Membersihkan timeline twitter dengan fitur membisukan kata (muted word)

Pernah nggak kamu merasa bosan scrolling timeline twitter kamu? Atau mungkin lebih parah lagi, pernah nggak kamu merasa kesel membaca postingan akun-akun yang kamu ikuti? Pasti pernah kan.

Ada banyak alasan kenapa kamu sampai merasa males membuka twitter, salah satunya karena timeline kamu kotor dan tidak menarik. Atau anak twitter seringnya menyebut ‘toxic’. Tidak dalam arti literal kotor pastinya, apalagi beracun. Maksudnya disini postingan yang beredar dan memenuhi timeline kamu itu kebanyakan membicarakan hal-hal negative atau hal yang sama berulang-ulang.

Sebagai contoh kasus, beberapa waktu yang lalu dunia social media nusantara sempat dihebohkan oleh kasus ‘Bowo’ dan aplikasi TikTok. Tidak hanya di facebook dan instagram, warga twitter yang memang dikenal suka berkomentar pun ikut tergoncang. Pasalnya banyak sekali netizen yang merasa punya unek-unek untuk disampaikan terkait setiap ada update baru mengenai oknum tersebut. Banyak yang mendukung, lebih banyak yang menghujat dan lebih banyak lagi yang menanggapinya dengan bercanda sebagai hiburan belaka. Lalu apa hubungannya dengan timeline twitter yang membosankan dan menguras perasaan? Hubungannya tentu baik-baik saja. Secara sederhana, sebenarnya tidak perlu cuitan negatif yang membuat kita jengah scrolling timeline twitter. Pendapat positif bisa membuat capek pikiran kalau semua orang memposting bahasan yang sama berkali-kali dan berulang-ulang.

Nah dari contoh kasus inilah kita bisa memanfaatkan fitur twitter yang berfungsi sebagai filter konten untuk menyelamatkan timeline kamu. Fitur ini dinamakan ‘muted words’ atau dalam bahasa indonesia dialihnamakan menjadi ‘bisukan kata’. Tujuan utamanya tentu untuk menyajikan pengalaman terbaik bagi pengguna setia Twitter. Cara kerjanya yaitu dengan menyensor dan menyaring tweet yang mengandung kata kunci tertentu. Pengguna diberi kebebasan untuk mengatu kata apa saja yang ingin di sensornya.

Fitur ini bisa dibilang bagian dari pengaturan ‘safe mode’ dengan variasi aturan yang dapat diubah sesuai kebutuhan setiap pengguna. Jika mode ‘safe mode’ hanya membatasi postingan yang mengandung konten – konten nsfw (not safe for work), fitur ‘muted words’ ini bisa membatasi konten apa saja yang mengandung kata-kata tertentu agar tidak ditayangkan di timeline kamu. Misalnya saja kamu punya phobia sama ular dan tidak ingin melihat ada postingan apapun yang berisi tentang ular. Dengan mengaktifkan fitur ini untuk kata kunci ‘ular’ maka kamu bisa aman berselancar di timeline twittermu. Atau bisa kita ambil contoh kasus diatas sebelumnya, masukkan kata kunci ‘TikTok’ maka kamu tidak perlu lagi melihat cuitan tentang aplikasi ini di halaman timeline kamu, dengan begitu kamu bisa berfokus ke tweet lain yang lebih penting yang diposting oleh akun-akun yang kamu ikuti.

Sudah mengerti ‘kan tentang penjelasan singkat dan cara kerja fitur ini? Sekarang yuk kita intip langkah-langkahnya.

– Pertama, pikirkan dan tentukan kata kunci apa yang tidak ingin kamu lihat di timelinemu.
Sebagai contoh : kita akan praktek membisukan kata-kata binatang yang sering digunakan netizen untuk saling menghujat. Kita pilih ‘kucing’ sebagai kata kunci yang ingin disensor.

– Selanjutnya langsung ke pengaturan.
Geser layar sebelah kirimu kearah kanan sampai terbuka halaman pop-up profilemu dan scroll kebawah sampai menemukan pilihan “setting and privacy”. Tap pilihan tersebut dan kamu akan diarahkan ke halaman baru. Tap pada pilihan “Privacy and safety”.

– Karena fitur ini termasuk di pengaturan tentang keamanan atau safety. Scroll kebawah sampai kamu temukan pilihan ‘muted words’, tap pilihan tersebut dan kamu akan diarahkan ke halaman baru lagi.

– Di halaman ini, jika kamu belum pernah mengaktifkan fitur “muted word” maka halaman ini masih kosong. Namun akan tertera penjelasan dari twitter yang kira-kira artinya seperti ini “Ketika Anda membisukan kata-kata, Anda tidak akan dapat melihatnya di notifikasi dan timeline Anda”. Maksudnya disini, semua postingan yang mengandung kata kunci tersebut tidak akan ditampilkan untukmu.

– Untuk menambahkan kata baru, tap pada bagian kanan bawah yang disimbolkan oleh tanda plus didalam lingkaran dan kamu akan disajikan halaman baru lagi.

– Halaman yang dinamakan “Add muted word” inilah tempatnya kamu menambahkan kata-kata baru yang tidak ingin kamu lihat. Sebagai catatan tambahan, kamu bisa memasukkan kata kunci tidak hanya satu kata tapi bisa juga berupa frasa (gabungan beberapa kata), handle akun twitter dan juga hashtag. Kamu harus memasukkannya satu persatu, jangan khawatir kamu bisa menghapus dan menambahkan kata kunci yang ingin kamu sensor kapanpun.

– Pada contoh gambar dibawah ini, saya masukkan kata kunci ‘kucing’. Dibawahnya terdapat pilihan yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Pada bagian bawah terdapat tiga pengaturan tambahan:
o Home timeline : jika diaktifkan berarti kamu tidak akan melihat konten yang mengandung kata kunci tersebut ketika kamu sedang scrolling timeline. Secara otomatis semua konten dengan kata kunci itu disensor dan tidak ditayangkan untukmu.
o Notifications : jika diaktifkan maka twitter tidak akan menampilkan notifikasi yang mengandung kata kunci yang kamu bisukan. Karena pengaturan pertama hanya menyembunyikan konten dari timelinemu sehingga ada kemungkinan kamu masih dapat melihat konten dengan kata kunci tersebut melalui orang lain yang tidak kamu follow.
o Duration : For how long?  ini adalah untuk memberikan pilihan akan berapa lama kamu tidak ingin melihat kata kunci tersebut di timeline atau notifikasimu. Pilihan yang disediakan yaitu
 Forever : Selamanya
 24 hours from now : 24 jam dari sekarang
 7 days from now : 7 hari dari sekarang
 30 days from now : 30 hari dari sekarang

o Untuk beberapa kasus seperti gosip yang hanya numpang lewat dan meledak sementara, kamu bisa memilih pengaturan yang kedua atau ketiga. Setelah melewati waktu yang ditentukan, kata kunci tersebut akan otomatis hilang dari daftar ‘muted words’ kamu. Tapi untuk kasus seperti karena ada phobia dimana kamu memang tidak ingin melihat konten yang berisi kata kunci tersebut, maka pilihan pertama adalah yang terbaik.

o Jika sudah yakin dengan kata kunci dan semua pengaturannya, kamu hanya perlu menekan tombol ‘save’ yang terletak di sebelah kanan atas dan secara otomatis timeline twittermu hanya akan menampilkan konten-konten yang bisa kamu nikmati.

Sekian info singkat dari saya, selamat mencoba. 

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar