Cara mengatasi action blocked di Instagram

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Oktober 2, 2020
  • Post category:Topik : Instagram
  • Post comments:0 Comments

Pernahkah kamu mendapatkan pesan “Action Blocked“, pesan “Tindakan diblokir”, atau diblokir sementara di Instagram? Penasaran kenapa hal ini terjadi, dan ingin tau apa solusinya?

Sebelum kita bahas mengenai solusinya, perlu dijelaskan sedikit mengenai action blocked tsbt agar tidak salah paham.

Secara sederhana-nya, action blocked adalah hukuman dari instagram yang membatasi akses ke suatu fitur di instagram, sehingga akun yang di block tadi tidak bisa menggunakan fitur tsbt. Sifatnya bisa sementara, bisa juga permanen.

Sebagai contoh, misalnya akun Instagrammu mengirimkan ratusan komentar dalam satu menit. Ini tentu tidak wajar, Instagram memiliki batasan atau parameter tertentu untuk seberapa banyak komentar yang dilakukan pengguna pada umumnya, dan jika akun kamu lewat batas tsbt, dapatlah jatah “action blocked” tadi.

Tujuan utama dari action blocked tadi adalah untuk menghentikan akun dari kegiatan “melampaui batas” yang sedang dilakukannya.

Berikut contoh notifikasi “action blocked” yang dialami oleh pengguna Instagram lainnya, kamu bisa melihat laporan-laporan lainnya disini instagram.com/explore/tags/actionblocked/

Kenapa muncul peringatan action blocked di Instagram mu?

Jika kamu baca penjelasan terkait action blocked diatas, kamu harusnya sudah dapat gambaran apa yang menyebabkan hukuman ini dijatuhkan ke akunmu.

Intinya, action blocked diberikan kepada akun yang “bertingkah tidak wajar”, “mencurigakan”, dan “berlebihan”. Contoh-contoh kegiatan tsbt adalah sebagai berikut ini.

  1. Follow dan Unfollow kelewat batas.
  2. Like dan komentar kelewat banyak juga bisa jadi penyebabnya.
  3. Mengirimkan komentar dengan isi teks yang sama terus-terusan.
  4. Melakukan pelanggaran ToS-nya instagram
  5. Menggunakan bot atau aplikasi yang melakukan tindakan otomatis.

Apalagi jika akun Instagram kamu tergolong masih baru, biasanya limitnya tergolong rendah.

Dalam artian, kalau akun lama tidak masalah melakukan follow 500 orang dalam sehari, maka akun baru follow 200 orang aja bisa dianggap mencurigakan.

Logikanya begini, manusia normal yang main instagram secara normal, belum tentu follow 50 orang dalam setiap hari. Coba deh inget-inget ketika kamu masih pakai instagram secara normal, bagaimana kegiatan follow unfollow kamu?

Sampai disini bisa dipahamikan apa penyebabnya akun kamu dihukum action blocked.

Mengatasi Instagram Terkena Action Blocked

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, action blocked itu merupakan hukuman. Sifatnya bisa sementara, bisa juga permanen.

Dari beberapa sumber, seperti diskusi quora disini https://www.quora.com/What-should-you-do-when-your-action-gets-blocked-on-Instagram dan disini https://www.quora.com/What-should-you-do-when-your-action-gets-blocked-on-Instagram, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hukuman dari instagram ini.

Disini akan di jelaskan satu persatu.

Ingat, fungsi dari action blocked adalah menghentikan si pelaku dari kegiatan yang melanggar tsbt. Dan solusinya tidak jauh-jauh dari sana sebenarnya.

1. Hentikan semua aktivitas di Instagram

Biasanya di awal-awal, action blocked bersifat sementara, bisa 2×24 jam, bisa juga sampai 7×24 jam. Tergantung seberapa parah pelanggarannya.

Jika ada tulisan “Try again”, yang artinya “Coba lagi nanti”, ini biasanya hukumannya bersifat sementara.

Agar tidak memperparah dan memperpanjang waktu action blocked, kamu sebaiknya istirahat total dulu dari Instagram. Jika kamu tetap ngeyel , dan tidak sengaja melakukan pelanggaran lainnya, bisa jadi dapat hukuman lebih keras lagi.

2. Keluar dari semua aplikasi / situs yang melakukan tindakan otomatis

Jika kamu merasa pernah pakai aplikasi atau situs untuk follow-unfollow otomatis, atau melakukan tindakan otomatis lainnya ke akun Instagram kamu, sebaiknya kamu putuskan dulu koneksi ke layanan tsbt.

3. Coba ganti jaringan

Misalnya ketika kamu terkena action blocked, kamu sedang terkoneksi dengan wifi, coba pindah kejaringan data selulermu. Cara ini terkadang berhasil.

4. Laporkan agar hukuman tsbt ditinjau ulang

Jika kamu tidak merasa melakukan pelanggaran, kamu bisa melaporkan hal ini ke Instagram untuk ditinjau. Tap saja tombol “tell us” untuk mengirimkan pesan ke Instagram terkait hal ini.

5. Buat akun baru untuk sementara waktu

Apabila kamu sudah tidak bisa menahan puasamu untuk tidak bermain instagram, kamu bisa membuat akun Instagram baru, sambil menunggu akun utamamu lepas dari hukuman blokir tadi. Pastikan akun kedua ini jangan disalahgunakan ya!.


Demikian langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika akun instagram kamu terkena action blocked. Intinya kamu harus bersabar ketika menghadapi pemblokiran ini.

Jika akun kamu sudah tidak terkena action blocked, usahakan untuk tidak mengulangi lagi kegiatan-kegiatan yang menjadi penyebab pemblokiran tadi.

Sekian artikel kali ini semoga membantu. Terimakasih sudah membaca artikelnya sampai habis. Jika ada pertanyaan seputar action blocked, silahkan tulis dikolom komentar ya.

See You …

Tinggalkan Balasan