Cara mudah promosi praktis dengan Instagram Ads lewat smartphone kamu

Maraknya jualan online di Instagram yang sangat mejanjikan membuat setiap orang ingin ikut berpartisipasi di dalamnya. Jangkauan market place yang luas memberikan peluang bagi setiap pemilik online shop untuk melebarkan sayap hingga ke seluruh dunia.

Namun, untuk mencapai target itu pemilik online shop harus sedikit berkorban, baik waktu ataupun uang. Biasanya untuk menjangkau pasar, mereka menggunakan jasa paid promote atau endorse dari akun-akun yang telah memilki ribuan followers dengan biaya yang bervariasi, berkisar puluhan ribu hingga jutaan.

Jika kamu ingin terjun di dunia online shop, jangan khawatir karna saat ini instagram telah memiliki layanan Instagram Ads yang memudahkan kamu untuk beriklan, tanpa takut kena tipu.

Pengunaan Instagram Ads sendiri pada dasarnya tidak jauh berbeda dari Facebook Ads yang telah di jelaskan pada tulisan sebelumnya. Karena layanan instagam ini telah terintegrasi dengan Facebook dan bisa di manage dalam  satu akun ad manager. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai cara dan tips promosi dengan Instagram Ads menggunakan aplikasi Instagram.

Yuk kita simak cara selengkapnya.

Cara mudah memasang iklan di Instagram melalui aplikasi Instagram

Hal pertama yang harus kamu miliki ketika akan memasang iklan di Instagram adalah memiliki akun Instagram dan di set sebagai akun bisnis.

1. Log in ke akun Instagram

Setelah memiliki akun Instagram di smartphone, kamu bisa log in dan memastikan bahwa akun kamu dalam kondisi tidak di set private pada bagian option. Selanjutnya pilih Switch to Business Profile pada menu yang sama untuk menjadikan profil kamu menjadi profil bisnis. Hal ini bisa dibaca lebih detail di tulisan sebelumnya mengenai cara membuat akun Instagram Bisnis.

2. Klik tombol promote yang ada di profile dan pilih foto atau post yang akan kamu promote

Pemilihan foto maupun video yang tepat dan caption yang sesuai akan menarik audience untuk mengunjungi akun bahkan membeli produk kamu. Jadi, pastikan bagian ini mendapat perhatian lebih dan harus dipersiapkan dengan baik.

Selain foto dan video, saat ini iklan dapat dilakukan dengan format carousel yang berisi 2 atau lebih scrollable foto atau video, slide show untuk menampilkan looping multiple image, canvas dan stories.

3. Pilih action button yang akan kamu gunakan

Action button ini berfungsi mengarahkan audience untuk menjangkau bisnis kamu, bisa dengan mengunjungi website pada pilihan visit your website atau menghubungimu jika kamu memilih opsi Call and visit your business.

Opsi Call and Visit your business lebih sesuai digunakan untuk kamu yang memiliki toko fisik. Ada dua opsi yang bisa kamu pilih, yaitu get direction untuk menampilkan penunjuk arah menuju toko dan call untuk berinteraksi melalui telfon.

4. Atur target audience iklan

Pilih Create your own pada menu audience.

Isikan nama iklan, lokasi target pasar, interest, range usia dan jenis kelamin. Target lokasi sangat penting karna jika tidak diisi secara spesifik maka penayangan iklan akan tersebar secara acak. Untuk interest, usia dan jenis kelamin sesuaikan dengan jenis usaha yang kamu miliki, usahakan sespesifik mungkin. Jika sudah terisi semua, klik tanda Ceklist () biru di ujung kanan atas.

5. Mengatur budget dan durasi iklan

Sesuaikan budget dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Pada Instagram Ads ini, budget minimal yang dipatok untuk satu hari iklan adalah Rp 10.000.

Pilih besarnya budget yang kamu inginkan, atau atur besarnya biaya yang kamu mau dengan memilih set your own. Begitu juga dengan durasi iklan akan di publish. Jika sudah terisi semua, klik tanda panah (→) biru di ujung kanan atas.

6. Review Order

Cek kembali iklan yang kamu buat beserta budget dan target audiencenya, jika sudah oke tekan ceklist (√)biru di kanan atas, maka iklan akan direview. Setelah di terima, kemudian iklan akan di publish setelah pembayaran.

Jika kamu telah menggunakan Facebook Ads sebelumnya, maka prepaid balance akan bersumber dari facebook, dan metode pembayaran dapat diubah sewaktu-waktu melalui menu option àpayment. Metode pembayaran Instagram Ads saat ini hanya tersedia dengan metode Credit dan Debit Card, jika kamu ingin menggunakan metode ATM atau Bank Transfer kamu bisa mengaturnya melalui Ads Manager.

Setelah ter-publish di bagian bawah foto akan ada tombol View Insights, dimana kamu bisa melihat

  • Impression : seberapa banyak iklan dilihat,
  • click : jumlah klik post, dan
  • cost per click : jumlah budget yang telah dihabiskan untuk perbanyaknya klik.

Instagram Ads dapat dikelola melalui beberapa cara

  • Di dalam aplikasi Instagram, seperti cara yang telah aku jelaskan dalam tulisan ini,
  • Ads Manager, sama halnya dengan Facebook, Instagram Ads juga bisa di manage dengan Ads Manager . Kamu juga bisa mengintegrasikan iklan dikedua media sekaligus.
  • Power Editor, cara ini digunakan untuk mengelola iklan yang jumlahnya cukup banyak dalam satu waktu. Namun Power editor hanya tersedia untuk versi desktop.
  • Instagram Partners,  cocok untuk kamu yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengelola akun dan iklan di Instagram. Cara ini akan membantu kamu dalam mempersiapkan materi iklan hingga pengelolaannya. Tentunya cara ini membutuhkan budget yang lebih banyak.