Cara mencari teman lama atau orang di Facebook

Facebook kini sudah menjadi salah satu media komunikasi yang sangat luas jangkauan nya. Kamu bisa interaksi antar pengguna yang satu dengan yang lainnya.

Kamu juga bisa saling follow antar pengguna supaya memiliki lebih banyak teman. Karena semakin banyak teman di Facebook kamu, maka akan menjadi lebih asyik dan ramai.

Dalam menggunakan Facebook, memang lebih asyik bila teman – teman Facebook kita adalah orang terdekat kita. Apakah itu keluarga, sahabat, teman, pasangan, ataupun rekan – rekan kerja.

Tetapi ditengah asyiknya bermain Facebook, terkadang merasa bahwa ada yang kurang. Misalnya saja seorang teman lama, saudara, atau siapapun itu yang kamu sendiri juga tidak tau apa nama akun Facebooknya.

Pastinya kamu dilanda penasaran. Tentu kamu juga ingin mencari dan menemukan akun Facebooknya untuk kembali mengubungi mereka atau justru hanya sekedar stalking.

Tetapi pernahkah kamu merasa kesulitan mencari teman atau orang di Facebook? Entah itu karena tidak ada hasil ataupun hasilnya tidak spesifik. Jika iya, mungkin artikel ini bisa membantu kamu.

Aku akan memberikan tips dan trik mencari teman atau orang di Facebook supaya kamu bisa menemukan seseorang yang kamu cari. Berikut pembahasannya.

Tips dan trik mencari teman atau orang di facebook

Kali ini aku akan memberikan beberapa tips dan trik mencari seseorang di Facebook dengan cara yang mudah.

Tips dan trik yang akan aku bagikan mungkin belum pernah kamu coba. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips dan trik yang aku berikan. Siapa tau kamu berhasil menemukan seseorang yang kamu cari. Silahkan simak tips dan trik nya berikut ini.

1. Cobalah untuk mencari teman/orang melalui daftar teman dari teman Facebook kamu

Apakah kamu paham dengan kalimat diatas? Jadi maksudnya, cobalah untuk mencari teman atau orang di akun Facebook teman kamu. Misalnya kamu sedang mencari teman lama kamu yang bernama Nia. Dimana Nia adalah teman SD kamu.

Cobalah kamu membuka profil Facebook salah satu teman SD kamu yang lain dan sudah menjadi teman kamu di Facebook.

Lalu kamu buka daftar teman milik teman SD kamu itu. Kamu bisa mencari teman kamu yang bernama Nia disana. Siapa tau teman SD kamu yang satu ini sudah lebih dulu berteman dengan Nia di Facebook.

Atau misalnya kamu ingin mencari akun Facebook saudara kamu. Kamu bisa saja membuka salah satu akun Facebook keluarga kamu yang sudah berteman dengan kamu. Lalu kamu membuka daftar teman milik akun keluarga kamu yang sudah berteman denganmu tadi.

Selanjutnya kamu bisa mencari nama saudara yang kamu cari. Siapa tau salah satu keluarga yang sudah berteman dengan kamu itu sudah lebih dulu berteman dengan saudara yang sedang kamu cari.

Apakah kamu paham dengan apa yang aku maksud disini? Jika tidak, mungkin kamu bisa bertanya langsung melalui kolom komentar di akhir artikel ini.

Kalau kamu belum mencobanya, silahkan di coba terlebih dahulu. Siapa tau kamu menemukan orang yang kamu maksud.

2. Rekomendasi dari Facebook mungkin membantu kamu

Ketika kamu sedang scroll down di beranda Facebook kamu, mungkin kamu sering melihat daftar rekomendasi orang yang mungkin kita kenal bukan? Begini penampakan rekomendasi Facebook

rekomendasi teman oleh facebook
rekomendasi teman

Ini adalah salah satu fitur Facebook yang seharusnya bisa membantu kamu menemukan seseorang yang sedang kamu cari. Fitur ini bernama “People You May Know”.

Orang – orang yang direkomendasikan di Facebook biasanya adalah orang – orang yang pernah kamu kenal. Facebook akan merekomendasikan seseorang berdasarkan grup Facebook yang kamu ikuti, teman yang sama, rekan kerja, sekolah, universitas, atau kontak yang telah kamu upload ke Facebook.

Kamu bisa saja menemukan orang yang sedang kamu cari dengan melihat rekomendasi yang diberikan Facebook.

3.Manfaatkan fitur filter pada pencarian di Facebook

Mungkin cara ini lazim digunakan bagi kamu jika ingin mencari seseorang atau sesuatu. Tapi sudahkah kamu memanfaatkan fitur filter pada pencarian kamu?

Fitur filter ini sangat berguna buat kamu saat ingin mencari seseorang dan ingin mendapatkan hasil pencarian yang spesifik. Coba lihat terlebih dahulu gambar dibawah ini.

memilih "Orang" untuk menampilkan hasil yang lebih spesifik
memilih “Orang” untuk menampilkan hasil yang lebih spesifik

Kamu hanya tinggal mengetikkan saja nama orang yang ingin kamu cari di bagian searching bar pada bagian atas halaman Facebook kamu. Maka nanti akan muncul daftar orang yang sesuai dengan nama yang kamu ketikkan.

Setelah itu, kamu bisa menemukan hasil yang lebih spesifik dengan cara memilih “orang” untuk menampilkan daftar orang yang namanya sesuai dengan apa yang kamu ketikkan tadi.

Selanjutnya, kamu bisa mem-filter lagi hasil pencarian tersebut. Lihat pada gambar dibawah ini.

Fitur filter pada Facebook untuk mendapatkan hasil lebih spesifik
Fitur filter pada Facebook untuk mendapatkan hasil lebih spesifik

Nah, disini kamu bisa melakukan pencarian lebih spesifik dengan memasukkan informasi seperti misalnya kota, pendidikan, ataupun pekerjaan seseorang yang kamu cari tersebut. Maka nanti akan menampilkan hasil pencarian yang paling sesuai dengan informasi yang kamu masukkan tadi.

Silahkan mencoba, barangkali kamu bisa menemukan seseorang dengan cara yang satu ini.

4.Gunakan advanced searching dengan searchisback.com

Beberapa tips yang sudah aku jelaskan diatas masih belum bisa menemukan teman atau orang di Facebook, silahkan gunakan trik yang satu ini. Searchisback.com bisa digunakan untuk optimalisasi pencarian Facebook.

Searchisback.com dibuat oleh Michael Morgenstern yang berasal dari San Francisco. Ini adalah tool online yang mampu mencari seseorang dengan lebih spesifik.

Untuk memulainya, silahkan buka browser kamu dan ketikkan url https://searchisback.com/. Tampilan website tersebut akan seperti pada gambar.

Tampilan halaman searchisback.com
Tampilan halaman searchisback.com

Lalu selanjutnya kamu harus mengisi setiap form sesuai dengan apa yang kamu tahu tentang teman atau orang yang ingin kamu cari tersebut. Tidak harus diisi semua, tetapi semakin lengkap dan benar, tentu akan menghasilkan pencarian yang maksimal.

Silahkan pilih “Find people” untuk memulai melakukan pencarian. Nantinya hasil pencarian akan diarahkan langsung ke akun Facebook kamu.

Jika trik ini belum juga membuahkan hasil, silahkan gunakan trik selanjutnya.

5.Manfaatkan kontak orang yang kamu cari jika kamu memilikinya

Jika tips dan trik yang dijelaskan diatas tidak kunjung membuahkan hasil, cobalah trik yang satu ini.

Jika kamu memiliki nomor telepon/kontak dari seseorang yang ingin kamu cari, maka gunakanlah kontak tersebut untuk mencari akun Facebooknya.

Caranya tidak sulit. Silahkan lihat terlebih dahulu gambar dibawah ini.

"Impor kontak" untuk mencari akun facebook berdasarkan kontak
“Impor kontak” untuk mencari akun facebook berdasarkan kontak

Untuk melakukan impor kontak, kamu bisa tab ke ikon bergambar silluet orang, lalu temukan “Impor kontak” disana. Lalu kamu pilih “Mulai” untuk memulai melakukan impor kontak.

Tunggu saja beberapa saat. Maka nanti akan muncul tampilan seperti berikut.

Hasil pencarian akun Facebook berdasarkan kontak
Hasil pencarian akun Facebook berdasarkan kontak

Dari hasil impor kontak yang telah dilakukan, Facebook menemukan sekitar 30 kontak yang berada di Facebook. Cobalah cari diantara hasil impor kontak tersebut. Siapa tau teman atau orang yang kamu cari berada disana.

Cara yang ke lima belum juga menemukan orang yang kamu cari? Coba lanjut ke cara yang terakhir.

6.Tanyakan langsung pada rekanmu yang mengenal seseorang yang kamu cari tersebut.

Tips yang paling terakhir, kamu bisa langsung tanyakan saja pada teman atau orang yang kenal dengan seseorang yang sedang kamu cari tersebut.

Coba tanyakan pada mereka, apa nama Facebook seseorang yang kamu cari tersebut. Siapa tau mereka tau.

Kesimpulan

Itulah tips dan trik mencari teman atau orang di Facebook yang bisa aku jelaskan. Jika kamu belum kunjung mendapatkan teman atau orang yang kamu maksud, mungkin saja teman atau orang tersebut tidak menggunakan Facebook.

Mungkin saja seseorang yang kamu cari tersebut tidak membuat atau tidak memiliki akun Facebook.

Jadi jika kamu sudah melakukan berbagai cara untuk mencari seseorang di Facebook namun tidak kunjung menemukan karena ia tak memiliki akun, usaha kamu mungkin sia – sia.

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan