Apa itu Instagram mod? Kelebihannya dibandingkan Aplikasi Instagram biasa

Instagram dikenal sebagai aplikasi sosial media yang banyak digunakan orang. Hal ini dapat terlihat dari jumlah unduhannya yang sangat banyak di Playstore maupun App Store. Beragam fitur telah disematkan di aplikasi yang dimiliki Facebook ini.

Tak pelak, pengguna makin betah menggunakan Instagram dalam kesehariannya.

Dari semua fitur keren yang ada di instagram, aplikasi Instagram resmi tidak mengeluarkan fitur yang mengizinkan pengguna untuk mengunduh konten (teks, foto, dan video) yang ada di dalam Instagram. Padahal fitur itu banyak dicari pengguna.

Di tengah-tengah permasalahan itulah muncul aplikasi Instagram mod Android untuk menghadirkan fitur-fitur, yang tidak dimiliki Instagram official tersebut.

Apa itu Instagram Mod?

Instagram mod adalah aplikasi Instagram yang dimodifikasi dari Instagram official oleh para developer di luar Instagram. Aplikasi ini memiliki fitur plus-plus yang tidak dimiliki aplikasi resminya.

Kamu bisa mendapatkan fitur plus-plus ini secara gratis, dengan cara memasang Instagram mod di Hp. Apa saja fitur plus-plus yang ditawarkan Instagram mod ini?

Jenis instagram mod dan fitur-fiturnya

Semua mod Instagram yang beredar di dunia maya itu hampir sama fitur-fiturnya. Dugaanku aplikasi mod ini hanya rename dari satu aplikasi Instagram mod yang tunggal. Sayangnya, aku benar-benar tidak tahu mana mod Instagram yang dijadikan acuan (direname). Terlepas dari hal tersebut, inilah fitur-fitur andalan Instagram mod yang pernah kupakai, yaitu:

1. GBInsta

Aplikasi Instagram mod paling populer adalah GBInsta yang dikembangkan oleh Antfas_hoak. Sang developer merilis dua jenis aplikasi mod, yaitu GBInsta dan GBInsta Plus. Saat artikel ini dibuat, aplikasi ini sudah sampai pada versi 1.60 yang dirilis 18 Desember 2018. Ukuran file mentah aplikasi ini adalah 40,77 mb. Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan dua aplikasi mod IG ini?

  • Bisa diinstal bersamaan dengan aplikasi Instagram lainnya – official dan mod.
  • Mendukung IGTV.
  • Mendukung video call.
  • Mengunduh foto maupun video dari postingan orang lain.
  • Mengunduh Stories teman.
  • Menyembunyikan diri saat melihat Stories teman.
  • Menyalin bio atau deskripsi profil orang lain.
  • Menyalin komentar di postingan orang lain.
  • Bisa gonta-ganti tema atau penampilan IG.
  • Kustomisasi penampilan.
  • Dan lain sebagainya.

2. GBInsta Plus

GBInsta Plus merupakan aplikasi Instagram mod yang juga dibesut Antfas_hoax. Sama seperti GBInsta biasa, versi terakhir aplikasi ini ada v1.60 yang terakhir diupdate tanggal 18 Desember 2018.

Ditilik dari fitur, GBInsta Plus tidak memiliki perbedaan berarti dengan GBInsta biasa. Satu-satunya perbedaannya adalah GBInsta Plus tidak bisa dipasang bersamaan dengan Instagram official maupun modnya.

3. InstaUltra (NMInsta)

InstaUlta, dikenal juga dengan nama NMInsta, merupakan aplikasi mod yang dibesut Nairo Mix. Menurut informasi changelog yang muncul saat kamu login akun IG, update terakhir aplikasi ini adalah tanggal 17 April 2019 dengan versi 0.9.4.2.0 Alpha 2. InstaUltra juga bisa dipasang barengan sama Instagram official dan mod.

InstaUltra menawarkan fitur yang serupa dengan GBInsta dan ZEInsta. Aplikasi ini bisa diinstal bersama aplikasi official dan aplikasi mod yang lain – versi clone. Namun, ada beberapa fitur yang tidak dimilikinya, yaitu:

  • Komentar tidak bisa ditranslate ke bahasa Indonesia
  • Tidak dapat mengganti tema.
  • Tidak memiliki fitur kustomisasi warna.
  • Tidak bisa memperbesar foto profil maupun foto / video orang lain.

4. ZEInsta

Aplikasi ZEInsta menjadi aplikasi dengan APK terbesar diantara aplikasi mod lainnya, yaitu 41,54 mb. ZEInsta juga bisa disandingkan pemasangannya dengan Instagram official dan mod.

Melihat dari fitur-fitur yang serupa dengan GBInsta, menurut dugaanku, aplikasi mod ini hasil rename. Penamaan versinya pun sama V1.60. Sebab, formatnya benar-benar serupa dengan GBInsta, kecuali beberapa ikon dan pernak-perniknya. Namun, aplikasi ini tetap seru untuk digunakan, sama seperti GBInsta.

5. Instagram Plus dan OGInsta Plus

Instagram Plus menjadi aplikasi Instagram mod yang bisa kubilang out of date alias ketinggalan zaman. Meskipun begitu, file mentah (APK) dari modnya ini sangat kecil, hanya 26,61 mb, dengan versi terupdate adalah v10.14.0. Jadi, mod ini cocok untuk kamu yang memiliki spek Hp kentang.

Fitur-fitur yang tidak ada di mod ini antara lain:

  • Tidak support IGTV.
  • Tidak bisa gonta-ganti tema.
  • Tidak memiliki kustomisasi warna.
  • Tidak bisa menyembunyikan diri saat melihat Story teman.

Siapa developer mod ini? Jika melihat info support yang ada di dalamnya, aku menduga Instagram Plus dibesut juga oleh developer yang membesut OGInsta Plus. Dua aplikasi ini berpenampilan sama dan memiliki fitur yang sama. Bedanya, OGInsta Plus bisa diinstal bersamaan dengan aplikasi IG original.

Saran aplikasi instagram mod terbaik?

Jika boleh memberikan saran diantara beberapa aplikasi Instagram mod yang ada, aku hanya menyarankan kamu untuk memakai GBInsta atau ZEInsta. Kenapa? Menurutku, kedua pengembang ini terus-menerus mengupdate mod Instagram secara berkesinambungan dan tampilannya pun clean.

Tapi semua kembali pada kamu mau memakai aplikasi yang mana. Intinya, enjoy aja!

Apakah Instagram mod aman digunakan?

Pada dasarnya aplikasi Instagram mod sama seperti aplikasi Instagram official, jadi kamu aman menggunakannya. Lebih-lebih untuk memasang aplikasi Instagram mod sama sekali tidak membutuhkan akses root.

Hanya saja, kamu perlu ingat jika Instagram mod dibuat oleh developer di luar Instagram. Itu artinya tidak ada jaminan standar keamanan dari pihak Instagram sendiri.

Jadi, bisa saja aplikasi mod itu direname oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dipasangi beberapa kode/script yang ujung-ujungnya akan membuat privasi data akun kamu menjadi tidak aman, atau bahkan bisa sampai membajak akun instagram mu.

Apakah itu mungkin? Ya, mungkin saja. Salah satu proses hack itu dilakukan dengan cara mencuri data lewat aplikasi mod, tapi perlu sedikit skill coding dalam melakukannya.

Admin : Beberapa waktu yang lalu, pihak whatsapp melakukan blokir sementara untuk pengguna yang memakai aplikasi wa mod. Seperti yang kita tau, whatsapp berada dibawah manajemen yang sama dengan instagram, bukan tidak mungkin suatu saat instagram mod juga dilarang untuk dipakai. Selagi masih bisa dipakai, silahkan dipakai, tapi tetap harus ingat bahwa saat menggunakan aplikasi mod, selalu ada resiko keamanan yang siap ditanggung.

Cara download dan instal Instagram Mod

A. Cara download mod Instagram

Jika kamu ingin memakai Instagram mod, aku sarankan padamu agar mengunduh aplikasi Instagram mod melalui website officialnya saja. Pengalamanku saat mengunduh dari situs pihak ketiga, file mod IG-nya sudah dihapus atau tidak bisa dipasang di Hp. Selain itu, aku khawatir jika aplikasi mod Instagram yang diunduh ternyata sudah usang dan belum update.

Beberapa aplikasi Instagram mod yang kusebutkan berikut ini sudah kuperiksa memiliki website official yang terpercaya. Beberapa pengembang Instagram mod juga mengembangkan WhatsApp mod. Tugasmu tinggal menyambangi website tersebut dan mendownload file APK-nya.

B. Cara install mod Instagram

Untuk menginstal aplikasi Instagram mod itu tidak sulit, karena kamu sama sekali tidak memerlukan akses root seperti aplikasi mod lainnya. Pastikan kamu sudah mengunduh salah satu aplikasi mod Instagram melalui website-website official diatas.

Kemudian, aktifkan sumber tidak dikenal untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber tidak diketahui (bukan Playstore). Ikuti saja langkah-langkahnya dibawah ini!

1. Buka setelan.
2. Pilih setelan tambahan.

Buka setelan untuk menyetel privasi.

3. Pilih privasi.

Pilih privasi untuk menyetel sumber tidak dikenal.

4. Klik sumber tidak dikenal (centang unknown source). Beberapa Hp memiliki konfigurasi berbeda, karena aku memakai Redmi 5A maka caranya seperti itu.

Aktifkan sumber tidak dikenal biar bisa instal aplikasi di luar playstore.

5. Jika sudah, cari aplikasi mod yang telah kamu unduh. Klik, dan proses penginstalan dilakukan seperti biasa mengikuti petunjuk berikutnya.

C. Cara Login Instagram Mod

Bagaimana cara login di Instagram mod? Ya, kamu login saja seperti biasanya. Namun, kamu perlu tahu, jika Instagram mod tidak bisa login menggunakan akun Facebook. Jadi, kamu gunakan email atau nomor Hp saja.

1. Buka aplikasi Instagram modnya, lalu di halaman pertama silakan klik tombol masuk yang ada di bagian bawah.
2. Kamu masukkan email dan password akun IG.

Login instagram mod pakai email atau no telpon aja ya.

Cara memakai fitur Instagram mod

Kamu sudah mengunduh dan memasang Instagram mod di Hp? Sekarang waktunya buat tau bagaimana menyetel/memakai fitur-fitur yang ada biar makin asoi mainnya.

A. Mengunduh postingan orang lain

1. Cari postingan (teks, foto, dan video) orang lain yang mau diunduh.
2. Jika sudah dapat, ‌klik tiga titik di pojok kanan di atas postingan.

Cari foto atau video orang lain yang mau didonlot

3. ‌Klik GB Options.

Klik GB Options.

4. ‌Klik Download. Jika foto/video dalam postingan itu lebih dari satu akan muncul notifikasi apa mau unduh semuanya atau satu saja, pilih sesuai kebutuhan.

Klik download.

B. Mengunduh Insta Story orang lain

1. Klik Insta Story teman, dan pilih yang mau diunduh.
2. ‌Klik tiga titik di sebelah kanan yang berada didalam “kirim pesan”.

Cari foto/video story yang mau didonlot.

3. ‌Nanti akan muncul opsi download, silakan diklik.

Setelah itu klik download untuk mengunduh story.

C. Menyembunyikan diri saat melihat Insta Story teman

1. ‌Klik profil di sebelah kanan bawah.

Klik ikon orang yang ada di pojok kanan bawah.

2. ‌Klik ikon gir di kanan atas.

klik ikon gir yang ada di pojok kanan atas.

3. ‌Klik privacy.

Klik privasi.

4. Ketika muncul opsi Hide view Stories, silakan diceklis.

Ceklis Hide My View.

D. Mengganti tema

1. Klik profil di sebelah kanan bawah.
2. ‌Klik ikon gir di kanan atas.
3. ‌Klik Themes.

Klik Themes.

4. Akan muncul berbagai tema yang siap dipilih.

Pilih Tema yang kamu inginkan.

E. Mengkustomisasi warna

1. ‌Klik profil di sebelah kanan bawah.
2. ‌Klik ikon gir di kanan atas.
3. ‌Cari di menu Appearance, lalu kamu tinggal memilih bagian mana yang mau diubah warnanya.

Silakan diganti dengan warna-warna kesukaan.

F. Memperbesar foto profil

1. ‌Cari profil yang ingin kamu perbesar fotonya.

Cari foto profil yang ingin diperbesar, lalu klik dan tekan lama.

2. ‌Tekan dan tahan beberapa waktu sampai foto profil orang tersebut membesar.

Foto profil pun menjadi besar.

Nah, itulah serba-serbi tentang Instagram mod. Semoga kamu tercerahkan dengan penjabaran di atas.

Oiya, jika kamu menggunakannya aplikasi mod Instagram ini, bisa dong berbagi cerita pengalaman – aman atau tidaknya? Silakan bagikan pengalamanmu di kolom komentar.

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan