Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya

Pengguna Twitter baru-baru ini disuguhkan fitur terbaru bernama Twitter Circle. Penambahan fitur baru ini mendapat beragam tanggapan.

Ada yang mengatakan bahwa Twitter Circle tidak terlalu penting karena banyak dari pengguna Twitter yang tidak memiliki teman yang benar-benar kenal, sehingga canggung untuk membuat sebuah Circle.

Namun ada juga yang menyambut baik, bagi pengguna yang memiliki banyak koneksi di Twitter. Mereka akan dengan mudah berinteraksi dengan teman-teman yang diinginkan dalam sebuah Circle.

Tapi karena fitur ini masih baru, mungkin kamu masih belum paham betul dengan fitur ini. Biar lebih paham, coba simak pembahasan mengenai Twitter Circle dibawah ini.

Apa itu fitur circle di Twitter?

Secara harafiah, “circle” adalah bahasa inggris yang artinya “lingkaran”, “bundaran”, “kelompok”, “perkumpulan”. Dari kata “circle” ini seharusnya sudah tergambar apa itu fitur circle di Twitter.

Twitter Circle adalah fitur untuk membentuk sebuah circle yang berisi beberapa pengguna Twitter, dan kamu bisa mengirimkan tweet kepada anggota circle tsbt. DImana tweet yang dikirimkan ke circle hanya bisa dilihat dan ditanggapi oleh orang-orang yang kamu masukkan ke circle kamu tsbt.

Kamu bisa memasukkan hingga 150 orang dalam Twitter Circle. Orang yang tidak kamu ikuti atau tidak saling follow di Twitter bahkan bisa kamu tambahkan kedalam Circle.

Simpel ya?

Kelebihannya cukup jelas ya.

Sesuai fungsinya, kamu bisa gunakan fitur ini untuk membahas topik tertentu dengan orang tertentu yang kamu inginkan. Ini karena saat kamu akan mengirim tweet, kamu bisa memilih circle yang kamu buat tsbt.

Baca juga :  Cara Menghapus History Pencarian di Twitter (di HP dan PC)

Untuk kekurangannya, kamu tidak bisa membagikan atau me-retweet postingan yang telah kamu kirimkan ke circle tadi secara bebas. Oiya satu lagi. Kalau kamu sudah dimasukkan kedalam Circle, kamu tidak dapat keluar sendiri dari Circle. Kamu hanya bisa membisukan tweet jika tidak ingin ikut berpartisipasi dalam Circle.

Membuat postingan baru ke Twitter Circle

Pastikan kamu sudah update aplikasi Twitternya. Jika belum, silahkan update terlebih dahulu aplikasinya di Play Store. Selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah dibawah.

  1. Buka aplikasi Twitter kamu.
  2. Tap ikon plus, lalu pilih menu “Tweet” untuk mulai membuat Tweet.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 1
  1. Dihalaman pembuatan tweet tap tombol “semua orang”.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 3
  1. Muncul pilihan menu seperti dibawah. Kemudian pilih opsi “Twitter Circle”.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 5
  1. Setelah memilih “Twitter circle”, silahkan isi tweet.
  2. Tap “Tweet” untuk mengirim tweet tsbt.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 7
  1. Selesai. Berikut tampilan tweet yang dikirimkan ke circle. Ada penjelasannya dibagian bawah bahwa hanya orang di circle kita saja yang bisa melihat tweet tsbt.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 9

Membagikan tweet orang lain ke Twitter Circle

  1. Tentukan postingan mana yang ingin kamu retweet kedalam Circle.
  2. Pilih ikon retweet untuk membagikan postingan tersebut.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 11
  1. Kemudian pilih “Kutip Tweet” untuk membagikan postingan tersebut dalam bentuk kutipan Tweet.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 13
  1. Disini pilih “Semua orang”, di sebelah kiri atas atau seperti yang aku beri tanda panah. Maka nanti akan muncul pilihan.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 15
  1. Selanjutnya pilih “Twitter Circle”.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 17
  1. Silahkan tambahkan komentar kamu. Selanjutnya bisa langsung tap tombol “Retweet”
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 19
  1. Selesai. Tampilan dibawah adalah tampilan Re-tweet yang dikirimkan ke circle kamu. Ada juga penjelasan dibawahnya bahwa tweet tsbt hanya bisa dilihat anggota circle saja.
Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 21

Menambahkan atau menghapus anggota circle kamu

Untuk menambahkan atau menghapus anggota circle, kamu perlu masuk kehalaman “Edit Twitter Circle Anda”, dan mengeditnya disana.

Baca juga :  11+1 Akun Twitter Lucu untuk Dosis Humor Harian Kamu

Kamu cuma perlu masuk ke kotak pemilihan audiens seperti dibawah. Selanjutnya kamu tinggal tap tombol “Edit” disebelah menu “Twitter Circle”.

Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 5

Selesai. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman “Edit Twitter Circle Anda” seperti dibawah.

Pada tab “Disarankan” terlihat nama-nama pengguna Twitter yang bisa kamu pilih. Sedangkan pada tab “Twitter Circle” terlihat nama anggota yang tergabung ke circle kamu.

Silahkan tambah atau hapus anggota Circle sesuai keinginan kamu. Jangan lupa tap “Selesai” jika sudah, untuk menyimpan perubahannya.

Ohya, selain melalui laman pemilihan audiens tadi, kamu juga bisa masuk ke halaman “Edit Twitter Circle Anda” melalui ikon yang ada di Tweet/retweet yang kamu kirimkan ke circle tsbt.

Sebagai contoh, untuk tweet sebelumnya, kamu bisa tap ikon “lingkaran hijau, yang ada disebelah informasi terkait circle tsbt. Setelah muncul informasi terkait circle seperti dibawah, kamu tinggal tap “Edit Twitter Circle”.

Tidak menemukan fitur circle di Twitter?

Saat tulisan ini ditulis, circle masih belum tersedia untuk semua orang. Jadi jika kamu tidak menemukannya diakun kamu, kamu hanya bisa bersabar menunggu.

Berdasarkan informasi dari Pusat Bantuan Twitter, fitur ini masih dalam tahap pengujian dan hanya sekelompok orang dalam jumlah terbatas yang diberi akses fitur ini.

Apa itu Twitter Circle dan cara menggunakannya 33

Admin : Aku cek dua akunku, tidak ada menu terkait circle sama sekali.


Itulah pembahasan tentang Twitter Circle. Jika kamu dimasukkan dalam sebuah Circle, kamu tidak akan bisa keluar sendiri dari Circle. Jadi ya kamu hanya bisa membisukan saja Tweetnya.

Setidaknya hal itu yang bisa aku testing sejauh ini, kedepannya hal ini bisa berubah mengingat fitur ini masih dalam tahap “pengujian” oleh pihak Twitter.

Baca juga :  Cara mengubah tampilan twitter jadi gelap dengan dark mode

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini. Kalau ada pertanyaan tentang fitur Twitter Circle ini, silahkan tanyakan di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.