Cara mengatasi Whatsapp yang tidak bisa kirim gambar

Salah satu kelebihan Whatsapp dibanding aplikasi lainnya adalah ketika mengirim gambar, pengguna bisa mengirim gambar dalam format asli.

Mengirim foto di Whatsapp pun cukup mudah. Kalian hanya perlu menekan logo kamera atau logo lampiran dan pilih foto yang akan kalian kirim lalu selesai deh.

Tidak membutuhkan waktu lama foto yang kalian kirim sudah diterima oleh teman atah keluarga. Normalnya seperti itu, namun ada juga loh orang yang terkendala dalam mengirimkan foto. Mungkin kalian pernah mengalaminya.

Nah pada Artikel kali ini akan dijelaskan apa saja penyebab utama dan bagaimana cara mengatasi foto tidak bisa terkirim di Whatsapp.

Penyebab Utama Pengiriman Gambar Di Whatsapp Gagal

1.Internet Lambat :

Ketika mengirim pesan, mode internet yang awalnya download akan berubah menjadi upload. Nah kecepatan upload ini tidak bisa kalian samakan dengan kecepatan menarik data atau download ya. Kecepatan upload biasanya lebih lambat daripada download. Jika memang tidak bisa mengirim foto karena masalah sinyal, maka kalian harus beranjak dari tempat duduk kalian dan mencari posisi agar sinyal lebih kuat.

2. Internet Yang Tidak Stabil

Kecepatan saja tidak cukup, proses upload bisa saja gagal jika koneksi kalian tidak stabil. Walaupun kecepatan internet kita cepat, tapi sering disconnect maka proses upload gambar akan otomatis dibatalkan atau gagal ngirim.

3. Salah Mengatur Jam / Waktu

Waktu dan jam harus sesuai dengan saat ini. Jika berbeda maka foto yang kalian kirim akan gagal. Namun sepertinya hal ini jarang terjadi karena jaringan yang kalian gunakan biasanya sudah update dan mengikuti waktu saat ini.

Cara Mengatasi Pengiriman Gambar Whatsapp Gagal

Admin: Penulis menyarankan beberapa cara dibawah ini, aku hanya ingin menambahkan sedikit sebelum teman-teman cobain metode dibawah ini, yaitu lakukan shutdown atau restart hp. Kebanyakan masalah bisa hilang hanya dengan restart hp, dan aku udah sering banget ketemu hal seperti ini. Jadi sebelum cobain tips dan trik dibawah, coba dulu untuk matikan atau restart hpnya. Kalau tetap gagal, lanjut baca.

1.Cek Koneksi Internet dan pastikan internet tidak terlalu lambat sekaligus stabil

Kalian bisa mengecek koneksi kalian di internet, biasanya saya menggunakan fast.com untuk melihat berapa kecepatan internet yang saya gunakan saat ini.

Cek kecepatan internet
Cek kecepatan internet

Kecepatan upload lebih kecil daripada kecepatan download. Biasanya kecepatan upload lebih lambat 50 sd 60% dari kecepatan download.

Artinya jika kecepatan internet kalian adalah 1mbps maka kecepatan upload hanya sekitar 0,50mbps. Itu artinya bisa saja semua gambar yang orang kirim bisa masuk semua namun ketika kalian mengirim gambar malah gambar yang akan kalian kirim gagal.

Untuk mengatasinya kalian bisa pindah ke tempat lain atau mati-hidupkan jaringan jika kalian yakin koneksi di lokasi kalian sangat bagus.

2. Jangan Langsung Kirim Banyak Foto

Banyak diantara kita yang mengharuskan untuk mengirim poto secara massal atau sekaligus banyak.

Hal ini menyebabkan proses upload yang sudah dijelaskan pada poin 1 menjadi lambat. Apalagi jika setelah di tes memang speed uploadnya rendah sehingga foto yang kalian kirim gagal.

Nah caranya adalah mengirim foto satu persatu. Kalian kirim dulu satu foto, setelah berhasil kirim lagi foto kedua dan seterusnya. Memang ribet tapi lebih baik lakukan cara tersebut untuk mengurangi banyak foto yang gagal dikirim.

3. Setting Tanggal Dan Waktu HP

Sebenarnya untuk setting waktu di hp sudah secara otomatis ketika kalian memasukkan SIM. Tapi banyak juga kejadian setting waktu ini menjadi salah.

Jika setting waktu salah, maka tidak hanya Whatsapp yang error, kalian bahkan juga mengalami error ketika melakukan browsing dan membuka aplikasi lain lewat HP Android kalian.

Jika kalian bingung untuk melakukan setting waktu, gunakan cara ini

Step 1 Masuk ke setelan android

masuk ke setting atau setelan
masuk ke setting atau setelan

Step 2 Pilih tanggal dan waktu

pilih tanggal dan waktu
pilih tanggal dan waktu

Step 3 Centang setting zona waktu otomatis

Atur waktu menjadi otomatis sesuai zon
Atur waktu menjadi otomatis sesuai zona

Kalian tidak perlu mekihat jam saat ini lalu mengaturnya, cukup centang zona otomatis maka waktu di Android kalian akan otomatis terupdate.

4. Clear Cache WhatsApp

Eror pada file cache bisa saja terjadi. Jika cara diatas tidak bisa kalian gunakan, maka kalian bisa mencoba menghapus cache whatsapp kalian. Cara menghapus cache adalah sebagai berikut :

Step 1 buka Setelan pada Android kalian

Masuk ke pengaturan
Masuk ke pengaturan

Step 2 Pilih Aplikasi

Pilih aplikasi
Pilih aplikasi

Step 3 Cari whatsapp

Cari Whatsapp
Cari Whatsapp

Step 4 Tap Hapus Data

Tap hapus data
Tap hapus data

Step 5 Tap Bersihkan Cache.

Pilih Bersihkan Cache
Pilih Bersihkan Cache

5. Reinstall WhatsApp

Biasanya ini adalah cara ketika kita sudah putus asa. Cara sebelumnya sudah dilakukan namun kalian tetap gagal mengirim gambar. Maka kalian coba untuk Reinstall Whatsapp kalian.

Dengan reinstal kalian secara otomatis akan mengupdate whatsapp kalian ke versi yang kebih baru.  Cara reinstal sama seperti kalian menghapus aplikasi laiinnya, setelah itu masuk.ke playstore dan download whatsapp kembali.

Nah itulah beberapa solusi yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi tidak bisa kirim foto di whatsapp. Agak ribet memang, tapi semoga bisa membantu kalian mengatasi hal tsbt.

Nah sekian tulisan dari saya Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar di bawah.

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan