggu hingga proses download selesai.

10. Jika sudah, untuk memindahkanya ke perangkat musik yang ada di hp kalian kalian klik “icon titik tiga” disamping file musik tsbt, lalu pilih menu “Simpan di musik”.

11. Selesai.

Kalian bisa cek dengan masuk ke aplikasi musik kalian. Seharusnya lagu sudah muncul di menu playlist aplikasi pemutar musik yang ada di smartphone kalian.

Untuk mencari referensi musiknya kalian bisa mencarinya lewat youtube saja. Ada banyak sekali video musik official dengan kualitas tinggi di youtube.

Untuk ukuran filenya, jangan khawatir kebesaran karena musik dengan format M4A memiliki ukuran file MB yang sama dengan file musik MP3 pada umumnya.


Sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah ini. Thanks.

Tinggalkan Balasan