Siapa yang menyarankan pertemanan di facebook kita? kenapa?

Pernah gak ketika kamu buka facebook terus aplikasi tersebut memberikan saran yang merekomendasikan kita untuk menambahkan teman yang mungkin kita kenal? Nah fitur saran teman ini disebut “People You May Know”.

Facebook merupakan layanan jejaring social yang banyak sekali penggunanya bahkan sampai 1 miliar pengguna aktif. Separuh dari pengguna aplikasi ini biasanya mengunakan telepon genggam (smartphone).

Untuk menggunakan situs Facebook, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan situs ini. Setelah mendaftar di media social facebook, pengguna bisa membuat profil pribadi, menambahkan info tentang kamu, mengganti foto profil, menambahkan pengguna lain, dan masih banyak lagi.

Ketika kamu mengisi informasi pribadi misalnya alamat rumah, asal sekolah, perguruan tinggi atau tempat kerja biasanya facebook akan mengelompokkan data kamu dengan data yang sama oleh pengguna lain.

Nah gaes ketika kamu buka facebook, pernah gak menjumpai saran menambahkan teman oleh pihak facebook? Padahal orang tersebut kamu gak tahu? Yah walaupun terkadang saran menambahkan teman oleh facebook ada juga yang kamu kenal? Kok bisa tahu ya si Facebook? Dapet informasi dari mana coba? Siapa sebenarnya yang menyarankan pertemanan tersebut? Adakah orang dibalik itu semua?

Penasaran??? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut dibawah ini !

Fitur “People You May Know” merupakan fitur saran atau rekomendasi untuk menambahkan teman yang dilakukan oleh sistem facebook secara otomatis. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menemukan orang orang yang kamu kenal atau teman di facebook.

Saran untuk menambahkan orang yang kamu kenal berasal dari informasi yang kamu tulis di profil kamu.

Selain informasi tersebut ada juga informasi informasi lain yang di kumpulkan oleh facebook untuk menyarankan kamu menambahkan akun tersebut menjadi teman. Informasi tersebut adalah dari ;

  • Memiliki teman yang sama, atau teman bersama (mutual friends). Nah ini dia mengapa facebook menyarankan kamu untuk menambahkan akun tersebut sebagai teman atau orang yang mungkin kamu kenal. Alas an ini paling umum digunakan untuk facebook.
  • Kamu dan akun yang disarankan untuk ditambahkan menjadi teman biasanya tergabung dalam sebuah grup yang sama atau ditandai dalam unggahan foto yang sama.
  • Alasan selanjutnya adalah jaringan kamu gaes. Misalnya kamu dan akun tersebut lulusan sekolah atau universitas yang sama, atau kantor yang sama dalam bekerja.
  • Yang terakhir adalah kontak yang kamu unggah.

Itu dia gaes kenapa facebook memberikan saran untuk menambahkan akun yang mungkin orang tersebut kamu kenal.

Namun terkadang saran facebook salah, dan ada beberapa pengguna facebook yang menganggap fitur “People you may know” sangat mengganggu.

Gak usah khawatir gaes, jika saran pertemanan dengan akun tersebut bukan orang yang kamu kenal dan tidak ingin menambahkannya sebagai teman kamu tinggal hapus aja disamping nama mereka. Agar facebook tahu informasi tersebut salah dan akun tersebut tidak akan dimunculkan lagi di saran pertemanan.


Jadi fitur saran teman ini otomatis dilakukan oleh system berdasarkan algoritma tertentu yang sudah di desain oleh pihak facebook itu sendiri. Tujuannya adalah untuk memberikan rekomendasi kepada pengguna agar terjadi lebih banyak interaksi antar pengguna.

Jadi tidak ada orang lain yang menyarankan teman ke kamu, kamupun tidak bisa menyarankan teman ke pada pengguna lain. Semuanya otomatis diatur oleh system.

Gimana gaes, rasa penasaran kamu kenapa facebook bisa memberikan saran pertemanan dengan akun orang yang kamu kenal sudah terjawab kah? Hehehe kalau belum puas bisa kok tulis kritik dan sarannya di kolom komentar. Atau kalau kamu tahu informasi lain yang menjadi alasan facebook merekomendasikan teman, bisa kamu sharing biar artikel ini juga bisa mimin tambahkan informasi barunya.

Sekian artikel kali ini semoga membantu.

Terimakasih.

Share woy :D

isah

Travelers, Coffe Lovers, Writer :)

Tinggalkan Balasan