Cara mudah promosi praktis dengan Instagram Ads lewat smartphone kamu

Maraknya jualan online di Instagram yang sangat mejanjikan membuat setiap orang ingin ikut berpartisipasi di dalamnya. Jangkauan market place yang luas memberikan peluang bagi setiap pemilik online shop untuk melebarkan sayap hingga ke seluruh dunia.

Namun, untuk mencapai target itu pemilik online shop harus sedikit berkorban, baik waktu ataupun uang. Biasanya untuk menjangkau pasar, mereka menggunakan jasa paid promote atau endorse dari akun-akun yang telah memilki ribuan followers dengan biaya yang bervariasi, berkisar puluhan ribu hingga jutaan.

Jika kamu ingin terjun di dunia online shop, jangan khawatir karna saat ini instagram telah memiliki layanan Instagram Ads yang memudahkan kamu untuk beriklan, tanpa takut kena tipu.

Pengunaan Instagram Ads sendiri pada dasarnya tidak jauh berbeda dari Facebook Ads yang telah di jelaskan pada tulisan sebelumnya. Karena layanan instagam ini telah terintegrasi dengan Facebook dan bisa di manage dalam  satu akun ad manager. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai cara dan tips promosi dengan Instagram Ads menggunakan aplikasi Instagram.

Yuk kita simak cara selengkapnya.

Cara mudah memasang iklan di Instagram melalui aplikasi Instagram

Hal pertama yang harus kamu miliki ketika akan memasang iklan di Instagram adalah memiliki akun Instagram dan di set sebagai akun bisnis.

1. Log in ke akun Instagram

Setelah memiliki akun Instagram di smartphone, kamu bisa log in dan memastikan bahwa akun kamu dalam kondisi tidak di set private pada bagian option. Selanjutnya pilih Switch to Business Profile pada menu yang sama untuk menjadikan profil kamu menjadi profil bisnis. Hal ini bisa dibaca lebih detail di tulisan sebelumnya mengenai cara membuat akun Instagram Bisnis.

2. Klik tombol promote yang ada di profile dan pilih foto atau post yang akan kamu promote

Pemilihan foto maupun video yang tepat dan caption yang sesuai akan menarik audience untuk mengunjungi akun bahkan membeli produk kamu. Jadi, pastikan bagian ini mendapat perhatian lebih dan harus dipersiapkan dengan baik.

Selain foto dan video, saat ini iklan dapat dilakukan dengan format carousel yang berisi 2 atau lebih scrollable foto atau video, slide show untuk menampilkan looping multiple image, canvas dan stories.

3. Pilih action button yang akan kamu gunakan

Action button ini berfungsi mengarahkan audience untuk menjangkau bisnis kamu, bisa dengan mengunjungi website pada pilihan visit your website atau menghubungimu jika kamu memilih opsi Call and visit your business.

Opsi Call and Visit your business lebih sesuai digunakan untuk kamu yang memiliki toko fisik. Ada dua opsi yang bisa kamu pilih, yaitu get direction untuk menampilkan penunjuk arah menuju toko dan call untuk berinteraksi melalui telfon.

4. Atur target audience iklan

Pilih Create your own pada menu audience.

Isikan nama iklan, lokasi target pasar, interest, range usia dan jenis kelamin. Target lokasi sangat penting karna jika tidak diisi secara spesifik maka penayangan iklan akan tersebar secara acak. Untuk interest, usia dan jenis kelamin sesuaikan dengan jenis usaha yang kamu miliki, usahakan sespesifik mungkin. Jika sudah terisi semua, klik tanda Ceklist () biru di ujung kanan atas.

5. Mengatur budget dan durasi iklan

Sesuaikan budget dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Pada Instagram Ads ini, budget minimal yang dipatok untuk satu hari iklan adalah Rp 10.000.

Pilih besarnya budget yang kamu inginkan, atau atur besarnya biaya yang kamu mau dengan memilih set your own. Begitu juga dengan durasi iklan akan di publish. Jika sudah terisi semua, klik tanda panah (→) biru di ujung kanan atas.

6. Review Order

Cek kembali iklan yang kamu buat beserta budget dan target audiencenya, jika sudah oke tekan ceklist (√)biru di kanan atas, maka iklan akan direview. Setelah di terima, kemudian iklan akan di publish setelah pembayaran.

Jika kamu telah menggunakan Facebook Ads sebelumnya, maka prepaid balance akan bersumber dari facebook, dan metode pembayaran dapat diubah sewaktu-waktu melalui menu option àpayment. Metode pembayaran Instagram Ads saat ini hanya tersedia dengan metode Credit dan Debit Card, jika kamu ingin menggunakan metode ATM atau Bank Transfer kamu bisa mengaturnya melalui Ads Manager.

Setelah ter-publish di bagian bawah foto akan ada tombol View Insights, dimana kamu bisa melihat

  • Impression : seberapa banyak iklan dilihat,
  • click : jumlah klik post, dan
  • cost per click : jumlah budget yang telah dihabiskan untuk perbanyaknya klik.

Instagram Ads dapat dikelola melalui beberapa cara

  • Di dalam aplikasi Instagram, seperti cara yang telah aku jelaskan dalam tulisan ini,
  • Ads Manager, sama halnya dengan Facebook, Instagram Ads juga bisa di manage dengan Ads Manager . Kamu juga bisa mengintegrasikan iklan dikedua media sekaligus.
  • Power Editor, cara ini digunakan untuk mengelola iklan yang jumlahnya cukup banyak dalam satu waktu. Namun Power editor hanya tersedia untuk versi desktop.
  • Instagram Partners,  cocok untuk kamu yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengelola akun dan iklan di Instagram. Cara ini akan membantu kamu dalam mempersiapkan materi iklan hingga pengelolaannya. Tentunya cara ini membutuhkan budget yang lebih banyak.
Share woy :D

This Post Has 29 Comments

  1. Avatar

    Thank you informasi nya.. sangat bermanfaat (: Sangat membantu

  2. Avatar

    kok yang aku gak muncul ya gan instagram adsnya hanya muncul instagram doangan om

  3. Avatar

    kenapa kalo tiap kali promote melalu instagram selalu Not Approved padahal akun instagram sdh bisnis dan connect ke page facebook, pihak facebook/instagram selalu mengatakan “iklan Anda tidak disetujui karena tidak mengikuti Kebijakan Periklanan kami. Kami berhak menolak iklan yang kami anggap bertentangan dengan tujuan ini” nah saya ga tau iklan saya salahnya dimana ? tolong penjelasannya yaa plisssss 🙁

    1. Avatar

      ya itu udh dijawab sama instagramnya mas, bahwa iklan tidak disetujui karna melanggar.

      aku sendri pernah iklan ga disetujui di facebook ads, itu karna iklannya score relevansinya rendah bgt, mereka anggap iklannya jelek gitu, ga mungkin di klik orang atau gmana, akhirnya ditolak..

      memang harus bener2 belajar lebih dalem sebelum mulai ngiklan mas, ga cuma peraturan mereka, tapi juga kemampuan untuk bikin iklan itu sendiri..

  4. Avatar

    Rekan bukugue.com
    saya berdomisili di Jakarta,
    setelah baca artikel2 Rekan dan masih belum bisà praktekkan,
    apakah bisa saya kursus offline dengan Rekan,
    untuk cara buka akun business manager facebook dan belajar ber iklan instagram dengan banyak gambar (selama ini hanya dgn 1 gambar yang bisa di promote).
    Terima kasih.
    Mariani 0815 1037 xxxx

    (admin note: no hp aku sensor)

    1. Avatar

      kalau untuk tutorial ada bnyk banget di internet mas…

      aku sendiri hanya tau sedikit teknikal nya aja, tapi ga ahli dalam hal ini..

  5. Avatar

    mantap ? mudah dipahami dan bermanfaat

  6. Avatar

    Nuhun kanh

  7. Avatar

    Terima kasih atas infonya gan

  8. Avatar

    Masalah anggaran itu akan terpotong sendirinya dari no. Atm yang telah didaftarkan apa gimana gan?

    1. Avatar

      aku sendiri belum pernah nyoba iklan di instagram mas, ini tulisan salah seorang penulis ku.. tapi aku udh pernah coba iklan di facebook.. setauku harus top up dulu uang ke akun nya, uang tsbt akan jadi saldo(balance) di akun yng bisa dipake untuk iklan.

      kemungkinan besar sama juga dngn di instagram,

  9. Avatar

    Kak bayar via atm gimana?

  10. Avatar

    Gan kalau promosi pakai kartu debit, apakah saldo rekening debit bank kita akan terpotong otomatis atau gimana gan ?

  11. Avatar

    mcm mana nak delete balik…sebab website yg diletakkan salah..boleh bagi jawapan?

  12. Avatar

    Saya sudah beberapa kali menggunakan fitur promosi di instagram menggunakan metode pembayaran debit card mandiri, dan selalu berhasil di approve. Tapi sampai saat ini kenapa saldo debit mandiri sy tidak terpotong ya? Apakah ditagihkan tiap bulan? Mohon dibantu pencerahannya

    1. Avatar

      saya juga kak, sudah beberapa kali posting metode debit mandiri saldo tidak berkurang

    2. Avatar

      bagus dong, ga kurang salldo nya..haha..

      aku kurang tau sih bos, pernah coba waktu itu fb ads, itupun sistem top-up…

      udh cek dgn bener? trus itu saldo ga berkurang, bisa dipake ngiklan? klo ga bisa sama juga bohong kan…

    3. Avatar

      iya bang knp ya aku juga bisa promosi pdhl gak ada saldo, itu jd gmn tuh yaaa? kira2 beneran ngiklan apa nggak

    4. Avatar

      harusnya engga sih, perhatiin lagi, klo di fb kadang kita diliatin contoh iklan dari post kita dipajang, tpi yg liat cma bisa kita sendiri..bukan konsumsi publik…

  13. Avatar

    “Metode pembayaran Instagram Ads saat ini hanya tersedia dengan metode Credit dan Debit Card, jika kamu ingin menggunakan metode ATM atau Bank Transfer kamu bisa mengaturnya melalui Ads Manager.”

    Mau tanya Ads Manager di bagian mana ya? Atau ada yg punya pengalaman pake metode ATM atau bank transfer bayar Instagram Ads nya, mohon pencerahannya terima kasih.

  14. Avatar

    Mau tanya dong.. Pembayaran dengan kartu debit. Apakah dibayar di awal ataukah di akhir?

    1. Avatar

      aku ga pernah coba mas, harusnya di akhir sama seperti kartu kredit.. cmiiw..

  15. Avatar

    akun instagram udah aku setting ke profil bisnis. Tp tiap kali mau iklan disuruh konek ke fb jadi mesti buka email dan password. Setelah masukin email dan password fb malah masuk ke fb nggak ngapa-ngapain lagi, mentok di fb doank, kaya kita cuma buka fb aja dan g konek apa2 ke instagramnya. Ini gimana yah mas? mohon petunjuk. Thx

  16. Avatar

    Iya sama saya sdh ngiklan beberapa kali, tp saldo balance di FB page tidak berkurang.. alias gratis. Trus saldo di rek mandiri juga tdk kepotong.

  17. Avatar

    Pas saya nyampe di opsi pembayaran malah kartu saya di tolak. Pake debit bri. Knpa yaa?,

  18. Avatar

    Kenapa saya coba mata uangnya yg keluar euro ya bukan rupiah 🙄

  19. Avatar

    saya coba iklan di instagram tapi status nya menunggu persetujuan ..itu mksd nya apa yah ?? udah sehari juga sih status nya menunggu persetujan ..itu tuh artinya blm di publish or gmn y ..tlg bantu jawab dong

    1. Avatar

      aku pernah coba iklan di fb ads mas (ig ga pernah, tapi mengingat fb dan ig itu sama yang punyanya, harusnya ga jauh beda aturannya), memang ada proses review dulu mas, apalagi klo akun kita akun baru, atau pernah melanggar ketentuan iklan sblumnya…
      pastiin untuk bener2 baca semua syarat dan ketentuan iklan disana mas..

      contohnya di fb ads, klo iklan yang kita bikin di nilai jelek, artinya kecil banget kemungkinan di klik org, ini biasa nya ga di terima klo kita bikin iklan yang bayarnya per klik.. cmiiw…

Tinggalkan Balasan