Cara membuat sorotan Instagram Story dan cara editingnya agar lebih menarik

Instagram Story merupakan salah satu fitur dari aplikasi instagram yang sangat populer. Fitur ini berfungsi untuk membagikan foto maupun video tetapi tidak muncul pada timeline kiriman. Bahkan,update terbaru dari Instagram memungkinkan penggunanya untuk berkreasi dengan kiriman cerita yang dibuat.

Pengguna instagram bisa membuat cerita dari foto dan video biasa. Namun pengguna juga bisa menambahkan filter yang unik dan menarik. Selain itu, video juga bisa dikreasi dengan membuat boomerang, video terbalik, membuat siaran langsung dan sebagainya. Sehingga fitur ini mirip dengan aplikasi Snapchat tetapi dengan berbagai penyempurnaan.

Karena berupa cerita, maka Instagram story akan menghilang dalam waktu 24 jam setelah dibuat. Pada munculnya fitur ini, instagram story benar-benar akan hilang setelah jangka waktu habis. Namun Instagram terus menyempurnakan fitur yang dimilikinya. Kini Instagram memiliki fitur Sorotan.

Instagram Highlights atau Sorotan adalah fitur instagram yang bisa menampilkan instagram story yang sudah lebih dari 24 jam. Instagram story yang pernah dibuat dapat dimunculkan pada halaman profil dan dapat dikelompokkan sesuai selera pemilik akun. Fitur ini tentu saja sangat bermanfaat apabila akun  sering dikunjungi oleh orang lain. Kemudian berharap mereka dapat melihat instagram story kita yang sudah lama.

A. Cara Membuat Sorotan Instagram Story

Cara membuat sorotan instagram story sangat mudah untuk dilakukan. Namun sayangnya belum banyak yang menyadari bahwa sorotan instagram bisa menjadi sesuatu yang menarik. Bahkan bagi yang menggunakan akun instagram untuk kepentingan portofolio, hal ini sangat penting.

Misalnya akun instagram untuk bisnis maupun untuk informasi, yang bagian profil sering dikunjungi oleh banyak orang. Hal ini agar pengunjung mengetahui informasi penting yang disampaikan melalui sorotan instagram story.

Cara membuat sorotan instagram story bisa dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah langsung dari instagram story yang masih aktif dan yang kedua adalah membuatnya dari instagram story yang sudah lama.

1. Cara Membuat Sorotan Instagram Story dari Story Aktif

Cara pertama untuk membuat sorotan instagram adalah dari instagram story yang masih ada, atau belum 24 jam dari saat mengirim. Sorotan semacam ini sebenarnya lebih bermanfaat jika kamu terlalu sering membuat instagram story. Sehingga agar orang lain tidak perlu melihat semua instagram storymu, masukkan yang penting ke sorotan instagram story.

  • Buka aplikasi Instagram
  • Klik Instagram story

Buka instagram story melalui beranda instagram maupun dari profil. Jika kamu memiliki banyak instagram story, maka pilih mana yang akan dijadikan sorotan.

  • Klik ‘Highlights’ atau ‘Sorot’

Setelah menemukan instagram story yang tepat, kemudian ada pojok kanan bawah klik ‘sorot’ atau ‘highlights’ tergantung bahasa smartphone. Jika warna story kamu putih memang tidak terlalu kelihatan karena warna tulisan juga putih.

sorotan instagram story

Klik ‘Sorot’ atau ‘highlights’

  • Edit Judul untuk memberikan informasi tentang apa sorotan tersebut

Kamu bisa langsung mengetik tanpa klik apapun, maka Judul nanti akan langsung mengganti kata ‘Sorotan’.

sorotan instagram story

Masukkan judul dan klik ‘Tambahkan’

  • Klik ‘Add’ atau ‘Tambahkan’

Selesai, kamu sudah berhasil membuat satu sorotan. Namun sorotan ini baru berisi satu instagram story saja. Kamu bisa menuju instagram story selanjutnya lalu melakukan langkah yang sama. Tetapi pada langkah ‘d’ kamu bisa menambahkan ke sorotan yang sudah ada.

sorotan instagram story

2. Cara Membuat Sorotan dari Instagram Story yang Sudah Lampau

Instagram story yang sudah pernah dibuat, disimpan oleh instagram pada satu tempat khusus. Lokasi ini hanya bisa dibuka oleh pemilik akun sehingga orang lain tidak akan bisa melihat isinya. Membuat sorotan dengan cara ini berfungsi untuk memunculkan cerita yang sudah lama dibuat. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membuat story yang sama berulang kali.

  • Buka Aplikasi Instagram
  • Masuk ke Profil Instagram Kamu
  • Klik ‘Baru’ Atau Logo Jam
sorotan instagram story

klik ‘Baru’ atau ‘Logo Jam’

Pada bagian bawah biografi akan muncul lingkaran lingkaran dan yang paling depan bertuliskan New atau Baru. Kamu bisa klik lingkaran ini atau klik logo jam terbalik pada bagian atas. Logo ini menyimpan dua memori penting dari instagram kamu. Yang pertama adalah instagram story yang sudah lampau dan yang kedua adalah post instagram yang sudah diarsipkan.

  • Pilih Foto atau Klik Menu
sorotan instagram story

Klik tiga titik di pojok kanan

Kamu bisa langsung memilih salah satu foto untuk dijadikan sorotan. Namun jika kamu menginginkan lebih dari satu foto dalam satu sorotan klik menu. Menu ditandai dengan tanda titik tiga sejajar ke bawah pada pojok kanan atas layar kemudian klik Buat Sorotan.

  • Pilih Foto Mana Saja, Klik ‘Selanjutnya’
sorotan instagram story

Pilih Instagram Story

Jika menggunakan menu, maka kamu bisa memilih instagram story mana saja yang ingin dijadikan satu sorotan. Tinggal klik instagram story yang dipilih maka akan muncul tanda centang biru pada gambar. Setelah selesai memilih klik ‘Selanjutnya’.

  • Edit Sampul dan Judul
sorotan instagram story

Masukkan Judul dan Edit Sampul

Kamu bisa melakukan perubahan sampul yang akan ditampilkan. Sampul merupakan salah satu story yang masuk dalam sorotan, kamu juga bisa menempatkan posisi yang tepat. Hal ini karena nantinya hanya bulatan yang akan nampak, atur dengan tepat agar terlihat menarik.

  • Klik ‘Selesai’
sorotan instagram story

Selesai

Yeay, selamat, kamu sudah berhasil membuat satu sorotan instagram dari instagram arsip instagram story kamu.

B. Cara Mengedit dan Menghapus Sorotan

Jika kamu sudah terlanjur membuat sorotan Instagram tetapi ada yang dirasa kurang pas, maka kamu bisa melakukan editing. Sehingga kamu tidak perlu membuat ulang sorotan instagram. Apalagi jika sorotan terdiri dari banyak instagram story dengan jarak waktu berjauhan dan membuat repot untuk menyaring ulang. Kamu juga bisa menghapus satu sorotan instagram maupun menghapus salah satu instagram story saja dari sorotan.

1. Cara Menghapus Sorotan

Jika kamu merasa bahwa salah satu atau beberapa sorotan sudah tidak diperlukan lagi, maka kamu bisa menghapusnya. Tenang saja, instagram story tidak akan hilang dari arsip sehingga lain waktu masih bisa membuatnya kembali

  • Buka aplikasi Instagram dan masuk ke profil Instagram
  • Klik sorotan beberapa detiksorotan instagram story
  • Klik hapus sorotan lalu klik hapus

2. Cara Mengedit Sorotan Instagram

Sorotan instagram bisa terus diubah dan diperbaharui secara berkala. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat agar sorotan selalu up to date dengan kondisi terkini akun kamu. Jika kamu menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis Online, tentu saja akan membuat pengunjung menjadi lebih mengetahui kondisi terkini akun kamu.

  • Buka profil instagram
  • Klik dan tahan sorotan beberapa detik
  • Pilih edit sorotansorotan instagram story
  • Edit sampul agar lebih menarik
sorotan instagram story

Geser foto sampul agar sesuai

Edit sampul bisa kamu lakukan untuk membuat sampul menjadi lebih  menarik pengunjung untuk melihatnya. Kamu bisa memilih salah satu instagram story untuk dijadikan foto sampul. Selain itu, kamu bisa menggeser ke posisi yang pas, karena nantinya sampul akan berbentuk lingkaran.

  • Edit judul yang sesuai dengan sorotan
sorotan instagram story

Ubah judul sorotan

Judul default dari instagram adalah ‘sorotan’ atau ‘highlights’, sehingga kamu perlu menggantinya menjadi lebih menarik. Penamaan bisa kamu isi sesuai dengan kepentingan sorotan kamu. Misalnya ‘testimoni’, ‘new arrivals’ atau hal hal lain yang kamu anggap sesuai.

  • Hapus beberapa instagram story
sorotan instagram story

Hilangkan tanda centang

Jika sorotan kamu berisi beberapa instagram story, kamu bisa menghapus satu atau lebih instagram story itu dari sorotan. Tinggal kamu klik saja tanda centang yang berwarna biru hingga instagram story tidak lagi berwarna abu abu.

  • Menambahkan instagram story lain
sorotan instagram story

Beri tanda centang untuk menambahkan

Selain menghapus, kamu bisa juga menambahkan instagram story lain yang dianggap cocok untuk masuk ke dalam sorotan tersebut. Misalnya kamu sudah membuat instagram story baru yang sudah diarsipkan.

Nah, sekian tadi cara membuat, mengedit dan menghapus sorotan instagram. Caranya mudah, hanya karena aku mencoba menjelaskan secara detail, sehingga terlihat panjang. Sorotan Instagram ini bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan momen momen penting agar mudah dilihat. Tempatnya yang berada pada bagian profil dan di atas, membuat pengunjung akan tertarik pada pandangan pertama. Tentu saja berbeda dengan post instagram yang sudah tenggelam jauh di bawah.

Bagi kamu yang menggunakan instagram sebagai akun untuk bisnis, tentu saja sangat menguntungkan. Kamu bisa memikat calon customer dengan membuat portofolio terbaik pada bagian sorotan. Tentu saja faktor faktor lain juga perlu diperhatikan. Sekian dulu bahasan kali ini, seharusnya kamu sudah berhasil melakukannya.

Semoga bermanfaat ^.^

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar