Siapa yang menyarankan pertemanan di Facebook kita? Kenapa?

Pernah nggak ketika kamu membuka Facebook, lalu aplikasi tersebut memberikan saran yang merekomendasikan kamu menambahkan orang yang mungkin kamu kenal? Nah, apa sebenarnya fitur tsbt?

Apa sebenarnya fitur ‘Orang yang mungkin anda kenal’ atau ‘People you may know’ ini?

Fitur ‘People You May Know’ ini merupakan fitur saran atau rekomendasi untuk menambahkan teman yang dilakukan oleh sistem Facebook secara otomatis.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menemukan orang-orang yang kamu kenal atau teman di platform Facebook.

Saran teman tsbt bisa akurat dan bisa juga tidak. Disini Facebook hanya mengira-ngira, berdasarkan dari data atau informasi yang kamu bagikan di Facebook.

Kenapa Facebook mengirimkan saran pertemanan ini?

Notifikasi ‘Anda memiliki satu saran teman baru’ ini bertujuan untuk ‘memaksa’ kamu melihat saran pertemanan tsbt. Biasanya saran teman ini hanya terlihat dihalaman profil ataupun dihalaman beranda, dan seringkali kita abaikan, nah notifikasi tsbt fungsi-nya untuk lebih ‘memaksa’ kita melihat bagian tsbt.

Facebook ingin kamu punya teman baru, karena jika kamu berinteraksi dengan orang yang itu-itu saja, kamu bisa bosan. Namun dengan adanya teman baru, kamu punya hal baru yang bisa di ‘kepoin’.

Selain itu, dengan menyarankan teman, Facebook ingin kamu punya lebih banyak teman, karena semakin banyak teman-mu disana, kamu akan lebih betah berlama-lama di Facebook.

Saran teman Facebook berdasarkan apa? Apakah mungkin Facebook menyarankan gebetan kita?

Saran untuk menambahkan orang yang kamu kenal berasal dari informasi yang kamu masukkan ke profilmu.

Seperti yang kamu tau, untuk menggunakan situs Facebook, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah mendaftar di Facebook, kamu bisa membuat profil pribadi, menambahkan info tentang kamu seperti sekolah dan tempat kerja, mengganti foto profil, menambahkan pengguna lain, dan masih banyak lagi.

Ketika kamu mengisi informasi pribadi misalnya alamat rumah, asal sekolah, perguruan tinggi atau tempat kerja, biasanya Facebook akan mengelompokkan data kamu dengan data yang sama oleh pengguna lain. Data-data inilah yang digunakan untuk menyarankan teman tsbt.

Berikut spesifiknya data yang digunakan untuk menyarankan teman berdasarkan laman pusat bantuan Facebook,

  • Memiliki teman yang sama (mutual friends). Ini alasan paling umum digunakan oleh Facebook.
  • Tergabung dalam sebuah grup yang sama.
  • Ditandai dalam postingan ataupun foto yang sama.
  • Berada di ‘jaringan’ yang sama, seperti misalnya berasal dari sekolah yang sama, universitas yang sama, atau tempat bekerja yang sama, berasal dari daerah yang sama, dll.
  • Yang terakhir adalah berdasarkan kontak, jika kamu pernah memberi izin Facebook mengakses daftar kontak kamu, Facebook bisa gunakan data kontak tsbt untuk menyarankan teman.

Jadi jika ditanya apakah mungkin Facebook menyarankan ‘sang gebetan’, hal tsbt sangat mungkin saja terjadi. Gebetan adalah orang yang kamu kenal, dan biasanya akan punya kesamaan tertentu denganmu, entah mungkin kamu dan dia memiliki teman yang sama, berada dijaringan yang sama, dll.

Mungkinkah Facebook menyarankan seseorang karena kita sering stalking dia?

Ada banyak pertanyaan terkait hal ini. Berdasarkan laman pusat bantuan Facebook yang disebutkan sebelumnya, interaksi kita dengan akun seseorang, seperti melihat profilnya, bukan merupakan kriteria menyarankan teman.

Namun sekali lagi, kita tidak bisa pastikan hal ini. Algorithma Facebook itu closed source. Jadi kita tidak bisa tau secara pasti bagaimana cara kerjanya, kita hanya bisa mengandalkan dokumen dihalaman pusat bantuan sebagai acuan untuk hal ini.

Sekali lagi, berdasarkan acuan resminya, hal ini bukanlah kriteria menyarankan teman.

Kenapa Facebook menyarankan orang yang tidak kamu kenal sama sekali?

Ini bisa terjadi, salah satu kriteria Facebook menyarankan teman adalah ‘mutual friends‘ atau teman bersama. Sudah pasti tidak semua orang yang berteman dengan teman kita adalah orang yang kita kenal.

Selain itu, ada pengguna yang memasukkan data salah, entah itu disengaja ataupun tidak disengaja. Data tsbt akan mempengaruhi fitur ini. Sebagai contoh, ada orang yang mengaku bekerja di perusahaan A sementara dia tidak pernah bekerja disana sama sekali. Orang tsbt akan disarankan ke pengguna lain yang benar-benar bekerja disana, ini karena Facebook tidak memverifikasi kebenaran data yang dimasukkan oleh pengguna.

Nah jika ini terjadi, gak usah khawatir gaes, jika saran pertemanan dengan akun tersebut bukan orang yang kamu kenal dan kamu tidak ingin menambahkannya sebagai teman, kamu tinggal hapus saja, ada tombol ‘Hapus’ kok disamping nama mereka.


Gimana gaes, seharusnya rasa penasaran kamu terhadap ‘Kenapa Facebook bisa memberikan saran pertemanan dengan orang yang kamu kenal’ sudah terjawab kah? Hehehe

Jadi fitur saran teman ini otomatis dilakukan oleh sistem berdasarkan algoritma tertentu, yang sudah didesain oleh pihak Facebook. Tujuannya adalah untuk memberikan rekomendasi kepada pengguna agar terjadi lebih banyak interaksi antar pengguna.

Jadi tidak ada orang lain yang menyarankan teman ke kamu, kamupun tidak bisa menyarankan teman ke pada pengguna lain. Semuanya otomatis diatur oleh sistem Facebook.

Kalau belum puas bisa tulis kritik dan sarannya di kolom komentar. Atau kalau kamu punya informasi lain terkait data yang digunakan Facebook dalam merekomendasikan teman, silahkan share dikolom komentar dibawah.

Sekian artikel kali ini semoga membantu. Terima kasih sudah membaca.


Sumber :

1. https://www.facebook.com/help/163810437015615 

2. Pengalaman dan dokumentasi pribadi

Terbit :

Terakhir Update:

Tanggapan atas “Siapa yang menyarankan pertemanan di Facebook kita? Kenapa?”

  1. Avatar Suci
    Suci

    Kk, mau tanya, klu point karena kontak jibtak yg diunggah itu mksdnya apa y kk?

    1. Avatar yudha
      yudha

      hmm.. ga paham aku pertanyaannya mba…:)..bisa ulangin… jibtak apa ya mba?

    2. Avatar Thina
      Thina

      Hallo …
      Mimin kenapa ya kok bisa saran temannya bisa orang yang aku targetin sih 😅🤣

      1. Avatar yudha
        yudha

        Ya mungkin karena ada persamaan disana mba, seperti misalnya detail pekerjaan, detail sekolah, dll. Kalau ada yang sama, wajar kalau disarankan.

  2. Avatar Rahmat vixioner
    Rahmat vixioner

    Kenapa saran pertemanan saya tidak muncul di beranda ya.
    Kayak terkunci tapi saya cari² di pengaturan tidak ketemu.

    1. Avatar yudha
      yudha

      setauku memang tidak ada pengaturan untuk matiin fitur ini mas.. kalau mas ga muncul, kemungkinan info yang dimasukkan terlalu sedikit.. jadi coba tambahkan informasi seperti lokasi, sekolah, pekerjaan, dll di halaman profil mas…

    2. Avatar Dhea
      Dhea

      jadi kalo kita dpt saran teman dri si A, si A ga dpt saran teman dri saya juga?

      1. Avatar yudha
        yudha

        ini kita lagi ngomongin fitur “people you may know” ya mba.. seperti yang dijelasin diatas, kalau kita dapat saran A, si A bisa saja dapat saran B, C, D.. karena mungkin untuk akun kita, system fb merasa bahwa si A relevan dan mungkin ada kaitan dengan kita, tapi untuk akun SI A, bisa jadi ada B yang lebih terkait kedia..

        jadi kalau kita dapet saran si A, si A bisa dapet saran akun kita jg, bisa juga akun orang lain.. intinya ga mesti disarankan akun kita jg…

  3. Avatar Ramyeon
    Ramyeon

    Kalo gak sesuai sama sekali dengan ada yg sudah dijelaskan di atas? Misalnya institusi gak sama, mutual friend gaad.
    Itu kenapa ya? Dan nama org yg sama selalu muncul terus menerus.
    Terima kasih

    1. Avatar yudha
      yudha

      ada gabung di grup yang sama? mungkin daerah tinggal sama, dll…aku sendiri ga tau spesifiknya algoritma fb terkait hal ini, tapi biasanya ada saling keterkaitan antara kita dengan yang disarankan mas..

  4. Avatar akbar
    akbar

    Kira2 apakah sama2 tahu,kalau sia A dapat saran teman dengan si B,apakah dengan waktu yg bersamaan si B juga dapat saran pertemanan dari si A?

    1. Avatar yudha
      yudha

      engga mas… ini acak..

      mas bisa saja disarankan berteman dengan si A, tapi si A bisa saja dapat saran pertemanan berisi anak kampusnya.. jadi tidak ada kaitannya harusnya..

  5. Avatar Rozak
    Rozak

    D facebook saya tidak bisa menambahkan teman dan tidak bisa melihat teman yang d sarankan

    1. Avatar yudha
      yudha

      hmm? akun baru mas?
      atau ada notif pelanggaran ga?

  6. Avatar Herry
    Herry

    Bang aku kan gk satu sekolah,gak pernah kontak di fb dan apapun lah, knapa kok bisa direkomendasikan sma fb, penjelasan diatas gk ada ciri” nya

    1. Avatar yudha
      yudha

      ada lah mas.. daerah yang sama mungkin… atau gabung di salah satu grup yang sama… punya beberapa teman yang sama mungkin..biasanya selalu ada korelasinya mas…

    2. Avatar Icang
      Icang

      Enggak jg ah.. mnurut analisa gw Saran berteman itu bs jg nmr hp dia Ada di hp Kita. Nah yg satu ini yg sering ngintip profil Kita pdhl Kita gk kenal sm skali tp d sarankan berteman. Analisa gw yg gw pelajari dia sering ngibukti yg sring intip Kita itu sllu Ada di SARAN BERTEMAN.. dia lgi ..dia lgi..

      1. Avatar yudha
        yudha

        mnurut analisa gw Saran berteman itu bs jg nmr hp dia Ada di hp Kita

        ini benar, dan udh kita bahas diatas mas, point terakhir, terkait kontak yang diunggah…cek lagi..

        kalau masalah ngintip profil ini, menurutku ga termasuk, karena memang tidak disebutkan dalam kriteria resmi dihalaman support fb mas.. bisa cek laman ini kalau ingin lebih yakin https://www.facebook.com/help/163810437015615 .

  7. Avatar Unknown
    Unknown

    Apabila kita sering ngestalk akun orang, apakah akun kita akan menjadi saran buat orang tersebut?

    1. Avatar yudha
      yudha

      sepertinya tidak mba.. diatas kita udh jelasin cukup detail.. tapi kalau mba mau lebih yakin, ini halaman penjelasan official dari facebook https://www.facebook.com/help/163810437015615, mba bisa baca disana, faktor apa saja yang diambil untuk jadi dasar facebook dalam menyarankan teman..

  8. Avatar Zah
    Zah

    Terimakasih penjelasannya. Cukup jelas dan gampang dimengerti ^^

    1. Avatar yudha
      yudha

      sip.. 🙂

  9. Avatar Inchubochut
    Inchubochut

    Berarti jika nama dia di sarankan di facebook saya, begitupun sebaliknya nama saya di sarankan di facebook dia?

    1. Avatar yudha
      yudha

      kalau mas menerima saran nama dia, dia belum tentu di beri saran nama mas..

      jadi ga bisa dipastikan apakah dia juga menerima nama mas sebagai saran.. karena bisa jadi ada orang-orang atau akun2 yang lebih relevan lagi menurut fb untuk dia..

  10. Avatar b
    b

    biasanya karna aku pernah search akun fb org bakal muncul suggestion friend org ituu.

    1. Avatar yudha
      yudha

      Bisa jadi mba… aku ga bisa pastikan kalau ga testing langsung..

      yang jelas, kriteria yang dipakai diatas adalah kriteria yang dijelaskan langsung oleh fb dihalaman supportnya..

  11. Avatar Putri
    Putri

    Gik mna ya agar fb kita ada saran berteman karena di fb saya gak ada ,adanya cuman permintaan pertemanan

    1. Avatar yudha
      yudha

      buka laman ini https://www.facebook.com/friends, nanti scrool ke paling bawah (aku cobainnya dilaptop)… setelah permintaan pertemanan, ada bagian “teman yang disarankan” tsbt..

  12. Avatar Anonim
    Anonim

    Kl saran teman itu berarti DIA sering ngestalk kita apa gmn ya? Soalny aku juga gapernh se group ataupun nyimpen nomor dan datanya dia.

    1. Avatar yudha
      yudha

      diatas udh dijelasin mas… ga ada kaitannya sama ngestalk..

      ga harus se grup, diatas udh dijelasin beberapa kriteria yang dipakai fb untuk menyarankan teman..

  13. Avatar Nengsih
    Nengsih

    Gimana caranya mengembalikan nama akun yg udah terhapus di orang yg mgkn anda kenal? Tlg solusinya gan

    1. Avatar yudha
      yudha

      ga bisa setauku mas.. kalau mau, langsung aja cari akunnya dengan fitur pencarian di facebook, lalu langsung add sebagai teman..

  14. Avatar Nengsih
    Nengsih

    Gimana munculkan kembali akun orang yg sudah dihapus dari saran pertemanan? Agar akun tersebut bisa muncul kembali di saran pertemanan. Tolong jawabannya donk

    1. Avatar yudha
      yudha

      kurang tau aku mas, setauku ga bisa dikembalikan..

      Kalau mau, cari nama akun tsbt dengna fitur pencarian fb, lalu langsung tambahkan sebagai teman.. selesai..

  15. Avatar Mahfud
    Mahfud

    Fb saya kok tidak muncul saran teman.padahal tadinya ada.bagaimana cara agar muncul saran teman kembali

    1. Avatar yudha
      yudha

      udah coba cek laman https://www.facebook.com/find-friends/browser/ ?

      Selain itu, dari yang aku pahami, mas perlu isi data diri mas lebih lengkap, seperti tempat kerja, dimana pernah sekolah, dll..data itu nanti digunakan fb untuk menyarankan teman.. kalau datanya terlalu sedikit bisa jadi fb berhenti menyarankan teman..

      aku jg search barusan, untuk solusi general lainnya dari fb bisa mas baca disini mas https://www.facebook.com/help/community/question/?id=2611738995538129.. pastikan gunakan setting bahasa inggris supaya bisa dibaca lamannya..

  16. Avatar Chika
    Chika

    Beberapa bulan yg lalu sy sering dapat saran teman baru. Dan itu cuma satu nama tapi sering muncul… Anehnya, notif itu nggak pernah terhapus sedangkan notif yg lain kehapus semua… Jadi di notifikasi sy tuh, saran teman atas nama dia semua..
    Kira2 sy juga sering muncul kah di saran pertemanan nya dia?

    1. Avatar yudha
      yudha

      bisa jadi sih mba.. sekali lagi, ini algoritma dari system, kita ga bisa prediksi kecuali kita tau semua parameter yang digunakan..

      jika mba merasa ada yang salah, bisa buat laporan ke fb agar mereka tinjau…soalnya agak aneh jika fb menyarankan satu nama saja untuk mba..

  17. Avatar anto
    anto

    apakah mungkin karena kita sering ngepoin nama seseoran bisa jadi muncul saran pertemanan ?

    1. Avatar yudha
      yudha

      mungkin itu harusnya mas.. tapi lebih mungkin lagi kalau ada kesamaan lain, misalnya mungkin satu sekolahan, atau tempat kerja, atau pernah chat, dll..

  18. Avatar Ria
    Ria

    You may know nya smpe masuk ruang notifikasi apa karna orng tersebut sering stalking kita??

    1. Avatar yudha
      yudha

      Setauku tidak sih mba.. Walaupun hal ini tidak biasa, tapi tidak aneh juga jika pihak Facebook tiba2 menyarankan teman via notifikasi.. Bisa jadi mereka lagi testing fitur, dstnya…

  19. Avatar Tius
    Tius

    Kirain saran teman itu orang yg udah kepo sama FB kita

    1. Avatar yudha
      yudha

      Engga sih mas.. Intinya facebook ingin kita betah berlama-lama di platform mereka, jadi mereka akan sarankan orang-orang yang kemungkinan kita kenal atau kemungkinan punya koneksi dengan kita..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *