Istilah-istilah dalam Twitter yang mungkin belum kamu tau

Media sosial dari hari ke hari berkembang dengan demikian pesatnya. Banyak fitur baru yang ditawarkan ke para penggunanya guna membuat nyaman bermedsos. Saking banyaknya, para netizen sampai kadang bingung dengan istilah-istilah dalam masing-masing media sosial. Twitter, misalnya.

Media sosial yang tetap mempertahankan 140 karakteristiknya sejak awal diluncurkan ini juga punya banyak fitur yang pada akhirnya menghasilkan banyak istilah di tengah masyarakat merem melek internet kita. Kok ‘masyarakat merem melek internet’? Ya, karena kadang biar tidak begitu tahu soal internet, toh ada saja kan istilah dalam internet yang dipakai di dunia nyata di luar internet? Contohnya, orang-orang mulai bilang ‘like’ dan ‘unlike’ tuk menyatakan setuju dan tak setuju dengan suatu pendapat. ‘Like’ itu kan mulai populer banget justru pas Facebook keluar. Jadi istilahnya, ‘merem melek’ gitu…hehe..

Oke deh, balik lagi ke istilah-istilah di Twitter. Kamu dah tahu banget belum soal istilah itu? Kalau belum pakai ‘banget’, kamu bisa teruskan baca artikel ini sampai habis bis bis…semoga aja habis baca artikel ini kamu jadi tambah keren deh berselancar di twitterland-nya.

Sip…kita mulai ya. Saya akan menjelaskannya sesingkat mungkin.

Tweet

Update status ala Twitter ini hanya dibatasi 140 karakter saja. Sesuai dengan prinsip Twitter sejak awal kemunculannya, bahwa ini menjadi media tempat dimana para jurnalis dan jajarannya saling bertukar informasi dengan kalimat seefektif mungkin.

Informasi yang dibagikan para pengguna Twitter semakin melebar seiring berjalannya waktu. Mulai dari berita serius, gosip selebritis, obrolan ringan dengan sesama pengguna, curhatan, kata-kata motivasi, hingga adu argumen atau twit war.

Pengguna masih bisa menulis lebih dari 140 karakter dengan bantuan sejumlah aplikasi seperti Socialscape dan Twitlonger.

Mention

Ini adalah cara untuk memanggil pemilik akun lain di Twitter untuk berbagai tujuan. Kamu hanya tinggal menuliskan nama akun Twitternya dengan ‘@’. Kemudian, akan keluar pilihan nama sesuai yang kamu ketikkan atau disebut juga dengan username. Orang yang kamu mention akan menerima pemberitahuan di notifikasi. Itu lho, satu fitur yang berbentuk lonceng.

Username

Nama akun Twitter kita. setiap username pasti didahului oleh tanda ‘@’. Username yang kita gunakan bisa jadi bukan nama asli kita yang sesuai dengan KTP. Contohnya, nama akun twitter saya @ukhaerani. Sedangkan di bio atau biodata/profil saya tulis nama asli saya yaitu Ulfah Khaerani.

Retweet

Ini adalah bentuk forward ata meneruskan kembali tweet orang lain ke timeline kita sendiri. Semua followers kita bisa melihat retweet kita ini. Ikon RETWEET berbentuk dua anak panah yang saling menunjuk.

Twitter menyediakan dua cara RETWEET yaitu RETWEET dan RETWEET WITH COMMENT. Kalau kamu mau forward tanpa komentar pribadi soal tweet tersebut silakan klik RETWEET. Sedangkan, jika kamu ingin komentar di tweet itu, silakan klik RETWEET WITH COMMENT. Pastikan komentarmu adalah komentar berkategori baik.

Trending Topic

Ini adalah sesuatu yang sedang ramai dibicarakan di Twitter. Sangat populer. Apalagi jika ditambah dengan tanda pagar atau hashtag (#). Maka, semakin sampailah si tema trending topic itu ke posisi teratas di antara deretan TRENDING TOPIC yang ada. Twitter juga menyediakan tempat khusus bagi penggunanya melihat TRENDING TOPIC yang sedang berlaku dalam TRENDS FOR YOU.

Hashtag

Tanda pagar (#) ini sejatinya populer di 2 media sosial besar Twitter dan Instagram. Fungsinya apa lagi kalau bukan menyeragamkan sebuah kata kunci yang sama world wide alias di seluruh dunia. Misalnya, mau cari buku terbaru karya JK. Rowling, ya tinggal ketik JKROWLING di belakang tanda pagar.

#JKROWLING

Selanjutnya, biar mesin pencari Twitter yang bekerja mencari semua hal yang berkaitan dengan JK Rowling. Termasuk karya terbarunya. Hashtag dengan jumlah terbanyak biasanya akan langsung tembus TRENDING TOPIC dunia.

Direct Message

Biasa disingkat DM. Kalau kamu mau berkirim pesan tanpa diketahui oleh orang lain, sebaiknya lewat pesan inbox Twitter bernama DM ini. Jika kamu slaing follow atau mengikuti, maka kamu dan orang itu akan dengan mudah berkirim pesan via DM.

Setidaknya, satu orang sudah memfollow orang lain. Meskipun, orang itu belum memfolback kita. Maka, kamu bisa mengiriminya pesan via DM.

Follow

Saat kamu baru membuat akun Twitter, follow atau mengikuti akun menjadi kegiatan utama yang harus dilakukan. Siapa tahu teman Twitter kamu jadi bertambah karena dia yang kamu follow membalasnya dengan follow back.

Folback

Istilah ini sering diucapkan oleh mereka yang minta diikuti balik usai mengikuti sebuah akun. Tidak ada salahnya ya kita menuruti kemauan orang itu. Selama akunnya sopan dan tidak mengundang permusuhan. Jadi, ya FOLBACK alias follow back atau follow balik ya kakak…

Twitwar

Hati-hati kalau main Twitter. Jangan sampai kamu terseret ke dalam arus TWITWAR gara-gara salah tweet. Salah tweet di sini bisa jadi kamu menyinggung masalah Suku, Agama, dan Ras atau menjelek-jelekkan fisik dan perilaku orang lain. Perang tweet atau TWITWAR bisa terjadi oleh adanya permusuhan 2 akun pribadi atau akun-akun kelompok tertentu. Dan lebih seringnya komunitas atau grup yang saling keroyok akibat beda pendapat. Kadang penyebabnya hanya sepele. Misalnya, menulis kata CANTIK menjadi SYANTIK yang versi Syahrini atau Siti Badriah.

Reply

Ini adalah cara kamu berkomentar atau berkomunikasi dengan salah satu pemilik akun. Mungkin pemilik akun itu menulis tweet yang menarik bagi kamu dan sesuai minat kamu lagi. Lalu, kamu ingin menyampaikan kalau kamu suka melalui REPLY ini.

Kamu juga bisa berkomentar apa saja mengenai tweet seseorang itu.

Nah, sampai di sini dulu artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat buat kamu. Jangan lupa share artikel ini ke semua media sosial kamu ya…makasih…

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwkhidup freelance writer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *