Cara Memberhentikan Pemberitahuan Email dari Facebook dengan Mudah

Kamu pasti merasakan perbedaan kotak masuk email milikmu sebelum mendaftarkan akun facebok dan setelahnya. Setelah menggunakan alamat email untuk mendaftarkan akun facebook, tidak aneh rasanya jika kotak masuk email milikmu akan selalu penuh.

Pesan-pesan baru terus masuk sebagai notifikasi dari aktivitas akun facebook milikmu. Notifikasi yang dikirimkan dari facebook ke email milikmu “bisa”sangat banyak jumlahnya.

Notifikasi tersebut mencakup notifikasi teman baru yang menambahkan kamu, teman yang kamu tambahkan telah mengkonfirmasi, teman yang memberikan komentar di tulisanmu, teman yang memberikan tanda like di tulisan, dan lain sebagainya.

Banyaknya email notifikasi dari facebook ke email ini biasanya akan cukup mengganggu kamu yang juga menggunakan email untuk kebutuhan pekerjaan, sekolah, atau lainnya.

Email-email penting yang mungkin sudah kamu tunggu-tunggu mungkin akan tenggelam makin ke bawah akibat dari tumpukan email baru dari facebook. Upaya untuk mengatasi kesulitan akibat notifikasi email facebook dapat kamu lakukan dengan menghentikan notifikasi tersebut.

Kamu tidak perlu khawatir akan melewatkan banyak aktivitas facebook karena notifikasi yang dinonaktifkan. Sebetulnya notifikasi itu akan tetap kamu dapatkan, jika kamu memiliki aplikasi facebook pada perangkat telepon genggam milikmu.

Pemberhetian notifikasi ini pun hanya berlaku bagi kegiatan umum facebook, akan tetapi tetap aktif untuk pemberitahuan penting seperti masalah keamanan akun milikmu ataupun mengenai pencobaan penyusupan akun oleh orang lain.

Oleh karena itu, sebenarnya notifikasi facebook yang masuk ke dalam email tidak terlalu dibutuhkan. Jadi bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara memberhentikan pemberitahuan email dari facebook, silahkan terus ikuti artikel ini ya.

Cara menghentikan notifikasi pemberitahuan email dari Facebook

Dibawah ini akan dipaparkan langkah demi langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghentikan pemberitahuan yang kamu terima dari facebook ke email milikmu.

Yudha note : Kalau kamu gunain email gmail, biasanya pemberitahuan dari facebook akan dimasukkan ke tab “social” dan email penting masuk ke tab “utama”, jadi terpisah.

Tapi aku sendiri tetep matiin notifikasi email dari facebook. Karena seperti yang udah dijelasin sebelumnya, email lain yang penting, seperti notifikasi keamanan dari facebook akan terbenam akibat notifikasi lain yang ga penting.

Contoh notifikasi keamanan yang penting : ada akses ke akun facebook kamu dari perangkat baru, atau ada permintaan reset password untuk akun kamu, atau ada yang ganti password kamu, ini adalah notifikasi penting. Dan berkaitan erat sama keamanan akun kamu.

Jangan sampe notifikasi yang penting ga keliatan karna kebanyakan notifikasi ga penting.

1. Login ke akunmu.

Hal yang pertama kali kamu harus lakukan adalah masuk ke halaman facebook di facebook.com, kemudian login dengan memasukkan alamat email serta password milik kamu.

2. Cari menu setting atau pengaturan.

Setelah login maka kamu akan diarahkan ke halaman utama atau home facebook milikmu. Perhatikanlah bagian ujung kanan atas dan temukan tanda panah ke bawah.

Jika sudah ketemu, klik tanda panah tersebut. Setelah tanda panah tersebut kamu klik, maka akan muncul beberapa pilihan seperti pada gambar. Pilihlah menu setting atau pengaturan. Klik dan tunggu hingga kamu diarahkan ke halaman yang baru.

3. Pada halaman pengaturan, cari “notification” atau “notifikasi” dibagian kanan laman.

Menu-menu tersebut antara lain adalah pengaturan general, security, privacy, timeline and tagging, blocking, language, notifications, mobile, followers, apps, adverts, payments, support inbox, dan videos. Pilihlah menu notifications dengan cara mengkliknya.

Setelah kamu klik menu notifications, maka pada bagian sebelah kanan akan muncul pengaturan notifikasi yang meliputi notifikasi di facebook, notifikasi melalui alamat email, notifikasi di desktop dan telepon genggam, dan notifikasi berbentuk pesan singkat melalui nomor handphone milikmu.

4. Pilihlah pengaturan pengiriman notifikasi melalui alamat email dengan mengklik tombol “edit” . Lalu akan muncul laman baru untuk pengaturan notifikasi email seperti dibawah ini.

Perhatikanlah bahwa pengaturan notifikasi yang aktif adalah seluruh notifikasi dikirimkan melalui alamat email. Kamu dapat mengganti pengaturan tersebut dengan memilih pilihan yang lain. Perhatikan gambar di bawah ini adalah pengaturan default dari facebook yang dapat kamu ubah.

5. Langkah selanjutnya klik pada pilihan ketiga “only notifications about your account, security, and privacy.”.

Artinya notifikasi facebook yang akan kamu terima melalui email hanyalah email yang bersangkutan dengan akun milikmu, keamanan akun milikmu, dan privasi akun milikmu tersebut.

Kamu akan mendapat pemberitahuan seperti gambar, pilihlah pilihan turn-off.

6. Selesai. Sampai disini prosesnya sudah selesai.

Kedepannya kamu hanya akan menerima notifikasi mengenai keamanan akun dan hal-hal penting lainnya terkait akun kamu.

Kamu juga dapat menghentikan notifikasi email untuk orang-orang yang berkomentar di video live akun facebook milikmu dilaman ini. Sehingga pengaturan yang kamu dapatkan adalah seperti pada gambar berikut ini.

Jika sudah, maka kamu dapat menutup layar tersebut dengan mengklik pilihan home.

Lalu bagaimana dengan inbox kamu ? apakah email lama dari facebook akan otomatis hilang ? tentu aja tidak. Kamu harus hapus email nya secara manual. Kamu bisa baca disini untuk cara cepat hapus email secara bulk.

Demikianlah beberapa langkah dalam cara stop notifikasi email dari facebook dengan mudah. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang memang sedang mencari informasi terkait penonaktifan notifikasi facebook di email. Feel free to comment. And if this post help you in any kind of way, consider sharing it.

freelancer

freelancer

Hi, aku yudha, admin blog bukugue.com, ini adalah persona yang aku buat khusus untuk posting tulisan yang ditulis oleh freelancer. So, gaya penulisannya berbeda, tapi informasi yang diberikan tetap akurat kok. Have fun reading.

1
Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
Paling baru Paling lama Banyak di vote
Jasa Pengiriman Barang di Surabaya
Guest
Jasa Pengiriman Barang di Surabaya

terimakasih untuk informasinya, sangat bermanfaat….
semoga sukses selalu…