Cara Menambahkan Kontak Terpercaya di Facebook

Hal yang biasa terjadi pada akun facebook yakni rawan dari lupa password karena di HP biasanya dalam keadaan login dan jarang sekali memasukkan login ulang yang perlu memasukkan sandi.

Sebenarnya kalau lupa password, untuk reset password sangat mudah.

Namun yang jadi masalah kadang tanpa disadari nomer HP yang terdaftar di facebook sudah mati, dan email pun sudah tidak bisa di buka (biasanya juga karena lupa password email).

Kalau sudah begini pasti kelabakan, karena tidak ada satupun metode recovery yang bisa digunakan.

Nah disini, sebelum hal yang sama terjadi sama kamu, ada baiknya selain memastikan nomer HP dan email bisa diakses, kamu menambahkan satu opsi recovery lain.

Salah satu opsi recovery selain no HP dan email adalah trusted contact atau “kontak terpercaya”

Buat yang belum tau apa itu kontak terpercaya, kontak terpercaya adalah teman facebook lain yang kita pilih untuk bisa membantu kita mengakses facebook dikondisi kita lupa sandi ataupun akun di hack orang.

Meskipun cara ini terkesan merepotkan dan ribet karena harus melibatkan 3-5 orang, cara ini sudah terbukti efektif. Oleh karena itu sekalipun saat ini akun facebook kamu masih baik-baik saja, tidak ada salahnya juga untuk mengaktifkan fitur kontak terpercaya sebagai langkah antisipasi dan meningkatkan keamanan akun facebook.

Admin : Kontak terpercaya ini tidak harus digunakan kalau nomer HP ataupun email bisa diakses, fitur ini lebih ke fail safe, artinya jika suatu waktu nomer hp kalian mati dan email tidak bisa diakses, kalian masih punya opsi lain untuk masuk ke akun kalian. Disatu sisi, karena dengan kontak terpercaya bisa digunakan untuk membantu akses masuk ke akun kalian, maka kalian tidak boleh sembarang pilih orang, pilih hanya keluarga dekat saja.

A. Menambahkan kontak terpercaya facebook di aplikasi facebook

Disini kita menggunakan facebook reguler atau facebook biasa, untuk yang pakai komputer dan akses facebook lewat situs webnya, nanti dibawah akan dijelaskan terpisah.

1. Seperti biasa, buka aplikasi facebook kamu. Setelah itu, tap garis tiga di pojok kanan atas, kemudian gulir ke bawah sampai ada menu pengaturan dan privasi, selanjutnya tap menu “pengaturan”.

menu facebook

2. Gulir kebawah, cari bagian Keamanan, lalu tap menu “keamanan dan login”.

laman pengaturan

3. Dihalaman ini, gulir kebawah hingga sampai dibagian penyiapan keamanan ekstra. Disini tap menuPilih 3 hingga 5 teman untuk dihubungi jika tidak bisa masuk”.

laman pengaturan keamanan dan login

4. Kamu akan dibawa kehalaman kontak terpercaya seperti dibawah, jika sudah pernah setting sebelumnya, akan ada (minimal) tiga nama disini. Jika belum akan terlihat seperti dibawah, tap tombol “Pilih kontak terpercaya“.

pengaturan kontak terpercaya

5. Selanjutnya biasanya diminta untuk memasukkan kembali kata sandi akun fecebook demi keamanan. Masukkan sandi dan tap lanjutkan.

masukkan kata sandi

6. Kemudian kamu akan dibawa kembali kehalaman sebelumnya seperti dilangkah 4, tap kembali “pilih kontak terpercaya“.

7. Setelah itu akan dibawa kehalaman pemilihan kontak terpercaya seperti dibawah. Dibagian bawah biasanya disarankan anggota keluarga ataupun mereka yang dianggap dekat denganmu oleh system facebook. Silahkan pilih 3-5 nama, bisa juga ketik nama akun facebook lain jika akun yang kamu mau tidak ada di list bagian bawah. Jika sudah, tap selesai.

8. Seharusnya kamu sudah berhasil menambahkan kontak terpercaya sampai disini. Jika kamu ingin tambah teman atau hapus silahkan pilih edit. Jika tidak, tekan “selesai”.

B. Menambahkan kontak terpercaya facebook di web facebook via PC

Buat yang suka facebook-an di komputer, tenang dibawah akan dibahas bagaimana pengaturannya. Simak langkah-langkah berikut.

1. Seperti biasa, login ke akun facebook mu di browser. Lalu klik tanda panah kecil di pojok kanan atas, setelah itu akan muncul dropdown berisi opsi menu, pilih menu “Pengaturan”.

2. Dihalaman pengaturan, perhatikan jendela disebelah kiri, cari menu “Keamanan dan info login”, klik menu tersebut.

3. Cari bagian “penyiapan keamanan ekstra”, selanjutnya lihat menu “Pilih 3 hingga 5 teman untuk dihubungi jika tidak bisa masuk”, disampingnya ada tombol “Edit”, klik tombol tsbt.

4. Setelah itu akan muncul pengaturan tambahan dibawan menu “Pilih 3 hingga 5 teman untuk dihubungi jika tidak bisa masuk” tadi, disini klik “pilih teman”.

5. Baca pemberitahuan yang muncul, selanjutnya baru klik tombol “pilih kontak terpercaya“.

6. Ketik nama akun facebook teman/saudara orang terpercaya kamu.Tambahkan minimal 3 orang disini, maximal 5 orang.

7. Jika sudah ada minimal 3 orang, klik tombol “Konfirmasi“.

8. Selesai sudah caranya. Terlihat semua kontak yang sudah kamu pilih. Jika ingin ubah atau tambahkan nama klik edit atau hapus semua.

Tips memilih kontak terpercaya

  1. Pilih teman/saudara/kontak yang benar-benar kamu kenal di dunia nyata. Berteman juga di akun facebook dan kamu mengetahui kontak lainnya, bisa nomor hp, alamat rumah, jadi sewaktu-waktu bisa kamu hubungi jika memerlukan bantuannya. Aku lebih memilih kontak terpercaya itu saudara kandung, baik adik, kakak, ayah, ibu, bahkan adik atau kakak sepupu pun bisa. Jadi lebih mudah untuk dihubungi.
  2. Kontak terpercaya harus bisa mengakses akun nya (akun aktif/online). Kontak yang masih sering aktif difacebook akan lebih cepat respon jika kamu butuh bantuannya.
  3. Buat akun lain untuk menjadi kontak terpercaya kamu. Jika dirasa melibatkan orang lain lebih repot maka kamu bisa siasati dengan membuat 3 akun facebook. Jangan lupa mencatat password dan simpan di tempat yang tidak orang lain tahu. Setelah kamu berhasil buat 3 akun, jangan lupa langsung konfirmasi pertemanan dengan akun facebook utama kamu.

Bagaimana jika akun kamu sudah terlanjur di hack/lupa password dan belum sempat mensetting kontak terpercaya? Kamu bisa mampir ke artikel “cara mengembalikan akun fb yang di hack” dan “cara mengatasi lupa password facebook


Mengamankan akun facebook kamu tak hanya mengaktifkan kontak terpercaya, tetapi juga bisa dengan cara autentikasi dua faktor.

Itu lah tutorial dan beberapa tipsnya, sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat. Ada pertanyaan silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Terimakasih

Published by khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Join the Conversation

4 Comments

  1. Tolong kembalikan akun Facebook saya,akun Facebook saya di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab

    1. ga berhasilnya gmana mas? nambahin kontak terpercaya itu simpel banget kok harusnya..

      diatas penulis jg jelasinnya detail banget..

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *