Spotify tidak bisa share ke instastory ? Ini 7 solusinya

Instastory merupakan salah satu fitur paling terkenal yang dimiliki Instagram saat ini. Dengan fitur ini pengguna bisa membagikan hal-hal yang disukai – salah satunya: musik. Pada 1 Mei 2018, Instagram dan Spotify telah menjalin kerjasama, dimana para pengguna Instagram bisa memamerkan lagu yang sedang disetelnya di Spotify ke Insta Story, secara langsung tanpa perlu membuat screenshot terlebih dulu.

Memamerkan disini tidak berarti mengunggah potongan lagu yang disetel di Spotify. Namun, hanya mengunggah screenshot lagu yang dimainkan Spotify. Dengan begitu, pengguna lain yang mampir ke Insta Story-mu bisa melihatnya.

Dan jika tertarik, mereka bisa langsung membukanya di Spotify karena ada tautlink yang bisa diklik untuk menuju ke sana.

Screenshot lagu Spotify yang diunggah ke Instagram Story.
Screenshot lagu Spotify yang diunggah ke Instagram Story.

Share lagu Spotify ke InstaStory segera menjadi hit di kalangan para pengguna Spotify yang ingin membiarkan orang lain tahu musik-musik kesukaannya di dunia IG.

Namun, sekitar akhir tahun 2018, banyak pengguna kedua aplikasi ini (Spotify dan Instagram) mengeluh karena lagu Spotify tidak bisa share Instagram Story lagi. Kenapa hal itu terjadi? Ada dua jenis masalah yang mengemuka disini, antara lain:

  • Akun Spotify tidak memunculkan opsi Instagram Story pada menu share.
  • Akun Spotify memunculkan opsi Instagram Story pada menu share. Tapi begitu diklik, pengguna dihadapkan pada halaman login Instagram, bukannya halaman Instagram Story. Begitu login, mereka masuk ke dalam beranda dan bukannya halaman Instagram Story. Saat diulangi, mereka akan mengalami kejadian serupa.

Apa penyebab Spotify tidak bisa share ke Instagram Story?

Apa yang menyebabkan kedua masalah itu muncul di kalangan pengguna Spotify dan Instagram? Menurut laporan di forum Spotify yang kubaca disini, ada beberapa penyebabnya, diantaranya:

1. Aplikasi Error

Kita semua tahu jika semua aplikasi Android bisa mengalami error. Hal ini termasuk Spotify dan Instagram. Salah satu eror yang muncul di Spotify adalah tidak tersedianya menu share ke Instagram Story secara langsung.

2. Aplikasi perlu update/diperbarui

Umumnya pengembang aplikasi ternama selalu memperbarui/mengupdate aplikasi besutannya secara berkala. Dengan begitu, mereka bisa menyematkan fitur-fitur terbaru maupun memperbaiki bugs yang ada di versi sebelumnya. Jika pengguna belum mengupdate aplikasi versi baru tentu tidak bisa menikmati fitur-fitur tersebut. Jadi, hal ini akan menghambat keasikan-mu membagikan lagu Spotify ke Stories.

3. Akun tidak bisa menggunakan fitur terbaru

Di laman forum Spotify, ada pengguna yang berpendapat bahwa akun Instagram disinyalir menjadi biang kerok munculnya masalah tidak bisa membagikan lagu di Insta Story. Hal ini tampaknya terdengar tidak memiliki hubungan ya? Menurut dugaan pengguna yang mengemukakan itu ada beberapa akun tertentu yang tidak bisa menggunakan fitur terbaru dari aplikasi Spotify dan Instagram, termasuk opsi membagikan lagu Spotify di Instagram story.

Soal penyebab kenapa Spotify tidak bisa share instagram story yang disebutkan diatas baru berupa dugaan dari para pengguna sendiri. Tidak ada seorang pun yang mengetahui soal penyebab sesungguhnya. Toh, pihak Instagram dan Spotify juga tidak mengungkapkan apapun terkait masalah ini. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi agar lagu dari Spotify bisa share di Instagram Story

Apakah permasalahan tidak bisa share spotify di instastory tidak ada obatnya, sebab pihak Instagram dan Spotify tidak mengungkapkan apapun? Ya, di laman bantuan kedua aplikasi juga tidak disebutkan mengenai permasalahan ini.

Namun dari pengalaman pengguna yang pernah bermasalah sama, ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk berhasil mengatasi masalah ini.

1. Hapus data dan cache aplikasi

Jika teman-teman mengalami masalah tidak bisa share lagu dari aplikasi Spotify ke Instagram Story, cobalah menghapus data dan cache aplikasi Spotify maupun Instagram di setelan Hp. Hal ini akan menghapus semua riwayat setelan sekaligus data yang pernah teman-teman lakukan pada aplikasi Spotify maupun Instagram.

Dengan begitu, jika teman-teman (mungkin) pernah secara tidak sengaja menyetel kedua aplikasi sehingga tidak bisa share ke Insta Story, maka semua akan kembali seperti semula. Setelah itu, teman-teman bisa login kembali menggunakan akun yang sama di kedua aplikasi.

2. Hapus aplikasi Spotify dan Instagram dari Hp, restart, lalu pasang kembali

Sudah melakukan solusi pertama, tapi masih belum bisa share lagu Spotify ke Instagram Story? Silakan hapus kedua aplikasi itu dari Hp, lalu restart Hp teman-teman. Jika sudah menyala kembali, pasang lagu kedua aplikasi itu via Google Playstore. Beberapa pengguna yang mengalami masalah ini mengaku berhasil mengatasinya.

3. Login Spotify dan Instagram dengan akun Facebook

Jika teman-teman memiliki akun Instagram yang terkait dengan akun Facebook-nya, maka silakan logout (keluar) dulu dari kedua aplikasi (Spotify dan Instagram). Setelah itu, login-lah memakai akun Facebook yang sama dengan akun Instagram, baik di Spotify maupun Instagram.

4. Update aplikasi

Teman-teman juga bisa coba mengupdate versi terbaru aplikasi Spotify dan Instagram di Google Playstore. Bisa jadi, kedua aplikasi yang ada di Hp teman-teman terlalu jadul, sehingga belum menerima pembaruan fitur yang tersedia di kedua aplikasi tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama, semua aplikasi yang diperbarui oleh developer akan mendapatkan fitur-fitur terbaru.

5. Coba login dengan Hp lain

Ada kemungkinan jika Hp yang teman-teman gunakan tidak kompatibel atau cocok dengan aplikasi sebagian fitur yang ada di Spotify maupun Instagram. Jika teman-teman memiliki Hp lain, maka silakan login menggunakan Hp lain tersebut. Coba lihat, apakah masalah tidak bisa share lagu spotify di instagram masih ada? Jika sudah tidak ada, kemungkinan memang spotify dan instagramnya hanya bermasalah di hp lama mu.

6. Screenshot musik Spotify-mu, lalu bagikan

Di laman bantuan Spotify, sebenarnya ada dua cara membagikan musik ke Insta Story. Yang pertama, kamu bisa membagikannya secara langsung. Yang kedua, kamu bisa membagikannya melalui screenshot. Untuk cara kedua bagaimana caranya?

6.1. Pilih lagu di Spotify yang ingin dibagikan.
6.2. Screenshot – cara screenshot masing-masing Hp berbeda-beda, tergantung Hp-nya ya!

Screenshot lagu Spotify.

6.3. Buka Instagram.
6.4. Tab ikon kamera pojok kiri atas.

Tab ikon kamera untuk membuat Instastory.

6.5. Tab ikon gallery di atas “teks” pojok kiri bawah.

Tab gallery untuk memilih screenshot yang mau dibagikan di Instastory.

6.6. Pilih screenshot lagu di Spotify tadi.

Pilih screenshot lagu Spotify yang sudah kamu simpan.

6.7. Tab “cerita anda”, dan screenshot lagu Spotify-mu akan muncul langsung.

Sudah muncul screenshot lagu Spotify.

Kelemahan dari cara ini adalah pengguna Instagram lain yang melihat Insta Story kamu tidak bisa langsung membuka lagunya dari instagram langsung ke Spotify. Apakah tidak bisa diberi link? Bisa. Tapi jika akun IG yang kamu miliki masih personal, maka tidak bisa share link di Instagram Story. Hanya akun bisnis yang sudah memiliki 10 ribu followers yang bisa menggunakan link di Insta Storynya.

7. Membuat akun Instagram dan Spotify baru

Solusi lain untuk memunculkan opsi share Instagram Stories adalah membuat akun Instagram baru. Ini karena dari beberapa pengguna yang curhat di forum troubleshoting ini (community.spotify.com/t5/Other-Partners-Web-Player-etc/I-can-t-share-music-in-instagram-stories/td-p/4545616) yang bilang masalahnya ada di akun instagram lama.

Sebelum memulainya, aku peringatkan kamu bahwa cara ini sedikit ribet dan tidak praktis. Silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini!

7.1. Buat akun Instagram baru. Untuk langkah-langkahnya, silakan ikuti panduan yang dijabarkan dalam artikel cara membuat akun Instagram baru lewat Hp.

7.2. Setelah itu, kamu buat akun Spotify baru dengan email yang digunakan pada akun Instagram yang baru. Untuk cara membuat akun Spotify, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

7.1.a. Unduh dan pasang aplikasi Spotify dari Google Playstore.
7.1.b. Jika sudah, buka aplikasi Spotify, dan kamu akan dihadapkan dengan tiga pilihan: daftar gratis, lanjutkan dengan facebook, dan masuk. Nah, kamu pilih daftar gratis.
7.1.c. Isi email dengan email dari akun Instagram baru.

Isi email dengan email akun IG baru.

7.1.d. Isi password (bebas).

Isi passwordnya.

7.1.e. Isi tanggal lahirmu (asli boleh, aspal boleh).

Isi tanggal lahirmu, bebas asal ingat.

7.1.f. Isi nama pengguna akun Spotify-mu.

Isi nama pemakai Spotify.

7.1.g. Isi gender (jenis kelamin).

Isi jenis kelamin.

7.1.h. Cari penyanyi kesukaanmu, dan setel.

Cari penyanyi kesukaanmu, lalu lanjutkan.

Setelah itu, kamu tinggal cari lagu yang ingin dibagikan ke Insta Stories dan bagikan. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

7.1.i. Tab tiga titik di pojok kanan atas.

Cari lagu yang mau dibagikan.

7.1.j. Tab share.

Tab share.

7.1.k. Sampai sini, seharusnya pilihan share Instagram Stories sudah muncul.

Tab Instagram Stories.

Setelah melakukan solusi ke-7 ini, seharusnya opsi share Instagram Stories sudah muncul. Namun, jika belum muncul, maka silakan tutup kedua aplikasi tersebut, lalu buka lagi. Voila, opsi share Instagram Stories pun sudah muncul.

8. Gunakan Soundcloud, aplikasi lain sejenis Spotify

Diantara tujuh solusi yang telah dibahas diatas, apakah ada teman-teman yang masih tidak bisa share musik Spotify ke Instagram Story? Jika itu yang terjadi, maka aku sarankan teman-teman untuk move on ke aplikasi lain sejenis Spotify. Dan pilihan terbaik yang bisa kusodorkan adalah Soundcloud. Kenapa? Pasalnya, aplikasi ini memiliki kemiripan format dengan Spotify saat sudah dishare ke Instagram Stories.

Tampilan hasil share Soundcloud di Instagram Stories sangat mirip dengan Spotify.
Tampilan hasil share Soundcloud di Instagram Stories sangat mirip dengan Spotify.

Disamping itu, Soundcloud juga memiliki banyak daftar lagu yang bisa disetel. Asyiknya, Soundcloud gratis!

Demikianlah cara mengatasi tidak bisa share Spotify di Instastory. Mudah-mudahan setelah menerapkan cara diatas, teman-teman sudah bisa membagikan lagu Spotify di Instastory lagi. Selamat mencoba!

Share woy :D

Tinggalkan Balasan