Cara blokir akun di twitter (sekaligus cara membatalkan blokir tsbt)

Twitter kini menjadi salah satu media sosial yang popular di kalangan muda. Semakin banyaknya pengguna, semakin beragam pula tujuan dari penggunaan media sosial ini.

Ada yang tujuannya untuk sambat, berinteraksi, memasarkan produk, mencari informasi terupdate, bahkan ada juga yang memancing keributan. Beragam istilah pun muncul, ada yang menyebut pengguna Twitter sebagai kaum rebahan, sobat miskin, tukang tubir (red: ribut), dan lain-lain.

Tidak semua orang menggunakan media sosial ini dengan bijak. Banyak dilihat juga orang-orang yang tujuannya membuat kerusuhan dengan menyebarkan berita bohong, informasi sesat, mengirim komentar kasar, hingga melakukan doxing (tindakan menyebarkan informasi pribadi orang ke dunia maya).

Menghadapi beragam kegiatan buruk yang mungkin dilakukan penggunanya, Twitter pun melakukan perubahan dan penambahan berbagai fitur untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Sebut saja fitur muted atau bisukan yang digunakan untuk membisukan kata tertentu atau me-mute orang tertentu yang tidak ingin dilihat. Fitur lain yang diciptakan adalah sembunyikan balasan dan opsi siapa yang bisa membalas, dengan fitur ini pengguna bisa mengatur agar cuitannya tidak dikomentarin yang aneh-aneh adalah oleh orang lain yang berniat mengganggu.

Fitur lain yang bisa mengontrol pengalaman pengguna adalah blokir. Sama dengan fitur di media sosial lain, dengan memblokir seseorang maka kita akan membatasi orang tersebut untuk menghubungi, mengikuti, dan melihat cuitan kita.

Apa yang terjadi saat kita memblokir seseorang di twitter?

Ketika kita memilih opsi memblokir orang lain, orang tersebut tidak akan bisa mengikuti kita termasuk kita juga tidak bisa mengikuti dia. Jika sebelumnya akun kita dan akun orang yang kita blokir sudah mutualan, dengan blokir, otomatis kita akan berhenti saling mengikuti. Fitur ini juga bisa digunakan untuk menghapus followers kita, dengan cara block dan unblock.

Orang yang kita blokir tidak akan mendapat notifikasi bahwa kita telah memblokirnya, sama dengan fitur muted.

Namun bedanya, ketika orang tersebut membuka profil kita maka mereka akan mendapat informasi bahwa mereka telah diblokir.

jika diblokir, akan muncul tulisan "you're blocked" di profil orang tersebut

Kemudian, kita tidak akan menerima notifikasi apapun dari akun yang kita blokir atau memblokir kita, bahkan meski akun kita di-mention. Namun hal tersebut bisa diakali, jika kita ingin melihat pembahasan yang menyebut kita, kita bisa melakukan pencarian dengan mencari nama pengguna kita.

Terakhir, ketika kita memblokir seseorang maka orang tersebut tidak dapat mengirim direct message (DM), melihat daftar pengikut, mengikuti, dan suka, tidak bisa melihat momen yang kita buat, bahkan tidak bisa menandai kita di sebuah foto.

Cara memblokir seseorang di twitter

1. Buka Twitter kemudian pilih akun yang ingin diblokir.
2. Tekan ikon titik tiga di halaman profil mereka lalu pilih menu blokir.

3. Kemudian akan muncul popup untuk konfirmasi blokir, lalu pilih blokir.

4. Berikut tampilan dari akun yang sudah kita blokir.

Cara melihat akun yang pernah kita blokir di twitter

Mungkin kita tidak sadar telah memblokir banyak orang, dan kita ingin tahu berapa dan siapa saja yang telah kita blokir. Dengan tahu siapa saja yang kita blokir, tentu akan memudahkan pengelolaannya. Untuk dapat melihat data siapa saja yang kita blokir bisa dengan cara pertama, yakni mencari akun langsung di menu pencarian. Namun cara ini kurang efektif, karena terkadang kita lupa siapa saja yang kita blokir.

Cara yang lebih efektif untuk melihat akun yang kita blokir adalah:

1. Buka akun Twitter.

2. Pilih menu pengaturan dan privasi lalu pilih menu privasi dan keamanan.

3. Scroll sampai ke bawah dan pilih menu akun yang diblokir.

4. Di sini kita dapat melihat berapa akun yang kita blokir dan siapa saja yang kita blok.

Cara membuka blokir akun di twitter

Terkadang kita merasa bahwa sepertinya kita tidak perlu memblokir orang tersebut karena terpicu emosi sesaat. Untuk itu, berikut beberapa cara untuk membatalkan blokir yang kita lakukan.

Cara pertama adalah lewat daftar blokir diatas.

Kamu hanya perlu masuk kehalaman daftar blokir seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Disini, tap tombol blokir yang berwarna merah di sebelah kanan akun, maka akun tersebut akan dibuka blokirnya.

Untuk cara kedua, kamu bisa batalkan blokir lewat profil akun orang tsbt.

Jadi disini masuk ke halaman pencarian, lalu cari akun yang telah kita blokir.

Kemudian pencet tombol blokir berwarna merah di halaman profilnya. Saat muncul menu popup untuk konfirmasi, lalu pilih menu “Buka blokir”.

3. selesai.

Itulah penjelasan tentang cara memblokir, melihat daftar yang diblokir dan cara membuka blokirnya. Menggunakan fitur blokir atau tidak, itu kembali lagi kepada kebutuhan tiap orangnya. Semoga informasi ini membantu ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan