Cara mengubah profil personal Instagram menjadi profil Bisnis

Kegiatan bisnis dan promosi di Instagram adalah hal yang terbilang baru. Meskipun begitu Instagram sudah menjadi salah satu alat bisnis yang sangat menjanjikan.

Kegiatan bisnis di Instagram itu sendiri ada banyak jenisnya. Mulai dari jual beli akun Instagram, jasa endorsement Instagram, paid promote akun Instagram lain, maupun menggunakan Instagram sebagai media untuk mengiklankan produk atau jasa.

Tidak berbeda dengan bisnis online yang lain, kegiatan bisnis di Instagram tidak bisa lepas dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Banyak penipuan yang dilakukan menggunakan Instagram sehingga merugikan banyak pihak. Hal ini bisa membuat kepercayaan orang terhadap pelaku bisnis Instagram menjadi turun.

Mengatasi permasalahan ini, Instagram menawarkan fitur yang menarik yaitu profil Instagram bisnis. Profil Instagram bisnis akan menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook si pemilik akun.

Hal ini akan mengonfirmasi identitas dari akun Facebook. Dengan menghubungkan Instagram ke halaman Facebook maka akan muncul kategori yang sama dengan halaman Facebook anda.

Selain itu, profil bisnis Instagram juga memungkinkan pemilik akun Instagram untuk menambahkan kontak berupa nomor telepon, email maupun situs web perusahaan. Sehingga dibagian atas profil nantinya akan muncul tombol kontak.

Dengan fitur yang ada pada profil Instagram bisnis ini akan menambah kepercayaan calon pengguna jasa atau pelanggan.

Kelebihan lain dari profil bisnis Instagram adalah anda bisa melihat wawasan bisnis anda. Sehingga anda bisa memantau berapa banyak gambar anda dilihat oleh pengguna Instagram. Hal ini bisa anda gunakan sebagai dasar untuk melakukan promosi lebih lanjut.

Yudha note :

Point pentingnya adalah akun bisnis itu lebih profesional dimata calon pembeli, dan terdapat fitur-fitur penting yang mendukung kegiatan bisnis ataupun promosi bisnis itu sendiri.

Cara mudah buat akun bisnis Instagram

Untuk membuat akun bisnis Instagram sangat mudah dilakukan. Yang perlu disiapkan untuk membuat profil bisnis Instagram adalah akun Instagram profil personal dan akun Facebook. Selain itu profil bisnis Instagram mestinya hanya digunakan untuk bisnis Instagram.

Berikut ini langkah langkah cara membuat profil bisnis Instagram

  1. Masuk ke akun Instagram dan masuk ke bagian profil anda kemudian tekan tombol menu (titik tiga di pojok kanan atas).cara membuat profil bisnis instagram
  2. Temukan bagian AKUN. Selanjutnya klik bagian “Beralih ke Profil Bisnis”.cara membuat profil bisnis instagram
  3. Akan keluar halaman Alat Bisnis Instagram. Anda bisa melihat fitur dan klik lanjutkan.

Pada bagian ini anda akan diberi pilihan untuk melihat fitur dari alat bisnis Instagram.

cara membuat profil bisnis instagram

Klik “lihat fitur” untuk melihat fitur apa saja yang tersedia untuk profil bisnis. Klik “Lanjutkan” untuk memulai proses sync antara akun facebook dan instagram.

  1. Selanjutnya adalah halaman penautan dengan akun Facebook. Anda perlu membaca peraturan dan ketentuan penautan akun, selanjutnya klik “Masuk dengan”.

Pada bagian ini anda diharapkan untuk menyetujui peraturan dan ketentuan mengenai penautan akun Instagram dengan halaman Facebook.

Anda bisa membacanya terlebih dahulu agar tidak melakukan pelanggaran di kemudian hari. Karena pelanggaran peraturan dan ketentuan bisa menyebabkan akun anda mendapatkan peringatan dari Facebook dan Instagram. cara membuat profil bisnis instagram

  1. Login ke akun Facebook yang akan anda hubungkan dengan akun Instagram bisnis.

cara membuat profil bisnis instagram

  1. Halaman selanjutnya adalah pilihan untuk menghubungkan halaman Facebook dengan Instagram.

Apabila anda memiliki banyak halaman Facebook, maka anda perlu memilih salah satu saja. Sedangkan apabila belum memiliki halaman Facebook anda bisa memilih tab Buat Halaman untuk membuat halaman Facebook.cara membuat profil bisnis instagram

  1. Kemudian persiapkan profil bisnis anda.

Anda bisa memasukkan beberapa kontak yang bisa dihubungi, yaitu email, nomor telepon dan alamat. Apabila halaman Facebook anda sudah berisi informasi kontak maka akan otomatis terisi. Kalau belum, anda bisa mengisinya secara manual.

  1. Selesai!! Anda telah memiliki profil bisnis Instagram. Cara membuat profil bisnis Instagram cukup mudah, bukan? Sekarang anda sudah bisa menggunakan fitur fitur yang ditawarkan oleh Profil Instagram Bisnis.

Memanfaatkan Fitur Profil Bisnis Instagram

Fitur yang penting untuk dimanfaatkan oleh pengurus akun adalah wawasan. Silahkan buka bagian profil Instagram, maka akan muncul tab baru di bagian atas. Tab berupa grafik ini hanya ada pada profil bisnis Instagram.

cara membuat profil bisnis instagram

Klik gambar grafik ini untuk membuka wawasan dari kiriman anda. Pada bagian atas anda bisa melihat berapa banyak pengguna Instagram yang melihat kiriman anda dalam satu kurun waktu tertentu.

Di bagian bawahnya anda bisa melihat kiriman teratas dari akun anda. Namun bagian ini hanya akan menampilkan beberapa kiriman terbaru saja. Saat ini anda juga bisa melihat wawasan dari Instagram story anda, meskipun kiriman itu hanya bisa dilihat oleh pengikut dalam kurun waktu 24 jam.

Fitur yang tidak kalah menarik adalah anda bisa melakukan promosi profil bisnis Instagram anda.

Fitur ini adalah program iklan di Instagram. Dengan menggunakan fitur promosi, akun anda bisa muncul di timeline pengguna Instagram yang tidak mengikuti anda. Hal ini tentu saja akan menambah jumlah pengikut maupun pengguna produk atau jasa yang anda tawarkan.

Sekian penjelasan mengenai cara membuat profil bisnis Instagram. Fitur fitur yang ditawarkan tentu akan menambah kemudahan dalam mengelola bisnis Instagram anda. Semoga Sukses 🙂

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar