Perbedaan antara Instagram dan Pinterest

Dalam penggunaannya, media sosial memiliki fungsi dan fokus utamanya masing-masing. Ada yang berbasis teks, ada pula yang berfokus pada visual berupa gambar maupun video.

Untuk media sosial berbasis teks, kita dapat menggunakan Twitter. Sedangkan untuk media sosial yang berfokus pada visual dapat menggunakan Instagram, atau Pinterest.

Karena sama-sama memiliki konten berupa gambar, terkadang beberapa orang bingung apa yang membedakan Pinterest dengan Instagram. Padahal, kedua aplikasi ini memiliki perbedaan dari beberapa sisi. Namun sebelum membahas perbedaannya lebih jauh, simak terlebih dahulu persamaan diantara kedua platform ini.

Persamaan Pinterest dan Instagram

Pada dasarnya, Pinterest merupakan papan pin online dimana penggunanya dapat mengunggah gambar yang dapat dimaksukan dalam kategori tertentu. Di platform ini, kita dapat menyesuaikan nama dari kategori tersebut sesuai keinginan.

Sementara itu, Instagram merupakan media sosial yang dapat digunakan untuk berbagi konten berupa gambar dan video. Melalui Instagram, kita dapat melihat foto dan video yang dibagikan oleh penggunanya di seluruh dunia.

Kedua platform ini memiliki kesamaan yaitu dalam hal konten yang disediakan. Sama halnya dengan Instagram, Pinterest fokus terhadap konten yang mengutamakan visual. Baik itu Instagram maupun Pinterest dapat menjadi media yang tepat untuk membuat jejaring dengan khalayak.

Perbedaan Pinterest dengan Instagram

Meskipun memiliki kesamaan, namun faktanya kedua aplikasi ini juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Platform tersebut memiliki perbedaan dari segi tampilan, fitur, hingga audience. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana perbedaan diantara Pinterest dengan Instagram, Bukugue dot com telah merangkumnya untuk readers. Berikut ini perbedaan antara Pinterest dengan Instagram.

Proporsi konten

Pinterest merupakan papan pin online yang memiliki konten berupa gambar. meskipun konten berupa video juga tersedia, namun jumlahnya relatif sedikit. Proporsi konten video dan gambar tidak cukup seimbang karena Pinterest lebih berfokus pada gambar saja. Walaupun demikian, karena fokusnya terbatas hanya pada gambar, Pinterest justru lebih banyak memiliki fitur yang mungkin tidak tersedia di Instagram.

Hal tersebut berbeda dengan Instagram yang memiliki proporsi konten seimbang antara foto dengan video. Hal ini didukung dengan fitur pendukungnya yang juga beragam. Sebut saja story dan filternya, post, kemudian IGTV. Oleh karenanya, Instagram saat ini tidak hanya berfokus pada gambar saja, namun juga video.

Tampilan User Interface (UI)

Tampilan depan pada Pinterest cukup simpel karena kita langsung dapat menemukan gambar-gambar yang mungkin kita sukai. Pada tampilan utama Pinterest, hanya ditampilkan kumpulan gambar saja. Untuk melihat caption atau deskripsi pada gambar, kita perlu membuka gambar tersebut satu per satu.

Sedangkan untuk Instagram, tampilannya relatif lebih kompleks. Pada halaman depan saja kita sudah disuguhkan dengan story dan postingan lengkap dengan informasi seperti username, lokasi, dan caption.

Fitur download

Jika kita menemukan gambar yang menarik di Pinterest, kita dapat mengunduh gambar tersebut. Pinterest juga menyediakan opsi simpan untuk menyematkan gambar tanpa melakukan pengunduhan.

Hal ini berbeda dengan Instagram yang hanya menyediakan fitur simpan untuk menyimpan gambar maupun video yang kita sukai. Pada Instagram, tidak tersedia opsi untuk mengunduh gambar ke penyimpanan lokal. Untuk mengunduh gambar dan video di Instagram, kita memerlukan aplikasi tambahan pihak ketiga.

Tujuan penggunaan

Pinterest lebih ditujukan bagi mereka yang mencari gambar tertentu. Adanya kategori foto dan bahkan fitur-fitur yang tersedia pun menunjukkan bahwa Pinterest sangat berguna untuk “mencari” gambar yang kita inginkan.

Sedangkan untuk Instagram biasanya digunakan user untuk membagikan foto maupun video mereka sendiri. Banyak dari user yang menggunakan Instagram hanya untuk membagikan konten milik sendiri. Instagram lebih berfokus sebagai sarana untuk berbagi.

Kesimpulannya, Pinterest lebih berfokus pada menemukan dan mengoleksi, sedangkan Instagram fokusnya adalah untuk membagikan konten.

Ukuran

Dari segi ukuran aplikasi, Instagram lebih banyak memakan memori ponsel. Ini bisa jadi dikarenakan fitur Instagram yang cukup “ramai” sehingga ukuran aplikasinya pun menjadi lebih besar. Sedangkan untuk Pinterest, aplikasi ini hanya berukuran setengah dari aplikasi Instagram.

Link menuju website

Pada media sosial Pinterest, pengguna dapat menghubungkan postingan menuju sebuah website (disemua postingan, tanpa ada persyaratan).

Sedangkan untuk Instagram, fitur link yang tersedia hanya melalui halaman profil saja. Sisanya kita dapat memasukkan link pada story dengan menggunakan fitur swipe up, yang mana fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki lebih dari 10 ribu followers.

Aplikasi desktop

Ketika kita menggunakan Pinterest versi desktop, fitur yang disediakan sama lengkapnya dengan versi mobile. Dengan Pinterest desktop, kita dapat melihat sekaligus membagikan postingan.

Sedangkan untuk Instagram, fitur yang tersedia di versi desktop kurang lengkap. Pada Instagram versi desktop, kita tidak dapat memposting story maupun feeds. Hal ini berpengaruh dengan jumlah pengguna Instagram versi mobile app lebih banyak dari versi desktop.

Audience

Saat ini pengguna Pinterest kurang lebih berjumlah 250 juta orang.  Dari jumlah tersebut, kebanyakan dari pengguna Pinterest merupakan wanita, pecinta makanan, dan kerajinan. Biasanya user menggunakannya untuk mencari foto dan tips.

Sedangkan untuk Instagram, penggunanya saat ini sudah lebih dari 1 miliar orang. Dari angka pengguna tersebut, mayoritas dari mereka merupakan wanita dengan rentang usia kurang dari 30 tahun atau anak muda. Kebanyakan dari user Instagram menggunakannya untuk mencari foto yang menarik.

Fitur unggulan

Pinterest memiliki fitur unggulan yaitu pin dan papan. Pin merupakan penyematan gambar pada board (papan). Ada juga fitur unggulan yang tak tersedia di media sosial lain, yaitu pencarian visual. Di Pinterest, pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk mencari gambar lain yang memiliki kemiripan secara visual.

Sedangkan untuk Instagram fitur andalannya adalah post, cerita (story), filter, dan masih banyak lagi.

fitur story dan filter Instagram

Memang jika dijelaskan secara keseluruhan, Instagram lebih banyak memiliki fitur. Namun mengenai mana yang lebih baik untuk digunakan, itu semua kembali lagi dengan preferensi dan kebutuhanmu.


Nah readers, itu tadi informasi mengenai perbedaan Pinterest dan Instagram. Semoga informasi yang kami sajikan sudah cukup jelas dan bermanfaat untuk pembaca. Jika masih ada pertanyaan terkait topik kali ini, pembaca dapat mengajukannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan