Cara Membuat Catatan di Facebook

Ketika kita sekolah pastinya kita sangat rajin sekali dengan yang namanya menulis di buku. Menulis sendiri adalah sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan agar kita dapat mempelajarinya kembali di rumah. Setiap guru terkadang akan memeriksa catatan yang telah kita buat, setelah itu guru akan memberikan sebuah PR yang tidak jauh jawabannya dengan pelajaran yang telah kita catat di dalam buku. Menulis sendiri sudah dikenalkan oleh orang tua kita sejak kecil. Dalam prosesnya pastinya kita tidak langsung lancar menulis karena membutuhkan proses sesuai dengan perkembangan umur. Ketika masih balita pastinya untuk belajar menulis sendiri kita juga membutuhkan yang namanya sesi bermain. Mengajarkan anak untuk belajar menulis sendiri tentu saja membutuhkan sebuah strategi.

Bila di sekolah sendiri kita diwajibkan untuk menulis di sebuah buku. Berbeda halnya bila di perguruan tinggi ataupun di tempat kerja, kegiatan menulis di buku sendiri sudah bukan hal wajib untuk dilakukan karena kita mengganti medianya pada  komputer, tablet, ataupun smartphone. Seiring dengan perkembangan zaman, menulis sendiri sudah dapat dilakukan dimana pun saja bahkan kapan pun saja dan kita dapat menyebarkan tulisan tanpa perlu menuliskannya kembali dari awal serta mengcopy paste kan secara mudah dan menyimpan tanpa perlu takut robek ataupun basah. Berbeda halnya bila kita menulis di buku, buku sendiri dapat robek, basah dan tidak bisa kita copy paste secara cepat bila ada tulisan yang sama. Maka dari itulah beberapa orang beralih untuk menulis di media digital.

Salah satu media social yang dapat dijadikan sebagai sebuah diary bagi kita yaitu facebook. Facebook sendiri mempunyai sebuah fitur catatan yang mana membuat kita menjadi mudah bila ingin menulis ataupun menyimpan sebuah tulisan di facebook itu sendiri tanpa perlu takut hilang. Ketika kita menulis status panjang pastinya tidak cocok bila dituliskan di status facebook maka dari itulah status panjang tersebut dipindahkan ke catatan. Hal ini bertujuan agar tidak menganggu pengguna facebook yang lain.

Fitur catatan di facebook sendiri berfungsi untuk menampung tulisan panjang kita, lain halnya bila status yang ada di wall facebook yang mana hanya dikhususkan untuk pengguna facebook menulis tulisan pendek. Ketika kita sudah membuat catatan di facebook pastinya akan aman dan takkan hilang, bahkan kita bisa menyebarkannya ke siapa pun dengan cepat. Fitur catatan di facebook sangat berguna bila kamu ingin melatih bakat menulismu. Untuk membuat catatan di facebook sendiri sebenarnya tidak begitu sulit. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mudah bila kamu mengikuti langkah di bawah ini.

Baca Juga : Cara mudah atasi lupa sandi facebook

Langkah-langkah Membuat Catatan di Facebook Melalui PC

Untuk membuat catatan di facebok itu sendiri kamu membutuhkan yang namanya login akun facebook terlebih dahulu. Setelah itu kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

cara membuat catatan di facebook

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus masuk ke profil facebookmu sendiri. Setelah itu klik Lainnya, lalu Catatan.

  • Untuk membuat catatan baru di facebook, kamu hanya perlu mengklik Tambah Catatan.

  • Setelah itu, kamu perlu mengunggah foto untuk catatan di facebookmu. Kemudian berikan judul untuk catatan. Serta jangan lupa kamu harus menulis isi catatanmu. Kamu sendiri bisa memberikan privasi pada catatanmu apakah boleh dilihat secara umum, teman ataupun catatan hanya untuk pribadi dirimu saja. Jangan lupa untuk menerbitkan catatan dengan cara mengklik Terbitkan.

  • Ketika kamu menulis catatan di facebook, kamu juga bisa melakukan penyuntingan seperti membuat tulisan miring, tebal, heading 1, heading 2, spasi 1 ataupun pemberian nomor dan symbol untuk tulisan. Dengan begitu tulisan akan terlihat rapi pada catatanmu.

  • Ketika catatan di facebook telah kamu terbitkan maka hasilnya akan terlihat seperti di atas.

 

Langkah-langkah Membuat Catatan di Facebook Melalui Hp

Selain membuat catatan di facebook melalui pc, hal ini juga dapat kamu buat melalui hp. Caranya pun sangat gampang dan tidak ribet bila kamu mengikuti cara di bawah ini.

Versi 1

  • Ketika kamu sudah berada di beranda facebook maka kamu hanya perlu mencari Catatan yang persis berada paling bawah.

  • Setelah itu klik Tulis Catatan untuk membuat sebuah catatan baru di facebook.

  • Ketika kamu ingin membuat catatan baru di facebook maka kamu harus mengisi judul, isi teks, privasi catatan serta menerbitkan dengan cara klik Terbitkan.

  • Hasil catatan yang telah kita buat akan terlihat seperti di atas.

Versi 2

  • Dalam hal ini kamu akan berada di beranda facebook. Setelah itu kamu hanya perlu mengklik Menu, lalu pilihlah Catatan.

  • Untuk membuat sebuah catatan baru, kamu hanya perlu mengklik Tulis Catatan.

  • Lalu kamu perlu mengisi yang namanya judul catatan, isi teks buat catatan, menetapkan privasi untuk catatanmu. Bila kamu sudah selesai menulis maka kamu hanya perlu mengklik Terbitkan.

  • Catatan yang telah kamu buat akan tampil seperti di atas.

 

Setiap orang pastinya menyukai dengan yang namanya menulis. Ketika kita kecil dulu beberapa orang menyarankan anaknya untuk menulis diary untuk mereview segala hal kegiatan yang telah dilakukan hari ini. Menulis sendiri dapat menjadi sebuah obat pagi kita yang sedang stress karena kita mencurahkan segala permasalahan kita pada sebuah tulisan yang mana bila diutarakan kepada orang lain hal ini sangat sulit. Maka dari itulah beberapa orang memilih untuk menenangkan diri dengan cara menulis.

Menulis sekarang ini bukan hanya sekedar sebagai obat stress namun menulis juga dapat dijadikan sebuah pekerjaan ataupun ladang uang. Beberapa orang yang menyadari bahwa dirinya mempunyai minat menulis maka mereka akan memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Oleh karena itulah, timbullah seorang blogger, food blogger, penulis, jurnalis yang mana pekerjaan mereka tidak jauh dengan kegiatan menulis dan setiap orang dapat mendapatkan informasi dari tulisan mereka. Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita membuat sebuah informasi ataupun berita agar tidak ketinggalan zaman. Maka dari itulah jurnalis ataupun wartawan pun sangat berperan penting di zaman era modern ini. Untuk menjadi seorang wartawan pun tentu saja bukanlah hal yang mudah karena sebuah media pastinya mempunyai sebuah kriteria tersendiri.

Bila saat ini kamu belum bisa menjadi blogger, food blogger, wartawan, ataupun penulis maka kamu juga bisa memulainya dengan cara kamu menulis di facebook melalui fitur catatan. Ketika kamu menulis di catatan facebook maka seluruh warga facebook pun juga dapat melihat tulisanmu tersebut. Menulis catatan di facebook sendiri dapat kamu jadikan sebagai bahan latihan sebelum kamu menulis di media lainnya. Menulis sebuah catatan sendiri tentu saja bukanlah hal yang mudah karena kamu memerlukan konsentrasi serta pikiran yang jernih untuk mengutarakan ide yang tersimpan di dalam otak untuk kamu tulis.

Menulis sendiri juga perlu dilatih setiap harinya agar kamu tidak merasa kaku. Ketika kamu sudah rajin menulis pastinya otak dan tubuh akan terasa luwes tanpa hambatan ketika sedang menulis sendiri. Namun akan berbeda bila kamu jarang menulis sendiri yang mana terkadang kamu merasa kehabisan ide dan membuat kamu malas untuk melanjutkan untuk menulis kembali. Hal ini pernah aku rasakan saat aku sudah jarang menulis sehingga tubuh dan otak pun juga ikut malas untuk menulis kembali. Maka dari itulah aku pun memaksa tubuh serta otakku untuk menulis kembali dengan cara menulis beberapa poin tentang tulisan untuk memancing otak agar berpikir kembali. Dalam hal ini tentu saja terlihat sulit namun bila dipaksa secara perlahan-lahan pastinya otak kita akan menjadi terbiasa.

Demikianlah penjelasan dari aku mengenai cara membuat catatan di facebook itu sendiri. Menulis catatan di facebook sendiri dapat melatihmu menjadi seorang penulis professional karena kamu dapat review hasil tulisanmu di kemudian hari. Dengan begitu kamu dapat mengetahui kelemahan serta kelebihan dari tulisanmu sendiri. Bila kamu masih merasa bingung untuk membuat catatan di facebook, kamu hanya perlu tinggal bertanya kepada aku di kolom komentar. Membuat catatan di facebook sebenarnya bukanlah hal yang rumit bila kamu mengikuti langkah di atas tanpa melewatkan satu pun. Terimakasih.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar