Cara membuat Catatan (notes) di Facebook

Ketika kita sekolah pastinya kita sangat rajin sekali dengan yang namanya menulis.

Menulis sendiri sudah dikenalkan oleh orang tua kita sejak kecil. Dalam prosesnya pastinya kita tidak langsung lancar menulis karena membutuhkan proses pembelajaran. Menulis catatan sendiri adalah salah satu proses pembelajaran dalam hal ini.

Bila di sekolah kita diwajibkan untuk menulis di sebuah buku. Berbeda halnya bila di perguruan tinggi ataupun di tempat kerja, kegiatan menulis di buku sendiri sudah bukan hal wajib lagi untuk dilakukan. Karena kita bisa mengganti medianya menulisnya ke komputer, tablet, ataupun smartphone.

Seiring dengan perkembangan zaman, menulis sendiri sudah dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun.

Berbeda halnya bila kita menulis di buku, buku sendiri dapat robek, basah dan tidak bisa kita copy paste atau edit secara cepat bila ada tulisan yang salah.

Maka dari itulah beralih untuk menulis di media digital merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan saat ini.

Salah satu media social yang dapat dijadikan sebagai tempat menulis adalah facebook.

Facebook sendiri mempunyai fitur catatan yang membuat kita menjadi mudah bila ingin menulis, menyimpan sebuah tulisan dan membagikan tulisan tersebut dengan orang banyak di facebook.

Ketika kita menulis catatan harian, atau mungkin catatan lagu kesukaan, atau mungkin cerpen, cerita fiksi, resep masakan, dll, pastinya tidak cocok bila dituliskan di status facebook karena memang terlalu panjang.

Inilah fungsi fitur catatan di facebook.

Ketika kita sudah membuat catatan di facebook pastinya akan aman dan takkan hilang, bahkan kita bisa menyebarkannya ke siapa pun dengan cepat.

Fitur catatan di facebook sangat berguna bila kamu ingin melatih bakat menulismu. Untuk membuat catatan di facebook sendiri sebenarnya tidak begitu sulit. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mudah bila kamu mengikuti langkah di bawah ini.

Cara membuat Catatan di Facebook lewat laptop/komputer

Pertama buka profil kamu seperti dibawah ini.

cara membuat catatan di facebook

Selanjutnya klik Lainnya, lalu Catatan.

Untuk membuat catatan baru di facebook, kamu hanya perlu mengklik Tambah Catatan.

Setelah itu, kamu perlu mengunggah foto untuk catatan di facebookmu. Kemudian berikan judul untuk catatan. Serta jangan lupa kamu harus menulis isi catatanmu.

Kamu sendiri bisa memberikan privasi pada catatanmu apakah boleh dilihat secara umum, teman ataupun catatan hanya untuk pribadi dirimu saja.

Jangan lupa untuk menerbitkan catatan dengan cara mengklik Terbitkan.

Ketika kamu menulis catatan di facebook, kamu juga bisa melakukan penyuntingan seperti membuat tulisan miring, tebal, heading 1, heading 2, spasi 1 ataupun pemberian nomor dan symbol untuk tulisan.

Dengan begitu tulisan akan terlihat rapi pada catatanmu.

Ketika catatan di facebook telah kamu terbitkan maka hasilnya akan terlihat seperti di atas.

Cara membuat Catatan di Facebook Melalui Hp

Selain membuat catatan di facebook melalui pc, hal ini juga dapat kamu buat melalui hp. Caranya pun sangat gampang dan tidak ribet bila kamu mengikuti cara di bawah ini.

Ketika kamu sudah berada di beranda facebook maka kamu hanya perlu mencari Catatan yang persis berada paling bawah.

Setelah itu klik Tulis Catatan untuk membuat sebuah catatan baru di facebook.

Ketika kamu ingin membuat catatan baru di facebook maka kamu harus mengisi judul, isi teks, privasi catatan serta menerbitkan dengan cara klik Terbitkan.

Hasil catatan yang telah kita buat akan terlihat seperti di atas.

Kesimpulan

Menulis catatan bisa membantu kamu menyimpan sesuatu yang penting.

Selain itu juga membantu kemampuan kamu dalam menulis. Karena biasanya catatan yang di publish untuk umum bisa di komentari oleh banyak orang.

Dan feedback serta komentar yang diberikan orang-orang bisa mengasah dan menjadikan kemampuan menulis mu terus meningkat.

Menulis sekarang ini bukan hanya sekedar sebagai obat stress ataupun hobi, namun menulis juga dapat dijadikan sebuah pekerjaan.

Di era digital ini, tulisan kamu jauh lebih mudah untuk bisa menghasilkan uang.

Banyak novelist-novelist yang di jaman dulu itu novelnya tidak diterima, tapi dijaman sekarang mereka bisa publish novelnya online dan dapatkan royalti bahkan popularitas tinggi.

Kompetisi-kompetisi menulis yang dulunya sulit untuk di ikuti, sekarang bertebaran, mudah dicari dan di ikuti di internet.

Profesi-profesi baru seperti blogger itu basis dasarnya menulis. Blogger seperti food blogger atau travel blogger atau informational blogger (seperti blog ini), penulis cerita fiksi ataupun penulis freelance, jurnalis dan publisher berita independen.

Banyak sekali pekerjaan baru yang muncul hanya di era digital ini yang berkaitan dengan tulis menulis.

Menjadi penulis mungkin bukan pekerjaan mudah, bukan pekerjaan dengan gaji pasti seperti pegawai atau karyawan, tapi menulis bisa memberikan potensi yang jauh lebih besar. Satu novel hits bisa bikin kamu kaya mendadak. Ini era digital. Ini era dimana informasi menyebar dengan cepat. Ini era dimana berlian bakal kelihatan dengan jauh lebih cepat.

Demikianlah penjelasanku mengenai cara membuat catatan di facebook. Menulis catatan di facebook dapat melatihmu menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi.


Written by annisa, major update and revamped by yudha at 8 februari 2019

Share woy :D

freelancer

Freelancer adalah gabungan penulis dari beberapa situs freelancer yang admin hire untuk menulis, tapi tidak join sebagai penulis tetap bukugue.

Tinggalkan Balasan