Cara Mengunci Chat Personal ataupun Chat Grup di WhatsApp

Tidak bisa kita pungkiri, kadang kita perlu privasi lebih dari keluarga ataupun kerabat. Dari puluhan chat personal ataupun grup yang kita ikuti, mungkin ada satu atau dua chat/grup, yang ingin kita sembunyikan dari tangan keluarga ataupun teman dekat.

Dan ini adalah hal yang wajar menurutku.

Tapi kadang kita serba tidak enak ketika ada teman/keluarga yang pinjam HP, tidak dikasih jadi masalah, kalau dikasih, mereka kadang seenaknya buka sana-sini.

Jika kalian punya HP canggih, biasanya ada fitur untuk membuat guest account di HP kalian, seperti guest account dilaptop. Tapi fitur ini membuat fungsionalitas HP di akun tamu tersebut kurang optimal, karena banyak yang disembunyikan.

Kalau kalian hanya perlu menyembunyikan 1, 2 atau beberapa chat saja, maka ada alternatif yang lebih simpel. Yaitu dengan mengunci beberapa chat tsbt secara langsung.

Sebagai pengecoh/pengalih perhatian, kalian juga sebaiknya kunci beberapa chat lainnya yang sebenarnya biasa-biasa saja, jadi kesannya tidak begitu mencurigakan, jika dibandingkan hanya mengunci 1 chat saja.

Nah untuk melakukan hal ini, kita perlu aplikasi tambahan. Aplikasi yang digunakan disini adalah “Locker for Whats Chat App”, berikut tampilan aplikasi di playstore, silahkan di install dulu.

Jika sudah, barulah kita masuk ke langkah-langkah pengaturannya.

1. Buka aplikasi “Locker for Whats Chat App” tersebut.
2. Setelah kalian buka, maka kalian akan diminta untuk membuat PIN empat angka. PIN ini yang nanti akan digunakan untuk mengunci chat, jadi pastikan untuk di ingat setelah memasukkannya.

3. Setelah mengisi PIN, itu kalian akan di mintai untuk memasukkan email. Masukkan email kalian, karena disini email bisa digunakan untuk keadaan kalian lupa PIN. Setelah itu tap “SAVE”.

klik save

4. Setelah kalian save, akan muncul halaman kecil yang meminta kalian memberikan izin aksesibilats untuk aplikasi tsbt, disini pilih saja “ENABLE”. Setelah itu akan muncul instruksi singkat, tap saja “GOT IT”.

5. Setelah itu kalian akan di redirect ke halaman pengaturan aksesibilitas, buka menu “Locker for Whats Chat App” seperti gambar dibawah. Setelah itu aktifkan bilah navigasi di seperti pada gambar kedua dibawah.

6. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan dari system android, pilih saj “OKE”.

7. Seharusnya sampai disini izin aksesibilitas sudah aktif. Kalian bisa buka lagi aplikasi “Locker for Whats Chat App”. Kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah. Tap ikon plus untuk mulai menambahkan chat yang akan dikunci.

8. Kalian akan di redirect otomatis ke whatsapp, disini tinggal pilih chat ataupun grup chat yang ingin dikunci.

9. Kalian akan dibawa kembali otomatis ke “Locker for Whats Chat App” tadi, dan akan terlihat daftar chat yang sudah terkunci disini. Jika kalian ingin menambahkan chat lain, tinggal ulangi langkah 7 dan 8 diatas.

10. Selesai.


Sampai disini kalian sudah berhasil mengunci minimal 1 chat di whatsapp. Nah untuk melihat hasilnya, kalian bisa buka aplikasi whatsapp kalian, lalu coba buka chat yang sudah dikunci tadi.

Seharusnya, akan muncul halaman passcode seperti dibawah. Tinggal isi kodenya, dan chat akan terbuka.


Yang agak rumit dari langkah diatas adalah mengaktifkan izin aksesibilitasnya, jika sudah maka kalian hanya perlu langkah 7 dan 8 untuk menambahkan chat untuk dikunci.

Jika ternyata tidak bisa terkunci chatnya, cek lagi izin aksesibilitas untuk aplikasi tersebut.

Sekian pembahasan kali ini, jika ada alternatif lain yang lebih simpel ataupun aplikasi rekomendasi yang lebih terpercaya, bantu kami dengan memberikan komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan