Berapa ukuran foto Instagram yang baik?

Dalam dunia persosmed-an, keberadaan foto sudah menjadi hal yang lumrah. Sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya pasti memiliki fitur untuk menampilkan foto, baik untuk foto profil, foto sampul, maupun foto yang diunggah sebagai news feed.

Namun yang sering menjadi permasalahan adalah, terkadang beberapa foto yang kamu unggah di media sosial ukurannya tidak sesuai atau tidak pas dengan keinginan kamu.

Misalnya di Instagram. Saat kamu mengunggah foto, ada yang fotonya jadi terlalu besar atau ada juga foto yang justru malah terlalu kecil sehingga hasilnya jadi sedikit buram atau blur. Kan pasti sayang jika foto yang akan kamu unggah itu bagus tetapi ternyata tidak sesuai dengan ukuran yang ditentukan oleh Instagram.

Masing – masing sosmed memiliki aturan ukuran foto yang direkomendasrikan untuk digunakan, karena layout dari masing-masing sosmed tadi berbeda-beda. Demikian juga di Instagram. Jadi jika kamu tidak memahaminya, ya otomatis kamu tidak akan dapat mengunggah foto kamu secara maksimal.

Ukuran foto untuk Instagram

Nah, karena itulah kamu sebaiknya perlu tahu tentang ukuran – ukuran foto yang ideal untuk sosial media, dalam hal ini yang akan aku jelaskan adalah Instagram. Berikut ini penjelasan tentang ukuran foto untuk Instagram.

A. Ukuran foto untuk profil Instagram

Profil di Instagram menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk menarik perhatian followers kamu. Memiliki foto profil yang menarik dan kece tentu ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi kamu kan?. Untuk itu sebaiknya kamu perlu banget untuk tahu ukuran foto yang pas untuk foto profil Instagram kamu supaya gambar yang akan kamu jadikan foto profil tidak terpotong karena ukuran yang tidak pas.

Untuk ukuran foto profil pada Instagram, sebaiknya kamu gunakan foto dengan panjang kali lebarnya di 512 x 512 px. Ukuran tersebut sangat cocok dan pas bila digunakan untuk memasang foto profil kamu. Ukuran paling minimal yang bisa kamu gunakan untuk foto profil adalah 110 x 110 px , tetapi ukuran tersebut tidak recomended buat kamu, karena terlalu kecil.

Lihat contoh pada gambar dibawah. Itu adalah contoh foto berukuran 512 x 512 px yang sebelumnya sudah aku resize yang bisa digunakan untuk foto profil Instagram.

512 x 512 px untuk ukuran foto profil Instagram yang ideal
512 x 512 px untuk ukuran foto profil Instagram yang ideal (ukuran full)

Admin: Aku tidak sarankan untuk me-resize foto kamu, kamu bisa lihat contoh diatas, kelihatan kalau fotonya di “tarik” / “strecth” akan kelihatan jelek. Jadi saranku, kalau foto kamu terlalu besar, di crop saja sehingga bisa dapet ukuran segitu. Kalaupun mau resize, pertahankan rasio panjang lebarnya.

B. Ukuran foto untuk posting di timeline instagram

Upload foto tentang aktivitas terbaikmu ke Instagram tentu sudah menjadi salah satu tujuan kamu. Terkadang saat kamu ingin meng-upload foto tertentu mengalami kendala di ukuran foto yang terlalu besar jadi foto kamu terpotong sehingga tidak sesuai dengan keinginan kamu.

Jika kamu ingin meng-upload foto di Instagram, perhatikan dahulu foto seperti apa yang akan kamu upload. Apakah bentuk fotonya persegi (square), landscape, atau potrait.

Jika kamu ingin mengunggah foto berbentuk persegi, sebaiknya gunakan ukuran 1080 x 1080 px. Jika ingin berbentuk landscape, gunakan ukuran 1080 x 566 px. Atau bisa juga ukuran potrait dengan size 1080 x 1350 px.

Lihat contoh foto berikut yang berbentuk square dengan ukuran 1080 x 1080 px

untuk ukuran foto postingan berbentuk square 1080x1080 px
1080 x 1080 px (klik untuk zoom ukuran full)

Lalu ini adalah contoh foto yang berbentuk landscape dengan ukuran 1080 x 566 px

1080 x 566 px untuk ukuran foto postingan berbentuk landscape
1080 x 566 px untuk ukuran foto postingan berbentuk landscape (klik untuk zoom ukuran full)

Terakhir ini adalah contoh foto yang berbentuk potrait dengan ukuran 1080 x 1350 px

1080 x 1350 px untuk ukuran foto postingan berbentuk potrait
1080 x 1350 px untuk ukuran foto postingan berbentuk potrait (klik untuk zoom ukuran full )

C. Ukuran foto untuk stories

Nah, sebagai anak Instagram tentunya kamu tidak akan pernah meninggalkan stories. Setiap hari selalu ada saja hal – hal yang kamu unggah ke stories.

Kalau kamu ingin mengunggah foto ke stories, sebaiknya gunakan foto berukuran 1080 x 1920 px. Ukuran tersebut sangat pas untuk update stories IG kamu karena foto tidak akan terpotong ataupun pecah.

Lihat contoh dibawah ini. Aku telah mensetting foto menjadi berukuran 1080 x 1920 px untuk update stories.

1080 x 1920 px untuk ukuran foto stories Instagram
1080 x 1920 px untuk ukuran foto stories Instagram (klik untuk zoom ukuran full)

Cara setting ukuran foto

Untuk setting ukuran foto agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan, kamu hanya perlu mengeditnya melalui HP kamu. Ada banyak pilihan aplikasi untuk resize ukuran foto kamu. Disini aku akan menggunakan aplikasi “Photo compress & Resize” yang menurut aku mudah digunakan, ukuran file yang ringan, dan fiturnya cukup lengkap.

Tampilan aplikasi “Photo compress & Resize”
Tampilan aplikasi “Photo compress & Resize”

Berikut ini akan aku jelaskan secara ringkas bagaimana menggunakan aplikasi “Photo compress & Resize” untuk meresize foto kamu.

Pertama, buka aplikasi “Photo compress & Resize” yang sudah kamu instal sebelumnya. Lalu kamu pilih “resize photos”. Setelah itu kamu pilih foto yang akan kamu resize.

Selanjutnya kamu tinggal atur width dan height yang kamu inginkan. Jangan lupa matikan “Maintain Aspect Ratio” jika kamu ingin memasukkan angka width dan height secara manual.

Tampilan aplikasi untuk resize foto
Tampilan aplikasi untuk resize foto

Jika kamu aktifkan mantain aspect ratio, kamu hanya bisa mengatur salah satu saja, misalnya lebar, lalu panjang akan mengikuti nilai lebar sesuai dengan ratio awal foto kamu, jadi hasilnya bagus dan tidak stretch.

Langkah terakhir, kamu tinggal pilih “Start Resizing” untuk meresize. Selesai deh.

Jika kamu ada kendala meresize foto di HP, silahkan kamu gunakan saja aplikasi paint di PC atau laptop kamu untuk lebih mempermudah.

Oke, itu dia tadi penjelasan tentang ukuran foto yang aku rekomendasiin buat kamu yang ingin mengunggah foto di Instagram, sekaligus cara mengatur kembali (resize) ukuran foto supaya bisa sesuai dengan kebutuhan. Percuma kalau kamu memiliki foto kece tetapi begitu di posting di Instagram justru terpotong, atau gambar pecah, dsb.

Jadi sebaiknya kamu harus tau ukuran – ukuran foto yang akan kamu posting di Instagram, sudah sesuai atau belum dengan ukuran standar yang ditetapkan Instagram.

Jika ada yang ingin ditambahkan/ditanyakan, silahkan komentar dibawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat.


License free Image by pexels.com dan pixabay.com

Tinggalkan Balasan