Cara menurunkan versi instagram ke versi lama

Instagram merupakan aplikasi media sosial yang selalu memberikan update terbaru di aplikasinya. Harapan dari setiap pembaruan tentunya untuk menjadikan instagram menjadi lebih baik lagi. Namun ada juga sebagian orang yang kecewa dengan update yang dilakukan oleh instagram.

Misalnya pada tahun 2016 lalu instagram memberikan update icon baru yang sudah di make over oleh Instagram. Tampilan icon berubah drastis dan hal ini membuat bagi beberapa orang terlihat sangat aneh.

Namun tidak usah khawatir, jika kalian Tidak terlalu menyukai tampilan baru instagram dan bahkan kalian merasa instagram versi baru ini sangat lelet jika dibandingkan dengan versi lama-nya, kalian bisa downgrade atau mengembalikan instagram ke versi lama. 

Untuk mengembalikan ke versi lama sebenarnya cukup mudah.

Namun yang perlu diingat adalah kalian tidak akan pernah bisa menginstal versi lama di playstore. Kalian perlu download secara manual aplikasi instagtam lalu menginstalnya.

Namun sebelum kalian masuk ke bagaimana cara Instal Instagram versi baru, sebaiknya kalian menghapus aplikasi Instagram yang saat ini kalian gunakan, dan menonaktifkan pembaruan otomatis di Playstore agar proses Instal berjalan lancar.

Dari pada bingung instalin aplikasi instagram versi lama, kenapa tidak cobain instagram mod, punya banyak fitur dan juga ringan karena bisa pilih mod versi lama sekalian pas installnya.

Step 1: Hapus aplikasi Instagram versi saat ini

Menghapus instagram cukup mudah, kalian hanya perlu search Instagram lalu pilih uninstal. Lama proses penghapusan tergantung dari berapa banyak memori yang sudah terpakai di Instagram.

Simplenya adalah semakin aktif kalian membuka aplikasi ini maka proses uninstal akan semakin lama.

Hapus Instagram
Hapus Instagram

Untuk menginstal instagram versi lama kalian harus menghapus instagran kalian agar instagram versi lama bisa di instal kembali ke perangkat kalian. Jika kalian tetap memaksa menginstal Instagram  sementara di Hp kalian sudah ada Instagram, maka kemungkinan besar akan gagal saat menginstal Instagram Versi lama.

Step 2: Nonaktifkan pembaruan otomatis playstore

Ketika kalian menginstal instagram versi lama, maka kalian akan diminta untuk mengupdate aplikasi tersebut saat kalian terkoneksi ke internet.

Nah jika kalian sudah pernah mengaktifkan update aplikasi secara otomatis, maka ketika instagram versi lama di instal, playstore akan meng-update secara otomatis aplikasi tsbt ke versi baru.

Agar tidak sia sia menginstal instagram versi lama, maka matikan update otomatis di playstore.

1. Buka Playstore, lalu masuk ke menu Play Store dengan cara tap garis 3 di kanan atas layar

Masuk ke Playstore
Masuk ke Playstore

2. Pilih setelan

Pilih Setelan
Pilih Setelan

3. Masuk ke bagian umum lalu pilih setting “update aplikasi secara otomatis

Otomatis Update
Otomatis Update

4. Lalu ubah pengaturannya ke “jangan update aplikasi secara otomatis

Pilih Jangan Update Otomatis
Pilih Jangan Update Otomatis

Step 3: Download dan Install instagram versi lama

Banyak sekali situs yang menyediakan whatsapp versi lama dalam bentuk apk namun yang paling mudah adalah menggunakan situs ini https://instagram.en.uptodown.com/android/old. disana terdapat semua versi yang siap untuk di Download.

Namun ingat ya jika kalian melakukan install aplikasi bukan playstore, maka kalian harus mengaktifkan pengaturan yang membolehkan menginstall aplikasi dari sumber diluar playstore. Jika kalian belum mengaktifkannya maka saat kalian akan menginstal, kalian akan otomatis dipaksa mengaktifkan pengaturan ini terlebih dahulu.

Gagal Menginstal Instagram Versi Lama

Permasalahan yang terjadi ketika menginstal Instagram versi lama adalah kemungkinan gagal install. Hal ini wajar karena sumber downloadnya bukan dari Playstore, jadi bisa saja perangkat kalian yang tidak support.

Untuk mendownload instagram versi lama kalian tidak harus focus di situs yang saya berikan. Kalian juga bisa mencari sendiri di mesin pencarian Google. Akan banyak sekali situs yang menyediakan Instagram versi lama yang bisa kalian download. Alasan lain adalah tidak semua perangkat support instagram versi lama di situs tersebut. Jadi jika kalian gagal install maka cobalah mencari di situs lain.

Cara menginstal Instagram Versi Lama

1. Masuk ke Halaman situs yang disebutkan diatas

halaman situs download instagram versi lama
halaman situs download instagram versi lama

2. Pilih versi Instagram yang ingin kalian download.

Jika kalian ingin instagram dengan icon yang lama, maka versinya adalah versi 8 kebawah. Untuk menuju ke menu download, kalian hanya perlu tap versi instagram yang ingin kalian download

list instagram versi lama
list instagram versi lama

3. Pilih download

Download
Download Instagram versi lama

4. Setelah download selesai, pilih Instal

Pilih Instal
Pilih Instal

5. Aplikasi instagram versi lama akan di install

Pemasangan Aplikasi
Pemasangan Aplikasi

6. Setelah instal berhasil, cek icon aplikasi di hp kalian, maka icon instagram akan berubah menjadi icon lama (jika yang di install versi 8 kebawah)

7. Silahkan lanjut memasukkan email, password, atau login dengan Facebook untuk dapat login kembali dengan Instagran versi lama.

Instagram Versi Lama
Tampilan Instagram Versi Lama

Hingga saat ini Instagram versi lama masih bisa didownload dan digunakan.

Keuntungan menggunakan versi lama adalah Instagram yang kita gunakan tidak memakan terlalu banyak memori penyimpanan dan kalian juga bisa hemat kuota karena fitur instagram versi lama masih belum banyak.

Selain itu instal Instagram versi lama juga bisa membuat kalian mengenang masa masa Instagram yang jadul mulai dari icon hingga ke fitur fiturnya.

Jika ada kelebihan pasti ada kekurangan. Jika kalian menggunakan Instagram versi lama maka kalian tidak akan menemukan fitur fitur terbaru seperti Superzoom, Boomerang, Sticker, dan lain lain. kalian harus puas dengan fitur fitur lama dari Instagram itu senndiri. Kekurangan lainnya adalah tidak semua Smartphone bisa membuka Instagram versi lama. Nah jika Smartphone kalian tidak support maka jangan kalian paksa untuk bisa instal Instagram versi lama.

Itulah bagaimana cara menurunkan versi Instagram. Semoga artikel ini bisa membantu, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan