7 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Foto (AMPUH)

Terbit

Diperbarui

Tidak bisa mengirim foto di WhatsApp bukan perkara langka ya. Umumnya foto tidak bisa dikirim, disebabkan oleh masalah di jaringan internet.

Namun ada beberapa penyebab lain yang juga bisa menyebabkan masalah yang sama, seperti server WhatsApp error, error diponsel, ataupun error di aplikasi WhatsApp yang digunakan.

Disini aku akan jelaskan semua solusi yang aku tau ataupun pernah aku coba, jadi silahkan disimak.

1. Restart HP (Perlu Dilakukan di Awal)

Saat HP direstart, semua aplikasi akan otomatis dimulai ulang dalam kondisi fresh, koneksi internet diperbaharui, RAM dan CPU di HP akan lebih lega.

Selain itu kemungkinan bug/error akibat konflik antar aplikasi akan lebih kecil, karena sedikitnya aplikasi yang berjalan ketika HP baru di restart.

2. Periksa jaringan Internet kamu

Seharusnya sinyal kamu cukup ya saat ini, mengingat kamu bisa membuka situs ini di browser kamu.

Namun, jika kamu saat membuka situs ini ada masalah, seperti kecepatan akses lemot, ataupun gambar/iklan tidak muncul, besar kemungkinan ada kendala di jaringan Internetmu.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

  1. Test kecepatan internet kamu melalui tool seperti punya google, ataupun penguji kecepatan internet lainnya seperti fast.com/id, speedtest.net/id, dll. Pastikan kecepatan upload kamu cukup untuk upload foto di WhatsApp. Tidak ada patokan, tapi kecepatan upload 1Mbps keatas, seharusnya cukup untuk upload foto.
  2. Pindah lokasi untuk cari sinyal lebih baik. Mungkin posisi kamu saat ini menyebabkan sinyal kamu jelek dan tidak stabil, silahkan pindah ke lokasi yang lebih terbuka.
  3. Jika kendalanya dari provider kamu, solusinya adalah menunggu. Contoh kendala dari provider adalah, saat mati lampu cukup lama misalnya, sinyal internet biasanya lemah, karena provider tidak punya cukup daya untuk beroperasi secara optimal.

3. Pastikan tanggal dan waktu sudah benar

Biasanya waktu dan tanggal, sudah tersinkronisasi otomatis ya. Namun ada kemungkinan waktu dan tanggal salah, hal ini disebutkan secara spesifik dilaman FAQ WhatsApp.

Jadi silahkan cek dan pastikan Waktu dan Tanggal sudah benar.

Berikut langkah-langkah mengatur waktu di HP kamu (dan mengaktifkan fitur sinkronisasi waktu otomatis). Proses bisa berbeda dengan di HP teman-teman semua ya, jadi silahkan disesuaikan sendiri ya.

  1. Masuk ke halaman “Setelan” diponsel kamu.
  2. Masuk ke “Lainnya”. (Kamu juga bisa cari menu “Sistem” jika menu “Lainnya” tidak ada.)
  3. Selanjutnya buka menu “Tanggal & waktu”
  4. Pastikan sinkronisasi otomatis untuk waktu dan zonanya diaktifkan semua.

Kamu tidak perlu melihat jam saat mengaturnya, setelah mengaktifkan fitur sinkronisasi otomatis, waktu akan diupdate otomatis. Jika setelah fitur ini aktif dan waktunya masih salah, silahkan kamu isi manual waktu dan tanggalnya.

4. Pastikan tidak ada masalah di memori penyimpanan

Hal ini juga disebutkan secara spesifik dihalaman FAQ WhatsApp sebelumnya.

Secara logika, upload foto itu proses mengirim foto ke server WhatsApp ya. Logikanya memori penyimpanan kita tidak ada kaitannya dengan gagalnya mengirim foto di WhatsApp.

Namun ternyata ada kaitannya ya.

Untuk foto yang kita ambil langsung lewat kamera WhatsApp, foto tadi akan tersimpan ke memori penyimpanan sebelum dikirim. Berarti ada kaitannya dengan memori penyimpanan.

Sedangkan untuk foto lama digaleri HP, itu tersimpan dimemori penyimpanan. Jika memori bermasalah, fotonya selain tidak bisa terkirim, bahkan bisa tidak terbuka sama sekali.

Jadi pastikan memori penyimpanan tidak ada masalah, error ataupun terlampau penuh. Yang bisa kamu lakukan disini adalah, mengurangi beban memori penyimpanan dengan cara menghapus sebagian file-file besar (video dan aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi).

5. Jika kamu pakai WhatsApp mod, tinggalkan dulu

WhatsApp modifikasi memang memberikan fitur tambahan lebih yang seringkali membuat iri pengguna WhatsApp original.

Namun penambahan fitur ini bisa berefek ke stabilitas aplikasi. Jika kamu pengguna lama WhatsApp modifikasi, kamu pasti lebih sering menjumpai masalah/error/bug dibandingkan pengguna WhatsApp original.

Saranku, jika ada bug seperti ini dan solusi diatas tidak ada yang bisa menyelesaikan masalahnya, sebaiknya coba kembali pakai WhatsApp original.

6. Jika server WhatsApp bermasalah, solusinya adalah menunggu.

Aplikasi dibawah naungan META seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp sudah beberapa kali mengalami masalah server ya.

Untuk memastikan bahwa masalahnya adalah bersumber dari server WhatsApp, kamu bisa cari di google dengan kata kunci ‘Masalah WhatsApp hari ini’, dan lihat apakah ada banyak berita baru dari berbagai situs berita.

Berikut contohnya aku coba cari dibagian ‘News’. Terlihat berita terakhir terkait WhatsApp down adalah tanggal 20 Juli 2023.

Bisa dilihat, hanya 1 situs Liputan6 saja yang memberitakan hal tsbt. Ini artinya tidak ada kejadian masalah server WhatsApp saat ini.

Jika ada kejadian seperti ini, seluruh situs berita akan memposting berita yang kurang lebih sama dalam waktu berdekatan.

Jika kesalahannya ada di server WhatsApp, tidak ada yang kamu bisa lakukan. Kamu hanya bisa menunggu hingga pihak WhatsApp menyelesaikan masalah tsbt.

Biasanya tidak akan lama kok, karena yang komplain tidak sedikit, jadi mereka akan gerak cepat untuk menyelesaikan masalah tsbt.

7. Untuk bug atau error di WhatsApp

Jika kamu sudah terapkan 6 hal sebelumnya dan foto masih tidak bisa dikirim, kemungkinan terakhir yang aku tau adalah ada error atau bug di aplikasi WhatsApp kamu.

Error atau bug ini bisa terjadi karena komplikasi antara aplikasi dengan sistem OS ataupun perangkat keras didalam ponsel kamu.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghilangkan error atau bug di WhatsApp.

  • Update aplikasi WhatsApp kamu jika tersedia update-annya.
  • Bersihkan cache WhatsApp.
  • Install ulang aplikasi WhatsApp. Jangan lupa backup data WhatsApp supaya tidak hilang sebelum melakukan Install ulang.
  • Buat laporan bug di WhatsApp supaya bug tsbt bisa mendapat perhatian dari pihak dev WhatsApp.
  • Downgrade aplikasi WhatsApp ke versi lama. Coba ingat-ingat apakah masalah gagal upload ini muncul baru-baru ini. Jika iya, bisa jadi update-an terbaru WhatsApp yang membawa bug ini. Jadi kamu bisa coba turunkan WhatsApp ke versi-versi sebelumnya. Jangan lupa backup data WhatsApp supaya tidak hilang
  • Update Sistem Operasi Ponsel kamu. Silahkan cek apakah OS kamu perlu update. Seringkali update-an terkait OS menutup celah dan bug yang ada.

Bagaimana? Sudah dicoba semua solusi diatas? Apakah masalahnya sudah kelar? Jika belum, bisa ceritakan detail bagaimana problem yang kamu hadapi, apakah saat foto gagal terkirim ada notifikasi atau ikon atau tombol atau apapun yang berbeda dari umumnya?

Semakin detail penjelasan kamu, semakin mudah aku mencari tau ataupun mencoba testing masalahnya.


Mungkin hanya itu yang bisa aku sampaikan ditulisan kali ini. Jika kamu terbantu dan masalah kamu terselesaikan, mohon tinggalkan komentar dan bantu share tulisan ini.

Sekian dan sampai jumpa ditulisanku yang lain.

Sumber :

  1. https://faq.whatsapp.com/1096027074615511/?cms_platform=android
  2. Pengalaman pribadi

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *