Cara upload lagu (musik) ke Facebook

Facebook merupakan media sosial yang sangat merakyat. Hingga kini Facebook masih tetap eksis ditengah munculnya media sosial – media sosial lainnya. Semua kalangan mulai dari anak – anak, remaja, hingga dewasa sudah mengenal media sosial yang satu ini.

Facebook dianggap dapat digunakan untuk ajang ekspresi diri sekaligus tempat berkeluh kesah. Maka tak jarang para pengguna Facebook mengungkapkan keluh kesahnya menjadi sebuah status yang diunggahnya di Facebook.

Para pengguna Facebook juga dapat mengungkapkan perasaannya melalui berbagai cara. Tak hanya melalui sebuah teks, foto, maupun video saja, namun  juga melalui sebuah lagu atau musik.

Lagu dapat digunakan untuk mengekspresikan perasaan. Sehingga tak sedikit orang mengunggah sebuah lagu ataupun musik ke status Facebook, bila lagu tersebut sedang mewakili perasaan dirinya.

Namun tak banyak orang tau bagaimana cara berbagi sebuah lagu kedalam status Facebook. Mungkin juga termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini bukan? Nah, kalau kamu memang belum tahu bagaimana caranya, akan aku jelaskan dengan detail di bawah ini

Cara berbagi lagu (musik) di Facebook

Saat ingin berbagi lagu, sebenarnya bisa dilakukan lewat STATUS facebook, bisa juga lewat Stories. Kita akan bahas satu-satu.

A. Cara share lagu ke stories Facebook

Stories facebook sebenarnya hanya mendukung 2 format file, yaitu foto dan video. Jika kamu ingin mengunggah musik dengan format Mp3 maka kamu tidak akan bisa melakukannya.

Tetapi supaya kamu tetap bisa mengunggah musik ke stories, kamu perlu menggunakan cara alternatif yang tentunya mudah dilakukan. Dengan begitu kamu bisa mengunggah stories berupa musik kesukaan kamu. Untuk caranya, silahkan simak dibawah ini:

1. Pertama, kamu perlu mempersiapkan file musik yang ingin kamu unggah ke stories. Cobalah rekam terlebih dahulu musik yang kamu inginkan melalui rekaman video di HP kamu.

Jadi disini kamu perlu dua HP untuk mempermudah. Pertama, satu HP untuk memutar musik, dan yang satunya lagi untuk merekam sebuah video saat musik diputar. Kameranya bisa diarahkan kelangit ataupun kebaground yang indah seperti pekarangan/tanaman bunga, dst.

Jika kamu sudah merekam musik yang akan kamu unggah, kita lanjut ke step yang selanjutnya.

2. Bukalah aplikasi Facebook kamu, lalu pilih stories bar kamu untuk membuat stories.

memilih stories bar untuk membuat stories
memilih stories bar untuk membuat stories

3. Selanjutnya, carilah video musik yang sebelumnya sudah kamu siapkan.

Memilih file ber-format video musik yang ingin di unggah
Memilih file ber-format video musik yang ingin di unggah

4. Lalu kamu bisa tambahkan emoji, stiker, ataupun teks sebelum diunggah. Silahkan kreasikan sendiri. Jika dirasa sudah siap untuk di unggah, silahkan pilih “Bagikan ke Cerita” untuk mengunggah.

"Bagikan cerita" untuk mengunggah
“Bagikan cerita” untuk mengunggah

Dan stories berisi video musik sudah berhasil di unggah. Dicontoh ini, aku tutup kamera saat membuat video lagu nya, jadi videonya tidak kelihatan apa-apa, gelap dan hitam. Sehingga bisa diberi efek atau sticker dengan mudah.

B. Cara share lagu ke status facebook

Untuk share ke status, kita tidak harus upload mp3 ataupun rekaman musik ke facebook. Kita hanya perlu share dari aplikasi pemutar musik yang kita punya. Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi pemutar musik, jadi tidak mungkin dibahas semuanya. Dibawah ini akan dibahas hanya 1 saja yaitu soundcloud.

B.1 Melalui Youtube

Youtube adalah situs video sharing, jadi disini kita akan share berupa musik video. Ataupun lagu cover. Bisa buatan sendiri, bisa juga lagu asli dari penyanyi aslinya. Untuk langkah-langkahnya, bisa simak dibawah ini.

1. Pilih video musik yang ada di youtube.
2. Jika kamu sudah memilih musik video mana yang ingin di bagikan, silahkan pilih tombol “Bagikan” untuk membagikan musik video tersebut.

Memilih video Youtube yang ingin dibagikan
Memilih video Youtube yang ingin dibagikan

3. Disini ada banyak opsi yang bisa kamu pilih, tapi kita akan mengunggahnya ke Facebook, jadi pilih “Facebook”.

Memilih platform untuk membagikan video
Memilih platform untuk membagikan video

4. Nah, disana kamu sudah dapat melihat status yang siap kamu unggah. Disana sudah otomatis tercantum tautan musik video menuju Youtube. Sekarang sebelum diunggah, kamu bisa menambahkan sedikit keterangan pada kotak teks atau menambahkan “perasaan/aktivitas” yang kamu inginkan.

Tampilan ketika link video Youtube otomatis ter-paste di kolom status Facebook
Tampilan ketika link video Youtube otomatis ter-paste di kolom status Facebook

5. Jika sudah cukup, sekarang pilih “Bagikan”. Jika berhasil, maka tampilannya kira – kira seperti pada gambar.

Tampilan status yang berhasil ter-unggah di Facebook
Tampilan status yang berhasil ter-unggah di Facebook

B.2 Melalui Soundcloud

Ini adalah salah satu aplikasi pemutar musik, ada banyak yang lainnya, seperti JOOQ, Spotify, dll. Berikut ini cara sharenya. Kamu bisa langsung buka aplikasi soundcloud, atau ikuti proses dibawah ini untuk share lagu dari situs soundcloud.

  1. Ketikkan “Soundcloud” di kotak pencarian Facebook.
Ketikkan "Soundcloud" di kotak pencarian Facebook
Ketikkan “Soundcloud” di kotak pencarian Facebook

2. Lalu akan muncul halaman resmi dari Soundcloud. Pilih halaman tersebut.

Pilih halaman resmi Soundcloud
Pilih halaman resmi Soundcloud

3. Setelah masuk ke halaman resmi Soundcloud, kamu pilih “Gunakan aplikasi” untuk masuk ke situs Soundcloud.

"Gunakan aplikasi" untuk masuk ke situs resmi Soundcloud
“Gunakan aplikasi” untuk masuk ke situs resmi Soundcloud

4. Jika kamu sudah berada di halaman seperti pada gambar, kamu pilih ikon search untuk mencari musik yang akan kamu bagikan di Facebook.

Gunakan pencarian untuk mencari nama penyanyi atau judul lagu yang ingin dibagikan
Gunakan pencarian untuk mencari nama penyanyi atau judul lagu yang ingin dibagikan

5. Ketikkan nama penyanyi atau judul lagu di kotak pencarian.

Ketikkan nama penyanyi atau judul lagu
Ketikkan nama penyanyi atau judul lagu

6. Maka akan muncul hasil pencarian berupa berbagai macam versi lagu, baik lagu versi original maupun versi cover. Pilih salah satu yang kamu inginkan.

Tampilan hasil pencarian musik yang di temukan
Tampilan hasil pencarian musik yang di temukan

7. Jika musik pilihan kamu sudah terbuka, silahkan pilih ikon bertitik tiga di sebelah kanan atas untuk memunculkan menu.

Memilih salah satu versi lagu yang akan dibagikan
Memilih salah satu versi lagu yang akan dibagikan

8. Selanjutnya pilih “Salin tautan” untuk menyalin url lagu tersebut

Pilih “Salin tautan” untuk menyalin url

9. Nah, sekarang kamu beralih ke halaman beranda facebook. Paste-kan atau tempelkan url yang sudah di salin tadi ke kotak status Facebook. Jika sudah, langsung saja unggah status tersebut.

Tempel url ke kolom status Facebook dan unggah ke beranda
Tempel url ke kolom status Facebook dan unggah ke beranda

10. Jika kamu sudah berhasil mengunggah status, kira – kira tampilannya seperti pada gambar.

Tampilan saat berhasil membagikan status musik ke Facebook
Tampilan saat berhasil membagikan status musik ke Facebook

Kini kamu sudah tahu bagaimana cara berbagi lagu dan musik ke Facebook, baik berupa status yang diunggah ke timeline Facebook maupun stories Facebook. Tidak sulit kan caranya?

Sekarang kamu bisa bebas kapan saja bisa mengunggah status musik di Facebook. Jika ada yang ingin ditanyakan, atau mungkin ada saran, jangan sungkan untuk kirimkan komentar dibawah ini. Selamat mencoba.

Share woy :D

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan