Cara simpan status (foto/video) Whatsapp teman tanpa aplikasi tambahan

Sering melihat teman kalian upload Status di WhatsApp bukan? Yup, Status pada aplikasi WhatsApp merupakan fitur yang sudah cukup lama ada. Fitur tersebut hampir sama dengan Insta Story yang ada pada Instagram. Sama halnya dengan Insta Story, Status yang di upload pada WhatsApp dapat berupa gambar, tulisan maupun video.

Tidak jarang, Status yang dibagikan oleh teman kita di WhatsApp merupakan konten yang menarik sehingga kita ingin membagikannya ke teman kita yang lain. Status tersebut sangat bisa kita bagikan kepada teman kita dengan cara screenshoot. Namun seperti yang sering kita alami, screenshoot akan menurunkan kualitas gambar yang nantinya kita upload lagi di Status.

Selain itu, kita juga bisa meminta file asli dari yang mengupload Status. Tentu saja hal tersebut cukup rumit karena tidak semua orang mau memberinya dengan beberapa alasan. Hal lain yang membuatnya rumit yaitu karena dengan memintanya akan memakan banyak waktu, belum lagi jika file yang di upload berukuran besar.

Nah yang tidak banyak orang tahu, bahwa Status yang ada di WhatsApp akan otomatis terdownload ke smartphone kita. Dengan begitu, Status mereka akan tersimpan sebagai gambar atau video yang kualitasnya sama dengan aslinya. Jadi kita tidak harus memintanya ke orang yang mengupload tersebut.

Lalu bagaima caranya kita menyimpan Status orang-orang yang kita inginkan? Karena seperti yang kita tahu Status akan otomatis hilang dalam waktu 24 jam sehingga walaupun Status tersebut sudah terdowload akan ikut hilang. Tanpa harus berpanjang lebar lagi, mari kita simak cara agar kita dapat menyimpan Status WhatsApp tanpa Screenshoot dan tanpa aplikasi tambahan.


Kicauan admin :

Ok, yudha disini, seperti yang dijelasin penulis, status whatsapp itu disimpan langsung di smartphone kita, aku ga akan jelasin alasannya, point pentingnya disini, untuk mengakses foto dan video yang tersimpan tsbt, kamu cuma perlu mengakses folder penyimpanan nya. Ada 2 metode, satu menggunakan aplikasi seperti “Story Saver for WhatsApp”, aplikasi ini langsung menampilkan status foto dan video yang masih tersimpan langsung setelah kamu buka aplikasinya. Dan, metode kedua, adalah membuka folder secara manual. Yang akan dijelasin penulis disini, adalah metode kedua, kamu buka folder tersebut secara manual, lewat aplikasi bawaan sejenis file manager di smartphone kamu.


Cara Menyimpan Foto Status WhatsApp Tanpa Screenshoot

Yang mulai sekarang harus kita ketahui adalah dimana Status yang ada di WhatsApp kita terdownload. Dengan begitu, kita tidak perlu screenshoot Status orang tersebut. Yang akan penulis bahas berikut ini merupakan cara yang ada di HP Xiaomi. Mungkin ada perbedaan di HP lain, namun secara mendasar langkah-langkahnya sama.

1. Buka Berkas

Cari Aplikasi File manager atau aplikasi Berkas pada HP Xiaomi kalian dan buka aplikasi tersebut. Kali ini aku menggunakan Xiaomi, untuk yang menggunakan HP lain bisa menyesuaikan, karena langkahnya mirip. Akan muncul beberapa pilihan disana, namun yang perlu kalian perhatikan adalah pada menu.

2. Pilih Penyimpanan

Silahkan kalian pilih menu Penyimpanan yang berada di sebelah kanan Kategori.

3. Klik Ikon Titik Tiga

Setelah kalian memilih Penyimpanan, akan muncul ikon titik tiga yang ada di kanan menu Penyimpanan. Klik ikon titik tiga tersebut.

4. Pilih Tampil Berkas Tersembunyi

Di menu ikon tersebut akan muncul tiga pilihan. Pilih yang paling bawah yaitu Tampil Berkas Tersembunyi. Dengan begitu, semua berkas yang tersembunyi akan tampak. Hal tersebut perlu dilakukan karena file yang ingin kita temukan merupakan file yang tersembunyi termasuk di HP lain.

5. Klik WhatsApp

Scroll sampai menemukan ‘WhatsApp’ dan klik menu tersebut.

6. Klik Media

Pada menu WhatsApp akan muncul beberapa pilihan lagi. Silahkan kalian klik Media yang berada di paling bawah.

7. Buka .Statuses

Muncul beberapa pilihan lagi saat kalian memilih menu ‘Media’. Silahkan kalian pilih .Statuses yang berada di paling atas. Setelah kalian membuka .Statuses, disana akan muncul Status di WhatsApp kalian dalam 24 jam terakhir.

8. Pindah File ke Folder Lain

Jika kalian ingin menyimpan Status yang sudah terdownload di smartphone kalian, kalian harus memindahkan Status yang sudah berbentuk file tersebut ke folder lain. Karena seperti yang telah penulis katakan di atas, bahwa Status akan menghilang setelah 24 jam. Dan akan lebih cepat hilang jika pemilik Status menghapusnya sebelum waktu 24 jam berakhir.


Admin note lagi:

Jadi kalo udah ketemu folder dan status foto/video seperti diatas, cara paling gampang adalah copy-paste semua file yang ada difolder tersebut, ke folder baru atau folder lain di tempat kamu biasa simpan foto. Ini perkara yang gampang buat yang tau dan ngerti seluk beluk file managernya, prinsipnya ga jauh beda seperti mindahin data dari folder tertentu di datadisk C ke datadisk D, dilaptop kamu. Untuk yang ga tau, silahkan ikutin panduan penulis dibawah ini.


Cara memindahkan file photo dan video ke Folder Lain

Memindah file Status ke folder lain diperlukan agar Status tersebut tetap tersimpan di HP kita dan tidak ikut hilang saat Status tersebut hilang dari WhatsApp.

1. Buka File Status

Sudah menemukan Status mana yang ingin kalian simpan? Kalau sudah, silahkan kalian buka file tersebut.

9. Klik ikon Titik Tiga

Pada bagian bawah file tersebut akan ada beberapa menu.

3. Tambah ke Album

Setelah kalian klik ikon titik tiga tersebut, akan muncul beberapa pilihan seperti ‘Tambah ke album’, ‘Sembunyikan’, ‘Setel sebagai wallpaper’ dan beberapa pilihan lagi. Untuk memindahkan file tersebut, silahkan kalian pilih ‘Tambah ke Album’.

4. Pilih Salah Satu Album atau Buat Album Baru

Akan ada dua pilihan yang disediakan yaitu membuat folder baru untuk file yang ingin kalian pindah atau menambahkannya ke album yang sudah ada. Kalian bisa memilih ke dua opsi tersebut. Namun untuk lebih cepatnya, kalian bisa memilih untuk menambahkannya ke album lain yang sudah ada.

5. Selesai

Jika kalian sudah menentukan akan memindahkan file Status tersebut ke folder yang mana, silahkan kalian klik folder tersebut dan file Status sudah berhasil dipindahkan.

Nah, setelah langkah terakhir tersebut kalian lakukan, maka file Status WhatsApp telah berhasil kalian pindah ke folder lain. Dengan begitu, file tersebut akan tersimpan ke dalam HP kalian. File Status yang sudah tersimpan tersebut tidak akan hilang walaupun Status yang bersangkutan sudah hilang dari WhatsApp. Hal tersebut akan memudahkan kalian untuk me-repost Status tanpa mengurangi kualitas dari gambar atau video yang sesungguhnya.

Seperti fitur fitur media sosial lain yang ada, tentunya ada pula yang berpendapat bahwa hal tersebut ada sisi negatifnya. Kenapa? Yup, karena ada pula yang beranggapan bahwa hal tersebut sama saja mengambil sesuatu tanpa ijin pemiliknya.

Hal tersebut sebenarnya tergantung pada sudut pandang masing-masing orang. Sebenarnya kalau dibuat simple, kita tentu saja tidak mengambil tanpa ijin. Karena apa? Karena tentu saja Status tersebut di upload dengan tujuan agar dilihat oleh banyak orang. Jadi tidak ada salahnya dong kita menyimpannya secara permanen.

Untuk menyikapi hal tersebut, kita sebagai pengguna media sosial yang cerdas bisa memilah mana yang sekiranya memang boleh disimpan secara permanen dan yang bersifat pribadi sehingga kita tidak perlu menyimpannya. Juga ketika kita akan me-repostnya, pastikan Status tersebut memang dimaksudkan untuk diketahui oleh semua orang secara umum. Jadi kita semua bisa memanfaatkan setiap fitur yang diberikan.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar