Cara mengetahui apakah instagram kalian dibuka di HP lain

Apakah kalian merasa ada yang janggal dengan akun instagram kalian saat ini? Penasaran apakah ada yang membuka akun instagram kalian di HP atau perangkat lain?

Disini kita akan bahas mengenai hal tsbt.

Saat ini indonesia masih belum sepenuhnya melek internet, sehingga banyak yang terjebak dengan situs phising instagram dan akhirnya akun instagram mereka kena hack.

Kebetulan diblog ini dibahas mengenai cara mengembalikan akun instagram yang dibajak, berdasarkan data analitik blog, ada ribuan pengunjung setiap bulannya kehalaman tsbt. Itu artinya, ada ribuan orang yang dibajak akun instagramnya setiap bulan, di indonesia.

Kenyataannya mungkin jauh lebih dari itu, karena tidak semua yang kena hack, sadar dan tau akunnya di hack, dan tidak semua yang tau, sampai kehalaman diatas.

Ok, sekarang balik ke topik awal.

Jika kita curiga akun kita “mungkin” ada yang hack, salah satu cara untuk memastikannya adalah melihat history login akun instagram tsbt dan melihat history email dari instagram. Kita akan bahas satu-satu disini.

Ohya, kalau sudah tidak bisa login dan password diganti, tidak perlu “curiga” lagi karena itu sudah pasti kena hack.

A. Melihat data login akun instagram

1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kalian masing-masing. Jika sudah berada di halaman beranda Instagram, kalian masuk ke halaman profil.

masuk ke profil instagram

2. Jika sudah, tekan “ikon garis tiga” yang ada di pojok kanan atas. Selanjut pilih “Pengaturan”.

3. Jika sudah berada di halaman pengaturan, masuk ke menu “Keamanan”.

masuk ke menu keamanan

4. Dihalaman pengaturan keamanan, pilih dan tap menu “Data Akses“.

klik data akses

5. Kalian akan dibawa kehalaman data akun seperti dibawah ini. Scroll ke bawah, hingga masuk ke kategori Aktivitas Akun, selanjutnya tekan “Lihat semua” dibawah menu “Login”.

scroll hingga aktivitas akun

6. Selanjutnya kalian akan dibawa ke menu “login” seperti dibawah ini. Akan ada keterangan tanggal, bulan, tahun, dan jam, saat kalian melakukan login di akun Instagram kalian tsbt.

7. Selesai.

Sampai disini kalian bisa lihat, dan coba ingat-ingat kapan kalian login di beberapa hari terakhir. Jika ada hari dimana kalian tidak login, dan disana tertera jam loginnya, kemungkinan ada orang lain yang login.

Catat jam dan harinya dulu.

B. Melihat email dari instagram terkait aktivitas login

Masih di menu keamanan, ada menu “Emails from instagram”, disini kalian bisa lihat detail pesan email yang dikirimkan instagram ke email kalian terkait masalah keamanan akun.

Untuk langkah-langkahnya, langkah 1 sampai langkah 3 sama seperti bagian A diatas. Bedanya mulai dari langkah 4. Jadi disini langsung aja, biar tidak banyak ulang-ulang.

4. Dihalaman pengaturan keamanan, kalian masuk ke menu “Email dari instagram”.

pilih email dari instagram

5. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah.

Diakun penulis kosong email keamanannya

Admin: Kebetulan di akun penulis, kosong email dari instagram, jadi sulit untuk dipahami. Dibawah ini admin menambahkan screenshot dari akun admin sendiri, kebetulan ada satu email dari instagram.

Ini akun IG admin, kebetulan ada
Ini akun IG admin

6. Selesai. Disana bisa dilihat beberapa email terakhir dari instagram terkait keamanan. Kalian bisa lihat detailnya, seperti waktu dan jam email tersebut dikirim serta perangkat apa yang dipakai untuk login ke akun tsbt.

Jika kalian hanya biasa pakai instagram di ponsel, kalian patut curiga jika ada login terakhir dari windows seperti contoh diatas.

C. Melihat aktivitas login yang lebih detail di instagram

Di A sebenarnya sudah dibahas mengenai aktivitas login, tapi disini data yang diberikan sedikit berbeda jadi tetap kita bahas. Bagian ini, admin yang menambahkan, jadi screenshotnya sedikit berbeda dari penulis, mohon dimaklumi.

Untuk langkah 1 sampai langkah 3 masih sama. Kita akan langsung masuk ke langkah 4.

4. Dihalaman pengaturan keamanan atau “Security” seperti dibawah ini. Pilih menu “Login activity” atau “Aktivitas login”.

masuk ke aktivitas login

5. Dihalaman aktivitas login akan kelihatan data seperti dibawah ini. Disini selain data waktu dan jam, ada juga data jenis perangkat, dan juga lokasi.

6. Selesai. Dengan melihat data diatas, kalian bisa lebih jelas lagi memperkirakan apakah akun instagram kalian pernah dipakai login ke HP lain atau tidak.

Tapi, perlu diperjelas disini, data diatas kurang akurat. Aku tidak tau kesalahannya ada dimana, entah GPS-nya yang kurang akurat, atau system instagram yang tidak bisa mengambil data lokasi yang tepat dari operator jaringan.

Yang jelas, data lokasi dicontoh diatas, sebagian besar salah, walaupun waktu login, dan jenis perangkatnya benar.

Kalau kalian kurang yakin, dicontoh diatas, di tanggal 27 februari 2019, seolah-olah akun tsbt login di pekanbaru, lalu login dimedan, lalu login di pekanbaru lagi, dihari yang sama dan perangkat yang sama. Ini rasanya kecil kemunkinan ada orang yang sengaja bolak-balik medan-pekanbaru dihari yang sama, belum lagi, aku sendiri tidak yakin apakah bisa dilakukan karena belum pernah coba bolak-balik medan-pekanbaru.

Jadi datanya hanya untuk rujukan saja menurutku.


Bagaimana? sampai disini apakah kalian menemukan kejanggalan di data aktivitas akun kalian?

Terlepas dari ada atau tidaknya kejanggalan, kalian tetap disarankan untuk memperkuat keamanan akun instagram kalian.

Bagaimana caranya?

  1. Perbaharui password instagram kalian. Sebaiknya perbaharui password secara berkala.
  2. Cek nomor HP dan email pemulihan. Pastikan keduanya adalah milik kalian, dan bisa diakses. Jadi bukan nomer HP mati, atau email yang sudah tidak pernah kalian akses bertahun-tahun.
  3. Aktifkan autentikasi dua faktor instagram.
  4. Jangan sembarang meminjamkan perangkat ke orang lain, walaupun itu teman dan keluarga, mereka bisa install spyware, keylogger, dll untuk mencuri password dari perangkat kalian.
  5. Jangan sembarangan pakai wifi gratis. Ada teknik hacking yang bisa dilakukan oleh mereka yang punya skill hacking menggunakan perantara wifi seperti hijacking session, dll.

Mungkin sampai disini pembahasan kali ini.

Membahas tentang keamanan akun memang tidak cukup satu tulisan, karena ini bahasan yang luas sekali. Kita sebagai pengguna internet, jika ingin aman, perlu meningkatkan pengetahuan kita tentang hal ini.

Kita perlu tau misalnya teknik-teknik umum yang digunakan dalam proses hacking, sehingga kita bisa menghindar dari hal tsbt. Misalnya di bukugue.com sendiri, pernah dibahas mengenai teknik hacking akun facebook, tujuannya agar pengunjung paham dan bisa antisipasi hal tbst.


Ok, sampai disini aja dulu. Jika ada pertanyaan ataupun saran, bisa tambahkan dikolom komentar. Thanks.

This Post Has 4 Comments

  1. Natalia

    Min, mau nanya kok ini aktivitas login akun sebentar-sebentar bekasi sebentar-sebentar surabaya itu gimana ya cara ngatasinnya?

    1. yudha

      cek apakah itu perangkat beda mba? kalau beda, kemungkinan kena hack… solusinya, pastikan dan cek ulang nomer email dan hp yang tercantum diakun tsbt, pastikan semuanya milik mba…

      setelah itu ganti password, dan paksa logout dari semua perangkat (opsi nya muncul setelah ganti password..)

      setelah iu kalau mau lebih aman, aktifkan fitur autentikasi dua langkah..

  2. kasih

    untuk masalah lokasi yg sering salah masih bisa dimaklumi, tapi saya sering liat perangkat yg berbeda sm yang saya punya. tapi saya cek di data akses ga ada info login terbaru. itu gmna ya pak? terimaksih

    1. yudha

      mba cuma pakai di satu perangkat kah? coba inget2, mungkin pernah login di laptop misalnya…

      kalau yakin itu bukan perangkat mba, maka ikuti tips kita diatas untuk amankan akun… yang paling ampuh adalah pastikan no hp dan email adalah milik mba, dan hanya mba sendiri yang bisa akses. setelah itu aktifkan fitur autentikasi dua langkah…

Tinggalkan Balasan