Voice note WhatsApp tidak bisa dibuka atau diputar? ini penyebab dan solusinya

Sebelumnya aku sudah bahas terkait masalah voice note yang suaranya kecil sekali, kali ini aku akan bahas terkait kenapa voice note tidak bisa diunduh atau dibuka sama sekali.

Langsung saja, kita mulai dari sebabnya, baru setelah itu masuk kesolusinya.

Seperti biasa, disini aku menulis berdasarkan pemahamanku terhadap topik ini, jadi jika ada sebab dan solusi lain yang teman-teman tau, jangan ragu untuk menambahkannya dikolom komentar. Harapannya teman-teman lainnya bisa terbantu.

Penyebab voice note WhatsApp tidak bisa di unduh ataupun di buka

Berikut beberapa penyebab kenapa voice note tidak bisa diputar,

  1. Voice note bermasalah atau corrupt dari sumbernya.
  2. Voice note tidak terdownload karena jaringan internet yang jelek (kecil kemungkinannya)
  3. Voice note tidak terdownload karena memori penyimpanan penuh (ini juga kecil kemungkinan terjadinya)
  4. Error atau bug dari WhatsApp-nya sendiri.

Setidaknya itu yang aku tau. Aku juga sudah cari di forum diskusi dalam dan luar negeri, tidak banyak pembahasan terkait masalah ini memang. Bisa dibilang masalah ini langka terjadi.

Solusi untuk voice note WhatsApp yang tidak bisa dibuka atau diputar

Langsung saja, kita bahas solusinya satu-per-satu.

1. Minta pengirim untuk cek apakah voice notenya bisa diputar

Jika kamu dapat satu voice note yang tidak bisa diputar sementara voice note lainnya bisa diputar, ada kemungkinan masalahnya bersumber dari satu voice note tsbt.

Saranku bisa minta pengirim coba mendengarkan voice note miliknya, atau minta dia mengirimkan voice note baru, lihat apakah ada masalah.

Ini karena bisa jadi voice note yang dikirim pengirim bukan dibuat langsung di WhatsApp, tapi direkam dengan aplikasi diluar WhatsApp. Ada banyak ya aplikasi recorder seperti ini, ada yang fungsinya menambahkan efek, seperti yang dijelaskan ditulisan “Cara membuat voice note dengan efek suara unik“, dll. Dan dari sekian banyak aplikasi, bisa jadi ada yang tidak kompatibel.

2. Pastikan koneksi internet kamu baik.

Voice note adalah jenis file yang tergolong ringan. Jadi seharusnya kalau voice notenya hanya beberapa detik, akan tetap terdownload meskipun jaringan kamu dalam keadaan jelek.

Namun jika voice note cukup panjang, dan kondisi jaringan memang sedang buruk-buruknya, bukan tidak mungkin voice note yang panjang tidak terdownload semua, sehingga tidak bisa dibuka.

Saranku adalah cek apakah kondisi internet memadai, bisa coba tonton video di Youtube, cek apakah bisa diputar.

Jika tidak bisa, artinya ada masalah dengan koneksi internet kamu. Berikut beberapa hal yang bisa kamu coba,

  • Pertama adalah refresh jaringan, bisa dengan menyalakan lalu mematikan mode pesawat atau dengan restart ponsel kamu.
  • Kedua adalah bisa coba pindah lokasi ketempat yang lebih terbuka sehingga sinyal tidak terhalang.
  • Ketiga adalah coba ganti jaringan, misalnya ke jaringan Wifi atau ke jaringan internet provider lain

3. Kurangi beban memori penyimpanan baik itu penyimpanan internal maupun SD card.

Ini kecil kemungkinan terjadi mengingat ukuran file voice note kecil, namun hal ini pernah dibahas dihalaman FAQ WhatsApp sebagai hal yang bisa menyebabkan proses download media (foto/video) terhalang, dan aku rasa kalau media foto dan video bisa terhalang, voice note pun seharusnya juga bisa terhalang jika memori penyimpanan benar-benar penuh.

Yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi beban memori adalah, beberapa diantaranya adalah,

  • Menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan.
  • Menghapus foto dan video dari galeri yang dirasa sudah tidak diperlukan.
  • Membersihkan cache aplikasi.
  • dll

4. Untuk error atau bug

Aku sendiri belum lama ini menemukan bug di WhatsApp ketika menulis tulisan “Kenapa status WhatsApp tidak ada suara“, jadi walaupun aplikasi ini dibuat oleh engineer dengan level bisa dibilang terbaik didunia, bug dan error tetap masih bisa kita jumpai. Ini hal yang wajar. Untuk mengatasinya sayangnya tidak straightforward.

Disini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan,

  • Restart HP. Bukan reset ya, restart itu proses mematikan lalu menyalakan ulang HP.
  • Bersihkan cache dan data di WhatsApp. Kamu akan diminta login karena data akan terhapus. Jadi pastikan kamu sudah cadangkan chat WhatsApp ke Google Drive supaya tidak hilang.
  • Reinstall WhatsApp. Disini kamu juga perlu cadangkan data sebelum mencobanya.
  • Update ataupun downgrade aplikasi WhatsApp. Intinya dengan menaikkan WhatsApp ke versi paling baru atau turun ke versi lama bisa membuat kamu terhindar dari bug atau error yang ada di versi saat ini.
  • Update OS di ponsel, jika tersedia. Seringkali pembaruan OS bisa meningkatkan stabilitas system, menutup celah keamanan dan bug.

Jika ada sebab lain yang mungkin membuat voice note di WhatsApp tidak bisa dibuka ataupun diputar, kamu bisa tambahkan dikolom komentar dibawah. Aku bisa bantu carikan ataupun testing, yang penting kamu jelaskannya sedetail mungkin ya.

Mungkin hanya itu yang bisa aku bahas kali ini. Semoga tulisan ini membantu, sekian dan sampai jumpa ditulisanku lainnya.

Sumber :

1. https://forum.xda-developers.com/t/q-whatsapp-cannot-open-received-voice-message.1752754/

Terbit :

Terakhir Update:

Tanggapan atas “Voice note WhatsApp tidak bisa dibuka atau diputar? ini penyebab dan solusinya”

  1. Avatar Yanti
    Yanti

    Saya mau bertanya, saya pakai watsaap web, kmd saya berbicara menggunakan voice note di komputer menggunakan headset. Ternyata tdk keluar suara. Sdgkan utk mendengarkan pesan voice note org lain bisa ada suara. Utk menyetel musik maupun vidio,bisa ada suara.
    Padahal sdh diizinkan2 utk penyetelan microphonenya.
    Mengapa demikian?
    Bgm solusinya?

    1. Avatar yudha
      yudha

      mas ingin kirim voice note dari whatsapp web gitu kan ya?

      artinya mas perlu set supaya microphone yang ada di headset untuk bisa dapet suara… (mendengakan voice note, menyetel musik dan video, itu dengan bagian speaker di headset, sedangkan mengirimkan suara perlu mic-nya.., jadi pahami bahwa speaker dengan mic itu beda fungsinya)..

      jadi pastikan headsetnya ada mic untuk bisa masuk suara.. kalau udh, pastikan micnya ga rusak, coba rekam suara di PC kalau diwindows ada program voice recorder, coba gunain headset tadi untuk test rekam suara.. kalau ga ada, kemungkinan bermasalh di headsetnya.. cmiiw…

  2. Avatar Sonya
    Sonya

    Saya kan sebelumnya pakai hp A nah setelah itu saya ganti ke hp B… Chat whatsapp nya masih Ada Tapi kenapa voice note nya tidak bisa diputar? Tolong bantuannya..

    1. Avatar yudha
      yudha

      mba udh backup kah semua datanya? kemungkinan data file voice notenya tidak terbawa ke hp B…

  3. Avatar Anonymous
    Anonymous

    sangat ga berguna. mic atau speakernya gada yg rusak, udah restart dll hasilnya sama aja. gada saran lain?

    1. Avatar yudha
      yudha

      kita hanya tau apa yang kita tau mas.. jadi yang dijelaskan penulis adalah yang kami tau, jika ada penyebab lainnya yang kami tidak tau, maka kami ga bisa kasih solusi, karena kami tidak pernah mengalami hal tsbt.

      kalau mas punya masukan, jelaskan disini, mungkin kami bisa tau dimana masalahnya..

      ohya, disini ada beberapa tips lain, mas bisa liat dulu https://bukugue.com/suara-voice-note-whatsapp-kecil/.. misalnya terkait pengaturan suara, selain itu terkait mic dan speaker dijelaskan lebih detail. Jika nanti belum ketemu jg solusinya, mohon beri komentar yang lebih lengkap..

  4. Avatar Fatoni
    Fatoni

    Kak voice note saya gak keluar suara
    Gimana mohon bimbingannya..

    1. Avatar yudha
      yudha

      voice note yang mas kirim yang ga bersuara, atau voice note yang mas terima yang ga bersuara? atau semua voice note, baik yang mas kirim maupun terima ga bersuara?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *