Cara Mengetahui Apakah Nomor WhatsApp Kita Diblokir Teman

Apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana pesan yang kamu kirim ke teman melalui WhatsApp tidak pernah dibalas, bahkan terlihat seperti tidak terkirim sama sekali?

Mungkin saja nomor WhatsApp kamu telah diblokir oleh teman kamu.

Untuk mengetahui apakah nomor WhatsApp kamu benar-benar telah diblokir oleh seseorang, ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan.

Yang perlu dipahami

WhatsApp sendiri memang mendesain supaya orang yang kita blokir tidak tau saat kita blokir mereka. Hal ini berlaku sebaliknya. Kita juga tidak bisa tau secara pasti saat ada yang memblokir kita.

Kita bisa menduga-duga berdasarkan beberapa ciri-ciri, namun sekali lagi, hal ini tidak pasti. Jadi jangan buru-buru ambil kesimpulan ya.

Ciri-ciri atau tanda nomor kita diblokir oleh teman di WhatsApp

Jika kamu punya ciri-ciri lain, silahkan bantu tambahkan dikolom komentar dibawah.

1. Tidak terlihat ‘Last Seen’

Jika kamu tidak dapat melihat kapan terakhir kali teman kamu online di WhatsApp, ada kemungkinan bahwa nomor kamu diblokir.

Kemungkinan lainnya : Teman tsbt menyembunyikan last seen mereka. Hal itu bisa dilakukan lewat pengaturan privasi mereka. Dan kontak kamu bisa termasuk dari orang yang tidak bisa melihat last seen mereka.

2. Tidak bisa melihat status atau foto profil

Jika kamu tidak pernah lagi melihat status teman kamu dan kamu lihat foto profil teman kamu selalu default (kosong), ini bisa menjadi tanda bahwa nomor kamu telah diblokir.

Kemungkinan lainnya : Teman kamu membagikan statusnya hanya kekontak tertentu dan disembunyikan dari kamu. Untuk foto profil, mereka juga bisa atur agar foto profil mereka terlihat untuk sebagian orang saja.

3. Pesan kamu hanya centang satu.

Pesan centang satu menandakan bahwa pesan tidak sampai kenomor tujuan kamu. Saat kamu diblokir seseorang, pesan apapun yang kamu kirimkan, akan selalu centang satu ya.

Kemungkinan lainnya : Jika centang satunya belum lama, ada kemungkinan memang teman kamu tidak bisa menerima pesan WhatsApp. Hal ini bisa terjadi karena ponsel mereka mati (sengaja dimatikan atau karena habis baterai), atau bisa juga karena tidak ada koneksi internet (sengaja dimatikan, jaringan sedang bermasalah, kuota yang habis). Kemungkinan lainnya adalah teman ganti nomor, dan kamu masih chat kenomor lama.

4. Tidak bisa melakukan panggilan suara atau video

Jika panggilan kamu masuk, biasanya tulisannya akan berubah dari ‘Memanggil’ menjadi ‘Berdering’. Nah jika kamu diblokir, maka panggilan kamu, baik itu panggilan video atau panggilan suara, akan selalu ‘Memanggil’ saja.

Kemungkinan lainnya : Sama seperti saat pesan centang satu ya, kemungkinan lainnya cukup banyak, mulai dari ponsel mereka mati, jaringan internet mereka mati, ataupun mereka ganti nomor WhatsApp namun kamu masih memanggil kenomor lama.

5. Tidak bisa ditambahkan ke grup

Kamu juga bisa mencoba menambahkan teman tsbt ke grup dan jika tidak bisa ditambahkan, ada kemungkinan memang akunmu di blokir.

Kemungkinan lainnya : Mereka mengatur siapa saja yang boleh menambahkan mereka ke grup, dan kamu tidak termasuk didalamnya.

Kesimpulan

Jika hanya satu atau dua ciri-ciri saja yang kamu temukan, besar kemungkinan kamu tidak diblokir, namun si teman mengatur privasi mereka dan hanya membagikan status ataupun informasi mereka lainnya kesebagian orang saja.

Jika semua ciri-cirinya kamu temukan, memang cukup besar kemungkinan kamu diblokir. Namun sekali lagi, bisa jadi ini semua memang kebetulan terjadi, misalnya pengguna memang memprivasi last seen, status, dan foto profil mereka. Dan saat kamu chat atau telepon tidak masuk, kamu langsung asumsi mereka blokir kamu. Namun bisa jadi mereka kebetulan memang tidak bisa dihubungi, mungkin karena ponsel rusak.

WhatsApp memang sengaja mendesainnya seperti ini, untuk mengurangi friksi ataupun masalah antar pengguna.


Mungkin sampai disini dulu tulisan ini. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, jangan sungkan untuk mengirimkannya dikolom komentar dibawah.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *