Cara membuat swipe up di Instagram tanpa 10K follower

Pengen kelihatan kaya selebgram? Mau coba buat Swipe Up di Instagram Story? Gimana ya caranya biar keren ? heheh

Tenang mimin punya cara mudah untuk buat swipe up di IG Story walaupun followers kamu belum 10K.

Fitur swipe Up ini juga bisa kamu manfaatkan loh buat menaikkan trafik website kamu, soalnya swipe up ini bisa mengarahkan para followers kamu untuk mengunjungi website milikmu melalui link yang kamu bagikan.

Nah… fitur swipe up link di instagram story bisa kamu gunakan jika instagram kamu adalah akun bisnis dan punya lebih dari 10k follower. Jadi, fitur ini sebenarnya sangat cocok buat kalian yang mempunyai blog ataupun property internet lainnya.

Cara “buat swipe up” di instagram tanpa 10k follower

[Langkah pertama] Akun instagram kamu harus kamu rubah dulu gaes dari akun personal menjadi akun bisnis.

Untuk cara lengkapnya kamu klik disini aja. Disana udah pernah dijelasin panjang lebar bagaimana merubah akun instagram personal menjadi akun bisnis.

Mimin juga ingin ingetin sekali lagi, jika kamu ingin menggunakan fitur “swipe up”, kamu harus ingat dua rules yakni memiliki 10.000 followers dan akun bisnis. Dari kedua rules tersebut kalau kamu tidak memenuhi, maka fitur swipe up tidak bisa kamu gunakan.

Tapi kalau kamu masih keukeuh pengen coba fitur ini, tenang gaes mimin bisa akalin kok. Hehehe  Trik nya ikuti langkah dibawah ini ya gaes :

[Langkah kedua] Buat video berdurasi 15 detik atau lebih untuk di upload di IGTV

Loh kok bikin video buat IGTV sih min? kan aku maunya bikin fitur Swipe up di IG Story? Santai gaes simak dulu ya penjelasannya Hehehe

Karena tautan URL pada insta story akun bisnis sudah di blokir oleh instagram maka alternatif untuk membuat fitur swipe up adalah melalui IGTV. Agak ribet sih memang tapi kita coba yuk, biar keren kaya selebgram. Ribet dikit gapapalah ya biar bisa swipe up hehehe

Caranya membuat video IGTV adalah sebagai berikut :

  • Sediakan video berdurasi 15 detik atau lebih untuk kamu upload di IGTV kamu.
  • Kemudian masuk akun Instagram kamu, Klik dikanan atas beranda ikon IGTV atau buka aplikasi IGTV
  • Klik ikon + dan Pilih video yang akan kamu unggah kemudian klik Next Atau Berikutnya
  • Klik dan geser gambar pada bawah layar smartphone kamu untuk memilih gambar sampul (Jika video ingin diberi gambar sampul jika tidak kamu bisa skip poin ini) kemudian Klik Next atau Berikutnya.
  • Pada kolom Judul dan Deskripsi, kamu bisa tulis judul yang kamu inginkan dan pada kolom deskripsi kamu tulis alamat URL Web Blog, Youtube, atau apapun itu yang ingin kamu Swipe Up nantinya di IG Story.
  • Klik Posting dan tunggu Video IGTV kamu selesai terunggah.

[Langkah ketiga] Mulai membuat instagram story. Disini kamu perlu memilih gambar terlebih dahulu. Setelah kamu pilih gambar untuk di upload di IG Story, kamu bisa menambahkan Stiker GIF Swipe UP agar semakin keren.

[Langkah keempat] Klik ikon link (Ikon rantai) dilaman pembuatan instastory tadi. selanjutnya tautkan video IGTV dengan instastory kamu.

Jika sudah selesai menautkann video igtv ke instagram story tadi, jangan lupa tap centang untuk menyimpan pengaturan.

[Langkah kelima] Setelah berhasil membuat story dan menautkan video igtv ke story tersebut. Barulah publish storynya.

Sekarang story kamu yang telah terpublish sudah ada link swipe up / See More. Ketika kamu Swipe Up IG Story maka otomatis akan masuk pada video IGTV yang telah kamu tautkan, kemudian saat kamu ketuk pojok kiri atas akan muncul alamat web yang sudah kamu tulis di deskripsi video IGTV kamu.

Nah… Ketika kamu kik Alamat Web Tersebut maka secara otomatis instagram akan mengarahkan ke jendela alamat Web yang sudah kamu isikan.

Bagaimana? kamu sudah berhasil membuat “swipe up” versi “susah” tapi tidak perlu 10k follower tadi kan?

Lalu apakah ada cara lain untuk menggunakan fitur swipe up jika followers kamu tidak sampai 10.000? tanpa mengikuti langkah ribet diatas?

Sayangnya sampai saat ini fitur swipe up belum bisa digunakan oleh akun personal dan followersnya yang sedikit. Fitur tersebut hanya bisa digunakan pada akun bisnis (bussines Profile) dan harus memiliki minimal 10.000 followers atau lebih. Jika kamu benar-benar serius ingin promosi di instagram, maka langkah pertama adalah meningkatkan jumlah follower kamu.


Nah… itu dia gaes cara membuat swipe up di instagram story ala mimin. Bagaimana “mudah” bukan ? Semoga bermanfaat ya gaes!

Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan