Cara login atau buka inbox email Yahoo di ponsel kamu

Semangat pagi reader! Walaupun kamu lagi baca artikel ini malam hari pun semangat tetap seperti semangat pagi ya pastinya.

Baiklah, zaman serba internet sekarang ini, siapa yang tidak tahu apa itu email, sebagian besar orang pasti sudah punya ya. Walaupun mungkin hanya punya 1 atau 2 akun email.

Ada banyak penyedia email gratis yang populer, beberapa diantaranya seperti Gmail, Yahoo Mail, Outlook, Zoho Mail dan masih banyak lainnya.

Buat kamu yang belum punya akun email, segeralah buat akun email Yahoo atau Gmail ya, caranya gampang banget ko, gratis lagi ūüėÄ . Minimal 2 akun ya daftarnya, seperti pengalaman ku dari dulu setia hanya 2 email yang selalu digunakan Gmail dan Yahoo Mail sih, kalau kamu mau yang lain juga boleh.

Bicara soal email, saat ini kita bisa dengan mudah akses email hanya lewat ponsel. Sekarang ini, lebih banyak pengguna Smartphone ya dari pada Komputer/PC, karena memang lebih praktis bisa di bawa kemana-mana.

Nah kali ini, saya akan bahas 4 pilihan dalam membuka akun email yahoo lewat hp. Kamu tinggal pilih yang paling nyaman aja.

Cara membuka akun email Yahoo di HP/Smartphone

Aku akan jelaskan juga kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan dibawah ini. Ok, langsung aja.

#Pakai browser

Browser apa yang ada di hp kamu? Google chrome, UC Browser, Opramini, Browser bawaan HP? Semua bisa di gunakan untuk membuka email Yahoo kamu. Caranya gampang ko, kurang lebih sama seperti kamu buka email Yahoo di komputer/PC kamu. Caranya ikuti langkah berikut:

  • Buka Aplikasi Browser kamu.¬†Disini saya gunakan Google Crome. Karena lebih mudah menggunakan google chrome.

    Gambar 1. Menu Google Chrome
    Gambar 1. Menu Google Chrome

  • Setelah itu Search or type URL (Cari atau Ketik URL). Kamu bisa ketik Login Yahoo Mail atau ketik URL https://login.yahoo.com/. Kemudian ketuk tulisan Yahoo-Login, seperti pada gambar.

    Gambar 2. Laman Pencarian Google, ketuk dan pilih Yahoo-Login
    Gambar 2. Laman Pencarian Google, ketuk dan pilih Yahoo-Login

  • Setelah itu ketik alamat email Yahoo kamu dibawah tulisan Sign In. Mohon diperhatikan dengan benar alamat email kamu, apakah kombinasi dengan angka, underscore (garis bawah), titik atau lainnya. Kemudian ketuk Next (lanjutkan).

    Gambar 3. Ketik alamat Email dan pilih Next
    Gambar 3. Ketik alamat Email dan pilih Next

  • Jika alamat email Yahoo kamu benar maka akan di lanjutkan, diminta untuk memasukkan password/sandi. Silahkan ketik sandi kamu dengan benar. Perhatikan besar kecil nya huruf dan kombinasi angka, jika sandi kamu berkombinasi dengan angka. Setelah selesai ketuk Masuk.
    Gambar 4. Ketik Password kemudian ketuk Masuk
    Gambar 4. Ketik Password kemudian ketuk Masuk

     

  • Kemudian ketuk gambar seperti gambar foto profil di sampaing kotak pencarian, maka kamu bisa lihat laman Notifikasi, Email masuk dan lain-lain.
    Gambar 5. Laman beranda Yahoo Mail

    Langkah ini selesai, waktunya kamu berselancar di laman email Yahoo.

Menurut pengalaman aku, kalau buka lewat browser kekurangannya sih harus selalu masukkan kata sandi jika sudah Close tab. Tapi ada triknya agar kamu bisa dengan mudah dan cepat masuk akun Yahoo melalui browser. Kelebihannya dapat manfaatkan browser yang ada di HP, tampilan kurang lebih sama seperti kamu buka di komputer/PC dan tidak mengurangi memory Hp kamu.

#Pakai Aplikasi Gmail

Cara kedua ini gampang banget, semua HP Android khususnya selalu ada aplikasi bawaan, maksudnya aplikasi yang memang sudah tersedia dari pabriknya. Salah satunya aplikasi Gmail ini. Nah, kamu bisa manfaatin juga kan tanpa harus install lagi dari playstore. Tapi kan kita mau buka email Yahoo bukan Gmail? Benar sekali guys. Buat kamu yang belum tau hal ini, aku kasih tau ya bahwa aplikasi Gmail ini bisa digunakan untuk login beberapa email berbeda lho. Mari kita lihat caranya.

  • Pilih Menu Aplikasi Gmail di HP kamu. Kemudian akan muncul laman inbox Gmail kamu, jika sudah login alamat Gmail, maka akan muncul pada gambar di bawah ini. Setelah itu kamu bisa ketuk tool garis tiga pojok kiri atas.
  • Akan muncul beranda profil Gmail kamu, ada pilihan menu Sent (pesan terkirim), Drafts (pesan tersimpan) dan lain-lain. Kemudian ketuk tanda panah kecil disamping kanan alamat Gmail kamu (lihat gambar), setelah itu ketuk tulisan Add account (tambah akun).
  • Kamu bisa lihat beberapa menu yang muncul. Bahwasanya aplikasi Gmail ini bisa menambahkan beberapa akun Email lain, termasuk Yahoo Mail. Karena kamu ingin login Email Yahoo, maka kamu ketuk menu Yahoo.

    Gambar 2.3 Pilih dan Ketuk Yahoo Mail
    Gambar 2.3 Pilih dan Ketuk Yahoo Mail

  • Kamu diminta untuk ketik alamat Email Yahoo kamu, kemudian ketuk Jika benar kamu akan di arahkan untuk memasukkan Password/sandi . Kemudian ketuk Sign in (masuk).
  • Setelah itu akan muncul tulisan meminta persetujuan, bahwa mengakses email Yahoo sesuai dengan aplikasi Gmail (Lihat gambar), maka kamu pilih dan ketuk saja Agree/setuju (tulisan paling bawah pojok kanan), kemudian ada pilihan lagi pilih saja No thanks dan ketuk Next (Selanjutnya).
  • Selanjutnya akan di arahkan ke laman Account Option (Opsi Akun) untuk mengatur frekuensi sinkronisasi, pilih saja setiap 15 menit. Gunanya agar aplikasi gmail melakukan pengecekan email Yahoo sehingga nanti jika ada email akan masuk ke inbox.¬†Kemudian pilih Next. Kamu akan di arahkan ke laman bahwa akun sudah siap di gunakan, dan kamu di minta untuk mengisi¬† nama kamu. Boleh nama lengkap atau sekedar nama pangggilan kamu.

Akun Yahoo Mail kamu sudah bisa digunakan, jangan khawatir bagaimana nasib akun Gmail kamu, dia baik-baik saja¬†ūüėé . Akun Gmail mu masih bisa di gunakan untuk mengirim pesan dan sebagainya. Jika ada email masuk di kedua akun itu pun notifikasi¬† juga masih tetap akan muncul. Jadi tidak akan mengganggu satu sama lain, walaupun menggunakan 1 aplikasi yang sama.

Kekurangnya, semakin banyak kamu menambah akun di aplikasi Gmail ini, maka akan sedikit mengurangi memory HP kamu. Kelebihannya, tentu lebih praktis dan mudah dengan 1 aplikasi saja, tanpa keluar masuk akun.

#Pakai Aplikasi Yahoo Mail unduh di Playstore

Buat kamu yang gak mau akun Gmail nya di campur adukkan dengan Email Yahoo. Aku sarankan dengana cara yang ketiga ini, bisa mengunduh aplikasi Yahoo Mail di Playstore. Langsung saja simak langkah-langkahnya.

  • Buka Playstore di HP kamu, ketik Yahoo Mail di search/pencarian. Kemudian ketuk Instal. Setelah selesai menginstal kamu bisa buka aplikasi nya di menu HP kamu. Dan ketuk Masuk dengan Yahoo.
  • Kemudian diminta untuk mengetik alamat email, lalu ketuk berikutnya. Setelah benar alamat email Yahoo kamu, diminta ketik kata sandi, lalu ketuk Masuk.

     

  • Well done gampang banget kan, kamu udah bisa gunakan akun email Yahoo kamu di hp.
Gambar 3.3 Laman Profil Yahoo Mail
Gambar 3.3 Laman Profil Yahoo Mail

Kelebihannya aplikasi ini, kamu juga bisa tambah akun email yang lain, seperti aplikasi Gmail. Kekurangannya, memakan banyak memory HP kamu.

#Pakai Aplikasi Email bawaan HP

Menurut pengalaman aku, ketika aku coba login email Yahoo menggunakan aplikasi Email bawaan HP selalu saja respon yang di terima adalah Username or password or certificate incorrect (Nama pengguna atau sandi salah). Sudah coba login lewat 3 HP dengan 2 email Yahoo yang berbeda juga, hasil nya sama saja. Padahal aku udah ikutin instruksi yang ada di link artikel Yahoo. Tapi gak ada salahnya kalau kamu mau coba login. Nih aku kasih tau caranya.

  1. Masuk ke Aplikasi Email bawaan di HP kamu, kemudian ketik alamat email Yahoo dan password. Kemudian pilih setelan Default. Note disetiap HP memiliki tampilan yang berbeda, tetapi fungsi sama saja. Tunggu kemudian pilih setelan manual.

    Gambar 4.1 Ketik alamat email Yahoo dan kata sandi
    Gambar 4.1 Ketik alamat email Yahoo dan kata sandi

  2. Kamu akan dibawa ke laman setelan server. sebelumnya ganti terlebih dahulu setelan servernya. kalau sudah diganti semua, ketuk selesai di pojok kanan atas.
    Gambar 4.2 Laman Setelan Server
    Gambar 4.2 Laman Setelan Server

    Kolom ini yang perlu kamu ganti di laman Setelan Server, yakni:

  • IMAP server ganti dengan imap.mail.yahoo.com
  • Port 993 dan Security type/keamanan ganti menjadi SSL/TLS.
  • Tipe keamanan SSL/TLS
  • SMTP server ganti dengan smtp.mail.yahoo.com
  • Port 465 atau 587
  • Tipe keamanan SSL/TLS

Baiklah, itu semua langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. Kalau aku boleh kasih saran lebih baik gunakan dan manfaatkan aplikasi Gmail yang ada, karena kamu tidak perlu repot instal aplikasi baru yang bisa mengurangi memory HP kamu.

Yudha note : Aku juga hanya pakai 1 aplikasi untuk beberapa akun emailku, aplikasi yang aku gunakan adalah aplikasi gmail. Jadi semua emailku aku kumpulin disatu tempat. Untuk masalah ‚Äúsecure‚ÄĚ atau keamanannya, aku jauh lebih percaya ke aplikasi gmail jika dibandingkan aplikasi email bawaan. Belum lagi fiturnya, aplikasi email bawaan biasanya kalah banget dalam masalah fitur.

Kalau pakai browser ya itu tadi sih, ga ada push notification-nya klo email masuk.

Itu dulu artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Kritik dan saran boleh di kolom komentar. Terimakasih.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan