Beberapa istilah dan singkatan yang sering digunakan di twitter

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Januari 17, 2020
  • Post category:Topik : Twitter
  • Post comments:0 Comments

Seiring dengan bertambahnya pengguna dan interaksi antar pengguna, muncullah banyak istilah atau singkatan di twitter. Istilah dan singkatan ini lambat laun mulai populer digunakan.

Yang jadi masalah adalah buat kita pengguna yang jarang online ke twitter. Sekalinya online, ada “kata-kata” yang tidak kita pahami dari tweet teman-teman.

Solusi mudahnya sih dengan bertanya langsung ke orang yang nge-tweet. Tapi kalau gengsi, tentu sulit.

Nah disini bukugue.com coba merangkum beberapa istilah dan singkatan tsbt. Harapannya kedepannya tulisan ini terus diupdate untuk menambahkan istilah dan singkatan baru.

Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, bisa langsung aja di kolom komentar. Nanti akan dimasukkan ke list yang sudah ada dibawah ini.

Oh iya, istilah yang sudah biasa dipakai seperti tweet, mention, re-tweet, tagar, trending topic, dll itu tidak akan dijelaskan lebih lanjut dibawah ini. Asumsinya yang baca disini sudah paham lah ya yang seperti itu.

Sip…kita mulai ya. Pada artikel ini akan dijelaskan secara singkat mengenai apa saja istilah Twitter yang sering digunakan oleh pengguna.

Folback

Istilah ini sering diucapkan oleh mereka yang minta diikuti balik usai mengikuti sebuah akun. Tidak ada salahnya ya kita menuruti kemauan orang itu. Selama akunnya sopan dan tidak mengundang permusuhan. Jadi, ya FOLBACK alias follow back atau follow balik ya kakak…

Twitwar

Hati-hati kalau main Twitter. Jangan sampai Kalian terseret ke dalam arus TWITWAR gara-gara salah tweet. 

Twitwar
Twitwar

Salah tweet di sini bisa jadi Kalian menyinggung masalah Suku, Agama, dan Ras atau menjelek-jelekkan fisik dan perilaku orang lain. Perang tweet atau TWITWAR bisa terjadi oleh adanya permusuhan 2 akun pribadi atau akun-akun kelompok tertentu. Dan lebih seringnya komunitas atau grup yang saling keroyok akibat beda pendapat. Kadang penyebabnya hanya sepele. Misalnya, menulis kata CANTIK menjadi SYANTIK yang versi Syahrini atau Siti Badriah.

Thread

Thread merupakan sebuah tweet yang dibuat secara bersambung. Fenomena thread di twitter sendiri terjadi karena tweet di twitter memiliki batas karakter sehingga kalian tidak bisa menulis banyak di twitter. Jika kalian tetap harus menulis dengan karakter huruf melebihi yang ditetapkan oleh twitter, maka kalian harus membagi bagi tulisan kalian menjadi beberapa bagian. Tulisan bersambung yang kalian buat inilah yang disebut dengan Thread.

Thread

Salah satu thread yang viral beberapa waktu yang lalu adalah thread horor dari akun @SimpleM81378523 yang merupakan cerita bersambung mengenai pengalaman horor di sebuah desa di daerah jawa timur.

Diblog ini juga sempat dibahas tentang twitter thread secara khusus, kalian bisa baca laman ini https://bukugue.com/apa-itu-kultwit-dan-fitur-thread-di-twitter/ dan https://bukugue.com/tips-dan-trik-agar-twitter-thread-kamu-diminati-orang/

CMIIW

Adakalanya kalian tidak yakin dengan apa yang kalian katakan di Twitter. Jika kalian takut apa yang kalian ucapkan salah dan tidak menimbulkan kesalahpahaman bagi pengguna Twitter lain, maka hal yang kalian ucapkan harus disisipkan CMIIW.

CMIIW sendiri merupakan singkatan dari “Correct Me If I’m Wrong” yang berarti kalian meminta koreksi jika apa yang kalian ucapkan disebuah Tweet salah atau keliru.

SJW

SJW merupakan singkatan dari Social Justice Warior. Istilah yang muncul di Amerika Serikat yang awalnya digunakan untuk mengapresiasikan dan memberikan pujian kepada para aktivis yang ingin melindungi orang orang dari ketidakadilan di kehidupan bermasyarakat. Istilah ini merupakan istilah positif, namun setelah banyaknya aksi berlebihan dari seorang aktivis membuat istilah ini disalahgunakan.

MUTUALAN

Jika di instagram ada istilah follow dan followback, maka di Twitter kalian akan menemukan istilah “mutualan“. Kalian bisa menggunkan istilah ini untuk mengajak seseorng memfillow akun kalian. Jika kalian sudah saling follow maka kalian sudah saling “mutual” satu dengan yang lainnya.

MENFESS

Jika kalian memiliki sesuatu yang ingin disampaikan, maka kalian bisa mengungkapkannya di Twitter. Namun bagaimana jika sesuatu itu merupakan sebuah rahasia terpendam? Kalian bisa menggunakan istilah menfes atau Mention Confess.

Istilah ini biasa digunakan oleh para pengguna yang ingin mengirimkan sebuah pesan rahasia atau pesan kaleng. Bedanya dengan tweet, kalian mengirim pesan tidak langsung di Twitter. Kalian bisa mengirimkan pesan kalian melalui fanbes dan akun fanbes yang akan meneruskan pesan kalian tentunya dengan tetap merahasiakan identitas kalian.

OOT

Jika kalian sedang membahas sesuati di Twitter, maka bahaslah sesuai dengan tema yang dibahas pada saat itu. Jika kalian keluar dari topik maka pengguna lain akan menyebut kalian OOT atau “Out Of Topic”. Oleh karena itu tetap fokus terhadap topik yang dibahas pada sebuah tweet atau thread agar tidak dibilang OOT.

NDER

Jika dikehidupan nyata, kalian biasanya menyapa teman kalian dengan sebutan “bro, man, coy, dll”, panggilan panggilan seperti ini digunakan agar kalian merasa akrab dengan seseorang. Begitu juga di twitter. Jika ada seseorang yang mengirimkan sebuah tweet, maka orang itu biasa dipanggil “nder”.

Nder sendiri merupakan singkatan dari Sender yang artinya adalah pengirim pesan. Dengan kata lain nder disini merupakan sebuah kata sapaan di Twitter yang ditujukan untuk pengirim tweet atau pembuat konten, baik itu konten berupa text, gambar, ataupun video agar terlihat lebih akrab.

CONVOKILLER

Pernahkah kalian mengirim pesan panjang panjang ke seseorang, lalu orang itu hanya jawab “ya” atau “tidak” atau hanya sekedar “o”. Hal ini tentu sangat menyebalkan bagi bagi pengguna sosial media. Namun di twitter hal ini memiliki istilah sendiri yaitu Convokiller yang berasal dari kata convertation+Killer yang artinya membunuh percakapan.

Istilah ini digunakan oleh orang orang yang merasa lawan bicaranya ingin mengakhiri percakapan yang terlalu panjang. Atau mungkin jika kalian boring dengan sebuah percakapan kalian bisa melakukan Convokiller agar kalian terbebas dari percakapan itu.

SAMBAT

Sambat ternyata adalah bahasa jawa yang sudah diserap ke bahasa indonesia. Berikut ini penjelasan yang dikutip dari cyberthreat.id

“Sambat” adalah kata yang berasal dari bahasa Jawa, yang memiliki arti keluhan. “Sambat” sendiri juga telah diserap ke dalam bahasa Indonesia, ini terbukti kata tersebut telah masuk dalam entri Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Dalam KBBI disebutkan bahwa, “sambat” (sebagai kata benda) diartikan sebagai keluhan. Contoh kalimat, Sambat mereka tidak dihiraukannya.

https://cyberthreat.id/read/1276/Tagar-SambatAdalah-di-Puncak-Twitter-Apa-Sih-Artinya

Jika ada istilah baru yang belum ditambahkan, silahkan tambahkan dikolom komentar.

Nah, sampai di sini dulu artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa share artikel ini ke semua media sosial kalian ya. Makasih…

Tinggalkan Balasan